Jawaban Post Test Modul 1 Pemahaman Konsep Buku Nonteks
Kherysuryawan.id – Jawaban Post Test Modul 1 “Pemahaman Konsep Buku Nonteks” Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi]”.
Sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan
kali ini admin akan membahas tentang salah satu jenis pelatihan mandiri yang
ada di platform merdeka mengajar yaitu materi pada topik “Buku Nonteks Bermutu
dan Bagaimana memanfaatkannya”.
Sebagai informasi bahwa ada 3 modul yang nantinya akan di
pelajari pada Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya”
diantaranya yaitu sebagai berikut :
Modul 1 : Pemahaman Konsep Buku Nonteks
Modul 2 : Pengelolaan Buku Nonteks
Modul 3 : Pemanfaatan Buku Nonteks
Pada postingan kali ini, admin kherysuryawan hanya akan
membahas salah satu dari 3 modul di atas. Adapun modul yang akan admin bahas
disini yaitu Modul 1 “Pemahaman Konsep Buku Nonteks”. Dalam mempelajari materi
tersebut nantinya guru akan di suguhkan berbagai pertanyaan yang di tampilkan
dalam latihan pemahaman, cerita reflektif dan juga post test.
Nah, melalui artikel ini admin akan membantu bapak/ibu
guru untuk bisa mendapatkan kunci jawaban dari soal yang ada pada Modul 1 “Pemahaman
Konsep Buku Nonteks”.
Di bawah ini kunci jawaban Latihan pemahaman, kunci
jawaban cerita reflektif, dan kunci jawaban Post Test Modul 1 “Pemahaman Konsep
Buku Nonteks” Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya
[Kemitraan dengan Inovasi]”.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif
I. Materi Buku Nonteks Bermutu
3 Prinsip utama buku nonteks bermutu :
a. Buku yang anak-anak ingin baca, bukan buku yang orang
dewasa pikir anak ingin baca.
b. Berbagai macam buku.
c. Buku untuk anak-anak dari semua jenjang baca.
1. Salah satu prinsip utama buku nonteks bermutu adalah
berisi pesan moral yang bisa dipelajari peserta didik. Pernyataan di atas
adalah...
A. Benar
B. Salah
Jawaban : B. Salah
Selama ini, bagaimana Ibu/Bapak memilih buku bacaan untuk
peserta di sekolah?
Jawab :
Berdasarkan keinginan siswa.
II. Materi Variasi Buku
Berdasarkan FGD dengan anak yang dilakukan oleh
Kemendikbudristek tahun 2021, jenis-jenis (genre) buku yang disukai anak adalah
:
a. Konsep sederhana
b. Cerita rakyat
c. Nofiksi
d. Fiksi Realistis
e. Fantasi
1. Penyediaan variasi koleksi buku bertujuan untuk
memenuhi standar persyaratan koleksi buku di sekolah. Pernyataan di atas
adalah...
A. Benar
B. Salah
Jawaban : B. Salah
Buku-buku dari genre apa saja yang selama ini disukai
oleh peserta didik?
Jawab : Konsep sederhana, Cerita rakyat, Nofiksi, Fiksi Realistis dan Fantasi
III. Pemilihan Buku yang Tepat
Manfaat membaca buku yang menarik :
a. Buku adalah refleksi dari adat budaya, nilai serta
tradisi setempat.
b. Buku membantu mengembangkan pemahaman budaya, tradisi
dan adat istiadat yang berbeda.
c. Buku-buku dengan cerita fantasi, ilustrasi yang
menarik sehingga mengundang imajinasi dan kreatifitas peserta didik.
1. Buku dikatakan sebagai ‘jendela’ artinya buku adalah
refleksi dari adat, budaya, nilai serta tradisi setempat.
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A. Benar
Apakah koleksi buku-buku di sekolah Ibu/Bapak sudah tepat
untuk semua jenjang di sekolah?
Jawab :
Sudah
IV. Perjenjangan Buku
Kemendikbudristek telah memiliki pedoman perjenjangan
buku yang tertuang dalam Peraturan Kepala BSKAP No.030/P/2022.
1. Tujuan perjenjangan buku adalah memadupadankan buku
dan sasaran pembacanya berdasarkan kelas. Pernyataan di atas adalah...
A. Benar
B. Salah
Jawaban : B. Salah
Apakah kebutuhan buku di semua jenjang sudah dipenuhi
oleh Ibu/Bapak?
Jawab :
Belum
V. Aturan 5 Jari
Aturan 5 jari adalah salah satu cara membantu peserta
didik memilih buku yang tepat.
1. Memilih buku yang tidak tepat sering berpengaruh pada
motivasi peserta didik untuk membaca di kemudian hari.
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A. Benar
Apa yang Ibu/Bapak pernah melihat anak kesulitan memilih
buku? Apa yang Ibu/Bapak lakukan?
Jawab :
Pernah, saya atasi dengan cara pendekatan persuasif dan menyediakan beberapa
alternatif buku.
Jawaban Post Test Modul 1 Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana Memanfaatkannya
1. Mengapa variasi koleksi buku non-fiksi perlu
dipertimbangkan?
A. Agar peserta didik dimudahkan saat mengerjakan tugas
sekolah
B. Agar Ibu dan bapak guru mempunyai banyak ide untuk
memberi penugasan kepada deserta didik
C. Agar
kebutuhan membaca semua peserta didik dapat lebih terpenuhi
D. Agar sekolah dapat memenuhi standar ragam koleksi buku
untuk akreditasi perpustakaan
Jawaban : C. Agar kebutuhan membaca semua peserta
didik dapat lebih terpenuhi
2. Pembaca awal artinya...
A. Pembaca yang
baru mengerti huruf
B. Pembaca yang baru pertama kali mengenal buku
C. Pembacayang sudah bisa membaca teks berupa kata/frasa
dengan kombinasi huruf dan kalimat sederhana.
D. Pembaca yang sudah bisa membaca teks berupa paragraf
Jawaban : A. Pembaca yang baru mengerti huruf
3. Buku yang peserta didik akan baca adalah buku yang
kita pikirkan peserta didik akan baca. Pernyataan di atas adalah...
A. Benar
B. Salah
Jawaban : B. Salah
4. Pak Deni duduk dan mendengarkan peserta didiknya
membaca beberapa kalimat, kemudian Pak Deni menghitung kesalahan yang dibuat
tanpa sepengetahuan peserta didiknya. Berdasarkan hasil perhitungan, Pak Deni
kemudian mengarahkan peserta didiknya untuk memilih buku yang sesuai. Langkah
apa yang diterapkan oleh Pak Deni?
A. Tes diagnostik
B. Peraturan 5
jari
C. Asesmen pemahaman membaca
D. Tes membaca permulaan
Jawaban : B. Peraturan 5 jari
5. Variasi koleksi buku yang memadai di antaranya adalah
memenuhi satu jenis buku novel dewasa untuk merangsang rasa ingin tahu peserta
didik. Pernyataan di atas adalah...
A. Benar
B. Salah
Jawaban : B. Salah
6. Berikut adalag beberapa cara bagi pendidik untuk
membantu peserta didik memilih buku yang tepat, kecuali..
A. Menerapkan aturan 5 jari
B. Menerapkan
tes diagnostik untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca peserta didik
C. Menganjurkan peserta didik untuk melihat halaman
sampul dan membuka halaman buku
D. Mengelompokan buku - buku bacaan berdasarkan kategori
- kategori tertentu.
Jawaban : B. Menerapkan tes diagnostik untuk
mengetahui tingkat kemampuan membaca peserta didik
7. Buku yang ingin peserta didik baca mencakup berikut
ini, kecuali...
A. Memiliki alur
cerita menantang dan rumit
B. Memiliki ilustrasi menarik dan berwarna-warni
C. Memiliki karakter menarik dan dapat dikenali peserta
didik
D. Memiliki topik yang sesuai dunia peserta didik
Jawaban : A. Memiliki alur cerita menantang dan rumit
8. Pendidik menerapkan aturan 5 jari dengan cara...
A. Memberikan lembar kerja yang berisi pertanyaan terkait
dengan buku yang dibaca
B. Memberikan lembar kerja yang berisi sebagian teks dari
buku yang dibaca
C. Menghitung
kesalahan yang dibuat peserta didik ketika membaca secara senyap tanpa
sepengetahuan peserta didik
D. Menghitung jumlah kata yang dibaca benar oleh peserta
didik dan mengkalkulasi nilainya
Jawaban : C. Menghitung kesalahan yang dibuat peserta
didik ketika membaca secara senyap tanpa sepengetahuan peserta didik
9. Langkah apa yang dilakukan pendidik dalam penerapan
aturan 5 jari apabila peserta didik berganti jenjang buku?
A. Menginstruksikan peserta didik mengerjakan soal-soal
pada lembar kerja siswa.
B. Mendengarkan
kembali peserta didik membaca sebanyak 5 kalimat.
C. Menyarankan peserta didik untuk melihat sampul dan
teks yang ada di setiap halaman buku bacaan.
D. Menyarankan agar peserta didik memilih buku pada
jenjang yang lebih tinggi
Jawaban : B. Mendengarkan kembali peserta didik
membaca sebanyak 5 kalimat
10. Berikut ini cakupan jenjang yang biasanya dibaca oleh
anak-anak SD?
A. B1, dan B2
B. A, B1, B2, dan B3
C. AC
D. AD
Jawaban : A. B1, dan B2
11. Dina sudah bisa membaca teks dalam bentuk paragraf
dalam satu wacana. Dina bisa disarankan untuk membaca buku jenjang...
A. A
B. B1
C. B2
D. C
Jawaban : C. B2
12. Buku memiliki sifat sebagai cermin, artinya...
A. Membantu
anak-anak mengembangkan pemahaman budaya, tradisi, adat istiadat yang berbeda.
