Soal & Jawaban Refleksi Kompetensi Sosial di PMM
Kherysuryawan.id – Kumpulan Soal-Soal Refleksi Kompetensi Sosial Pada Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM).
Halo sahabat kherysuryawan, pada postingan kali ini admin
akan menyampaikan informasi yang cukup penting bagi kalangan guru khususnya
dalam melakukan aktivitas di PMM. Seperti diketahui bahwa guru di harapkan
untuk terlibat aktif di PMM dalam hal melakukan dan mengikuti pelatihan
mandiri, menonton video-video inspiratif, melihat, mengambil dan mengembangkan perangkat ajar
yang tersedia, melakukan berbagi praktik baik dan masih banyak kegiatan lainnya
yang bisa di lakukan oleh guru pada aplikasi PMM.
Berbicara mengenai Platform Merdeka Mengajar (PMM),
baru-baru ini ada satu menu baru di PMM yang perlu untuk di ketahui oleh guru
yaitu menu “Refleksi Kompetensi”. Di dalam melakukan refleksi kompetensi
tersebut nantinya guru harus dapat memilih salah satu jawaban yang sesuai
dengan apa yang terjadi pada diri setiap guru.
Apa itu Refleksi
Kompetensi ?
Refleksi Kompetensi adalah bentuk pengenalan
diri berupa asesmen yang bertujuan untuk merefleksikan dan mengukur kompetensi
pendidik sebagai dasar perencanaan pengembangan diri yang berdampak pada
pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
Perlu untuk di pahami bahwa Refleksi Kompetensi tidak
sama dengan Uji Kompetensi Guru (UKG). Jika UKG menjadi tolok ukur
kemampuan dan kompetensi dasar pendidik, maka Refleksi Kompetensi dapat menjadi
alat ukur dan apakah kompetensi yang dimiliki pendidik saat ini sudah sesuai
dan berpusat pada peserta didik. Oleh karena itu, Refleksi Kompetensi
tidak akan berdampak secara langsung terhadap jenjang karier, kenaikan pangkat,
ataupun nilai Rapor Pendidikan. Namun demikian, dengan mengikuti
Refleksi Kompetensi, Anda akan mendapatkan Rekomendasi Belajar untuk
meningkatkan kemampuan dan kompetensi Anda.
Lantas siapa saja
yang nantinya akan melakukan Refleksi Kompetensi di PMM ?
Refleksi Kompetensi dapat diikuti oleh pendidik yang telah memenuhi persyaratan sebagai berikut :
- Pendidik dengan status PNS non KS di bawah naungan Kemendikbudristek (tidak termasuk CPNS, PPPK, PNS diperbantukan) serta termasuk dalam kategori golongan :
1.
III/a - III/b = Guru Ahli Pertama
2.
III/c - III/d = Guru Ahli Muda
3.
IV/a - IV/b - IV/c = Guru Ahli Madya
4.
IV/d - IV/e = Guru Ahli Utama
Mengapa hanya Guru
PNS non KS yang bisa mengerjakan Refleksi Kompetensi ?
Karena saat ini substansi model kompetensi yang telah
dikembangkan dan tersedia sesuai regulasi hanya untuk guru. Maka dukungan
teknologi pengembangan fitur pun mengikuti hal tersebut. Namun, kedepannya akan
terus dikembangkan untuk dapat digunakan sasaran yang lebih luas mengikuti
perkembangan substansi dan regulasi.
Apa saja indikator
kompetensi yang akan di ukur pada refleksi kompetensi di PMM ?
