Rangkuman Informatika Kelas 7 Bab 4 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Ringkasan Materi Informatika Kelas 7 Bab 4 “Sistem Komputer” Semester 1 Kurikulum Merdeka.
Sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan
ini admin akan memberikan pembahasan seputar materi pelajaran yang akan di
pelajari di kelas 7 SMP khususnya materi pada semester 1 yaitu pada Bab 4
dengan judul “Sistem Komputer”.
Mata pelajaran informatika merupakan salah satu mata
pelajaran wajib yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka. Bagi anda yang di
sekolahnya telah mempelajari mata pelajaran informatika maka kiranya bisa
terbantu dengan adanya postingan ini sebab disini admin akan menyajikan
ringkasan materi yang sesuai dengan inti materi yang akan di pelajari pada mata
pelajaran informatika di kelas 7 SMP kurikulum merdeka.
Sebagai informasi bahwa materi informatika kelas 7 SMP Bab
4 “Sistem Komputer” merupakan materi yang akan dipelajari pada semester 1 di
kurikulum merdeka. Dengan mempelajari materi yang telah di ringkas atau
dirangkum maka akan memudahkan bagi siswa dalam menggunakannya sebagai bahan
belajar.
Admin kherysuryawan sengaja memberikan hasil
ringkasan/rangkuman materi Informatika kelas 7 Bab 4 “Sistem Komputer” dengan
harapan bisa memudahkan bagi siswa dalam memahami isi materi yang ada di Bab 4
sehingga akan mudah untuk di pelajari dan mudah untuk di pahami sehingga proses
pembelajaran bisa terlaksana dengan baik.
Sebelum admin kherysuryawan membagikan rangkuman materi
informatika kelas 7 Bab 4 “Sistem Komputer” ini maka admin ingin menyajikan
terlebih dahulu Tujuan Pembelajaran yang akan di capai pada pembelajaran ini.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari bab ini, kalian mampu menjelaskan
bagian-bagian sebuah sistem komputer, bagaimana sistem komputer bekerja, dan
bagaimana data dikodiikasi.
Baiklah untuk mengetahui isi ringkasan dari materi
informatika kelas 7 SMP Bab 4 “Sistem Komputer” maka di bawah ini sajian
rangkumannya :
BAB 4 SISTEM KOMPUTER
A. Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras adalah perangkat komputer yang memiliki
wujud fisik yang nyata, dapat disentuh atau dipindahkan, yang dapat berguna
sebagai perangkat masukan (input), keluaran (output), pemroses (processor),
memori dan penyimpan (storage).
1. Perangkat
Masukan (Input Devices)
Mouse atau tetikus digunakan untuk menggerakkan dan
mengatur posisi kursor di layar komputer.
Keyboard atau papan tombol adalah alat yang memungkinkan
penggunanya untuk memasukkan karakter (character) ke dalam komputer. Karakter
tersebut berupa huruf, angka, dan simbol.
Scanner digunakan untuk memindai dan menyalin Data dari
kertas berisi graik, gambar, foto, atau tulisan menggunakan alat pembaca
optical data reader.
Joystick digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan
permainan/game video yang menggunakan lebih dari satu tombol. Joystick
digunakan untuk menggerakan kursor pada layar permainan.
Microphone adalah peranti yang mengonversi suara menjadi
sinyal elektrik. Peranti ini digunakan untuk memasukkan suara ke komputer.
Barcode reader adalah pemindai optis yang dapat membaca
barcode yang tercetak, mengubah kode bar tersebut menjadi data elektrik dan
mengirimkannya ke komputer dengan format data yang sederhana.
2. Pemroses
Data atau perintah yang diterima dari peranti masukan
selanjutnya akan diproses oleh komputer.
Central Processing Unit (CPU) adalah bagian utama dari
komputer yang bertugas untuk melaksanakan keseluruhan operasi yang dilakukan
oleh komputer seperti operasi aritmatika, logika, pengendalian, dan
input/output dasar. CPU memiliki tiga komponen utama, di antaranya register,
unit kendali/ Control Unit (CU), dan unit logika aritmatika/ Arithmetic-Logic
Unit (ALU).
Random Access Memory (RAM). RAM adalah jenis memori
sangat cepat yang di gunakan untuk menyimpan data sementara saat komputer
memproses data atau mengeksekusi perintah.
Read Only Memory (ROM). ROM adalah memori pada komputer
yang digunakan untuk menyimpan instruksi yang ditulis oleh produsen komputer
untuk proses booting, instruksi yang disimpan oleh ROM disebut irmware.
3. Alat Output
(Output Devices)
Layar monitor berfungsi untuk menampilkan hasil
pengolahan data di komputer, seperti gambar, teks, angka, graik, dan
sebagainya.
Printer digunakan untuk mencetak gambar, foto, dokumen
dalam bentuk media kertas.
Speaker. Alat untuk menghasilkan suara dari komputer,
seperti musik, percakapan di film, dan efek suara lainnya dinamakan speaker.
4. Peranti
Penyimpanan Sekunder (Secondary Storage Device)
Peranti penyimpanan sekunder adalah tempat penyimpanan
data elektronis yang bersifat permanen. Data yang disimpan pada penyimpanan
sekunder dapat bertahan lama dan dapat dimanfaatkan kembali oleh penggunanya
saat dibutuhkan.
Hard disk adalah media penyimpanan data dalam lapisan
magnet pada piringan bulat (cakram) disk tipis.
Solid-state drive (SSD) adalah peranti penyimpanan data
dengan solid-state yang menggunakan lash memory. SSD tidak memiliki disk,
pemutar fisik, dan head untuk baca-tulis yang biasa digunakan pada HDD.
Flash drive berfungsi sebagai alat penyimpan data secara
permanen yang portabel. Flash drive menggunakan flash memory dan biasanya
menggunakan antarmuka USB.
CD adalah format penyimpanan data cakram optik digital
yang dikembangkan bersama oleh Philips dan Sony dan dirilis pada tahun 1982.
Memory Card atau SD (Secure Digital) card berfungsi
seperti layaknya hard disk pada komputer yang digunakan pada peranti portabel
seperti smartphone, kamera digital, dan tablet.
5. Peranti Lainnya
Pada sebuah komputer, beberapa peranti penting lain yang harus ada seperti mainboard/motherboard, dan beberapa komponen lain yang bersifat tambahan untuk menambah kinerja dari komputer. Peranti tersebut di antaranya seperti berikut.
- Motherboard/Mainboard
Motherboard merupakan papan sirkuit utama yang menghubungkan peranti-peranti pada komputer. Motherboard digunakan sebagai tempat untuk memasang processor, memori, harddisk, dan komponen lainnya.
- VGA (Video Graphic Array) Card
VGA card merupakan peranti kom puter yang berfungsi untuk memproses keluaran dari CPU untuk ditampilkan ke layar monitor.
- Sound Card
Sound card merupakan alat yang berfungsi untuk mengubah
sinyal digital menjadi sinyal suara ke speaker.
B. Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak adalah kumpulan instruksi dan data yang
dikerjakan oleh komputer. Perangkat lunak merupakan penghubung antara pengguna
dan komputer sebagai perangkat keras.
Berdasarkan lisensinya, software dibagi seperti berikut.
a. Freeware,
artinya software tersebut gratis untuk digunakan, tanpa batasan jumlah dan
waktu pemakaian, tetapi source code yang ada tidak bisa dilihat dan tidak boleh
dimodiikasi.
b. Shareware,
artinya software tersebut dapat diunduh dan digunakan pengguna hanya untuk
dicoba sementara hingga batasan waktu tertentu. Jika pengguna merasa
software-nya bagus, diharuskan membeli.
c. Adware,
artinya software tersebut gratis, tetapi ada iklan yang muncul ketika
dijalankan
d. Commercial/Proprietary
Software, artinya software yang dibuat dengan tujuan untuk dijual dan berbayar
kepada pengembang software.
Berdasarkan fungsinya, software terbagi menjadi beberapa
jenis, antara lain seperti berikut.
a. Sistem Operasi (Operating System). Sistem operasi sering disebut perangkat lunak sistem, yang merupakan perangkat lunak pertama yang dijalankan pada saat komputer dinyalakan. Saat ini, sistem operasi untuk komputer PC/desktop yang banyak digunakan adalah Microsoft Windows, MacOS dari Apple Inc, dan distribusi Linux (Debian, Fedora, Ubuntu).
b. Program
Aplikasi/ Program aplikasi pada komputer merupakan perangkat lunak siap pakai
yang di gunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya. Dalam sebuah
komputer, aplikasi ini disiapkan sesuai kebutuhannya masing-masing.
Berdasarkan sumbernya, software terbagi menjadi beberapa
jenis, antara lain seperti berikut.
a. Open
Source Software adalah perangkat lunak yang kode sumbernya sudah dibuka ke
publik, sehingga bisa dimodiikasi dan didistribusikan atau dipublikasikan hasil
modiikasinya dengan syarat-syarat tertentu, misalnya dengan tetap
mempertahankan nama aplikasinya. Contohnya seperti Audacity, XAMPP, Linux,
Notepad++, Android, dan sebagainya.
b. Closed
Source Software atau proprietary software adalah perangkat lunak atau software
yang ada secara publik, tetapi tanpa diberikan source codenya. Contohnya
Microsoft Windows, Adobe Photoshop, CorelDraw, dan sebagainya
C. Interaksi Antarperangkat
Dua perangkat elektronik juga dapat berkomunikasi dan
berinteraksi. Sarana untuk berkomunikasi pada komputer atau ponsel yang banyak
dipasang saat ini adalah bluetooth. Bluetooth adalah standar teknologi tanpa
kabel (nirkabel) yang digunakan untuk bertukar data antara perangkat tetap dan
seluler dalam jarak dekat menggunakan gelombang radio Ultra High Frequency
(UHF) dari 2,402 GHz hingga 2,480 GHz, dan dapat digunakan untuk membangun
jaringan area pribadi (PAN). Bluetooth memiliki banyak kegunaan, yaitu:
menghubungkan laptop dan ponsel, ponsel dan headphones, ponsel dan televisi,
dan lainnya.
D. Permasalahan dan Spesiikasi Perangkat Keras
Perangkat keras komputer karena berupa objek isik dapat
menjadi aus karena terpengaruh suhu panas dan dingin. Sebuah perangkat keras
atau alat elektronik apa pun tidak mungkin selamanya bertahan dan berfungsi
dengan baik walaupun sudah dipakai dengan hati-hati. Ada berbagai kemungkinan
kerusakan yang bisa saja terjadi.
Kalian perlu mengetahui bagaimana mencegah supaya tidak
cepat rusak, dan mengantisipasinya jika terjadi kerusakan. Ada kerusakan yang
masih dapat diperbaiki, ada yang tidak bisa lagi. Selain itu, beberapa peranti
elektronik tidak boleh dibongkar sendiri karena garansi hanya diberikan jika
peranti dibuka oleh petugas dari penjual resminya. Tentunya, kita tidak
berharap bahwa alat elektronik, terutama komputer, ponsel, tablet, apa pun
rusak. Namun, berjaga-jaga dan mengenali berbagai jenis kerusakan perangkat
keras ada gunanya sebab membuat kita bersiap siap. Kita dapat membuat back up
dengan lashdisk sehingga jika terjadi kerusakan pada peranti, kita masih
memiliki back-up.
E. Bilangan Biner
Sistem bilangan biner memainkan peran penting pada komputer karena bilangan biner ini adalah representasi semua jenis informasi yang disimpan di komputer. Memahami representasi biner dapat mengangkat banyak misteri dari komputer karena pada tingkat fundamental komputer sebenarnya hanyalah mesin untuk menghidupkan dan mematikan digit biner. Komputer adalah mesin sederhana dan membutuhkan instruksi yang tepat untuk membuatnya melakukan tugas yang rumit. Sistem bilangan desimal menggunakan 10 sebagai basis dan angkanya berkisar dari 0 hingga 9 sehingga jika melihat nilai tiga digit angka 287 (dua ratus delapan puluh satu), digit tersebut terdiri atas:
Demikianlah sajian informasi seputar rangkuman materi
Informatika kelas 7 SMP Bab 4 “Sistem Komputer” yang akan di pelajari pada
semester 1 kurikulum merdeka. Semoga bisa menjadi referensi dan bahan belajar
yang bermanfaat bagi seluruh sahabat pendidikan dimanapun berada.