Soal & Jawaban Refleksi Kompetensi Profesional di PMM
Kherysuryawan.id – Kumpulan Soal-Soal Refleksi Kompetensi Profesional Pada Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM).
Halo sahabat kherysuryawan, pada postingan kali ini admin
akan menyampaikan informasi yang cukup penting bagi kalangan guru khususnya
dalam melakukan aktivitas di PMM. Seperti diketahui bahwa guru di harapkan
untuk terlibat aktif di PMM dalam hal melakukan dan mengikuti pelatihan
mandiri, menonton video-video inspiratif, melihat, mengambil dan mengembangkan perangkat ajar
yang tersedia, melakukan berbagi praktik baik dan masih banyak kegiatan lainnya
yang bisa di lakukan oleh guru pada aplikasi PMM.
Berbicara mengenai Platform Merdeka Mengajar (PMM),
baru-baru ini ada satu menu baru di PMM yang perlu untuk di ketahui oleh guru
yaitu menu “Refleksi Kompetensi”. Di dalam melakukan refleksi kompetensi
tersebut nantinya guru harus dapat memilih salah satu jawaban yang sesuai
dengan apa yang terjadi pada diri setiap guru.
Apa itu Refleksi
Kompetensi ?
Refleksi Kompetensi adalah bentuk pengenalan
diri berupa asesmen yang bertujuan untuk merefleksikan dan mengukur kompetensi
pendidik sebagai dasar perencanaan pengembangan diri yang berdampak pada
pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
Perlu untuk di pahami bahwa Refleksi Kompetensi tidak
sama dengan Uji Kompetensi Guru (UKG). Jika UKG menjadi tolok ukur
kemampuan dan kompetensi dasar pendidik, maka Refleksi Kompetensi dapat menjadi
alat ukur dan apakah kompetensi yang dimiliki pendidik saat ini sudah sesuai
dan berpusat pada peserta didik. Oleh karena itu, Refleksi Kompetensi
tidak akan berdampak secara langsung terhadap jenjang karier, kenaikan pangkat,
ataupun nilai Rapor Pendidikan. Namun demikian, dengan mengikuti
Refleksi Kompetensi, Anda akan mendapatkan Rekomendasi Belajar untuk
meningkatkan kemampuan dan kompetensi Anda.
Lantas siapa saja
yang nantinya akan melakukan Refleksi Kompetensi di PMM ?
Refleksi Kompetensi dapat diikuti oleh pendidik yang telah memenuhi persyaratan sebagai berikut :
- Pendidik dengan status PNS non KS di bawah naungan Kemendikbudristek (tidak termasuk CPNS, PPPK, PNS diperbantukan) serta termasuk dalam kategori golongan :
1.
III/a - III/b = Guru Ahli Pertama
2.
III/c - III/d = Guru Ahli Muda
3.
IV/a - IV/b - IV/c = Guru Ahli Madya
4.
IV/d - IV/e = Guru Ahli Utama
Mengapa hanya Guru
PNS non KS yang bisa mengerjakan Refleksi Kompetensi ?
Karena saat ini substansi model kompetensi yang telah
dikembangkan dan tersedia sesuai regulasi hanya untuk guru. Maka dukungan
teknologi pengembangan fitur pun mengikuti hal tersebut. Namun, kedepannya akan
terus dikembangkan untuk dapat digunakan sasaran yang lebih luas mengikuti
perkembangan substansi dan regulasi.
