Rangkuman PPKN Kelas 1 SD Unit 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi PPKN Kelas 1 SD Unit 5 “ Aku Suka Bergotong Royong” Semester 2 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat pendidikan, pada kesempatan ini admin
kherysuryawan akan memberikan ulasan atau ringkasan materi yang akan di
pelajari pada mata pelajaran PKN di kelas 1 SD Kurikulum Merdeka. Materi yang
akan admin sajikan ini merupakan materi yang akan di pelajari di semester 2
kurikulum merdeka.
Mata pelajaran PPKN merupakan mata pelajaran wajib yang
akan di pelajari di kelas 1 SD kurikulum merdeka. Mata pelajaran ini akan
sangat penting sebagai dasar membangun pengetahuan kewarganegaraan (civic
knowledge), keterampilan kewarganegaraan (civic skills) dan watak atau karakter
kewarganegaraan (civic dispositions).
Dalam mempelajari materi PPKN Kelas 1 SD Unit 5 “ Aku
Suka Bergotong Royong” Semester 2 Kurikulum Merdeka, ada beberapa Tujuan Pembelajaran
yang di harapkan untuk dapat di capai oleh siswa, dan berikut ini Capaian pada
Tujuan Pembelajaran yang di harapkan :
TUJUAN PEMBELAJARAN
Tujuan umum yang diharapkan pada unit V “Aku Suka
Bergotong Royong” diharapkan mampu menyadari pentingnya gotong royong dalam
lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Dengan memahami pentingnya gotong
royong, peserta didik diharapakan mampu menganalisis karakteristik peran setiap
individu untuk dapat berkontribusi dalam gotong royong.
Tujuan khusus yang diharapkan pada unit V “Aku Suka
Bergotong Royong” antara lain :
1. Menunjukkan
sikap bersyukur kepada Tuhan YME terhadap kondisi diri.
2. Menunjukkan
sikap menerima dan berempati terhadap kondisi orang lain.
3. Membandingkan
pekerjaan rumah yang dilaksanakan sendiri dan bersama-sama
4. Membuat
daftar tugas dan peran dalam kegiatan kelompok
5. Memanajemen
kelompok dan mempresentasikan hasil identifikasi/perbandingan gambar.
6. Menunjukkan
sikap menerima terhadap kondisi diri sendiri dan orang lain sebagai tanda
syukur kepada Tuhan YME.
7. Menunjukkan
sikap menerima dan berempati terhadap kondisi orang lain.
8. Mengidentifikasi
peran pribadi dan orang lain sebagai bentuk kontribusi gotong royong.
9. Mengungkapkan
pendapat tentang karakter fisik dan nonfisik orang dan benda yang ada peserta
didik.
10. Menunjukkan
sikap menerima terhadap kondisi diri sendiri dan orang lain sebagai tanda
syukur kepada Tuhan YME.
11. Menunjukkan
sikap antusias, menerima, berempati, upaya sikap peduli terhadap kondisi orang
lain.
12. Mengidentifikasi
peran pribadi dan orang lain sebagai bentuk kontribusi gotong royong.
13. Mengungkapkan
pendapat tentang karakter fisik dan nonfisik orang dan benda yang ada pada
peserta didik.
UNIT V AKU SUKA BERGOTONG ROYONG
Kita tahu bahwa bangsa Indonesia merupakan negara yang dikenal
ramah dan menjunjung tinggi nilai luhur kebudayaan yang diwariskan oleh
generasi terdahulu. Gotong royong merupakan salah satu budaya yang masih
dipegang oleh masyarakat Indonesia.
Nilai-nilai gotong royong juga masih diimplementasikan
dalam kehidupan keluarga dan bermasyarakat. Nilai utama dalam gotong royong
ialah mengedepankan kepentingan umum dibandingkan kepentingan pribadi, dan
tolong menolong meringankan beban orang lain.
Menurut Abdillah (2011, hlm. 7) gotong royong berasal
dari kata dalam bahasa Jawa, atau setidaknya mempunyai nuansa bahasa Jawa. Kata
gotong sepadan dengan kata pikul atau angkat. Kata royong sepadan dengan kata
bersama-sama. Dalam istilah bahasa Jawa gotong royong sama dengan kata saiyeg
saeko proyo atau satu gerak satu.
Menurut Sudrajat (2014, hlm. 16),beberapa keuntungan yang
didapat oleh masyarakat dengan adanya gotong royong di antaranya:
- Pekerjaan menjadi lebih ringan dibandingkan jika dilakukan sendiri,
- Memperkuat dan mempererat hubungan yang terjadi antarwarga komunitas, dan
- Dapat menyatukan seluruh warga komunitas yang terlibat di dalamnya.
Koentjaraningrat (1990, hlm. 59) menyatakan bahwa
aktivitas tolong menolong juga terlihat di kehidupan masyarakat dalam aktivitas
lain, yaitu aktivitas tolong menolong antar tetangga, melakukan aktivitas kecil
sekitar rumah dan pekarangan, misalnya: menggali sumur, mengganti dinding bambu
dari rumah, membersihkan rumah dan atap rumah dan aktivitas tolong menolong
antar kerabat dalam menyelenggarakan pesta khitan, pesta perkawinan atau
upacara-upacara adat lain.
Gotong royong dalam konteks pemahaman peserta didik di
kelas I SD diharapkan dapat digambarkan bahwa kegiatan tolong menolong dapat
dilaksanakan dan dimulai dalam lingkungan keluarga, kemudian dalam lingkungan
sekolah, dan kemudian dalam lingkungan masyarakat. Gotong royong mengandung
makna mengedepankan kepentingan umum dibandingkan kepentingan pribadi, dan
tolong menolong meringankan beban orang lain sehingga segala aktivitas yang
mengandung kegiatan ini dapat didefinisikan dengan kegiatan gotong royong.
Gotong royong juga bersifat sukarela, tanpa paksaan, dan
merupakan kesadaran dari setiap individu. Oleh sebab itu, nilai-nilai kepekaan
atau empati sangat perlu ditumbuhkan sebagai bentuk kesadaran melaksanakan gotong
royong. Gotong royong semacam ini terlihat sepanjang masa, bersifat statis
karena merupakan suatu tradisi saja, merupakan suatu hal yang diterima secara
turun temurun dari generasi ke generasi berikutnya.
Untuk melihat materi dan rangkuman lainnya yang akan di
pelajari pada mata pelajaran PPKN kelas 1 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan
cek pada Judul di Bawah ini :
- Materi & Rangkuman Lengkap PPKN Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai rangkuman / ringkasan
materi PPKN kelas 1 SD Unit 5 “ Aku Suka Bergotong Royong” yang bisa admin
kherysuryawan sajikan di kesempatan ini, semoga bisa menjadi referensi
pembelajaran yang bermanfaat.
Sekian dan Terimakasih.