Jawaban Post Test Modul 3 Pemanfaatan Buku Nonteks
Kherysuryawan.id – Jawaban Post Test Modul 3 “Pemanfaatan Buku Nonteks” Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi]”.
Sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan
kali ini admin akan membahas tentang salah satu jenis pelatihan mandiri yang
ada di PMM yaitu materi pada topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana
memanfaatkannya”.
Sebagai informasi bahwa ada 3 modul yang nantinya akan di pelajari pada Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya” diantaranya yaitu sebagai berikut :
- Modul 1 : Pemahaman Konsep Buku Nonteks
- Modul 2 : Pengelolaan Buku Nonteks
- Modul 3 : Pemanfaatan Buku Nonteks
Pada postingan kali ini, admin kherysuryawan hanya akan
membahas salah satu dari 3 modul di atas. Adapun modul yang akan admin bahas
disini yaitu Modul 3 “Pemanfaatan Buku Nonteks”. Dalam mempelajari materi
tersebut nantinya guru akan di suguhkan berbagai pertanyaan yang di tampilkan
dalam latihan pemahaman, cerita reflektif dan juga post test.
Nah, melalui artikel ini admin akan membantu bapak/ibu
guru untuk bisa mendapatkan kunci jawaban dari soal yang ada pada Modul 3 “Pemanfaatan
Buku Nonteks”.
Di bawah ini kunci jawaban Latihan pemahaman, kunci
jawaban cerita reflektif, dan kunci jawaban Post Test Modul 3 “Pemanfaatan Buku
Nonteks” Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya [Kemitraan
dengan Inovasi]”.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif
I. Materi Menciptakan Sudut Baca
Cara membuat sudut baca yang ramah anak adalah dengan
menggunakan bahan yang ada disekitar kita seperti papan atau bambu. Sudut baca
yang disediakan harus :
a. Aman
b. Ramah anak
c. Mengakomodir semua peserta didik
1. Salah satu cara untuk membantu peserta didik mengakses
bacaan adalah dengan membuat sudut baca.
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A. Benar
Apakah di ruang kelas Ibu/Bapak sudah ada sudut baca?
Bagaimana anak-anak memanfaatkannya?
Jawab :
Sudah, cara memanfaatkannya adalah dengan memberikan waktu 15 menit untuk
literasi sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.
II. Materi Pengelolaan Sudut Baca
1. Sudut baca perlu dikelola agar dapat berlangsung lama
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A. Benar
Bagaimana sudut baca bisa dimanfaatkan secara efektif di
kelas Ibu/Bapak?
Jawab :
Dengan memanfaatkan berbagai literatur yang ada yang berkaitan dengan
pembelajaran.
III. Materi Membaca Mandiri
Tujuan membaca mandiri adalah memberi kebebasan dan
tanggung jawab peserta didik memilih buku dengan seksama, merawat dan
menyelesaikan bacaan dengan tanggung jawab. Beberapa hal yang perlu
diperhatikan ketika akan melakukan kegiatan membaca mandiri yaitu
a. Kegiatan sebelum :
- Beri instruksi jelas sebelum melakukan kegiatan membaca
mandiri.
- Anjurkan peserta didik memilih buku sesuai minat dan
kemampuan baca.
- Sampaikan kesepakatan kelas
b. Selama - Peserta didik memilih posisi nyaman untuk
mebaca.
c. Setelah membaca - Mengisi jurnal membaca dan membuat
bahan kaya bacaan.
1. Kegiatan membaca mandiri memberi kesempatan peserta
didik untuk membaca secara mandiri tanpa pendampingan guru.
Pernyataan di atas adalah...
A. Benar
B. Salah
Jawaban : B. Salah
Apakah Ibu/Bapak memfasilitasi kegiatan membaca mandiri
untuk para peserta didik? Kapan dilakukan?
Jawab :
Iya, selama pembelajaran.
IV. Materi Membuat Jurnal Membaca Peserta Didik
Jurnal Membaca biasanya memuat informasi seperti :
a. Judul buku
b. Nama pengaran gdan nama ilustrator
c. Tanggapan peserta didik
1. Jurnal membaca adalah sebuah catatan harian yang
memungkinkan penggunanya untuk mencatat informasi-informasi yang diperlukan
sehubungan dengan buku yang dibaca.