Apa saja indikator
kompetensi yang akan di ukur pada refleksi kompetensi di PMM ?
kompetensi Guru terdiri dari 4 kompetensi, yaitu
Pedagogik, Kepribadian, Sosial, dan Profesional, sehingga keempat kompetensi
tersebut dijadikan model kompetensi dalam Refleksi Kompetensi. berikut
pengertian dari masing-masing kompetensi:
1. Pedagogik: Kemampuan mengelola
pembelajaran yang berpusat pada peserta didik untuk mencapai tujuan
pembelajaran;
2. Kepribadian: Kemampuan kepribadian
yang mantap, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa serta menjadi teladan peserta
didik. Kemampuan kepribadian tersebut dilakukan melalui refleksi dalam
menjalankan tanggung jawab sebagai guru sesuai kode etik profesi dan
berorientasi pada peserta didik;
3. Sosial: Kemampuan guru untuk
berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik,
sesama guru, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. Kemampuan
berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dilakukan dalam
pembelajaran dan pengembangan diri;
4. Profesional: Kemampuan penguasaan
materi pelajaran secara luas dan mendalam. Kemampuan penguasaan materi tersebut
untuk menetapkan tujuan pembelajaran dan pengorganisasian konten pengetahuan
pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
Nah, dari penjelasan diatas maka kini pada kesempatan ini
admin kherysuryawan akan mencoba untuk memberikan gambaran pertanyaan yang
terdapat pada refleksi kompetensi yang ada di PMM.
Pada postingan ini admin kherysuryawan akan menyajikan
kumpulan soal-soal pada Refleksi Kompetensi khususnya pada salah satu
kompetensi yaitu kompetensi Profesional.
Adapun jawaban dari setiap soal, maka guru dapat memilih
salah satu dari beberapa option yang di tampilkan di setiap soal. Jawaban
diharapkan bisa di berikan oleh guru sesuai dengan apa yang di alami atau apa
yang terjadi oleh masing-masing guru selama melakukan aktivitas keseharian
sebagai seorang guru. Intinya bahwa guru hanya perlu memilih salah satu jawaban
yang dianggap sesuai dengan yang di alami oleh guru itu sendiri.
Baiklah di bawah ini disajikan kumpulan soal-soal pada
Refleksi Kompetensi “Profesional” yang ada di PMM.
REFLEKSI KOMPETENSI PROFESIONAL
Saya mampu menyusun alur pengetahuan serta menyajikan
materi pembelajaran yang relevan dalam proses pembelajaran.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya menyesuaikan metode pembelajaran dengan materi ajar
yang akan disampaikan agar memudahkan peserta didik dalam memahaminya.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya melakukan evaluasi mengenai efektivitas alur
pembelajaran yang telah digunakan, untuk merancang alur pembelajaran yang lebih
efektif.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam
mengidentifikasi konsep, urutan materi, dan pendekatan pembelajaran yang
efektif dalam proses pembelajaran.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya membantu rekan sejawat dalam mengimplementasikan
struktur dan alur pembelajaran ke dalam rencana pembelajaran.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya mengidentifikasi pengetahuan konten pembelajaran
yang relevan untuk merumuskan tujuan pembelajaran.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya menggunakan pengetahuan tentang konten pembelajaran
untuk mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang dapat mendukung perkembangan
peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya menganalisis perkembangan materi ajar dari bidang
keilmuan yang diajarkan untuk merancang perbaikan bahan ajar dengan pengetahuan
terbaru dan relevan.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk
mengidentifikasi pengetahuan konten yang relevan guna merumuskan tujuan
pembelajaran yang tepat.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya menggunakan contoh dan pengalaman pribadi untuk
membantu memberikan gambaran kepada rekan sejawat dalam merancang tujuan
pembelajaran.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya dapat menunjukkan bagaimana konsep-konsep
pengetahuan yang berbeda dapat saling terhubung dan membentuk alur pembelajaran
yang menyeluruh.
Tidak
sesuaiKurang
sesuaiSesuaiSangat
sesuai
Saya mengorganisasikan pengetahuan konten menggunakan
teknologi multimedia dan video untuk membantu menggambarkan alur tujuan
pembelajaran yang menarik bagi peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya mengumpulkan data dan informasi terkait hasil
belajar peserta didik, sebagai bahan evaluasi untuk merancang alur tujuan
pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya bekerja sama dengan rekan sejawat dalam
mengorganisasikan pengetahuan konten untuk menyusun alur tujuan pembelajaran
yang efektif.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya berbagi konten pembelajaran untuk membantu rekan
sejawat dalam merumuskan alur tujuan pembelajaran yang terstruktur.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya memahami kebutuhan belajar peserta didik yang sesuai
dengan karakteristik dan tahap perkembangannya.
Tidak
pahamKurang
pahamPahamSangat
paham
Saya menerapkan strategi pembelajaran diferensiasi untuk
mengakomodasi perbedaan perkembangan dan kebutuhan belajar peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya melakukan refleksi atas efektivitas strategi
pembelajaran yang telah diterapkan, dan merancang perbaikan strategi
pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya dengan rekan sejawat bersama-sama menganalisis tahap
perkembangan dan karakteristik peserta didik, untuk merancang pembelajaran yang
sesuai dengan kebutuhan belajar mereka.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya membimbing rekan sejawat dalam mengidentifikasi
karakteristik dan perkembangan peserta didik, untuk membantu menentukan
strategi pembelajaran yang sesuai kebutuhan belajar peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya mencari tahu tentang latar belakang sosial, budaya,
agama dan, ekonomi peserta didik dengan mengidentifikasi kondisi lingkungan
sosial dimana mereka tumbuh berkembang.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya menggunakan materi ajar dan contoh yang relevan
dengan latar belakang peserta didik, agar mereka dapat memahami bagaimana
konsep pengetahuan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya melakukan evaluasi dengan menganalisis pengaruh dari
latar belakang sosial budaya peserta didik terhadap kebutuhan belajarnya, serta
merancang perbaikan strategi pembelajaran yang sesuai dengan latar belakang
mereka.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Setuju atau tidak jika bunyi sila ketiga adalah Persatuan
Indonesia.
Sangat
setujuJarangTidak
setujuTidak
benar
Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam merancang strategi
pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik sesuai latar
belakang peserta didik dalam proses pembelajaran.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya membimbing rekan sejawat untuk menemukan pendekatan
pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya melakukan pemetaan potensi, minat, dan cara belajar
peserta didik, untuk membantu saya memahami kebutuhan belajar mereka.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya mempraktikkan beragam strategi dan pendekatan
pembelajaran untuk mengakomodasi cara belajar serta minat peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya mengevaluasi sejauh mana efektivitas dari pendekatan
pembelajaran yang telah dilakukan, berdampak terhadap pengembangan potensi dan
minat peserta didik, lalu merancang perbaikannya.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam membuat
forum diskusi untuk saling berbagi praktik baik mengenai strategi pembelajaran
yang mendukung potensi, minat, dan cara belajar peserta didik yang beragam.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya membimbing rekan sejawat dalam menggunakan strategi
pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, sehingga dapat
mengoptimalkan minat dan potensi mereka.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya mengidentifikasi karakteristik peserta didik
penyandang disabilitas melalui komunikasi dengan orang tua/wali dan ahli
lainnya untuk memahami cara terbaik mendukung kemajuan mereka.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya memodifikasi tugas dan metode pembelajaran
menyesuaikan dengan kondisi peserta didik penyandang disabilitas agar mereka
terlibat dan berpartisipasi aktif.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya meminta umpan balik dari orangtua/wali dan guru
pendamping mengenai strategi pembelajaran yang diterapkan, serta merancang
perbaikannya untuk mendukung pembelajaran peserta didik penyandang disabilitas.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk menciptakan
lingkungan belajar yang inklusif dan suportif bagi peserta didik penyandang
disabilitas.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya membantu rekan sejawat dalam menggunakan strategi
pembelajaran yang dapat mengembangankan keterampilan sosial-emosional peserta
didik penyandang disabilitas.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya menyusun rencana pembelajaran berdasarkan hasil
observasi terhadap keragaman kebutuhan belajar peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Dalam proses pembelajaran, saya menggunakan pendekatan
diferensiasi dengan menyajikan materi dan tugas yang bervariasi, sesuai dengan
kebutuhan dan tingkat kemampuan peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya meminta umpan balik dari peserta didik, orang tua,
