Jawaban Post Test Modul 2 Pengelolaan Buku Nonteks
Kherysuryawan.id – Jawaban Post Test Modul 2 “Pengelolaan Buku Nonteks” Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi]”.
Sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan
kali ini admin akan membahas tentang salah satu jenis pelatihan mandiri yang
ada di platform merdeka mengajar yaitu materi pada topik “Buku Nonteks Bermutu
dan Bagaimana memanfaatkannya”.
Sebagai informasi bahwa ada 3 modul yang nantinya akan di
pelajari pada Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya”
diantaranya yaitu sebagai berikut :
- Modul 1 : Pemahaman Konsep Buku Nonteks
- Modul 2 : Pengelolaan Buku Nonteks
- Modul 3 : Pemanfaatan Buku Nonteks
Pada postingan kali ini, admin kherysuryawan hanya akan
membahas salah satu dari 3 modul di atas. Adapun modul yang akan admin bahas
disini yaitu Modul 2 “Pengelolaan Buku Nonteks”. Dalam mempelajari materi
tersebut nantinya guru akan di suguhkan berbagai pertanyaan yang di tampilkan
dalam latihan pemahaman, cerita reflektif dan juga post test.
Nah, melalui artikel ini admin akan membantu bapak/ibu
guru untuk bisa mendapatkan kunci jawaban dari soal yang ada pada Modul 2 “Pengelolaan
Buku Nonteks”.
Di bawah ini kunci jawaban Latihan pemahaman, kunci
jawaban cerita reflektif, dan kunci jawaban Post Test Modul 2 “Pengelolaan Buku
Nonteks” Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya [Kemitraan
dengan Inovasi]”.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif
I. Materi Pengadaan Buku Nonteks
Menentukan buku-buku yang cocok untuk peserta didik di
sekolah. Buku Kelompok 1 sering kita jumpai diperpustakaan sekolah dasar.
Pengadaan barang atau jasa dapat dilakukan secara daring ataupu luring.
Menentukan Variasi Buku :
a. Minat
b. Kebutuhan
c. Kemampuan
1. Contoh buku yang tidak sesuai kebutuhan peserta didik
di sekolah dasar adalah...
A. Buku Si Kancil dan Si Siput
B. Buku
pengetahuan praktis cara beternak lele
Jawaban : B. Buku pengetahuan praktis cara beternak lele
Selama ini, bagamana sekolah di tempat Ibu/Bapak
melakukan pengadaan buku?
Jawab :
Melalui Mitra (SIiplah)
II. Materi Tata Kelola Buku Nonteks
Tata cara pengelolaan buku disiapkan agar bisa
dimanfaatkan secara efektif. Pengelolaan buku biasanya dilakukan oleh
pustakawan dengan membuat daftar induk buku yang berisi :
a. Tanggal pendaftaran
b. No. inventarisir
c. Pengarang
d. Judul buku
e. Penerbit
f. Call number
g. Jenjang
h. Asal
i. Keterangan
1. Tata kelola buku dikenalkan agar peserta didik mudah
mengelola buku. Pernyataan di atas adalah...
A. Benar
B. Salah
Jawaban : B. Salah
Selama ini, bagaimana sekolah Ibu/bapak mengelola
buku-buku nonteks?
Jawab :
Iya
III. Materi Penataan Buku Nonteks
Alur perputaran buku nonteks dilakukan dengan cara
memajang sebagian buku. Buku baru datang -> Buku diinventarisir -> Buku
dipajang -> buku disimpan sebagai deposit.
Langkah-Langkah melakukan rotasi buku-buku bacaan :
a. Pemilihan lokasi dan penanggung jawab
- Memastikan ada orang yang bertanggungjawab untuk
mengelola.
- Tersedia ruang kelas / gedung perpustakaan.
b. Menentukan wadah buku
- Menyediakan rak untuk rotasi
- Menyediakan rak untuk buku deposit
c. Merancang kegiatan
- Membuat jadwal membaca buku
- Membuat peraturan (peminjaman, perawatan, kapan buku
yang disimpan (deposit) siap dipajang.
- Membuat dan menyiapkan buku catatan peminjaman.
Pajangan buku sebanyak 70% dan simpan buku sebanyak 30%.
Ganti buku yang dipajang dalam kurun waktu tertentu.
1. Buku merupakan komoditas yang memerlukan penanganan
khusus karena ada data di dalamnya sehingga perlu ditata sedemikian rupa.
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A. Benar
Selama ini, bagaimana Ibu/bapak menata buku di rak buku?
Jawab : Iya
IV. Materi Perputaran Buku Nonteks
1. Perputaran buku non teks merujuk pada layanan
perpustakaan atau sirkulasi buku.
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A. Benar
Selama ini, bagaimana perputaran buku yang ada di sudut
baca di kelola?
Jawab :
Dengan melakukan pendaatan yang baik.
V. Materi Peminjaman Buku Nonteks
Beberapa informasi harus ditulis saat meminjam buku :
a. Kelas 1-2 : Pustakawan / guru menuliskan informasi.
b. Kelas 3-6 : Peserta didik menulis informasi sendiri.
Cara meminjam buku kelas 1 dan 2 libatkan peserta didik
untuk menjadi model cara meminjam buku.
1. Keberfungsian perpustakaan/pojok baca/taman baca dapat
dilihat dari jumlah pengunjung yang melihat buku. Pernyataan di atas adalah...
A. Benar
B. Salah
Jawaban : B. Salah
Seberapa banyak perserta didik Ibu/bapak meminjam buku?
Apakah ada sistem yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan peminjaman buku
mereka?
Jawab :
Disatuan pendidikan saya, seluruh peserta didik memiliki kartu perpustakaan dan
meminjam buku dalam kurun waktu tertentu.
Jawaban Post Test Modul 2 Pengelolaan Buku NonTeks
1. Buku koleksi sekolah perlu memiliki
A. Cap penerbit
B. Cap asal buku
C. Cap kepemilikan buku
D. 2 dan 3
Jawaban : D. 2 dan 3
2. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika
memilih rak untuk memajang buku, kecuali...
A. Rak yang digunakan adalah rak yang terbuka
B. Rak yang
digunakan harus terbuat dari bahan-bahan daur ulang
C. Rak yang digunakan disesuaikan dengan ketinggian
rata-rata peserta didik
D. Rak yang digunakan tidak terdapat bagian-bagian yang
membahayakan
Jawaban : B. Rak yang digunakan harus terbuat dari bahan-bahan daur ulang
3. Keterbatasan dana internal sekolah berdampak pada
pengadaan buku. Apa yang bisa dilakukan sekolah?
A. Memanfaatkan proyektor untuk menampilkan buku dari
platform digital saat kegiatan membaca
B. Melibatkan guru-guru untuk aktif memanfaatkan platform
buku digital untuk mendukung kegiatan pembelajaran
C. Mengunduh sebanyak-banyaknya buku digital lalu
mencetaknya
D. 1 dan 2 benar
Jawaban : D. 1 dan 2 benar
4. Langkah yang dilakukan selanjutnya ketika buku-buku
baru datang di sekolah adalah buku-buku tersebut langsung dipajang di rak buku.
A. Benar
B. Salah
Jawaban : B. Salah
5. Agar belanja buku sesuai kebutuhan peserta didik,
hal-hal berikut ini dilakukan, kecuali...
A. Melibatkan peserta didik ketika menentukan buku yang
akan dibeli
B. Mengidentifikasi kebutuhan peserta didik
C. Menentukan variasi buku untuk semua jenjang
D. Membeli
sesuai jumlah peserta didik
Jawaban : D. Membeli sesuai jumlah peserta didik
6. Buku-buku dengan judul yang sama dapat ditata dengan
posisi ditumpuk dengan tujuan untuk...
A. Memudahkan pembaca menemukan semua buku yang ada di
rak
B. Memudahkan pendidik/pustakawan merawat buku yang rusak
C. Memaksimalkan
ruang penyimpanan di rak buku
D. Menarik minat pembaca
Jawaban : C. Memaksimalkan ruang penyimpanan di rak buku
7. Saat invetaris buku, pengisian tanggal yang benar
adalah...
A. Tanggal saat
buku diterima oleh sekolah
B. Tanggal saat buku diterbitkan
C. Tanggal saat petugas di sekolah menginventaris buku
D. Tanggal saat buku dikirim dari pengirim
Jawaban : A. Tanggal saat buku diterima oleh sekolah
8. Pengertian dari buku deposit adalah...
A. Buku - buku yang disimpan dalam wadah tertentu dan
digunakan sebagai acuan sumber informasi
B. Buku - buku
yang menjadi cadangan dan disimpan untuk dipajang kemudian setelah jangka waktu
tertentu
C. Buku - buku yang telah kadaluarsa sehingga harus dikeluarkan
dari rak pajangan
D. Buku - buku yang jarang dipinjam oleh pembaca sehingga
tidak lagi disimpan di rak pajangan
Jawaban : B. Buku - buku yang menjadi cadangan dan disimpan untuk dipajang
kemudian setelah jangka waktu tertentu
9. Sosialisasi cara meminjam buku kepada peserta didik
penting karena...
A. Peserta didik mengetahui sekolah mengizinkan
peminjaman buku kepada peserta didik
B. Guru tidak perlu menyuruh-nyuruh perserta didik untuk
meminjam buku
C. Peserta didik tidak tahu bagaimana meminjam buku
D. 1,2,3 benar
Jawaban : D. 1,2,3 benar
10. Tindak lanjut untuk buku yang terlambat dapat
dilakukan dengan cara berikut ini, kecuali...
A. Siswa relawan mencari temannya yang belum
mengembalikan buku dan memberitahu agar segera mengembalikan buku
B. Guru kelas menelpon orang tua peserta didik yang belum
mengembalikan buku dan meminta untuk membantu mencarikan buku tersebut
C. Kepala sekolah
menyebutkan nama-nama perserta didik yang belum mengembalikan buku saat upacara
D. Pustakawan menyampaikan ke guru kelas untuk
mengingatkan peserta didik yang belum mengembalikan buku
Jawaban : C. Kepala sekolah menyebutkan nama-nama perserta didik yang belum
mengembalikan buku saat upacara
11. Nomor identitas buku dibuat secara fleksibil dengan
alasan berikut ini kecuali ….
A. Memudahkan sekolah mengelola buku
B. Sistem yang
berlaku Perpusnas tergolong rumit bagi sekolah yang sumber dayanya terbatas
C. Sekolah tidak memiliki tenaga khusus yang
berlatarbelakang pendidikan kepustakawanan
D. Peserta didik kesulitan memahami klasifikasi buku
Jawaban : C. Kepala sekolah menyebutkan nama-nama perserta didik yang belum
mengembalikan buku saat upacara
12. Rak yang digunakan untuk memajang buku adalah ….
A. Rak tertutup dengan pintu kaca
B. Rak dengan
posisi terbuka
C. Rak tertutup yang ditempel di dinding
D. Rak dengan sekat-sekat antar ruang
Jawaban : B. Rak dengan posisi terbuka
13. Manakah pernyataan berikut ini yang tidak benar?
A. Buku digital
sebaiknya dihindari agar peserta didik tetap membaca buku cetak
B. Buku digital yang tidak disarankan untuk dicetak bisa
digunakan melalui proyektor
C. Kebijakan pembelian buku menggunakan dana BOS
disesuaikan kebutuhan sekolah
D. Belanja buku menggunakan dana BOS disarankan
menggunakan SIPLah
Jawaban : A. Buku digital sebaiknya dihindari agar peserta didik tetap membaca
buku cetak
14. Langkah pertama yang dilakukan dalam mengelola buku
adalah inventarisasi buku.
Pernyataan di atas adalah…
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A. Benar
15. Ibu Dita pada suatu kesempatan mengganti sejumlah
buku yang ada di rak pajangan perpustakaan dengan buku-buku yang selama ini
disimpan di rak penyimpanan. Tujuan utama Ibu Dita melakukan perputaran buku
adalah .…
A. Memastikan
agar buku-buku yang dipajang tidak cepat rusak
B. Memastikan agar buku-buku yang dipajang selalu
terlihat bervariasi
C. Memastikan agar buku-buku yang disimpan tidak cepat
kadaluarsa
D. Memastikan buku-buku yang dipajang hanya buku-buku
yang sesuai dengan tema yang diajarkan
Jawaban : A. Memastikan agar buku-buku yang dipajang tidak cepat rusak
16. Perpustakaan yang baik perlu menyediakan sistem
peminjaman agar memotivasi peserta didik bersaing meminjam buku.
Pernyataan di atas adalah ….
A. Benar
B. Salah
Jawaban : B. Salah
17. Tindak lanjut untuk buku yang terlambat dapat
dilakukan dengan cara berikut ini, kecuali...
A. Siswa relawan mencari temannya yang belum
mengembalikan buku dan memberitahu agar segera mengembalikan buku
B. Guru kelas menelpon orang tua peserta didik yang belum
mengembalikan buku dan meminta untuk membantu mencarikan buku tersebut
C. Kepala
sekolah menyebutkan nama-nama perserta didik yang belum mengembalikan buku saat
upacara
D. Pustakawan menyampaikan ke guru kelas untuk
mengingatkan peserta didik yang belum mengembalikan buku
Jawaban : C. Kepala sekolah menyebutkan nama-nama perserta didik yang belum
mengembalikan buku saat upacara
👉 Jawaban Modul 1 : Pemahaman Konsep Buku Nonteks - (DISINI)
👉 Jawaban Modul 3 : Pemanfaatan Buku Nonteks - (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai Jawaban Post Test Modul 2 “Pengelolaan
Buku Nonteks” Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya
[Kemitraan dengan Inovasi]” yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada
kesempatan ini. Semoga jawaban yang telah admin sajikan diatas bisa menjadi
referensi bagi bapak/ibu guru yang sedang mengikuti pelatihan mandiri PMM
khususnya pada Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya
[Kemitraan dengan Inovasi]”.