kompetensi Guru terdiri dari 4 kompetensi, yaitu
Pedagogik, Kepribadian, Sosial, dan Profesional, sehingga keempat kompetensi
tersebut dijadikan model kompetensi dalam Refleksi Kompetensi. berikut
pengertian dari masing-masing kompetensi:
1. Pedagogik: Kemampuan mengelola
pembelajaran yang berpusat pada peserta didik untuk mencapai tujuan
pembelajaran;
2. Kepribadian: Kemampuan kepribadian
yang mantap, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa serta menjadi teladan peserta
didik. Kemampuan kepribadian tersebut dilakukan melalui refleksi dalam
menjalankan tanggung jawab sebagai guru sesuai kode etik profesi dan
berorientasi pada peserta didik;
3. Sosial: Kemampuan guru untuk
berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik,
sesama guru, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. Kemampuan berkomunikasi
dan berinteraksi secara efektif dan efisien dilakukan dalam pembelajaran dan
pengembangan diri;
4. Profesional: Kemampuan penguasaan
materi pelajaran secara luas dan mendalam. Kemampuan penguasaan materi tersebut
untuk menetapkan tujuan pembelajaran dan pengorganisasian konten pengetahuan
pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
Nah, dari penjelasan diatas maka kini pada kesempatan ini
admin kherysuryawan akan mencoba untuk memberikan gambaran pertanyaan yang
terdapat pada refleksi kompetensi yang ada di PMM.
Pada postingan ini admin kherysuryawan akan menyajikan
kumpulan soal-soal pada Refleksi Kompetensi khususnya pada salah satu
kompetensi yaitu kompetensi Sosial.
Adapun jawaban dari setiap soal, maka guru dapat memilih
salah satu dari beberapa option yang di tampilkan di setiap soal. Jawaban
diharapkan bisa di berikan oleh guru sesuai dengan apa yang di alami atau apa
yang terjadi oleh masing-masing guru selama melakukan aktivitas keseharian
sebagai seorang guru. Intinya bahwa guru hanya perlu memilih salah satu jawaban
yang dianggap sesuai dengan yang di alami oleh guru itu sendiri.
Baiklah di bawah ini disajikan kumpulan soal-soal pada
Refleksi Kompetensi “Sosial” yang ada di PMM.
REFLEKSI KOMPETENSI SOSIAL
Saya senantiasa mengasah teknik komunikasi saya agar
dapat menjalin interaksi yang aktif dan efektif dengan peserta didik dalam
pembelajaran.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya memberikan perhatian penuh saat ada warga sekolah
yang menyampaikan pertanyaan ataupun pendapat yang berkaitan dengan peningkatan
pembelajaran.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya mencari berbagai referensi terkait komunikasi
efektif, sebagai bahan perbaikan dalam merancang peningkatan strategi
komunikasi yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam menyusun
sejumlah petunjuk ataupun instruksi aktivitas pembelajaran agar lebih mudah
dipahami oleh seluruh warga sekolah.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya membantu rekan sejawat yang masih kesulitan dalam
menerapkan komunikasi efektif terhadap peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya memahami bahwa pembagian tugas yang adil dan sesuai
dengan bidang keahlian, merupakan hal yang penting dalam pengorganisasian tugas
bersama rekan sejawat.
Tidak
pahamKurang
pahamPahamSangat
paham
Dalam program kolaboratif, saya berusaha menyamakan
persepsi dan pemahaman dengan rekan sejawat dalam mengorganisasi tugas bersama
agar kolaborasi berjalan secara efektif.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya melakukan refleksi terkait strategi pengorganisasian
tugas yang telah saya lakukan bersama rekan sejawat, kemudian merancang
strategi yang lebih efektif.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
DPR adalah singkatan dari Dewan Perwakilan Rakyat.
Sangat
benarJarangSalahTidak
sesuai
Saya melakukan refleksi bersama rekan sejawat untuk
melihat efektivitas pengorganisasian tugas yang telah dilakukan dalam program
kolaboratif, kemudian mendiskusikan strategi perbaikannya.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya berbagi praktik baik dengan rekan sejawat terkait
cara pengorganisasian tugas bersama secara adil agar program kolaboratif
berjalan secara efektif.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya aktif memperbarui pengetahuan dan keahlian terkait
materi ajar yang diampu agar dapat meningkatkan pembelajaran peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya menjelaskan konsep-konsep yang sulit dengan
menggunakan media pembelajaran yang menarik agar lebih mudah dipahami oleh
peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya melakukan evaluasi untuk melihat strategi
pembelajaran mana saja yang efektif dan perlu ditingkatkan, agar dapat
merancang perbaikan untuk membantu peserta didik memahami materi dengan baik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk merancang
metode pembelajaran dari materi ajar yang rumit menjadi lebih mudah dipahami
peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya memberikan umpan balik yang membangun kepada rekan
sejawat untuk membantu mengatasi kesulitan dalam menyampaikan materi
pembelajaran.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya membangun komunikasi yang baik dengan orang tua/wali
agar mereka memahami kebutuhan belajar peserta didik.
Tidak
sesuaiKurang
sesuaiSesuaiSangat
sesuai
Saya mengadakan pertemuan khusus dengan orang tua/wali
untuk berdiskusi mengenai hambatan dan kebutuhan belajar peserta didik.
Tidak
sesuaiKurang
sesuaiSesuaiSangat
sesuai
Saya mengevaluasi pendekatan pendampingan orang tua/wali
yang telah dilakukan agar dapat merancang keterlibatan aktif orang tua/wali
dalam proses pembelajaran peserta didik di rumah.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya bersama rekan sejawat saling berbagi pengalaman
serta praktik baik yang telah berhasil membantu meningkatkan keterlibatan dan
dukungan dari orang tua/wali.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya membantu rekan sejawat yang mengalami kesulitan
dalam melakukan pendampingan orang tua/wali untuk mendukung pembelajaran
peserta didik di rumah.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya menyediakan peluang bagi orang tua/wali atau
masyarakat untuk terlibat dalam pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
Tidak
sesuaiKurang
sesuaiSesuaiSangat
sesuai
Saya mengundang tokoh masyarakat atau orang tua/wali yang
memiliki kompetensi untuk memberikan pembelajaran bermakna berkaitan dengan
materi ajar.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya mengidentifikasi keberhasilan dan hambatan dari
pelibatan orangtua/wali, untuk merancang strategi pelibatan yang lebih mampu
meningkatkan pembelajaran peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk mengadakan
kegiatan pembelajaran yang melibatkan tokoh masyarakat atau orang tua/wali.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya membimbing rekan sejawat dalam mengidentifikasi pengetahuan
dan keahlian orang tua/wali atau tokoh masyarakat, yang dapat terlibat untuk
mendukung proses pembelajaran.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya secara aktif mencari peluang untuk berpartisipasi
dalam kelompok diskusi yang dapat membantu memecahkan masalah pembelajaran
secara bersama-sama.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya berpartisipasi dalam forum diskusi untuk bertukar
ide dan mencari solusi mengenai masalah dalam proses pembelajaran.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya mengevaluasi peran saya dalam organisasi profesi
untuk merancang partisipasi dalam upaya meningkatkan kemampuan memecahkan
masalah pembelajaran.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Benar atau salah jika lima dikali dua sama dengan
sepuluh.
Tidak
sesuaiBenarSalahSangat
salah
Saya bersama rekan sejawat saling memberikan umpan balik
mengenai keberhasilan dan hambatan pembelajaran dalam kegiatan organisasi
profesi.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya membantu rekan sejawat dalam mengidentifikasi dan
mengatasi tantangan pembelajaran di lingkup organisasi profesi atau komunitas
belajar lain.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya aktif mengikuti kegiatan kelompok belajar, seminar,
atau lokakarya untuk memperbarui pengetahuan dan keterampilan mengajar.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya bergabung dalam organisasi profesi atau komunitas
belajar lain untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam pembelajaran.
Tidak
sesuaiKurang
sesuaiSesuaiSangat
sesuai
Saya merefleksikan berbagi praktik baik yang telah saya
lakukan, agar dapat merancang strategi perbaikan yang meningkatkan kualitas
pembelajaran.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam organisasi
profesi atau komunitas belajar lain untuk menciptakan karya-karya baru yang
bermanfaat dalam peningkatan pengalaman belajar peserta didik.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Saya membimbing rekan sejawat dalam proses berbagi
praktik baik dan karya, sehingga dapat berkontribusi secara bersama-sama dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran.
Tidak
pernahJarangSeringSelalu
Demikianlah informasi mengenai sajian soal-soal pada
Refleksi Kompetensi “Sosial” yang ada di PMM.semoga bisa bermanfaat bagi para
guru yang akan melakukan pengisian atau penilaian pada refleksi kompetensi di
platform merdeka mengajar.
Sekian dan Terimakasih.