atau profesional lainnya dalam merancang perbaikan strategi pembelajaran yang
inklusif sesuai keragaman kebutuhan peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk
mengidentifikasi hambatan dalam pembelajaran inklusif, dan mencari solusi yang
dapat mengakomodasi keragaman kebutuhan belajar peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya membimbing rekan sejawat dalam menggunakan strategi
dan metode pembelajaran inklusif yang sesuai keberagaman kebutuhan peserta
didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya mengidentifikasi konsep, teori, dan keterampilan
yang harus diajarkan, berdasarkan kurikulum yang digunakan.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Dalam proses pembelajaran, saya menggunakan bahan ajar
tambahan atau media lainnya untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya merancang perbaikan proses pembelajaran yang
mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, berdasarkan hasil evaluasi kemajuan
belajar peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk menyamakan
pemahaman dan menentukan penerapan kurikulum yang berpusat pada peserta didik
dalam proses pembelajaran.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya membimbing rekan sejawat dengan memberi contoh cara
penerapan kurikulum menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan
kebutuhan peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya dapat menentukan jenis asesmen yang relevan untuk
meningkatkan pembelajaran peserta didik.
Tidak
sesuaiKurang
sesuaiSesuaiSangat
sesuai
Saya menggunakan berbagai jenis asesmen untuk
mengidentifikasi kebutuhan peserta didik, sehingga proses pembelajaran dapat
lebih optimal.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya mengevaluasi sejauh mana jenis asesmen yang
digunakan dapat mengukur ketercapaian pemahaman peserta didik tentang materi
pembelajaran, serta menggunakanya untuk merancang peningkatan pembelajaran.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Tujuh belas agustus diperingati sebagai hari kemerdekaan
Indonesia.
Sangat
setujuJarangSalahTidak
setuju
Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam menyusun
instrumen asesmen yang tepat untuk evaluasi dan peningkatan pembelajaran.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya berbagi praktik baik kepada rekan sejawat terkait
cara mengimplementasikan dan mengelola hasil asesmen agar dapat digunakan untuk
meningkatkan kegiatan pembelajaran.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya memahami kekurangan dan kelebihan dari berbagai
strategi pembelajaran agar efektif dalam meningkatkan pembelajaran peserta
didik.
Tidak
pahamKurang
pahamPahamSangat
paham
Dalam proses pembelajaran, saya menggunakan strategi
pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk aktif berpartisipasi dan
berdiskusi langsung.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya merancang perbaikan strategi pembelajaran yang
berpusat pada peserta didik, berdasarkan hasil evaluasi terhadap capaian
belajar peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam membuat
kelompok belajar untuk saling berbagi praktik baik mengenai strategi yang dapat
meningkatkan pembelajaran peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya membimbing rekan sejawat dalam merancang strategi
pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi aktif peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya mampu menentukan strategi pembelajaran yang efektif
dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik.
Tidak
mampuKurang
mampuMampuSangat
mampu
Saya memberikan tugas dan aktivitas pembelajaran yang
memadukan literasi dan numerasi untuk meningkatkan kemampuan peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya mengevaluasi capaian belajar peserta didik untuk
merancang perbaikan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan
literasi dan numerasi.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk mengidentifikasi
tantangan yang dihadapi dalam mengajar literasi dan numerasi, serta mencari
solusi bersama.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada rekan
sejawat agar dapat membantu dalam merancang strategi pembelajaran literasi dan
numerasi.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Demikianlah informasi mengenai sajian soal-soal pada
Refleksi Kompetensi “Profesional” yang ada di PMM.semoga bisa bermanfaat bagi
para guru yang akan melakukan pengisian atau penilaian pada refleksi kompetensi
di platform merdeka mengajar.
Sekian dan Terimakasih.