Jawaban Post Test Modul 2 Pengelolaan Buku Nonteks

Kherysuryawan.id – Jawaban Post Test Modul 2 “Pengelolaan Buku Nonteks” Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi]”.

Sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang salah satu jenis pelatihan mandiri yang ada di platform merdeka mengajar yaitu materi pada topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya”.

 


Sebagai informasi bahwa ada 3 modul yang nantinya akan di pelajari pada Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya” diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Modul 1 : Pemahaman Konsep Buku Nonteks
  • Modul 2 : Pengelolaan Buku Nonteks
  • Modul 3 : Pemanfaatan Buku Nonteks

 

Pada postingan kali ini, admin kherysuryawan hanya akan membahas salah satu dari 3 modul di atas. Adapun modul yang akan admin bahas disini yaitu Modul 2 “Pengelolaan Buku Nonteks”. Dalam mempelajari materi tersebut nantinya guru akan di suguhkan berbagai pertanyaan yang di tampilkan dalam latihan pemahaman, cerita reflektif dan juga post test.

 

Nah, melalui artikel ini admin akan membantu bapak/ibu guru untuk bisa mendapatkan kunci jawaban dari soal yang ada pada Modul 2 “Pengelolaan Buku Nonteks”.

Di bawah ini kunci jawaban Latihan pemahaman, kunci jawaban cerita reflektif, dan kunci jawaban Post Test Modul 2 “Pengelolaan Buku Nonteks” Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi]”.

 

Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif

 

I. Materi Pengadaan Buku Nonteks

Menentukan buku-buku yang cocok untuk peserta didik di sekolah. Buku Kelompok 1 sering kita jumpai diperpustakaan sekolah dasar. Pengadaan barang atau jasa dapat dilakukan secara daring ataupu luring.

 

Menentukan Variasi Buku :

a. Minat

b. Kebutuhan

c. Kemampuan

 

1. Contoh buku yang tidak sesuai kebutuhan peserta didik di sekolah dasar adalah...

A. Buku Si Kancil dan Si Siput

B. Buku pengetahuan praktis cara beternak lele

Jawaban : B. Buku pengetahuan praktis cara beternak lele

 

Selama ini, bagamana sekolah di tempat Ibu/Bapak melakukan pengadaan buku?

Jawab : Melalui Mitra (SIiplah)

 

II. Materi Tata Kelola Buku Nonteks

Tata cara pengelolaan buku disiapkan agar bisa dimanfaatkan secara efektif. Pengelolaan buku biasanya dilakukan oleh pustakawan dengan membuat daftar induk buku yang berisi :

a. Tanggal pendaftaran

b. No. inventarisir

c. Pengarang

d. Judul buku

e. Penerbit

f. Call number

g. Jenjang

h. Asal

i. Keterangan

 

1. Tata kelola buku dikenalkan agar peserta didik mudah mengelola buku. Pernyataan di atas adalah...

A. Benar

B. Salah

Jawaban : B. Salah

 

Selama ini, bagaimana sekolah Ibu/bapak mengelola buku-buku nonteks?

Jawab : Iya

 

III. Materi Penataan Buku Nonteks

Alur perputaran buku nonteks dilakukan dengan cara memajang sebagian buku. Buku baru datang -> Buku diinventarisir -> Buku dipajang -> buku disimpan sebagai deposit.

 

Langkah-Langkah melakukan rotasi buku-buku bacaan :

a. Pemilihan lokasi dan penanggung jawab

- Memastikan ada orang yang bertanggungjawab untuk mengelola.

- Tersedia ruang kelas / gedung perpustakaan.

 

b. Menentukan wadah buku

- Menyediakan rak untuk rotasi

- Menyediakan rak untuk buku deposit

 

c. Merancang kegiatan

- Membuat jadwal membaca buku

- Membuat peraturan (peminjaman, perawatan, kapan buku yang disimpan (deposit) siap dipajang.

- Membuat dan menyiapkan buku catatan peminjaman.

 

Pajangan buku sebanyak 70% dan simpan buku sebanyak 30%. Ganti buku yang dipajang dalam kurun waktu tertentu.

 

1. Buku merupakan komoditas yang memerlukan penanganan khusus karena ada data di dalamnya sehingga perlu ditata sedemikian rupa.

A. Benar

B. Salah

Jawaban : A. Benar

 

Selama ini, bagaimana Ibu/bapak menata buku di rak buku?

Jawab : Iya

 

IV. Materi Perputaran Buku Nonteks

1. Perputaran buku non teks merujuk pada layanan perpustakaan atau sirkulasi buku.

A. Benar

B. Salah

Jawaban : A. Benar

 

Selama ini, bagaimana perputaran buku yang ada di sudut baca di kelola?

Jawab : Dengan melakukan pendaatan yang baik.

 

V. Materi Peminjaman Buku Nonteks

Beberapa informasi harus ditulis saat meminjam buku :

a. Kelas 1-2 : Pustakawan / guru menuliskan informasi.

b. Kelas 3-6 : Peserta didik menulis informasi sendiri.

 

Cara meminjam buku kelas 1 dan 2 libatkan peserta didik untuk menjadi model cara meminjam buku.

 

1. Keberfungsian perpustakaan/pojok baca/taman baca dapat dilihat dari jumlah pengunjung yang melihat buku. Pernyataan di atas adalah...

A. Benar

B. Salah

Jawaban : B. Salah

 

Seberapa banyak perserta didik Ibu/bapak meminjam buku? Apakah ada sistem yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan peminjaman buku mereka?

Jawab : Disatuan pendidikan saya, seluruh peserta didik memiliki kartu perpustakaan dan meminjam buku dalam kurun waktu tertentu.

 

Jawaban Post Test Modul 2 Pengelolaan Buku NonTeks

 

1. Buku koleksi sekolah perlu memiliki

A. Cap penerbit

B. Cap asal buku

C. Cap kepemilikan buku

D. 2 dan 3

Jawaban : D. 2 dan 3

 

2. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika memilih rak untuk memajang buku, kecuali...

A. Rak yang digunakan adalah rak yang terbuka

B. Rak yang digunakan harus terbuat dari bahan-bahan daur ulang

C. Rak yang digunakan disesuaikan dengan ketinggian rata-rata peserta didik

D. Rak yang digunakan tidak terdapat bagian-bagian yang membahayakan

Jawaban : B. Rak yang digunakan harus terbuat dari bahan-bahan daur ulang

 

3. Keterbatasan dana internal sekolah berdampak pada pengadaan buku. Apa yang bisa dilakukan sekolah?

A. Memanfaatkan proyektor untuk menampilkan buku dari platform digital saat kegiatan membaca

B. Melibatkan guru-guru untuk aktif memanfaatkan platform buku digital untuk mendukung kegiatan pembelajaran

C. Mengunduh sebanyak-banyaknya buku digital lalu mencetaknya

D. 1 dan 2 benar

Jawaban : D. 1 dan 2 benar

 

4. Langkah yang dilakukan selanjutnya ketika buku-buku baru datang di sekolah adalah buku-buku tersebut langsung dipajang di rak buku.

A. Benar

B. Salah

Jawaban : B. Salah

 

5. Agar belanja buku sesuai kebutuhan peserta didik, hal-hal berikut ini dilakukan, kecuali...

A. Melibatkan peserta didik ketika menentukan buku yang akan dibeli

B. Mengidentifikasi kebutuhan peserta didik

C. Menentukan variasi buku untuk semua jenjang

D. Membeli sesuai jumlah peserta didik

Jawaban : D. Membeli sesuai jumlah peserta didik

 

6. Buku-buku dengan judul yang sama dapat ditata dengan posisi ditumpuk dengan tujuan untuk...

A. Memudahkan pembaca menemukan semua buku yang ada di rak

B. Memudahkan pendidik/pustakawan merawat buku yang rusak

C. Memaksimalkan ruang penyimpanan di rak buku

D. Menarik minat pembaca

Jawaban : C. Memaksimalkan ruang penyimpanan di rak buku

 

7. Saat invetaris buku, pengisian tanggal yang benar adalah...

A. Tanggal saat buku diterima oleh sekolah

B. Tanggal saat buku diterbitkan

C. Tanggal saat petugas di sekolah menginventaris buku

D. Tanggal saat buku dikirim dari pengirim

Jawaban : A. Tanggal saat buku diterima oleh sekolah

 

8. Pengertian dari buku deposit adalah...

A. Buku - buku yang disimpan dalam wadah tertentu dan digunakan sebagai acuan sumber informasi

B. Buku - buku yang menjadi cadangan dan disimpan untuk dipajang kemudian setelah jangka waktu tertentu

C. Buku - buku yang telah kadaluarsa sehingga harus dikeluarkan dari rak pajangan

D. Buku - buku yang jarang dipinjam oleh pembaca sehingga tidak lagi disimpan di rak pajangan

Jawaban : B. Buku - buku yang menjadi cadangan dan disimpan untuk dipajang kemudian setelah jangka waktu tertentu

 

9. Sosialisasi cara meminjam buku kepada peserta didik penting karena...

A. Peserta didik mengetahui sekolah mengizinkan peminjaman buku kepada peserta didik

B. Guru tidak perlu menyuruh-nyuruh perserta didik untuk meminjam buku

C. Peserta didik tidak tahu bagaimana meminjam buku

D. 1,2,3 benar

Jawaban : D. 1,2,3 benar

 

10. Tindak lanjut untuk buku yang terlambat dapat dilakukan dengan cara berikut ini, kecuali...

A. Siswa relawan mencari temannya yang belum mengembalikan buku dan memberitahu agar segera mengembalikan buku

B. Guru kelas menelpon orang tua peserta didik yang belum mengembalikan buku dan meminta untuk membantu mencarikan buku tersebut

C. Kepala sekolah menyebutkan nama-nama perserta didik yang belum mengembalikan buku saat upacara

D. Pustakawan menyampaikan ke guru kelas untuk mengingatkan peserta didik yang belum mengembalikan buku

Jawaban : C. Kepala sekolah menyebutkan nama-nama perserta didik yang belum mengembalikan buku saat upacara

 

11. Nomor identitas buku dibuat secara fleksibil dengan alasan berikut ini kecuali ….

A. Memudahkan sekolah mengelola buku

B. Sistem yang berlaku Perpusnas tergolong rumit bagi sekolah yang sumber dayanya terbatas

C. Sekolah tidak memiliki tenaga khusus yang berlatarbelakang pendidikan kepustakawanan

D. Peserta didik kesulitan memahami klasifikasi buku

Jawaban : C. Kepala sekolah menyebutkan nama-nama perserta didik yang belum mengembalikan buku saat upacara

 

12. Rak yang digunakan untuk memajang buku adalah ….

A. Rak tertutup dengan pintu kaca

B. Rak dengan posisi terbuka

C. Rak tertutup yang ditempel di dinding

D. Rak dengan sekat-sekat antar ruang

Jawaban : B. Rak dengan posisi terbuka

 

13. Manakah pernyataan berikut ini yang tidak benar?

A. Buku digital sebaiknya dihindari agar peserta didik tetap membaca buku cetak

B. Buku digital yang tidak disarankan untuk dicetak bisa digunakan melalui proyektor

C. Kebijakan pembelian buku menggunakan dana BOS disesuaikan kebutuhan sekolah

D. Belanja buku menggunakan dana BOS disarankan menggunakan SIPLah

Jawaban : A. Buku digital sebaiknya dihindari agar peserta didik tetap membaca buku cetak

 

14. Langkah pertama yang dilakukan dalam mengelola buku adalah inventarisasi buku.

Pernyataan di atas adalah…

A. Benar

B. Salah

Jawaban : A. Benar

 

15. Ibu Dita pada suatu kesempatan mengganti sejumlah buku yang ada di rak pajangan perpustakaan dengan buku-buku yang selama ini disimpan di rak penyimpanan. Tujuan utama Ibu Dita melakukan perputaran buku adalah .…

A. Memastikan agar buku-buku yang dipajang tidak cepat rusak

B. Memastikan agar buku-buku yang dipajang selalu terlihat bervariasi

C. Memastikan agar buku-buku yang disimpan tidak cepat kadaluarsa

D. Memastikan buku-buku yang dipajang hanya buku-buku yang sesuai dengan tema yang diajarkan

Jawaban : A. Memastikan agar buku-buku yang dipajang tidak cepat rusak

 

16. Perpustakaan yang baik perlu menyediakan sistem peminjaman agar memotivasi peserta didik bersaing meminjam buku.

Pernyataan di atas adalah ….

A. Benar

B. Salah

Jawaban : B. Salah

 

17. Tindak lanjut untuk buku yang terlambat dapat dilakukan dengan cara berikut ini, kecuali...

A. Siswa relawan mencari temannya yang belum mengembalikan buku dan memberitahu agar segera mengembalikan buku

B. Guru kelas menelpon orang tua peserta didik yang belum mengembalikan buku dan meminta untuk membantu mencarikan buku tersebut

C. Kepala sekolah menyebutkan nama-nama perserta didik yang belum mengembalikan buku saat upacara

D. Pustakawan menyampaikan ke guru kelas untuk mengingatkan peserta didik yang belum mengembalikan buku

Jawaban : C. Kepala sekolah menyebutkan nama-nama perserta didik yang belum mengembalikan buku saat upacara

 

LIHAT JUGA JAWABAN PADA MODUL LAINNYA:

👉 Jawaban Modul 1 : Pemahaman Konsep Buku Nonteks - (DISINI)
👉 Jawaban Modul 3 : Pemanfaatan Buku Nonteks - (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai Jawaban Post Test Modul 2 “Pengelolaan Buku Nonteks” Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi]” yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan ini. Semoga jawaban yang telah admin sajikan diatas bisa menjadi referensi bagi bapak/ibu guru yang sedang mengikuti pelatihan mandiri PMM khususnya pada Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi]”.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel