Instrumen Isian Observasi Fokus Perilaku Keteraturan Suasana Kelas di PMM
Kherysuryawan.id – Rubrik Observasi Guru Fokus Perilaku Keteraturan Suasana Kelas Untuk Pengelolaan Kinerja Guru Oleh Kepala Sekolah .
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, bagaimana
kabar anda hari ini ? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Admin
ucapkan selamat dating dan selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini.
Pembahasan kali ini yaitu mengenai tahapan kegiatan
observasi oleh guru yang akan dilaksanakan oleh kepala sekolah untuk melakukan
penilaian kinerja guru di PMM. Berbicara mengenai observasi maka guru harus
dapat menyiapkan semua keperluan yang akan di gunakan saat observasi di kelas
sehingga nantinya kepala sekolah bisa melihat kegiatan mengajar guru dan bisa
melakukan penilaian sesuai dengan fokus perilaku yang akan di kembangkan oleh
masing-masing guru di sekolah.
Sebagai informasi bahwa ada 8 indikator observasi
pembelajaran yang dapat di pilih oleh guru dalam pelaksanaan observasi di
kelas.
Berikut 8 Indikator observasi pembelajaran dalam
pengelolaan kinerja guru di PMM:
1. Penerapan Disiplin Positif
2. Keteraturan Suasana Kelas
3. Umpan Balik Konstruktif
4. Perhatian dan Kepedulian
5. Ekspektasi pada Peserta Didik
6. Aktivitas Interaktif
7. Instruksi yang Adaptif
8. Instruksi Pembelajaran
Bagi guru yang dalam pelaksanaan observasi pembelajaran
memilih fokus perilaku Keteraturan Suasana Kelas, maka tentunya kepala sekolah
nantinya akan menilai sesuai dengan fokus perilaku yang ingin di kembangkan
oleh guru saat pelaksanaan observasi pembelajaran di kelas.
Kepala sekolah dalam melakukan observasi pembelajaran
guru di kelas akan membutuhkan sebuah rubrik atau instrument yang sesuai dengan
fokus perilaku yang dipilih oleh guru saat melakukan kegiatan observasi
pembelajaran di kelas.
Nah, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan
membantu untuk memberikan contoh file instrumen observasi fokus perilaku guru
pada indicator keteraturan suasan kelas. Di dalam instrument yang akan admin
bagikan ini telah di jabarkan komponen penilaian dari setiap indicator yang
akan di nilai baik yang termasuk pada perilaku yang dianjurkan maupun pada
perilaku yang perlu untuk dihindari.
Dengan adanya instrumen / rubrik observasi fokus perilaku
guru pada indikator keteraturan suasan kelas maka akan memudahkan bagi kepala
sekolah atau tim observer dalam melakukan penilaian kepada guru yang akan di
observasi selama melakukan pembelajaran di kelas.
Keteraturan suasana kelas berfokus pada upaya guru dalam
membangun suasana kelas yang kondusif untuk proses belajar dengan meminimalisir
gangguan yang bisa mengalihkan perhatian siswa dari aktivitas belajar
Dalam prakteknya, guru dapat memilih fokus perilaku yang
akan dipraktekkan dan dinilai oleh
atasan antara lain melakukan komunikasi positif untuk membangun suasana
kelas yang kondusif. Guru juga bisa melakukan strategi pengelompokan untuk
mengaktifkan keterlibatan siswa dalam belajar, dan mengingatkan akan
kesepakatan kelas /aturan yang disepakati.
Baiklah bagi anda yang membutuhkan file instrumen
observasi fokus perilaku guru pada indikator keteraturan suasan kelas, maka
silahkan dapatkan filenya yang telah admin siapkan dalam format word di bawah
ini :
- Instrumen Observasi Fokus Perilaku Guru pada Indikator Keteraturan Suasan Kelas – (DISINI)
- Instrumen Penilaian Oleh KS pada Indikator Keteraturan Suasan Kelas – (DISINI)
Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan mengenai instrumen observasi fokus perilaku guru pada indikator keteraturan suasan kelas, semoga bisa membantu para kepala sekolah yang akan melakukan observasi pembelajaran guru di sekolah masing-masing sesuai jadwal pelaksanaan obervasi yang telah di sepakati bersama di PMM.