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A. Benar
1. Apa yang biasanya peserta didik lakukan jika telah
selesai membaca buku
Jawab :
Mengisi jurnal membaca
V. Materi Membaca Nyaring
Kegiatan membaca nyaring bertujuan untuk membangun
pengalaman membaca melalui interaksi antara pembaca dan pendengar. Tempat
kegiatan membaca nyaring dapat dilakukan dibeberapa tempat berikut :
a. Kelas
b. Perpustakaan
c. Taman bacaan
Tiga hal penting yang perlu diperhatikan saat melakukan
membaca nyaring :
a. Sebelum Membaca :
- Pilih buku yang tepat
- Baca buku yang telah dipilih
- Buat beberapa pertanyaan
b. Selama Membaca :
- Volume suara, intonasi, kejelasan pengucapan dan
ekspresi.
- Ajukan beberapa pertanyaan yang tepat.
- Bangun interaksi dengan peserta didik.
c. Setelah Membaca :
- Lakukan ragam aktivitas berdasarkan buku yang dibaca.
1. Kegiatan membaca nyaring adalah kegiatan membaca di
mana guru mendongeng kepada peserta didik.
A. Benar
B. Salah
Jawaban : B. Salah
Apa yang Ibu/Bapak amati saat mereka dibacakan buku dalam
kegiatan membaca nyaring?
Jawab :
Terdapat tiga hal yang diamati yaitu aktifitas sebelum, saat dan setelah
membaca nyaring.
VI. Materi Membaca Bersama
Perbedaan membaca nyaring dan membaca bersama :
a. Membaca Nyaring : Membaca dengan ekspresi dan menjalin
interaksi yang menyenangkan dengan siswa.
b. Membaca Bersama : Memodelan fokus pengajaran membaca
yang bisa diajarkan dikelas seperti (arah membaca, kosakata, tanda baca,
kelancaran dan pemahaman)
Langkah kegiatan membaca bersama :
a. Sebelum Membaca
- Perkenalkan judul buku, penulis dan ilustrator.
- Bahas sampul depan buku dengan mengajukan beberapa
pertanyaan.
- Perkenalkan kosakata baru
b. Selama membaca
- Bahas ilustrasi
- Modelkan cara membaca teks dengan intonasi yang benar
secara lantang, lancar dan berekspresi.
- Meminta peserta didik untuk membaca pada halaman
tertentu.
c. Setelah membaca
- Bermain peran
- Melakukan membaca berpasangan
- Membuat bahan kaya bacaan seperti poster cerita
- Menulis tanggapan
1. Kegiatan membaca nyaring adalah kegiatan membaca di
mana guru mendongeng kepada peserta didik.
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A. Benar
Saat melakukan kegiatan membaca, fokus apa saja yang
Ibu/Bapak ajarkan kepada peserta didik?
Jawab :
Memodelan fokus pengajaran membaca yang bisa diajarkan dikelas.
Jawaban Post Test Modul 3 Pemanfaatan Buku Nonteks
1. Ketika peserta didik membaca, guru berkeliling untuk
memastikan beberapa hal di bawah ini, kecuali...
A. Menanyai anak judul buku yang dibaca.
B. Meminta anak menceritakan isi cerita yang sedang
dibaca.
C. Menanyakan kesulitan yang dialami peserta didik.
D. Meminta peserta didik membaca beberapa kalimat pada
halaman yang sedang dibaca.
Jawaban : C. Menanyakan kesulitan
yang dialami peserta didik.
2. Jurnal membaca bertujuan untuk
A. Menentukan nilai di rapor
B. Mencatat
informasi terkait dengan buku bacaan
C. Meningkatkan pemahaman peserta didik akan buku yang
dibaca
D. Mencatat peningkatan keterampilan membaca peserta
Jawaban : C. Menanyakan kesulitan
yang dialami peserta didik.
3. Guru menggeser jari tangan/alat penunjuk di bawah
setiap kata yang dibaca bertujuan untuk ….
A. Mengeja kata yang ditunjuk
B. Memodelkan
secara eksplisit kepada peserta didik arah dan cara membaca
C. Membantu peserta didik yang mengalami kesulitan
membaca
D. Membantu pemahaman peserta didik
Jawaban : B. Memodelkan secara eksplisit kepada peserta didik arah dan cara
membaca
4. Cara memajang buku di rak sudut baca adalah
A. Ditata miring biar rapi
B. Ditumpuk biar praktis
C. Sampul
menghadap ke depan
D. Variasi miring, ditumpuk, dan menghadap ke depan
Jawaban : B. Memodelkan secara eksplisit kepada peserta didik arah dan cara
membaca
5. Peserta didik lain yang sudah melakukan kegiatan
membaca perlu menceritakan kembali atau meringkas apa yang telah dibaca.
Pernyataan di atas adalah
A Benar
B Salah
Jawaban : A Benar
6. Pengecekan buku perlu dilakukan berkala oleh ….
A. Pustakawan sekolah
B. Siswa Relawan
C. Guru Kelas
D. Semua siswa
Jawaban : A. Pustakawan sekolah
7. Di kelas Ibu Irma terdapat berbagai ragam bentuk
jurnal membaca peserta didik. Ada yang berupa lembar isian, kartu buku, dan
peta pikiran. Komponen yang dipertimbangkan Ibu Irma sehingga muncul ragam
jurnal yang berbeda-beda di kelasnya adalah….
A. Kondisi lingkungan belajar
B. Kreatifitas
peserta didik
C. Produk hasil belajar
D. Ruang lingkup materi pembelajaran
Jawaban : B. Kreatifitas peserta didik
8. Kegiatan membaca nyaring bertujuan untuk ….
A. Meningkatkan kelancaran membaca peserta didik
B. Menciptakan
pengalaman membaca yang menyenangkan bagi peserta didik
C. Memodelkan fokus pengajaran tertentu
D. Membantu peserta didik membaca kalimat-kalimat panjang
Jawaban : B. Menciptakan pengalaman membaca yang menyenangkan bagi peserta didik
9. Pada saat melakukan kegiatan membaca nyaring, Ibu Elsa
ingin mengetahui pemahaman peserta didik selama kegiatan membaca. Hal apakah
yang dapat dilakukan oleh Ibu Elsa?
A. Mengajukan pertanyaan tentang sampul buku
B. Mengajukan pertanyaan prediksi yang meminta peserta
didik untuk menebak jalan cerita selanjutnya
C. Membacakan buku dengan intonasi yang jelas
D. Mengajak peserta didik untuk menirukan bunyi-bunyi
menarik yang terdapat dalam buku
Jawaban : C. Membacakan buku dengan
intonasi yang jelas
10. Setelah melakukan kegiatan membaca bersama pertama
kalinya, Bapak Hadi menemukan bahwa peserta didik masih belum memahami
bagaimana bentuk kalimat yang lengkap. Pengajaran apa yang bisa Bapak Hadi
fokuskan untuk mengatasi hal ini?
A. Memfokuskan
pada kelancaran membaca
B. Memfokuskan pada pemahaman isi bacaan
C. Memfokuskan pada penggunaan tanda baca dan huruf
kapital
D. Memfokuskan pada pembahasan kosakata baru
Jawaban : A. Memfokuskan pada kelancaran membaca
11. Pengecekan buku perlu dilakukan berkala oleh ….
A. Pustakawan sekolah
B. Siswa Relawan
C. Guru Kelas
D. Semua siswa
Jawaban : D. Semua siswa
12. Jadwal membaca mandiri di sudut baca diperlukan untuk
… kecuali:
A .Anak membiasakan membaca
B. Anak memanfaatkan waktu luang dengan positif
C. Anak patuh
dengan kegiatan yang dibuat guru
D. Anak mengembangkan kemampuan membaca
Jawaban : C. Anak patuh dengan kegiatan yang dibuat guru
13. Kegiatan membaca mandiri tidak berakhir begitu saja
setelah selesai membaca. Hal baik apa yang bisa dilakukan selanjutnya?
A. Memberikan kebebasan bagi peserta didik untuk
melanjutkan membaca
B. Memberikan tugas meringkas cerita yang telah dibaca
C. Mengajak
peserta didik berbagi hal menarik dari buku yang telah dibaca
D. Meminta perwakilan dari peserta didik untuk
menceritakan ulang cerita yang telah dibaca
Jawaban : C. Mengajak peserta didik berbagi hal menarik dari buku yang telah
dibaca
14. Peserta didik hanya menyimak dan membaca kata-kata
yang ada dalam buku pada saat kegiatan membaca bersama.
A. Benar
B. Salah
Jawaban : B. Salah
15. Buku-buku di sudut baca tidak perlu diinventaris
karena hanya dimanfaatkan di dalam kelas.
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A. Benar
16. Diskusi setelah kegiatan membaca mandiri bertujuan
untuk …
A. Menguji pemahaman siswa
B. Memanfaatkan waktu sebelum kegiatan berakhir
C. Membantu peserta didik memahami cerita
D. Memastikan peserta didik menyimak cerita dengan serius
Jawaban : C. Membantu peserta didik
memahami cerita
17. Berikut ini aktivitas tindak lanjut yang dapat
disarankan kepada peserta didik setelah membaca, kecuali
A. Mewarnai dari
pola yang dibuat guru
B. Berbagi cerita dari buku yang dibaca
C. Membuat bahan kaya bacaan
D. Bermain peran berdasarkan cerita yang dibaca
Jawaban : A. Mewarnai dari pola yang dibuat guru
18. Pada saat kegiatan membaca mandiri, Nina hanya mampu
menyelesaikan beberapa halaman pada buku yang dibacanya dikarenakan waktu yang
tersedia telah usai. Untuk itu pendidik dapat membimbing Nina untuk ….
A. Meletakkan buku kembali ke rak buku
B. Mengisi
jurnal membaca sebelum meletakkan buku kembali ke rak buku
C. Melipat halaman buku sebelum mengembalikannya ke rak
buku
D. Melanjutkan kegiatan pada pelajaran berikutnya
Jawaban : B. Mengisi jurnal membaca sebelum meletakkan buku kembali ke rak buku
19. Buku merupakan bintang pada saat kegiatan membaca
nyaring. Hal ini dapat diartikan sebagai ….
A. Buku
merupakan bentuk penghargaan pendidik bagi peserta didik
B. Buku harus dibacakan apa adanya, sesuai dengan teks
yang tertulis
C. Buku harus digunakan dengan baik
D. Buku harus digunakan secara rutin
Jawaban : B. Mengisi jurnal membaca sebelum meletakkan buku kembali ke rak buku
20. Emi sudah dapat membaca dengan lantang dan lancar.
Pada tahap selanjutnya, pendidik dapat mengembangkan keterampilan pemahaman Emi
dengan cara ….
A. Menginstruksikan Emi membaca kalimat yang panjang
B. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang cerita yang
sudah dibaca
C. Memodelkan fokus pengajaran tertentu
D. Memberikan
tugas membaca mandiri sesuai dengan kemampuan membaca Emi
Jawaban : B. Mengisi jurnal membaca sebelum meletakkan buku kembali ke rak buku
21. Berikut ini pernyataan mengenai peraturan sudut baca
yang tidak benar
A. Dibuat agar
anak-anak tidak melanggar aturan
B. Dipasang di area sudut baca dengan tulisan terbaca dan
menarik
C. Diajarkan sebelum anak-anak mengakses sudut baca
D. Dibuat agar sudut baca berlangsung lama
Jawaban : B. Mengisi jurnal membaca sebelum meletakkan buku kembali ke rak buku
22. Durasi waktu peserta didik membaca mandiri perlu
disampaikan sebelum kegiatan agar ….
A. Peserta didik dapat membaca cepat dan bisa mengambil
buku lainnya
B. Peserta didik
memperkirakan kapan waktu membaca berlangsung dan bisa menyelesaikan bacaan
C. Tidak ada pertanyaan dari peserta didik kapan waktu
membaca selesai
D. Mengkondisikan lingkungan membaca yang nyaman
Jawaban : B. Peserta didik memperkirakan kapan waktu membaca berlangsung dan bisa
menyelesaikan bacaan
23. Bahan kaya bacaan yang baik adalah ….
A. Dibuatkan polanya terlebih dahulu untuk diwarnai agar
tidak membebani peserta didik
B. Dibuat oleh
peserta didik berdasarkan buku yang telah dibaca
C. Dibuat oleh peserta didik secara bebas tetapi
warna-warni
D. Sederhana sesuai kemauan peserta didik
Jawaban : B. Peserta didik memperkirakan kapan waktu membaca berlangsung dan bisa
menyelesaikan bacaan
24. Ibu Dewi akan melakukan kegiatan membaca bersama di
kelas bersama peserta didik. Berikut ini merupakan hal yang perlu dilakukan Ibu
Dewi pada kegiatan sebelum membaca, kecuali ….
A. Menyebutkan
nama penulis dan ilustrator
B. Mengajukan pertanyaan tentang tokoh, latar tempat,
latar waktu
C. Memodelkan membaca teks dengan lantang, lancar, dan
berekspresi
D. Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan latar
belakang pengetahuan peserta didik tentang buku
Jawaban : A. Menyebutkan nama penulis dan ilustrator
👉 Jawaban Modul 2 : Pengelolaan Buku Nonteks - (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai Jawaban Post Test Modul 3
“Pemanfaatan Buku Nonteks” Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana
memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi]” yang bisa admin kherysuryawan
bagikan pada kesempatan ini. Semoga jawaban yang telah admin sajikan diatas
bisa menjadi referensi bagi bapak/ibu guru yang sedang mengikuti pelatihan
mandiri PMM khususnya pada Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana
memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi]”.