Rangkuman PPKN Kelas 1 SD Unit 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi PPKN Kelas 1 SD Unit 4 “ Aku Cinta Lingkungan Sekitar” Semester 2 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat pendidikan, pada kesempatan ini admin
kherysuryawan akan memberikan ulasan atau ringkasan materi yang akan di
pelajari pada mata pelajaran PKN di kelas 1 SD Kurikulum Merdeka. Materi yang
akan admin sajikan ini merupakan materi yang akan di pelajari di semester 2
kurikulum merdeka.
Mata pelajaran PPKN merupakan mata pelajaran wajib yang
akan di pelajari di kelas 1 SD kurikulum merdeka. Mata pelajaran ini akan
sangat penting sebagai dasar membangun pengetahuan kewarganegaraan (civic
knowledge), keterampilan kewarganegaraan (civic skills) dan watak atau karakter
kewarganegaraan (civic dispositions).
Dalam mempelajari materi PPKN Kelas 1 SD Unit 4 “ Aku
Cinta Lingkungan Sekitar” Semester 2 Kurikulum Merdeka, ada beberapa Tujuan Pembelajaran
yang di harapkan untuk dapat di capai oleh siswa, dan berikut ini Capaian pada
Tujuan Pembelajaran yang di harapkan :
TUJUAN PEMBELAJARAN
Tujuan umum yang diharapkan pada Unit IV “Aku Cinta
Lingkungan Sekitar” peserta didik dapat menuliskan karakteristik (ciri)
sederhana yang kasat mata (real, nyata, kongkrit) tentang tempat tinggalnya,
rumah dan lingkungan sekitarnya.
Tujuan khusus yang diharapkan pada unit IV “Aku Cinta
Lingkungan Sekitar” antara lain:
1. Melalui
kegiatan mengidentifikasi denah lingkungan tempat tinggal, peserta didik dapat
menunjukkan sikap bersyukur terhadap anugera Tuhan YME.
2. Melalui
menganalisa video denah rumah, peserta didik dapat menyebutkan dan menuliskan
bagian-bagian dari ruangan rumahnya serta cara membersihkan rumahnya.
3. Melalui
menganalisa denah rumah, peserta didik dapat mengembangkan sikap mandiri.
4. Melalui
menyimak cerita tentang kondisi rumah yang bersih, peserta didik dapat
menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap ruangan-ruangan rumahnya dengan
menjaga dan menciptakan kebersihan dan kerapian dan ketertibannya.
5. Melalui
menggambar denah bagian luar bangunan rumah, peserta didik dapat menyebutkan
dan menggambarkan batas-batas wilayah bagian utara, selatan, timur dan barat
dari rumahnya.
6. Melalui
mengamati dan menjaga kebersihan bagian luar bangunan rumah, peserta didik
dapat menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap batas-batas wilayah bagian
utara, selatan, timur dan barat.
7. Melalui
mengamati lingkungan sekitar rumah, peserta didik dapat menunjukkan sikap
bersahabat dengan tetangga dan dapat menyebutkan rumah tetangga terdekat bagian
utara, selatan,timur dan barat.
8. Melalui
menganalisa lingkungan rumah tetangga terdekat, peserta didik dapat menggambar
denah rumah tetangga terdekat bagian utara, selatan, timur dan barat.
9. Melalui
mempraktikkan membersihkan lingkungan sekitar rumah, peserta didik dapat
menunjukkan sikap peduli dan toleransi terhadap lingkungan tetangga rumah
dengan menunjukan kehidupan rukun terhadap para tetangga melalui bergotong
royong membersihkan lingkungan tempat tinggal.
UNIT IV AKU CINTA LINGKUNGAN SEKITAR
Pada kegiatan pembelajaran pertama aktivitas pembelajaran
menekankan pada kegiatan menyebutkan dan menuliskan bagian-bagian ruangan
rumahnya serta cara membersihkan rumah. Peserta didik akan melaksanakan
aktivitas bernyanyi, mengamati, mendengarkan, bermain dan menyaksikan tayangan
video tentang bagian-bagian rumah serta cara membersihkannya.
Pada kegiatan pembelajaran kedua, aktivitas menekankan
pada peserta didik akan melaksanakan pembelajaran menyebutkan dan menggambar
batas-batas wilayah dari rumahnya. Peserta didik akan melaksanakan aktivitas
bernyanyi, mengamati, mendengarkan, menyebutkan, menggambarkan dan peserta
didik diajak praktek mencintai lingkungan rumah serta lingkungan sekitarnya.
Pada kegiatan pembelajaran ketiga, aktivitas pembelajaran
menekankan pada kegiatan menggambarkan dan menyebutkan tetangga terdekat. Pada
unit pembelajaran yang ketiga, peserta didik akan melaksanakan aktivitas
pembelajaran bermain sambil belajar, bernyanyi, mengamati, menyebutkan dan
menggambarkan tetangga terdekat serta menunjukkan rasa kecintaan terhadap
lingkungan tetangga rumah dengan menunjukkan kehidupan rukun terhadap para
tetangga melalui bergotong royong membersihkan lingkungan tempat tinggal.
INTI MATERI :
Setiap siswa harus mencintai lingkungan sekitar. Bukti
mencintai lingkungan dapat dilakukan dengan cara menjaga dan membersihkan
tempat tinggal dan lingkungan sekitar.
Partisipasi aktif warga negara dalam menjaga lingkungan
harus dimulai terlebih dahulu dengan pemahaman etika lingkungan “sebagai sebuah
studi tentang hubungan etika antara manusia dengan alam sekitar termasuk
non-manusia yang mengisinya” (Sandler, 2013:1665). Keselarasan hubungan manusia
dengan alam menjadi bagian penting mengenai lingkungan ini. Etika lingkungan
ini adalah bagian dari lingkungan yang menyangkut karakter terhadap lingkungan
(Sandler, 2013).
Perlu dipahami ada beberapa kompetensi dasar
materi-materi yang mendukung upaya pengintergrasian lingkungan hidup yakni:
(1) perilaku sesuai norma yang berlaku dalam mengelola
dan menjaga lingkungan hidup di sekitarnya,
(2) bentuk kerja sama dalam menjaga lingkungan hidup,
(3) menjaga lingkungan hidup sebagai wujud menjaga NKRI,
(4) peran tokoh masyarakat akan pentingnya semangat dan
komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI dan menjaga lingkungan hidup.
Untuk melihat materi dan rangkuman lainnya yang akan di
pelajari pada mata pelajaran PPKN kelas 1 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan
cek pada Judul di Bawah ini :
- Materi & Rangkuman Lengkap PPKN Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai rangkuman / ringkasan
materi PPKN kelas 1 SD Unit 4 “ Aku Cinta Lingkungan Sekitar” yang bisa admin
kherysuryawan sajikan di kesempatan ini, semoga bisa menjadi referensi
pembelajaran yang bermanfaat.
Sekian dan Terimakasih.