B. Membantu anak-anak mengembangkan kreativitas
C. Membantu anak-anak memahami adat, budaya, nilai, dan
tradisi setempat.
D. Membantu anak-anak berfikir kritis dan peka
Jawaban : A. Membantu anak-anak mengembangkan
pemahaman budaya, tradisi, adat istiadat yang berbeda.
13. Genre/jenis buku non-teks bermutu yang bisa dikoleksi
sekolah kecuali...
A. Fiksi-realis
B. Konsep sederhana
C. Kewirausahaan
D. Fantasi
Jawaban : C. Kewirausahaan
14. Salah satu cara untuk menanamkan motivasi intrinsik
untuk membaca adalah memastikan peserta didik memilih buku non teks yang
bermutu.
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A. Benar
15. Adi dan Dina adalah teman dekat. Adi baru bisa
membaca suku kata sederhana, sementara Dina sudah bisa membaca lebih lancar
dibanding peserta didik seusianya. Buku jenjang apa yang bisa disarankan untuk
mereka?
A. Adi dan Dina membaca buku jenjang sama, yaitu B2
B. Adi membaca
buku jenjang A, Dina membaca buku jenjang B1
C. Adi membaca buku jenjang A, Dina membaca buku jenjang
C
D. Adi dan Dina membaca buku jenjang C
Jawaban : B. Adi membaca buku jenjang A, Dina membaca
buku jenjang B1
16. Aturan 5 jari adalah panduan sederhana yang dapat
digunakan oleh pendidik apakah buku-buku yang dibaca peserta didik terlalu
sulit atau terlalu mudah.
A. Benar
B. Salah
Jawaban : B. Salah
17. Buku non-teks yang berisi tentang pengenalan warna
atau hari termasuk ….
A. Fiksi
B. Cerita anak
C. Konsep
sederhana
D. Fiksi-realis
Jawaban : C. Konsep sederhana
18. Berikut adalah tujuan dari mengelompokkan buku-buku
bacaan berdasarkan kategori-kategori tertentu, kecuali ….
A. Memudahkan peserta didik untuk menemukan buku bacaan
yang sesuai dengan kemampuan baca mereka.
B. Memudahkan pendidik/pustakawan untuk menata buku-buku
bacaan
C. Memudahkan
pendidik/pustakawan untuk melakukan pemutakhiran data buku-buku deposit
D. Memudahkan pendidik/pustakawan untuk mengecek
buku-buku bacaan yang beredar
Jawaban : C. Memudahkan pendidik/pustakawan untuk
melakukan pemutakhiran data buku-buku deposit
19. Anak mempunyai kecenderungan memilih buku. Mana yang
mungkin lebih dipilih anak?
A Buku roman fiksi
B Buku konsep
sederhana
C Buku cara menulis jurnal
D Buku sejarah
Jawaban : B Buku konsep sederhana
20. Berikut ini merupakan buku non-teks yang memenuhi
sifatnya sebagai “jendela”.
A. Buku fiktif tentang perjalanan seorang anak kecil ke pulau
terpencil di Italia
B. Buku cerita tentang permainan anak berlatar tempat di
Sulawesi
C. Buku mengenai pengenalan membuat roket bagi anak dan
sejarahnya
D. Buku tentang
metamorfosis yang disajikan dalam cerita dengan tokoh si Ulil
Jawaban : D. Buku tentang metamorfosis yang disajikan
dalam cerita dengan tokoh si Ulil
21. Pendidik dapat menerapkan aturan 5 jari apabila
menemukan peserta didik yang berada dalam kondisi di bawah ini, kecuali ….
A. Peserta didik tampak membolak-balikkan buku terlalu
cepat dan hanya melihat gambarnya saja
B. Peserta didik membutuhkan waktu yang lama untuk
memilih buku untuk dibaca
C. Peserta didik
tampak memilih buku dengan tema tertentu saja
D. Peserta didik berganti buku terlalu sering
Jawaban : A. Perlu pendampingan pembaca mahir
22. Berikut ini karakteristik buku jenjang A untuk
pembaca dini, kecuali ….
A. Perlu
pendampingan pembaca mahir
B. Dibaca secara mandiri oleh pembaca dini
C. Berisi teks yang sangat sederhana
D. Untuk pembaca yang baru mengenal buku
Jawaban : A. Perlu pendampingan pembaca mahir
👉 Jawaban Modul 3 : Pemanfaatan Buku Nonteks - (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai Jawaban Post Test Modul 1 “Pemahaman
Konsep Buku Nonteks” Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya
[Kemitraan dengan Inovasi]” yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada
kesempatan ini. Semoga jawaban yang telah admin sajikan diatas bisa menjadi
referensi bagi bapak/ibu guru yang sedang mengikuti pelatihan mandiri PMM
khususnya pada Topik “Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana memanfaatkannya
[Kemitraan dengan Inovasi]”.