Rangkuman Seni Rupa Kelas 7 Unit 3 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 7 SMP Unit 3 Semester 2 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada
kesempatan kali ini admin akan mencoba untuk berbagi informasi pendidikan yang
berhubungan dengan salah satu mata pelajaran yang akan di pelajari di kelas 7
SMP kurikulum merdeka yaitu mata pelajaran Seni Rupa.
Seni merupakan salah satu unsur kebudayaan manusia.
Sepanjang keberadaan kita di dunia ini, salah satu yang membedakan kita baik
dengan makhluk lain maupun antar kita adalah kegiatan berkesenian dan
karya-karya seninya. Oleh karena itu, melalui seni kita bisa melihat dan
memahami sebuah fenomena dari berbagai sudut pandang, berempati, dan juga
menghargai perbedaan dan keragaman. Nilai utama dari seni adalah keindahan.
Bersama dengan nilai kebenaran dari ilmu pasti, dan nilai kebaikan dari ilmu
sosial kemanusiaan; nilai keindahan memampukan seseorang untuk menjalani hidup
yang bermakna.
Seni rupa merupakan salah satu bentuk seni. Seni rupa
mengandalkan hal-hal yang bisa dilihat dan juga proses persepsi visual.
Keindahan rupa hadir dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada padu padan
pakaian, dekorasi rumah, hias pengantin, ataupun saat menata makanan di meja
(Gambar 1). Keindahan melahirkan kenyamanan dan perasaan aman, sehingga dari
tingkat-tingkat yang lebih individual tersebut pembelajaran seni rupa juga bisa
berdampak besar pada kemampuan kita menciptakan masyarakat yang harmonis. Maka
dari itu, pembelajaran seni rupa tidak lagi difokuskan pada kemampuan artistik
saja, tetapi juga bagaimana menggunakan seni rupa untuk membuat perubahan
positif.
Disini admin kherysuryawan telah menyiapkan
ringkasan/rangkuman materi pelajaran untuk mata pelajaran seni rupa kelas 7
kurikulum merdeka. Adapun rangkumannya yaitu mengulas tentang materi yang ada
pada Unit 3 dengan judul “Membuat Tipografi Dan Logo” yang akan di pelajari
pada mata pelajaran seni rupa kelas 7 SMP Semester 2.
Sebagai informasi bahwa pada materi Unit 3 “Membuat
Tipografi Dan Logo” akan ada beberapa materi inti yang dipelajari di dalamnya,
diantaranya yaitu sebagai berikut :
Hubungan Dengan Sejarah Seni
Rupa
A. Tipografi: Mengenal Dasar
Tipografi
B. Tipografi: Aplikasi
Tipografi
C. Logo: Mengenal Logo
D. Logo: Membuat Logo
Adapun capaian pembelajaran yang di harapkan pada
pembelajaran Seni Rupa Kelas 7 SMP Unit 3 “Membuat Tipografi Dan Logo” yaitu
sebagai berikut ;
Capaian Pembelajaran Unit 3 :
Pada akhir materi, siswa mampu:
1. Membuat tipografi sederhana.
2. Membuat logo yang mencerminkan identitas personal peserta
didik.
Baiklah di bawah ini sajian Rangkuman/Ringkasan materi
pelajaran Seni Rupa Unit 3 “Membuat Tipografi Dan Logo” yang akan di pelajari
di Semester 2 kurikulum merdeka.
Unit 3 Membuat Tipografi Dan Logo
Konsep Menggambar
Tipografi adalah seni menata huruf dan mengatur
penyebarannya pada ruang yang tersedia. Tipografi sering dapat kita temukan
dimana-mana dan menjadi bagian penting dalam mendesain khususnya desain grafis.
Dalam tipografi terdapat proses mengenal jenis-jenis huruf dan juga ukuran
huruf sebelum memasuki tahap mengatur penyebaran huruf pada ruang yang tersedia
yang banyak kita lihat di dalam poster, cover buku, kemasan, dll.
Logo adalah identitas visual terhadap suatu entitas yang
mempunyai kriteria khusus seperti bentuk, filosofi dan warna. Sama halnya
dengan tipografi kita dapat menemukan banyak logo disekitar kita. Logo
diperlukan untuk menyam[1]paikan identitas
visual yang memiliki makna spesifik yang tertuang dalam kombinasi huruf,
gambar, warna, dan pola. Logo dapat juga digunakan untuk menampilkan identitas
personal kita.
HUBUNGAN DENGAN SEJARAH SENI RUPA
Tipografi di dunia mulai digunakan oleh bangsa-bangsa
Viking Norwegia, Viking, Mesir dll yang kemudian berkembang di Yunani dan menyebar
keseluruh Eropa. Kata tipografi berasal dari bahasa Yunani yaitu typos (bentuk)
dan graphein (menulis, mengukir). Tipografi terus berkembang seiringnya
perkembangan teknologi hingga saat ini. Dalam sejarah seni rupa khususnya
desain tipografi adalah bagian penting yang perlu dikuasai oleh seorang
desainer khususnya seorang desainer grafis. Huruf sendiri di Indonesia sudah
dikenal sejak lama jauh sebelum bangsa Eropa datang ke Indonesia dimana kita
bisa menemukan adanya aksara Jawa, Bali, Bugis, Makasar dan Batak. Tipografi
berkembang di Indonesia pada zaman penjajahan Belanda dimana mereka mengenalkan
sistem huruf Roman yang lebih general. Tipografi pada zaman penjajahan Belanda
digunakan dalam penyiaran berita dan iklan dalam perdagangan.
Tipografi terus berkembang sejak awal ditemukannya mesin
cetak dan kemudian berkembang hingga era komputerisasi seperti saat ini.
Tipografi sendiri terus ber[1]tambah dan berkembang
seiring berdirinya sekolah desain khususnya desain grafis. Saat ini tipografi
juga berkembang menjadi bentuk- bentuk baru contohnya graffiti yang sangat
dekat dengan budaya anak muda.
Logo pertama kali muncul pada masa Yunani kuno. Awal mula
logo sangatlah sederhana, hanya berupa satu kode yang terdiri dari satu huruf
atau lebih yang digabungkan. Kode tersebut digunakan untuk membentuk inisial,
nama atau nama depan dari seseorang. Aplikasi logo pada saat itu diletakan pada
benda-benda pribadi, lambang kekuasaan, lambang agama, dll. Seiring
berkembangnya teknologi dan juga kreativitas manusia bentuk-bentuk logo menjadi
berkembang dan bertam[1]bah. Sama seperti
tipografi, logo juga mengalami perkembangan pesat saat sekolah desain mulai
dibuat dan juga perkembangan teknologi komputer.
A. Tipografi : Mengenal Dasar Tipograf
Tipografi adalah seni menata huruf dan mengatur
penyebarannya pada ruang yang tersedia.
Tipografi di kehidupan sehari-hari sering digunakan seperti
dalam buku pelajaran, koran, komik, dll.
Kegiatan yang akan di lakukan oleh peserta didik dalam
pembelajaran ini diantaranya :
a. Peserta
didik mengamati jenis jenis tipografi yang ditampilkan oleh guru.
b. Peserta
didik memilih salah satu tipografi.
c. Peserta
didik meniru salah satu tipografi dan dikerjakan di atas kertas A3 dengan
menggunakan metode grid (langsung nama).
B. Tipografi : Aplikasi Tipograf
Dalam sub unit ini peserta didik akan mengaplikasikan
pengetahuan mereka tentang tipografi secara kreatif dengan cara membuat tulisan
indah dengan menggunakan nama mereka.
Adapun media yang akan di gunakan dalam pembelajaran ini
yaitu :
Kertas, pensil, pewarna (pensil warna, krayon, cat
poster/cat air).
Kegiatan yang akan di lakukan peserta didik :
1. Mengaplikasikan tipografi ke dalam sebuah karya
a. Peserta didik memilih jenis
tipografi yang akan dipakai.
b. Peserta didik memilih
karakter apa yang mereka tampilkan dalam tipografi yang mereka akan buat.
c. Peserta didik
mengaplikasikan karya dalam kertas A3 dengan menggunakan pensil.
d. Peserta didik mewarnai dan
menghias karya tipografi yang sudah dibuat.
C. Logo : Mengenal Logo
Logo adalah identitas visual terhadap suatu entitas yang
mempunyai kriteria khusus seperti bentuk, filosofi dan warna. Pada sub unit 3.3
ini peserta didik akan diajak untuk mengenal pengertian tentang logo dan juga
manfaatnya. Para peserta didik akan diajak untuk mengamati beberapa contoh logo
yang ada disekitar kita agar mereka dapat mengerti tentang elemen-elemen dasar
dari sebuah logo.
Media yang akan di gunakan pada pembelajaran ini adalah :
Kertas, pensil, pewarna (pensil warna, krayon, cat
poster/cat air).
Pada pembelajaran ini peserta didik diharapkan memahami
pengertian tentang logo dan pentingnya logo dalam kehidupan kita dengan
menggunakan contoh-contoh logo dari perusahaan terkenal dari dalam dan luar
negeri. Logo memberikan informasi kepada orang yang melihatnya tentang nilai
dan tujuan dari perusahaan tersebut. Logo juga memberikan dapat memiliki efek
pengenalan yang cepat kepada para konsumen. (Contohnya beberapa logo yang sudah
terkenal Coca- Cola, Nike, Apple, Youtube dll).
D. Logo : Membuat Logo
Elemen dasar dalam pembuatan logo yaitu bentuknya harus
sederhana, logo mudah diingat, logo harus sesuai dengan tujuan dari perusahaan
atau merek yang diwakilkan. Logo juga harus dikemas dalam bentuk yang unik.
Selain itu, di dalam logo ini dapat ditambahkan gambar ataupun bentuk geometris
maupun organis untuk menambah keindahan logo.
Itulah rangkuman seni rupa kelas 7 Unit 3 untuk Semester
2 kurikulum merdeka yang bisa admin kherysuryawan sajikan melalui artikel ini.
Bagi anda yang ingin melihat materinya lebih lengkap lagi maka anda bisa
langsung mendapatkannya pada buku teks pelajaran seni rupa kelas 7 SMP
kurikulum merdeka yang telah admin bagikan di bawah ini :
- Buku Siswa & Guru Seni Rupa Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka – (DISINI)
Demikianlah sajian ringkasan/rangkuman materi pelajaran
Seni Rupa Kelas 7 SMP Unit 3 Tentang “Membuat Tipografi Dan Logo” yang bisa
admin kherysuryawan sampaikan pada kesempatan ini. Semoga postingan ini
bermanfaat bagi sahabat pendidikan yang membutuhkannya.
Sekian dan Terimakasih.