Rangkuman Seni Rupa Kelas 7 Unit 1 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 7 SMP Unit 1 Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan mencoba untuk berbagi informasi pendidikan yang berhubungan dengan salah satu mata pelajaran yang akan di pelajari di kelas 7 SMP kurikulum merdeka yaitu mata pelajaran Seni Rupa.

 


Seni merupakan salah satu unsur kebudayaan manusia. Sepanjang keberadaan kita di dunia ini, salah satu yang membedakan kita baik dengan makhluk lain maupun antar kita adalah kegiatan berkesenian dan karya-karya seninya. Oleh karena itu, melalui seni kita bisa melihat dan memahami sebuah fenomena dari berbagai sudut pandang, berempati, dan juga menghargai perbedaan dan keragaman. Nilai utama dari seni adalah keindahan. Bersama dengan nilai kebenaran dari ilmu pasti, dan nilai kebaikan dari ilmu sosial kemanusiaan; nilai keindahan memampukan seseorang untuk menjalani hidup yang bermakna.

 

Seni rupa merupakan salah satu bentuk seni. Seni rupa mengandalkan hal-hal yang bisa dilihat dan juga proses persepsi visual. Keindahan rupa hadir dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada padu padan pakaian, dekorasi rumah, hias pengantin, ataupun saat menata makanan di meja (Gambar 1). Keindahan melahirkan kenyamanan dan perasaan aman, sehingga dari tingkat-tingkat yang lebih individual tersebut pembelajaran seni rupa juga bisa berdampak besar pada kemampuan kita menciptakan masyarakat yang harmonis. Maka dari itu, pembelajaran seni rupa tidak lagi difokuskan pada kemampuan artistik saja, tetapi juga bagaimana menggunakan seni rupa untuk membuat perubahan positif.

 

Disini admin kherysuryawan telah menyiapkan ringkasan/rangkuman materi pelajaran untuk mata pelajaran seni rupa kelas 7 kurikulum merdeka. Adapun rangkumannya yaitu mengulas tentang materi yang ada pada Unit 1 dengan judul “menggambar” yang akan di pelajari pada mata pelajaran seni rupa kelas 7 SMP Semester 1.

 

Sebagai informasi bahwa pada materi unit 1 “Menggambar” akan ada beberapa materi inti yang dipelajari di dalamnya, diantaranya yaitu sebagai berikut :

Hubungan Dengan Sejarah Seni Rupa

A. Rupa Dasar

B. Komposisi Alam Benda

 

Adapun capaian pembelajaran yang di harapkan pada pembelajaran Seni Rupa Kelas 7 SMP Unit 1 “Menggambar” yaitu sebagai berikut ;

Capaian Pembelajaran :

1. Menggunakan pensil untuk membuat garis tebal, tipis, lurus, lengkung.

2. Menggunakan pewarna untuk menciptakan komposisi warna yang menarik (berdampak bagi dirinya).

3. Menggambarkan komposisi benda sesuai dengan proporsinya menggunakan alat bantu gambar (grid).

4. Menggunakan pensil untuk menciptakan arsir yang menunjukkan volume.

 

Baiklah di bawah ini sajian Rangkuman/Ringkasan materi pelajaran Seni Rupa Unit 1 “Menggambar” yang akan di pelajari di semester 1 kurikulum merdeka.

 

Unit 1 Menggambar

Menggambar adalah salah satu aktivitas utama dalam menciptakan karya seni. Mayoritas seniman memulai berkarya dengan menggambar sketsa hasil akhir yang ingin mereka capai. Beberapa seniman bahkan menggunakan media gambar, yaitu kertas dan alat gambar (pensil, tinta, spidol, krayon, arang, cat air), untuk membuat karya mereka.

 

Menggambar sketsa memudahkan kita untuk merekam hal-hal yang kita amati di sekitar kita. Semakin sering kita amati sekeliling kita, semakin kita akan sadar bahwa semua benda yang terlihat bisa dikembalikan ke bentuk dasar geometris, yaitu lingkaran, persegi, dan segitiga. Setelah kita bisa menangkap bentuk dasar tersebut, kita bisa membuat komposisi yang menarik dan menggambar dengan akurat. Lalu, dengan mengamati bagaimana cahaya jatuh pada obyek yang kita amati, kita bisa membuat ilusi volume pada gambar kita dengan arsir tebal dan tipis.

 

HUBUNGAN DENGAN SEJARAH SENI RUPA

Sejak masa prasejarah, nenek moyang kita (manusia purba) menggunakan teknik gambar untuk memvisualisasikan binatang-binatang dan lingkungan sekitar yang mereka amati. Mereka melukis di dinding-dinding dalam gua yang gelap, menggunakan imajinasi dan memori mereka untuk menciptakan bentuk.

 

Beberapa seniman ternama Indonesia juga melakukan hal yang sama Mereka mengawali berkarya dengan mengamati sekitar dan membuat sketsa. Misalnya saja S. Sudjojono, seorang pelukis ternama yang menjadi pendiri kelompok seniman Indonesia pertama yaitu Persatuan Ahli Gambar Indonesia (Persagi) pada tahun 1938. Sering kali ia menggambar sketsa dan mencatat hasil pengamatannya.

 

A. Rupa Dasar

Rupa dasar adalah bentuk bentuk dasar (titik, garis, bentuk, warna, tekstur, gelap terang) dan pengaturan (komposisi, keseimbangan, proporsi, kesatuan, dan irama). Pada sub unit ini peserta didik diajak untuk membuat komposisi gambar menggunakan bentuk-bentuk geometris sederhana (lingkaran, segitiga, persegi) dengan menggunakan media kertas, pensil, pewarna (pensil warna, krayon, cat poster/cat air).

 

Beberapa karya seniman optical art atau abstrak geometris (contoh: Frank Stella, Bridget Riley, Mochtar Apin-1950an, Ahmad Sadali-1950an).

 

1. Membuat pola geometris monokromatik

Peserta didik membuat empat komposisi pola geometris yang berbeda dari bentuk geometris sederhana (lingkaran, persegi, segitiga)

Peserta didik memindahkan sketsa tersebut ke bidang gambar yang lebih besar dari menggunakan pensil dengan teknik arsir (lihat glosarium) yang berbeda untuk menciptakan kesatuan dan keseimbangan.

 

2. Membuat pola geometris berwarna menit)

Peserta didik membuat kembali komposisi pola geometris yang sudah dibuat pada pertemuan sebelumnya.

Dengan menggunakan pewarna yang tersedia (pensil warna, krayon, cat poster/cat air), warnai bidang gambar sehingga mendapatkan hasil akhir yang menarik.

 

B. Komposisi Alam Benda

Alam benda adalah kegiatan menggambar objek alam dan benda yang terdapat di sekitar seperti keadaan sebenarnya. Pada sub unit ini peserta didik menggunakan kepekaan tersebut untuk menggambar komposisi benda sehari-hari. Kegiatan ini juga berhubungan dengan pelajaran matematika yaitu skala, karena peserta didik memindahkan komposisi tersebut menggunakan alat bantu (grid). Ragam bentuk meliputi limas, silinder, kotak, bola, kerucut, cembung/cekung, atau bentuk lainnya.

 

1. Sketsa

Peserta didik menyusun empat benda yang sudah dibawa di atas meja masing-masing.

Peserta didik membuat 8 komposisi yang berbeda dan menggambar sketsanya dengan bentuk geometris.

 

2. Menggunakan Grid

Peserta didik membuat atau meneruskan pembuatan grid sebagai alat bantu memindahkan sketsa dan gambar obyek asli ke media kertas yang lebih besar. (Alternatif: menggunakan kamera ponsel)

Peserta didik membuat sketsa dari komposisi alam benda yang sudah dipilih pada minggu sebelumnya.

 

3. Menggambar Benda Bervolume

Peserta didik mengamati dan menandai pada sketsa area gelap terang. Jika mengalami kesulitan, boleh menggunakan bantuan senter pada kamera ponsel untuk memahami area gelap terang tersebut.

Peserta didik menggunakan garis-garis bantu untuk membuat gradasi dari area gelap ke terang

Komposisi alam benda yang dibuat terlihat memiliki massa dan volume.

 

Itulah rangkuman seni rupa kelas 7 unit 1 untuk semester 1 kurikulum merdeka yang bisa admin kherysuryawan sajikan melalui artikel ini. Bagi anda yang ingin melihat materinya lebih lengkap lagi maka anda bisa langsung mendapatkannya pada buku teks pelajaran seni rupa kelas 7 SMP kurikulum merdeka yang telah admin bagikan di bawah ini :

 

  • Buku Siswa & Guru Seni Rupa Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah sajian ringkasan/rangkuman materi pelajaran Seni Rupa Kelas 7 SMP Unit 1 Tentang “Menggambar” yang bisa admin kherysuryawan sampaikan pada kesempatan ini. Semoga postingan ini bermanfaat bagi sahabat pendidikan yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel