Rangkuman Informatika Kelas 7 Bab 3 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Ringkasan Materi Informatika Kelas 7 Bab 3 “Teknologi Informasi dan Komunikasi” Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan ini admin akan memberikan pembahasan seputar materi pelajaran yang akan di pelajari di kelas 7 SMP khususnya materi pada semester 1 yaitu pada Bab 3 dengan judul “Teknologi Informasi dan Komunikasi”.

 


Mata pelajaran informatika merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka. Bagi anda yang di sekolahnya telah mempelajari mata pelajaran informatika maka kiranya bisa terbantu dengan adanya postingan ini sebab disini admin akan menyajikan ringkasan materi yang sesuai dengan inti materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran informatika di kelas 7 SMP kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa materi informatika kelas 7 SMP Bab 3 “Teknologi Informasi dan Komunikasi” merupakan materi yang akan dipelajari pada semester 1 di kurikulum merdeka. Dengan mempelajari materi yang telah di ringkas atau dirangkum maka akan memudahkan bagi siswa dalam menggunakannya sebagai bahan belajar.

 

Admin kherysuryawan sengaja memberikan hasil ringkasan/rangkuman materi Informatika kelas 7 Bab 3 “Teknologi Informasi dan Komunikasi” dengan harapan bisa memudahkan bagi siswa dalam memahami isi materi yang ada di Bab 3 sehingga akan mudah untuk di pelajari dan mudah untuk di pahami sehingga proses pembelajaran bisa terlaksana dengan baik.

 

Sebelum admin kherysuryawan membagikan rangkuman materi informatika kelas 7 Bab 3 “Teknologi Informasi dan Komunikasi” ini maka admin ingin menyajikan terlebih dahulu Tujuan Pembelajaran yang akan di capai pada pembelajaran ini.


Tujuan Pembelajaran :

Setelah mempelajari bab ini, kalian mampu memanfaatkan tools (perkakas) yang banyak digunakan untuk urusan perkantoran, yaitu untuk membuat surel, laporan, surat, presentasi, mengelola folder/ile, dan mencari informasi.

 

Baiklah untuk mengetahui isi ringkasan dari materi informatika kelas 7 SMP Bab 3 “Teknologi Informasi dan Komunikasi” maka di bawah ini sajian rangkumannya :

 

BAB 3 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

A. Pengenalan Antarmuka Pengguna

Saat ini TIK telah merambah di banyak aspek kehidupan manusia. Teknologi ini menghasilkan banyak sekali perkakas yang membantu pekerjaan kita sehari-hari.

Teknologi saat ini mampu menangani interaksi perangkat dengan pengguna melalui tombol nyata, papan kunci (keyboard), sentuhan ke antarmuka grafis yang biasa disebut Graphical User Interface (GUI), maupun suara atau Voice User Interface (VUI). Untuk perangkat komputer, ponsel/smartphone, perangkat game, pemutar MP3, dan sebagainya, interaksi yang digunakan umumnya adalah GUI.

 

GUI adalah bentuk antarmuka pengguna dengan menggunakan ikon dan elemen grafis sebagai pengganti perintah berbasis teks yang ditikkan.

 

GUI menjadi populer karena lebih intuitif, mudah digunakan dan dipelajari daripada model interaksi Command Line Interface (CLI) yang memerlukan perintah yang harus ditik. Dengan CLI, jika pengguna tidak tahu perintahnya atau salah ketik, perintah tidak dapat dimengerti oleh komputer. Dengan GUI, pengguna tinggal memilih perintah yang disediakan.

 

B. Folder dan File

Folder/directory adalah tempat penyimpanan elektronis yang menyimpan file elektronis atau folder lain. Dalam dunia nyata, folder bisa dianalogikan sebagai map yang digunakan untuk menyimpan dokumen (surat, invoice, nota, dan lainnya), atau berisi map yang lebih kecil.  Folder/directory dikelola oleh program komputer yang disebut sebagai File Manager yang merupakan bagian dari sistem operasi.

 

File elektronis sendiri berarti file yang diciptakan oleh komputer/ponsel untuk menyimpan Data secara deskret pada alat penyimpan elektronis. File adalah unit penyimpanan di komputer, yang akan dibaca atau ditulis. File diciptakan oleh program/aplikasi tertentu, dan file dapat dibaca oleh program tertentu pula.

 

1. Ekstensi File

File memiliki ekstensi, yaitu nama pendek setelah tanda titik di akhir nama file. Sebagai contoh “lower.jpg” adalah ile dengan ekstensi jpg yang merupakan ile gambar (image), “Surat.doc” atau “Surat.docx” adalah file dokumen Microsoft Word, “Presentasi.ppt” atau “Presentasi.pptx” adalah file dokumen presentasi Microsoft Powerpoint, dan “Program.exe” adalah file executable atau aplikasi yang dapat dijalankan di Windows. Ekstensi file sebenarnya adalah konvensi (kesepakatan). Dalam sistem operasi Linux, ekstensi dianggap bagian dari nama file.

 

Folder memiliki struktur berbentuk pohon hierarkis seperti tampak pada gambar berikut.

 

Pada contoh di atas, Program Files adalah folder. Folder tersebut memiliki anak subfolder yang bernama Adobe. Di dalam subfolder Adobe, ada Acrobat Reader DC. Di dalam subfolder Acrobat Reader DC, terdapat folder Esl yang tidak memiliki subfolder lagi, dan subfolder Reader yang memiliki anak subfolder AcroApp. AcroApp memiliki anak subfolder ENU.

 

2. Pengelolaan Folder

Pembuatan folder/directory dan mengelola file dalam folder yang terstruktur menjadikan proses pencarian file untuk digunakan kembali lebih efisien. Pengelolaan folder dan file adalah fitur yang ada pada sistem operasi, yang biasa disebut File Management System atau File Explorer.

 

Pada sistem operasi Microsoft Windows, aplikasi default untuk pengelolaan ile disebut File Explorer dengan antarmuka Graphical User Interface (GUI).

 

3. Pengelolaan File dengan Sistem Operasi Microsoft Windows

Windows menyediakan aplikasi untuk pengelolaan ile, yang dinamakan File Explorer. Aplikasi tersebut berfungsi untuk mengelola ile dan folder, yaitu membuat folder, menyalin folder, membuat ile, menyalin ile, menghapus ile, memindahkan ile maupun folder ke tempat lain, serta mencari ile.

 

C. Peramban dan Search Engine

Browser web (biasanya disebut browser atau peramban) adalah perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk mengakses informasi di internet (World Wide Web). Saat pengguna mengakses halaman web dari situs web tertentu, peramban mengambil konten dari server web, kemudian menampilkan konten tersebut di peramban perangkat pengguna. Saat akan mengakses server web, pengguna harus menuliskan alamat web di address bar peramban. Alamat web tersebut disebut dengan url (uniform resource locator). Apabila kita berada pada situs tertentu, address bar akan menampilkan alamat dari situs tersebut.

 

Ada berbagai merk peramban yang bekerja di berbagai perangkat keras: PC, laptop, tablet atau ponsel. Setiap merk ponsel biasanya juga menyertakan peramban standar yang menyatu dengan perangkat kerasnya. Pada tahun 2020, diperkirakan ada 4.9 miliar orang yang menggunakan peramban, separuh di antaranya di Asia. Peramban yang populer saat ini adalah Google Chrome, Microsoft Edge, Firefox, dan Safari.

 

Peramban berbeda dengan mesin pencari (search engine), meskipun keduanya sering kali dipertukarkan. Bagi pengguna, mesin pencari hanyalah situs web yang menyediakan tautan ke situs web lain. Mesin pencari berjalan di atas peramban.

 

Mesin pencari (Search Engine) adalah suatu situs web (website) yang mengumpulkan dan mengelola informasi di internet sehingga membuat informasi itu bisa dicari. Mesin pencari menggunakan algoritma yang canggih untuk menampilkan informasi yang paling relevan dengan pencarian pengguna, berdasarkan tren, lokasi, atau bahkan aktivitas yang biasa dilakukan pengguna di web. Mesin pencari yang terkenal di antaranya adalah: Google, Bing, Baidu, Yandex. Selain itu, masih banyak mesin pencari lain. Setiap search engine memiliki kemampuan terbaik di konteks yang berbeda.

 

Cara melakukan pencarian informasi di internet adalah dengan mengetikkan kata kunci (keyword). Pemilihan kata kunci yang spesiik akan menghasilkan halaman yang lebih spesiik. Ketikkan kata kunci tanpa awalan, imbuhan, akhiran, dan lain-lain. Pada search engine tertentu, tanda petik (“) dapat membuat pencarian lebih spesiik.

 

Pada search engine tertentu, bisa digunakan operator seperti “OR” dan “AND”. “OR” berarti “atau” yang akan menampilkan hasil pencarian dari salah satu kata kunci. “AND” berarti “dan” yang akan menampilkan hasil pencarian dari kedua keyword.

 

D. Surel

Surel (Surat elektronik/Electronic mail) atau surat elektronis adalah cara dan alat untuk bertukar pesan (surat) dengan menggunakan alat elektronis. Surel sudah digunakan pada tahun 1960 dengan pengguna terbatas menggunakan satu komputer. Saat ini, surel dapat beroperasi pada jaringan komputer luas atau internet yang dapat menjangkau penggunanya di seluruh belahan dunia.

 

E. Aplikasi Perkantoran

Aplikasi perkantoran adalah kumpulan aplikasi/perangkat lunak yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas. Aplikasi ini umumnya dibundel dan didistribusikan bersama-sama, memiliki antarmuka pengguna yang konsisten dan hasil dari satu aplikasi dapat diintegrasikan dengan yang lain.

 

Aplikasi perkantoran paling awal dikembangkan oleh Micropro International di awal 1980-an yang dinamakan Starburst, yang terdiri atas pengolah kata WordStar, CalcStar (spreadsheet) dan DataStar (database).

 

Beberapa paket aplikasi lain muncul pada tahun 1980-an seperti Word Perfect, ChiWriter, dan lainnya. Namun, pada tahun 1990-an, muncul perangkat lunak Microsoft Oice yang sampai saat ini mendominasi pasar dengan MS Word, MS Excel dan MS Power Point.

 

Aplikasi perkantoran biasanya memiliki paket perangkat lunak pengolah kata, pengolah lembar kerja (spreadsheet), dan program presentasi. Komponen lain dari aplikasi perkantoran meliputi: perangkat lunak database, paket grafik, penerbitan (publisher), pembuatan diagram, surel untuk klien, perangkat lunak komunikasi, dan perangkat lunak manajemen proyek.

 

1. Sejarah Perangkat Lunak Pengolah Kata

Pengolah kata adalah aplikasi yang berkembang dari evolusi mesin mekanis. Sejarah pengolah kata adalah cerita tentang otomatisasi bertahap dari aspek isik penulisan dan penyuntingan, yang kemudian berkembang menjadi teknologi yang disempurnakan bagi perusahaan maupun individu. Sepanjang sejarah, ada 3 jenis pengolah kata: mekanik, elektronik, dan perangkat lunak.

 

2. Pengolah Kata Mekanis

Perangkat pengolah kata pertama yang serupa dengan mesin tik dipatenkan oleh Henry Mill untuk mesin yang mampu “menulis dengan sangat jelas dan akurat sehingga kita tidak dapat membedakannya dari mesin cetak”. Pada akhir abad ke-19, Christopher Latham Sholes menciptakan mesin tik pertama dengan ukuran besar, yang digambarkan sebagai “piano sastra”.

 

3. Pengolah Kata Elektromekanis dan Elektronik

Pada akhir 1960-an, IBM mengembangkan mesin ketik elektromekanis/ elektrik yang disebut IBM MT/ST (Magnetic Tape/Selectric Typewriter). Model mesin ini dikembangkan dengan fasilitas perekaman dan pemutaran pita kaset magnetik, pengendalian dan kumpulan relai listrik. Mesin ini memiliki pembungkus kata otomatis walaupun tidak memiliki layar.

 

Perangkat ini adalah revolusi di industri pengolah kata karena memungkinkan penulisan ulang teks yang telah ditulis di kaset lain dan kita dapat berkolaborasi dengan mengirim rekaman ke orang lain untuk disunting atau disalin.

 

4. Perangkat Lunak Pengolah Kata

Perkembangan terakhir pengolah kata lahir dengan munculnya komputer pribadi (PC) pada akhir 1970-an dan dengan penciptaan perangkat lunak pengolah kata pada tahun 1980-an. Perangkat lunak pengolah kata tersebut memiliki itur yang kompleks dan dapat dikembangkan dengan harga yang murah. Hal tersebut membuatnya lebih dapat diakses oleh publik. Awalnya, sebagian besar perangkat lunak pengolah kata awal mengharuskan pengguna menghafal kombinasi tombol semi-mnemonik seperti Ctrl-C, Ctrl-P, dan lainnya untuk melakukan task tertentu. Tidak dengan menekan tombol seperti “copy”, “paste”, “bold”, dan lainnya seperti yang sekarang kita lakukan.


Untuk melihat Rangkuman/Ringkasan Materi Informatika Pada Bab Lainnya di Semester 1 Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka, Maka Silahkan Lihat Selengkapnya Pada Judul di bawah ini :

👉 Materi & Rangkuman Informatika Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Lengkap (DISINI)


Demikianlah sajian informasi seputar rangkuman materi Informatika kelas 7 SMP Bab 3 “Teknologi Informasi dan Komunikasi” yang akan di pelajari pada semester 1 kurikulum merdeka. Semoga bisa menjadi referensi dan bahan belajar yang bermanfaat bagi seluruh sahabat pendidikan dimanapun berada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel