Jawaban Post Test Modul 1 Pemahaman Konsep Buku Nonteks

Kherysuryawan.id – Jawaban Post Test Modul 1 “Pemahaman Konsep Buku Nonteks” Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi]”.

Sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang salah satu jenis pelatihan mandiri yang ada di platform merdeka mengajar yaitu materi pada topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya”.

 


Sebagai informasi bahwa ada 3 modul yang nantinya akan di pelajari pada Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya” diantaranya yaitu sebagai berikut :

Modul 1 : Pemahaman Konsep Buku Nonteks

Modul 2 : Pengelolaan Buku Nonteks

Modul 3 : Pemanfaatan Buku Nonteks

 

Pada postingan kali ini, admin kherysuryawan hanya akan membahas salah satu dari 3 modul di atas. Adapun modul yang akan admin bahas disini yaitu Modul 1 “Pemahaman Konsep Buku Nonteks”. Dalam mempelajari materi tersebut nantinya guru akan di suguhkan berbagai pertanyaan yang di tampilkan dalam latihan pemahaman, cerita reflektif dan juga post test.

 

Nah, melalui artikel ini admin akan membantu bapak/ibu guru untuk bisa mendapatkan kunci jawaban dari soal yang ada pada Modul 1 “Pemahaman Konsep Buku Nonteks”.

Di bawah ini kunci jawaban Latihan pemahaman, kunci jawaban cerita reflektif, dan kunci jawaban Post Test Modul 1 “Pemahaman Konsep Buku Nonteks” Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi]”.

 

Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif

 

I. Materi Buku Nonteks Bermutu

3 Prinsip utama buku nonteks bermutu :

a. Buku yang anak-anak ingin baca, bukan buku yang orang dewasa pikir anak ingin baca.

b. Berbagai macam buku.

c. Buku untuk anak-anak dari semua jenjang baca.

 

1. Salah satu prinsip utama buku nonteks bermutu adalah berisi pesan moral yang bisa dipelajari peserta didik. Pernyataan di atas adalah...

A. Benar

B. Salah

Jawaban : B. Salah

 

Selama ini, bagaimana Ibu/Bapak memilih buku bacaan untuk peserta di sekolah?

Jawab : Berdasarkan keinginan siswa.

 

II. Materi Variasi Buku

Berdasarkan FGD dengan anak yang dilakukan oleh Kemendikbudristek tahun 2021, jenis-jenis (genre) buku yang disukai anak adalah :

a. Konsep sederhana

b. Cerita rakyat

c. Nofiksi

d. Fiksi Realistis

e. Fantasi

 

1. Penyediaan variasi koleksi buku bertujuan untuk memenuhi standar persyaratan koleksi buku di sekolah. Pernyataan di atas adalah...

A. Benar

B. Salah

Jawaban : B. Salah

 

Buku-buku dari genre apa saja yang selama ini disukai oleh peserta didik?

Jawab : Konsep sederhana, Cerita rakyat, Nofiksi, Fiksi Realistis dan Fantasi

 

III. Pemilihan Buku yang Tepat

Manfaat membaca buku yang menarik :

a. Buku adalah refleksi dari adat budaya, nilai serta tradisi setempat.

b. Buku membantu mengembangkan pemahaman budaya, tradisi dan adat istiadat yang berbeda.

c. Buku-buku dengan cerita fantasi, ilustrasi yang menarik sehingga mengundang imajinasi dan kreatifitas peserta didik.

 

1. Buku dikatakan sebagai ‘jendela’ artinya buku adalah refleksi dari adat, budaya, nilai serta tradisi setempat.

A. Benar

B. Salah

Jawaban : A. Benar

 

Apakah koleksi buku-buku di sekolah Ibu/Bapak sudah tepat untuk semua jenjang di sekolah?

Jawab : Sudah

 

IV. Perjenjangan Buku

Kemendikbudristek telah memiliki pedoman perjenjangan buku yang tertuang dalam Peraturan Kepala BSKAP No.030/P/2022.

 

1. Tujuan perjenjangan buku adalah memadupadankan buku dan sasaran pembacanya berdasarkan kelas. Pernyataan di atas adalah...

A. Benar

B. Salah

Jawaban : B. Salah

 

Apakah kebutuhan buku di semua jenjang sudah dipenuhi oleh Ibu/Bapak?

Jawab : Belum

 

V. Aturan 5 Jari

Aturan 5 jari adalah salah satu cara membantu peserta didik memilih buku yang tepat.

 

1. Memilih buku yang tidak tepat sering berpengaruh pada motivasi peserta didik untuk membaca di kemudian hari.

A. Benar

B. Salah

Jawaban : A. Benar

Apa yang Ibu/Bapak pernah melihat anak kesulitan memilih buku? Apa yang Ibu/Bapak lakukan?

Jawab : Pernah, saya atasi dengan cara pendekatan persuasif dan menyediakan beberapa alternatif buku.

 

Jawaban Post Test Modul 1 Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana Memanfaatkannya

 

1. Mengapa variasi koleksi buku non-fiksi perlu dipertimbangkan?

A. Agar peserta didik dimudahkan saat mengerjakan tugas sekolah

B. Agar Ibu dan bapak guru mempunyai banyak ide untuk memberi penugasan kepada deserta didik

C. Agar kebutuhan membaca semua peserta didik dapat lebih terpenuhi

D. Agar sekolah dapat memenuhi standar ragam koleksi buku untuk akreditasi perpustakaan

Jawaban : C. Agar kebutuhan membaca semua peserta didik dapat lebih terpenuhi

 

2. Pembaca awal artinya...

A. Pembaca yang baru mengerti huruf

B. Pembaca yang baru pertama kali mengenal buku

C. Pembacayang sudah bisa membaca teks berupa kata/frasa dengan kombinasi huruf dan kalimat sederhana.

D. Pembaca yang sudah bisa membaca teks berupa paragraf

Jawaban : A. Pembaca yang baru mengerti huruf

 

3. Buku yang peserta didik akan baca adalah buku yang kita pikirkan peserta didik akan baca. Pernyataan di atas adalah...

A. Benar

B. Salah

Jawaban : B. Salah

 

4. Pak Deni duduk dan mendengarkan peserta didiknya membaca beberapa kalimat, kemudian Pak Deni menghitung kesalahan yang dibuat tanpa sepengetahuan peserta didiknya. Berdasarkan hasil perhitungan, Pak Deni kemudian mengarahkan peserta didiknya untuk memilih buku yang sesuai. Langkah apa yang diterapkan oleh Pak Deni?

A. Tes diagnostik

B. Peraturan 5 jari

C. Asesmen pemahaman membaca

D. Tes membaca permulaan

Jawaban : B. Peraturan 5 jari

 

5. Variasi koleksi buku yang memadai di antaranya adalah memenuhi satu jenis buku novel dewasa untuk merangsang rasa ingin tahu peserta didik. Pernyataan di atas adalah...

A. Benar

B. Salah

Jawaban : B. Salah

 

6. Berikut adalag beberapa cara bagi pendidik untuk membantu peserta didik memilih buku yang tepat, kecuali..

A. Menerapkan aturan 5 jari

B. Menerapkan tes diagnostik untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca peserta didik

C. Menganjurkan peserta didik untuk melihat halaman sampul dan membuka halaman buku

D. Mengelompokan buku - buku bacaan berdasarkan kategori - kategori tertentu.

Jawaban : B. Menerapkan tes diagnostik untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca peserta didik

 

7. Buku yang ingin peserta didik baca mencakup berikut ini, kecuali...

A. Memiliki alur cerita menantang dan rumit

B. Memiliki ilustrasi menarik dan berwarna-warni

C. Memiliki karakter menarik dan dapat dikenali peserta didik

D. Memiliki topik yang sesuai dunia peserta didik

Jawaban : A. Memiliki alur cerita menantang dan rumit

 

8. Pendidik menerapkan aturan 5 jari dengan cara...

A. Memberikan lembar kerja yang berisi pertanyaan terkait dengan buku yang dibaca

B. Memberikan lembar kerja yang berisi sebagian teks dari buku yang dibaca

C. Menghitung kesalahan yang dibuat peserta didik ketika membaca secara senyap tanpa sepengetahuan peserta didik

D. Menghitung jumlah kata yang dibaca benar oleh peserta didik dan mengkalkulasi nilainya

Jawaban : C. Menghitung kesalahan yang dibuat peserta didik ketika membaca secara senyap tanpa sepengetahuan peserta didik

 

9. Langkah apa yang dilakukan pendidik dalam penerapan aturan 5 jari apabila peserta didik berganti jenjang buku?

A. Menginstruksikan peserta didik mengerjakan soal-soal pada lembar kerja siswa.

B. Mendengarkan kembali peserta didik membaca sebanyak 5 kalimat.

C. Menyarankan peserta didik untuk melihat sampul dan teks yang ada di setiap halaman buku bacaan.

D. Menyarankan agar peserta didik memilih buku pada jenjang yang lebih tinggi

Jawaban : B. Mendengarkan kembali peserta didik membaca sebanyak 5 kalimat

 

10. Berikut ini cakupan jenjang yang biasanya dibaca oleh anak-anak SD?

A. B1, dan B2

B. A, B1, B2, dan B3

C. AC

D. AD

Jawaban : A. B1, dan B2

 

11. Dina sudah bisa membaca teks dalam bentuk paragraf dalam satu wacana. Dina bisa disarankan untuk membaca buku jenjang...

A. A

B. B1

C. B2

D. C

Jawaban : C. B2

 

12. Buku memiliki sifat sebagai cermin, artinya...

A. Membantu anak-anak mengembangkan pemahaman budaya, tradisi, adat istiadat yang berbeda.

B. Membantu anak-anak mengembangkan kreativitas

C. Membantu anak-anak memahami adat, budaya, nilai, dan tradisi setempat.

D. Membantu anak-anak berfikir kritis dan peka

Jawaban : A. Membantu anak-anak mengembangkan pemahaman budaya, tradisi, adat istiadat yang berbeda.

 

13. Genre/jenis buku non-teks bermutu yang bisa dikoleksi sekolah kecuali...

A. Fiksi-realis

B. Konsep sederhana

C. Kewirausahaan

D. Fantasi

Jawaban : C. Kewirausahaan

 

14. Salah satu cara untuk menanamkan motivasi intrinsik untuk membaca adalah memastikan peserta didik memilih buku non teks yang bermutu.

A. Benar

B. Salah

Jawaban : A. Benar

 

15. Adi dan Dina adalah teman dekat. Adi baru bisa membaca suku kata sederhana, sementara Dina sudah bisa membaca lebih lancar dibanding peserta didik seusianya. Buku jenjang apa yang bisa disarankan untuk mereka?

A. Adi dan Dina membaca buku jenjang sama, yaitu B2

B. Adi membaca buku jenjang A, Dina membaca buku jenjang B1

C. Adi membaca buku jenjang A, Dina membaca buku jenjang C

D. Adi dan Dina membaca buku jenjang C

Jawaban : B. Adi membaca buku jenjang A, Dina membaca buku jenjang B1

 

16. Aturan 5 jari adalah panduan sederhana yang dapat digunakan oleh pendidik apakah buku-buku yang dibaca peserta didik terlalu sulit atau terlalu mudah.

A. Benar

B. Salah

Jawaban : B. Salah

 

17. Buku non-teks yang berisi tentang pengenalan warna atau hari termasuk ….

A. Fiksi

B. Cerita anak

C. Konsep sederhana

D. Fiksi-realis

Jawaban : C. Konsep sederhana

 

18. Berikut adalah tujuan dari mengelompokkan buku-buku bacaan berdasarkan kategori-kategori tertentu, kecuali ….

A. Memudahkan peserta didik untuk menemukan buku bacaan yang sesuai dengan kemampuan baca mereka.

B. Memudahkan pendidik/pustakawan untuk menata buku-buku bacaan

C. Memudahkan pendidik/pustakawan untuk melakukan pemutakhiran data buku-buku deposit

D. Memudahkan pendidik/pustakawan untuk mengecek buku-buku bacaan yang beredar

Jawaban : C. Memudahkan pendidik/pustakawan untuk melakukan pemutakhiran data buku-buku deposit

 

19. Anak mempunyai kecenderungan memilih buku. Mana yang mungkin lebih dipilih anak?

A Buku roman fiksi

B Buku konsep sederhana

C Buku cara menulis jurnal

D Buku sejarah

Jawaban : B Buku konsep sederhana

 

20. Berikut ini merupakan buku non-teks yang memenuhi sifatnya sebagai “jendela”.

A. Buku fiktif tentang perjalanan seorang anak kecil ke pulau terpencil di Italia

B. Buku cerita tentang permainan anak berlatar tempat di Sulawesi 

C. Buku mengenai pengenalan membuat roket bagi anak dan sejarahnya

D. Buku tentang metamorfosis yang disajikan dalam cerita dengan tokoh si Ulil

Jawaban : D. Buku tentang metamorfosis yang disajikan dalam cerita dengan tokoh si Ulil

 

21. Pendidik dapat menerapkan aturan 5 jari apabila menemukan peserta didik yang berada dalam kondisi di bawah ini, kecuali ….

A. Peserta didik tampak membolak-balikkan buku terlalu cepat dan hanya melihat gambarnya saja

B. Peserta didik membutuhkan waktu yang lama untuk memilih buku untuk dibaca

C. Peserta didik tampak memilih buku dengan tema tertentu saja

D. Peserta didik berganti buku terlalu sering

Jawaban : A. Perlu pendampingan pembaca mahir

 

22. Berikut ini karakteristik buku jenjang A untuk pembaca dini, kecuali ….

A. Perlu pendampingan pembaca mahir

B. Dibaca secara mandiri oleh pembaca dini

C. Berisi teks yang sangat sederhana

D. Untuk pembaca yang baru mengenal buku

Jawaban : A. Perlu pendampingan pembaca mahir

 

LIHAT JUGA JAWABAN PADA MODUL LAINNYA:

👉 Jawaban Modul 2 : Pengelolaan Buku Nonteks - (DISINI)
👉 Jawaban Modul 3 : Pemanfaatan Buku Nonteks - (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai Jawaban Post Test Modul 1 “Pemahaman Konsep Buku Nonteks” Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi]” yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan ini. Semoga jawaban yang telah admin sajikan diatas bisa menjadi referensi bagi bapak/ibu guru yang sedang mengikuti pelatihan mandiri PMM khususnya pada Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi]”.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel