Rangkuman Seni Rupa Kelas 7 Unit 2 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 7 SMP Unit 2 Semester 1 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada
kesempatan kali ini admin akan mencoba untuk berbagi informasi pendidikan yang
berhubungan dengan salah satu mata pelajaran yang akan di pelajari di kelas 7
SMP kurikulum merdeka yaitu mata pelajaran Seni Rupa.
Seni merupakan salah satu unsur kebudayaan manusia.
Sepanjang keberadaan kita di dunia ini, salah satu yang membedakan kita baik
dengan makhluk lain maupun antar kita adalah kegiatan berkesenian dan
karya-karya seninya. Oleh karena itu, melalui seni kita bisa melihat dan
memahami sebuah fenomena dari berbagai sudut pandang, berempati, dan juga
menghargai perbedaan dan keragaman. Nilai utama dari seni adalah keindahan.
Bersama dengan nilai kebenaran dari ilmu pasti, dan nilai kebaikan dari ilmu
sosial kemanusiaan; nilai keindahan memampukan seseorang untuk menjalani hidup
yang bermakna.
Seni rupa merupakan salah satu bentuk seni. Seni rupa
mengandalkan hal-hal yang bisa dilihat dan juga proses persepsi visual.
Keindahan rupa hadir dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada padu padan
pakaian, dekorasi rumah, hias pengantin, ataupun saat menata makanan di meja
(Gambar 1). Keindahan melahirkan kenyamanan dan perasaan aman, sehingga dari
tingkat-tingkat yang lebih individual tersebut pembelajaran seni rupa juga bisa
berdampak besar pada kemampuan kita menciptakan masyarakat yang harmonis. Maka
dari itu, pembelajaran seni rupa tidak lagi difokuskan pada kemampuan artistik
saja, tetapi juga bagaimana menggunakan seni rupa untuk membuat perubahan
positif.
Disini admin kherysuryawan telah menyiapkan
ringkasan/rangkuman materi pelajaran untuk mata pelajaran seni rupa kelas 7
kurikulum merdeka. Adapun rangkumannya yaitu mengulas tentang materi yang ada
pada Unit 2 dengan judul “Mendesain” yang akan di pelajari pada mata pelajaran
seni rupa kelas 7 SMP Semester 1.
Sebagai informasi bahwa pada materi Unit 2 “Mendesain”
akan ada beberapa materi inti yang dipelajari di dalamnya, diantaranya yaitu
sebagai berikut :
Hubungan Dengan Sejarah Seni
Rupa
A. Menemukan Pola Organis
B. Menemukan Pola Geometris
Pada Benda di Sekitar
C. Aplikasi Pola Geometris
Bewarna
D. Aplikasi Pola Geometris
Pada Benda
Adapun capaian pembelajaran yang di harapkan pada
pembelajaran Seni Rupa Kelas 7 SMP Unit 2 “Mendesain” yaitu sebagai berikut ;
Capaian Pembelajaran Unit 2 :
1. Menggambarkan
pola organis dan geometris yang didapatkan dari pengamatan objek-objek di
sekitar mereka.
2. Menggunakan
pola-pola organis dan geometris yang mereka temukan sebagai hiasan pada
benda-benda lain.
Baiklah di bawah ini sajian Rangkuman/Ringkasan materi
pelajaran Seni Rupa Unit 2 “Mendesain” yang akan di pelajari di semester 1
kurikulum merdeka.
Unit 2 Mendesain
Konsep Mendesain
Mendesain adalah kegiatan membuat desain atau membuat
rancangan pola. Seseorang yang mengerjakan desain disebut desainer. Dalam
proses pembuatan desain proses mengamati lingkungan sekitar untuk mendapatkan
referensi ataupun ide sangatlah penting bagi seorang desainer.
Proses mengamati pola organis dan pola geometris yang
banyak kita temukan di sekitar kita seperti pada pola ragam hias yang tersebar
di seluruh Indonesia dapat membantu kita untuk mendapatkan inspirasi dalam
mendesain. Kegiatan meniru pola-pola yang kita temukan akan melatih kemampuan
teknis kita dalam mencipta dan juga menambah referensi bentuk yang akan
berfungsi pada saat kita akan mengembangkan pola-pola tersebut menjadi pola
baru. Dalam mengembangkan pola-pola yang ditemukan dapat dengan cara menambah
atau dengan cara mengurangi bentuk yang sudah ada sesuai dengan kreativitas
kita masing-masing.
HUBUNGAN DENGAN SEJARAH SENI RUPA
Kecenderungan manusia untuk membuat rancangan pola sudah
dimulai sejak lama. Misalnya di Indonesia kita dapat melihat bagaimana ragam
hias yang terdapat dalam ukiran, baju tradisional, rumah adat, dll dari sabang
sampai merauke yang sudah ada sejak lama. Istilah desain sendiri pertama kali
dipakai pada tahun 1922 di sebuah esai berjudul New Kind of Printing Calls for
New Designs yang ditulis oleh William Addison Dwiggins seorang desainer buku
Amerika dan terus dipakai dan berkembang pada saat itu seiringnya perkembangan
teknologi mesin cetak yang kemudian berpindah pada teknologi komputer.
Desainer Indonesia banyak menggunakan ragam hias
tradisional Indonesia sebagai sumber inspirasi mereka dalam menciptakan desain.
Wanara Studio adalah salah satu kelompok desainer asal Bandung yang menggunakan
pendekatan tersebut.
Wanara Studio didirikan oleh 4 orang desainer yaitu Bima
Nurin, Habibie Putranto, Dian Effendi, dan Sweta Kartika pada tanggal 10
Oktober 2010 bersamaan dengan acara pasar seni ITB. Desain yang mereka ciptakan
banyak terinspirasi oleh ragam hias seni tradisional di Indonesia khususnya
Jawa.
A. Menemukan Pola Organis
Pola Organis adalah pola yang ditemukan pada alam sekitar
yang menyerupai atau terdapat pada daun, pohon, bunga, hewan, dll. Pada sub
unit 2.1 peserta didik diajak untuk mengamati alam sekitar untuk menemukan
pola-pola organis yang kemudian akan digambar ulang dan dijadikan dasar dalam
membuat desain atau menghias.
Mengamati dan menggambar pola organis
a. Peserta
didik mengamati pola-pola organis yang ditemukan di sekitar sekolah atau dari
gambar yang dibawa oleh guru.
b. Peserta
didik memilih 6 bentuk pola organis.
c. Peserta
didik menggambar keenam pola yang dipilih tersebut ke atas kertas
B. Menemukan Pola Geometris Pada Benda di Sekitar
Pola Geometris adalah pola pola yang berkaitan dengan
geometris atau bangun datar contohnya adalah lingkaran, kotak , segitiga,
persegi panjang, dll. Pada sub unit 2.2 peserta didik diajak untuk mengamati
benda-benda di sekitar mereka yang memiliki pola geometris yang kemudian
digambar ulang dan dijadikan dasar dalam membuat desain.
1. Mengamati pola geometris di sekitar
a. Peserta
didik mengamati pola-pola geometris yang terdapat pada benda- benda di sekitar
secara langsung atau melalui gambar-gambar yang disediakan oleh guru.
b. Peserta
didik membahas dan memilih beberapa pola geometris pada benda yang paling
menarik.
2. Menggambar pola geometris
Peserta didik menggambarkan 6 pola geometris yang sudah
dipilih sebelumnya di atas kertas dengan menggunakan pensil.
C. Aplikasi Pola Geometris Bewarna
Pola-pola geometris yang diamati dan digambar ulang oleh
peserta didik pada sub unit sebelumnya dalam bentuk sketsa yang akan
dikembangkan dan kemudian diwarnai. Hasil karya dari sub unit ini akan dipakai
di sub unit berikutnya.
1. Menggambar sketsa dan mewarnai pola
a. Peserta
didik membahas dan memilih beberapa pola geometris pada benda yang paling
menarik.
b. Peserta
didik menggambar 4 sketsa pola geometris yang dipilih pada satu bidang kertas
A4.
2. Mengembangkan pola geometris yang dipilih
Peserta didik mengembangkan pola geometris yang dipilih
dengan cara menambahkan bentuk geometris baru, mengurangi sebagian pola
geometris yang sudah ada, ataupun memperbanyak pola geometri yang sudah ada.
3. Mewarnai sketsa pola geometris
Peserta didik mewarnai 4 sketsa pola geometris yang
dipilih dan sudah dikembangkan dengan menggunakan pensil warna, spidol, cat air
atau krayon.
D. Aplikasi Pola Geometris Pada Benda
Pada sub unit 2.4 ini pola geometris yang sudah
dikembangkan dan diwarnai di sub unit sebelumnya akan diaplikasikan pada
benda-benda keseharian. Dalam sub unit ini peserta didik akan diajarkan
bagaimana menggunakan hasil desain yang mereka buat pada benda-benda keseharian
yang umum atau juga dapat disesuaikan benda-benda khas yang ada di daerah
masing-masing.
Mengaplikasikan sketsa pola geometris
a. Peserta
didik memilih benda yang akan dijadikan media untuk pengaplikasian sketsa pola
geometris yang mereka telah buat sebelumnya.
b. Peserta
didik mulai mengaplikasikan sketsa pola geometris pada gambar penampang yang
sudah disediakan oleh guru sebanyak 2 buah benda.
Itulah rangkuman seni rupa kelas 7 Unit 2 untuk semester
1 kurikulum merdeka yang bisa admin kherysuryawan sajikan melalui artikel ini.
Bagi anda yang ingin melihat materinya lebih lengkap lagi maka anda bisa
langsung mendapatkannya pada buku teks pelajaran seni rupa kelas 7 SMP
kurikulum merdeka yang telah admin bagikan di bawah ini :
- Buku Siswa & Guru Seni Rupa Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka – (DISINI)
Demikianlah sajian ringkasan/rangkuman materi pelajaran
Seni Rupa Kelas 7 SMP Unit 2 Tentang “Mendesain” yang bisa admin kherysuryawan
sampaikan pada kesempatan ini. Semoga postingan ini bermanfaat bagi sahabat
pendidikan yang membutuhkannya.
Sekian dan Terimakasih.