Rangkuman Seni Rupa Kelas 7 Unit 2 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 7 SMP Unit 2 Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan mencoba untuk berbagi informasi pendidikan yang berhubungan dengan salah satu mata pelajaran yang akan di pelajari di kelas 7 SMP kurikulum merdeka yaitu mata pelajaran Seni Rupa.

 


Seni merupakan salah satu unsur kebudayaan manusia. Sepanjang keberadaan kita di dunia ini, salah satu yang membedakan kita baik dengan makhluk lain maupun antar kita adalah kegiatan berkesenian dan karya-karya seninya. Oleh karena itu, melalui seni kita bisa melihat dan memahami sebuah fenomena dari berbagai sudut pandang, berempati, dan juga menghargai perbedaan dan keragaman. Nilai utama dari seni adalah keindahan. Bersama dengan nilai kebenaran dari ilmu pasti, dan nilai kebaikan dari ilmu sosial kemanusiaan; nilai keindahan memampukan seseorang untuk menjalani hidup yang bermakna.

 

Seni rupa merupakan salah satu bentuk seni. Seni rupa mengandalkan hal-hal yang bisa dilihat dan juga proses persepsi visual. Keindahan rupa hadir dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada padu padan pakaian, dekorasi rumah, hias pengantin, ataupun saat menata makanan di meja (Gambar 1). Keindahan melahirkan kenyamanan dan perasaan aman, sehingga dari tingkat-tingkat yang lebih individual tersebut pembelajaran seni rupa juga bisa berdampak besar pada kemampuan kita menciptakan masyarakat yang harmonis. Maka dari itu, pembelajaran seni rupa tidak lagi difokuskan pada kemampuan artistik saja, tetapi juga bagaimana menggunakan seni rupa untuk membuat perubahan positif.

 

Disini admin kherysuryawan telah menyiapkan ringkasan/rangkuman materi pelajaran untuk mata pelajaran seni rupa kelas 7 kurikulum merdeka. Adapun rangkumannya yaitu mengulas tentang materi yang ada pada Unit 2 dengan judul “Mendesain” yang akan di pelajari pada mata pelajaran seni rupa kelas 7 SMP Semester 1.

 

Sebagai informasi bahwa pada materi Unit 2 “Mendesain” akan ada beberapa materi inti yang dipelajari di dalamnya, diantaranya yaitu sebagai berikut :

Hubungan Dengan Sejarah Seni Rupa

A. Menemukan Pola Organis

B. Menemukan Pola Geometris Pada Benda di Sekitar

C. Aplikasi Pola Geometris Bewarna

D. Aplikasi Pola Geometris Pada Benda

 

Adapun capaian pembelajaran yang di harapkan pada pembelajaran Seni Rupa Kelas 7 SMP Unit 2 “Mendesain” yaitu sebagai berikut ;

Capaian Pembelajaran Unit 2 :

1.       Menggambarkan pola organis dan geometris yang didapatkan dari pengamatan objek-objek di sekitar mereka.

2.       Menggunakan pola-pola organis dan geometris yang mereka temukan sebagai hiasan pada benda-benda lain.

 

Baiklah di bawah ini sajian Rangkuman/Ringkasan materi pelajaran Seni Rupa Unit 2 “Mendesain” yang akan di pelajari di semester 1 kurikulum merdeka.

 

Unit 2 Mendesain

Konsep Mendesain

Mendesain adalah kegiatan membuat desain atau membuat rancangan pola. Seseorang yang mengerjakan desain disebut desainer. Dalam proses pembuatan desain proses mengamati lingkungan sekitar untuk mendapatkan referensi ataupun ide sangatlah penting bagi seorang desainer.

 

Proses mengamati pola organis dan pola geometris yang banyak kita temukan di sekitar kita seperti pada pola ragam hias yang tersebar di seluruh Indonesia dapat membantu kita untuk mendapatkan inspirasi dalam mendesain. Kegiatan meniru pola-pola yang kita temukan akan melatih kemampuan teknis kita dalam mencipta dan juga menambah referensi bentuk yang akan berfungsi pada saat kita akan mengembangkan pola-pola tersebut menjadi pola baru. Dalam mengembangkan pola-pola yang ditemukan dapat dengan cara menambah atau dengan cara mengurangi bentuk yang sudah ada sesuai dengan kreativitas kita masing-masing.

 

HUBUNGAN DENGAN SEJARAH SENI RUPA

Kecenderungan manusia untuk membuat rancangan pola sudah dimulai sejak lama. Misalnya di Indonesia kita dapat melihat bagaimana ragam hias yang terdapat dalam ukiran, baju tradisional, rumah adat, dll dari sabang sampai merauke yang sudah ada sejak lama. Istilah desain sendiri pertama kali dipakai pada tahun 1922 di sebuah esai berjudul New Kind of Printing Calls for New Designs yang ditulis oleh William Addison Dwiggins seorang desainer buku Amerika dan terus dipakai dan berkembang pada saat itu seiringnya perkembangan teknologi mesin cetak yang kemudian berpindah pada teknologi komputer.

 

Desainer Indonesia banyak menggunakan ragam hias tradisional Indonesia sebagai sumber inspirasi mereka dalam menciptakan desain. Wanara Studio adalah salah satu kelompok desainer asal Bandung yang menggunakan pendekatan tersebut.

 

Wanara Studio didirikan oleh 4 orang desainer yaitu Bima Nurin, Habibie Putranto, Dian Effendi, dan Sweta Kartika pada tanggal 10 Oktober 2010 bersamaan dengan acara pasar seni ITB. Desain yang mereka ciptakan banyak terinspirasi oleh ragam hias seni tradisional di Indonesia khususnya Jawa.

 

A. Menemukan Pola Organis

Pola Organis adalah pola yang ditemukan pada alam sekitar yang menyerupai atau terdapat pada daun, pohon, bunga, hewan, dll. Pada sub unit 2.1 peserta didik diajak untuk mengamati alam sekitar untuk menemukan pola-pola organis yang kemudian akan digambar ulang dan dijadikan dasar dalam membuat desain atau menghias.

 

Mengamati dan menggambar pola organis

a.       Peserta didik mengamati pola-pola organis yang ditemukan di sekitar sekolah atau dari gambar yang dibawa oleh guru.

b.       Peserta didik memilih 6 bentuk pola organis.

c.       Peserta didik menggambar keenam pola yang dipilih tersebut ke atas kertas

 

B. Menemukan Pola Geometris Pada Benda di Sekitar

Pola Geometris adalah pola pola yang berkaitan dengan geometris atau bangun datar contohnya adalah lingkaran, kotak , segitiga, persegi panjang, dll. Pada sub unit 2.2 peserta didik diajak untuk mengamati benda-benda di sekitar mereka yang memiliki pola geometris yang kemudian digambar ulang dan dijadikan dasar dalam membuat desain.

 

1. Mengamati pola geometris di sekitar

a.       Peserta didik mengamati pola-pola geometris yang terdapat pada benda- benda di sekitar secara langsung atau melalui gambar-gambar yang disediakan oleh guru.

b.       Peserta didik membahas dan memilih beberapa pola geometris pada benda yang paling menarik.

 

2. Menggambar pola geometris 

Peserta didik menggambarkan 6 pola geometris yang sudah dipilih sebelumnya di atas kertas dengan menggunakan pensil.

 

C. Aplikasi Pola Geometris Bewarna

Pola-pola geometris yang diamati dan digambar ulang oleh peserta didik pada sub unit sebelumnya dalam bentuk sketsa yang akan dikembangkan dan kemudian diwarnai. Hasil karya dari sub unit ini akan dipakai di sub unit berikutnya.

 

1. Menggambar sketsa dan mewarnai pola

a.       Peserta didik membahas dan memilih beberapa pola geometris pada benda yang paling menarik.

b.       Peserta didik menggambar 4 sketsa pola geometris yang dipilih pada satu bidang kertas A4.

 

2. Mengembangkan pola geometris yang dipilih

Peserta didik mengembangkan pola geometris yang dipilih dengan cara menambahkan bentuk geometris baru, mengurangi sebagian pola geometris yang sudah ada, ataupun memperbanyak pola geometri yang sudah ada.

 

3. Mewarnai sketsa pola geometris

Peserta didik mewarnai 4 sketsa pola geometris yang dipilih dan sudah dikembangkan dengan menggunakan pensil warna, spidol, cat air atau krayon.

 

D. Aplikasi Pola Geometris Pada Benda

Pada sub unit 2.4 ini pola geometris yang sudah dikembangkan dan diwarnai di sub unit sebelumnya akan diaplikasikan pada benda-benda keseharian. Dalam sub unit ini peserta didik akan diajarkan bagaimana menggunakan hasil desain yang mereka buat pada benda-benda keseharian yang umum atau juga dapat disesuaikan benda-benda khas yang ada di daerah masing-masing.

 

Mengaplikasikan sketsa pola geometris

a.       Peserta didik memilih benda yang akan dijadikan media untuk pengaplikasian sketsa pola geometris yang mereka telah buat sebelumnya.

b.       Peserta didik mulai mengaplikasikan sketsa pola geometris pada gambar penampang yang sudah disediakan oleh guru sebanyak 2 buah benda.

 

Itulah rangkuman seni rupa kelas 7 Unit 2 untuk semester 1 kurikulum merdeka yang bisa admin kherysuryawan sajikan melalui artikel ini. Bagi anda yang ingin melihat materinya lebih lengkap lagi maka anda bisa langsung mendapatkannya pada buku teks pelajaran seni rupa kelas 7 SMP kurikulum merdeka yang telah admin bagikan di bawah ini :

 

  • Buku Siswa & Guru Seni Rupa Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah sajian ringkasan/rangkuman materi pelajaran Seni Rupa Kelas 7 SMP Unit 2 Tentang “Mendesain” yang bisa admin kherysuryawan sampaikan pada kesempatan ini. Semoga postingan ini bermanfaat bagi sahabat pendidikan yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel