Rangkuman PPKN Kelas 10 Unit 2 Bagian 3 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Ringkasan Materi PPKN Kelas 10 SMA/SMK Bagian 3 Unit 2 “Mengenali, Menyadari, dan Menghargai Keragaman Identitas” merupakan materi semester 2 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada
postingan kali ini admin akan menyajikan informasi seputar materi pelajaran
PPKN kelas 10 semester 2 yaitu materi yang ada pada Bagian 3 Unit 2 tentang “Mengenali,
Menyadari, dan Menghargai Keragaman Identitas”.
Admin kherysuryawan sengaja membuat materi ini dalam
bentuk ringkasan/rangkuman dengan harapan agar bisa memudahkan bagi guru dan
siswa yang akan menggunakannya sebagai referensi dalam belajar. Dengan mempelajari
materi yang telah di ringkas pastinya akan lebih memudahkan bagi pelajar dalam
menggunakannya sebagai bahan belajar sebab materi yang telah di ringkas
merupakan materi inti atau materi yang penting.
Sebagai informasi bahwa hasil ringkasan materi PPKN kelas
10 Bagian 3 Unit 2 “Mengenali, Menyadari, dan Menghargai Keragaman Identitas”
yang telah admin kherysuryawan buat ini merupakan materi yang bersumber dari
buku teks pelajaran PPKN kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka.
Ada beberapa unit materi yang akan di pelajari di mata
pelajaran PPKN kelas 10 di bagian 3 semester 2 kurikulum merdeka, diantaranya
yaitu sebagai berikut :
- Unit 1 Mengidentiikasi Identitas Individu dan Identitas Kelompok
- Unit 2 Mengenali, Menyadari, dan Menghargai Keragaman Identitas
- Unit 3 Kolaborasi Antarbudaya di Indonesia
- Unit 4 Pertukaran Budaya di Pentas Global
- Unit 5 Belajar dari Kekayaan Tradisi
Pada kesempatan ini admin hanya akan fokus untuk
memberikan ringkasan pada materi yang ada di Unit 2 “Mengenali, Menyadari, dan
Menghargai Keragaman Identitas”.
Adapun tujuan pembelajaran dari materi ini yaitu sebagai
berikut :
Tujuan Pembelajaran :
Melalui pembahasan ini, peserta didik diharapkan dapat
mengenali dan membangun kesadaran bahwa ada keragaman identitas yang kita
miliki sebagai sebuah bangsa. Pembelajaran Unit 2 ini juga ditujukan agar
peserta didik dapat menunjukkan peng hargaannya terhadap keragaman budaya, baik
yang ada di Indonesia maupun dunia.
Baiklah untuk melihat hasil ringkasan/rangkuman materi PPKN
Kelas 10 SMA/SMK Unit 2 “Mengenali, Menyadari, dan Menghargai Keragaman
Identitas” yang terdapat pada bagian 3 semester 2 kurikulum merdeka, maka di
bawah ini sajian materinya :
Unit 2 Mengenali, Menyadari, dan Menghargai Keragaman Identitas
Mengenali dan Menyadari Keragaman Identitas
Sebagai makhluk sosial, ciri yang melekat pada manusia
adalah keinginan untuk melakukan interaksi satu dengan lainnya. Interaksi
sendiri berarti hubungan timbal balik yang dilakukan baik antarindividu,
antarkelompok maupun individu dengan kelompok. Dalam interaksi, ada proses
mempengaruhi tindakan kelompok atau in dividu melalui sikap, aktivitas atau
simbol tertentu. Orang akan mengenali yang lain melalui proses interaksi
tersebut.
Masing-masing orang memiliki nilai serta pandangan yang
menjadi identitasnya. Terhadap pandangan yang tidak sama itu, kemampuan untuk
bernegosiasi sangatlah penting. Satu anggota kelompok dengan anggota lainnya,
mencari titik temu agar ada satu identitas yang disepakati sebagai jati diri
kelompok.
Di dunia ini, ada beragam identitas. Baik identitas
individu maupun kelompok. Identitas yang tercipta secara alamiah atau dibentuk
secara sosial. Ke ragaman merupakan hukum alam yang harus disadari dan diterima
oleh siapapun. Bangsa Indonesia sedari awal telah menyadari akan hal ini. Kita
hidup dalam ke ragaman, tetapi ingin tetap berada dalam payung yang bisa
mengayomi kebinekaan itu. Inilah hakikat dari semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”.
Menghargai keragaman adalah salah satu bentuk ketaatan
kita pada hukum alam. Tuhan telah menciptakan manusia dengan segala keragaman
identitas yang melekat padanya. Menyadari dan menghormati keragaman, tak hanya
sebagai cara mengenali sesama tetapi juga memuliakan ciptaan-Nya.
Menghargai Keragaman Identitas
Kita mengenal nenek moyang nusantara sebagai pelaut yang
ulung. Tinggal di negara kepulauan, para pelaut nusantara melakukan ekspedisi
yang sangat luar biasa panjang. Mereka tak hanya berlayar antarpulau di wilayah
nusantara saja, tetapi melakukan perjalanan yang sangat jauh hingga wilayah
Afrika.
Pada apa yang dilakukan oleh nenek moyang pelaut kita
itu, tercipta sebu ah bangunan identitas khas pada masyarakat Afrika.
Pada setiap perjalanan, seseorang akan bersua dengan
perbedaan-perbedaan. Ketidaksamaan itu mewujud dalam tampilan isik atau bahasa
yang dituturkan. Pada bahasa yang sama sekalipun, ada dialek yang berlainan.
Sehingga tetap ada keragaman dalam sebuah identitas yang pada awalnya kita
yakini ada. Begitu juga dalam hal keyakinan atau ajaran agama, sudah pasti ada
ketidaksamaan.
Pembentukan identitas baru yang tercipta dari persilangan
berbagai identitas. Pada setiap identitas yang melekat, ada keragaman di sana.
Pemben tukan itu terjadi melalui proses perjumpaan budaya yang melintasi
batas-batas geograis yang sangat mungkin tercipta, karena dunia yang kita huni,
sesung guhnya saling terhubung.
Kebanggaan atas jati diri yang kita miliki, tidak lantas
membuat kita harus menganggap rendah identitas bangsa lain. Masing-masing
kebudayaan memi liki kekhasan atau keunikannya masing-masing. Kita tentu berhak
untuk me rasa bangga atas apa yang dimiliki. Rasa hormat atas identitas sebagai
sebuah bangsa yang memiliki peradaban adiluhung misalnya, adalah sikap yang
wajar dimiliki. Namun, bersamaan dengan sikap bangga terhadap kebudayaan yang
kita miliki, harus juga ditunjukkan penghormatan atas budaya bangsa lain.
MATERI INTI :
a. Sebagai
mahluk sosial, manusia melakukan interaksi dengan yang lain baik di lakukan
oleh individu maupun antarkelompok. Pada aktivitas itu, ada proses mempengaruhi
yang dilakukan baik melalui sikap, aktivitas maupun simbol ter tentu. Interaksi
inilah yang membuat orang mengenali yang lain.
b. Proses
mengenali yang lain berarti mengetahui secara interaktif bagaimana iden titas
atau jati diri kelompok tersebut. Identitas kelompok yang tercipta, menda
patkan pengaruh dari mereka yang menjadi anggotanya. Identitas sebuah grup
merupakan hasil dari rumusan dan kesepakatan yang diharapkan bisa menjadi media
bagi kelompok lain ketika hendak mengenalinya.
c. Indonesia
adalah negara yang memiliki dua identitas sekaligus; primordial dan nasional.
Jika dalam identitas primordial kita melihat banyak sekali jati diri, tidak
demikian halnya dengan identitas nasional. Dalam jati diri kita yang bersifat
na sional itu, kita bersama-sama memiliki satu warna, satu identitas. Dengan
begitu, keunikan Indonesia terletak pada keragaman sekaligus kesatuannya.
Keragaman pada identitas kita yang bersifat primordial sementara kesatuan dan
persatuan terletak pada jati diri kita yang bersifat nasional.
d. Pada
setiap perjalanan yang dilakukan oleh siapapun (individu maupun kelom pok),
mereka akan berjumpa perbedaan-perbedaan. Perjumpaan antara kebuda yaan yang
berbeda, kemudian mengharuskan adanya kesepakatan tentang bagai mana interaksi
dibangun di antara mereka.
e. Dalam
perbedaan-perbedaan yang dijumpai tersebut, perlu sikap yang lebih dari sekadar
mengenali dan menyadari, yakni menghargai tradisi yang lain.
f. Meski kita memiliki kebanggaan atas jati diri yang kita miliki, sikap tersebut ti dak lantas merendahkan identitas bangsa lain. Rasa hormat atas identitas sebagai sebuah bangsa yang memiliki peradaban luhur adalah sikap yang wajar dimiliki. Namun, bersamaan dengan sikap bangga terhadap kebudayaan yang kita miliki, harus juga ditunjukkan penghormatan atas budaya bangsa lain.
Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan
sampaikan mengenai rangkuman/ringkasan materi PPKN kelas 10 Unit 2 “Mengenali,
Menyadari, dan Menghargai Keragaman Identitas”. Semoga sajian materi hasil
ringkasan ini bermanfaat bagi sahabat pendidikan dimanapun berada.