Rangkuman Seni Rupa Kelas 7 Unit 1 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 7 SMP Unit 1 Semester 1 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada
kesempatan kali ini admin akan mencoba untuk berbagi informasi pendidikan yang
berhubungan dengan salah satu mata pelajaran yang akan di pelajari di kelas 7
SMP kurikulum merdeka yaitu mata pelajaran Seni Rupa.
Seni merupakan salah satu unsur kebudayaan manusia.
Sepanjang keberadaan kita di dunia ini, salah satu yang membedakan kita baik
dengan makhluk lain maupun antar kita adalah kegiatan berkesenian dan
karya-karya seninya. Oleh karena itu, melalui seni kita bisa melihat dan
memahami sebuah fenomena dari berbagai sudut pandang, berempati, dan juga
menghargai perbedaan dan keragaman. Nilai utama dari seni adalah keindahan.
Bersama dengan nilai kebenaran dari ilmu pasti, dan nilai kebaikan dari ilmu
sosial kemanusiaan; nilai keindahan memampukan seseorang untuk menjalani hidup
yang bermakna.
Seni rupa merupakan salah satu bentuk seni. Seni rupa
mengandalkan hal-hal yang bisa dilihat dan juga proses persepsi visual.
Keindahan rupa hadir dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada padu padan
pakaian, dekorasi rumah, hias pengantin, ataupun saat menata makanan di meja
(Gambar 1). Keindahan melahirkan kenyamanan dan perasaan aman, sehingga dari
tingkat-tingkat yang lebih individual tersebut pembelajaran seni rupa juga bisa
berdampak besar pada kemampuan kita menciptakan masyarakat yang harmonis. Maka
dari itu, pembelajaran seni rupa tidak lagi difokuskan pada kemampuan artistik
saja, tetapi juga bagaimana menggunakan seni rupa untuk membuat perubahan
positif.
Disini admin kherysuryawan telah menyiapkan
ringkasan/rangkuman materi pelajaran untuk mata pelajaran seni rupa kelas 7
kurikulum merdeka. Adapun rangkumannya yaitu mengulas tentang materi yang ada
pada Unit 1 dengan judul “menggambar” yang akan di pelajari pada mata pelajaran
seni rupa kelas 7 SMP Semester 1.
Sebagai informasi bahwa pada materi unit 1 “Menggambar”
akan ada beberapa materi inti yang dipelajari di dalamnya, diantaranya yaitu
sebagai berikut :
Hubungan Dengan Sejarah Seni Rupa
A. Rupa Dasar
B. Komposisi Alam Benda
Adapun capaian pembelajaran yang di harapkan pada
pembelajaran Seni Rupa Kelas 7 SMP Unit 1 “Menggambar” yaitu sebagai berikut ;
Capaian Pembelajaran :
1. Menggunakan pensil untuk membuat garis tebal, tipis,
lurus, lengkung.
2. Menggunakan pewarna untuk menciptakan komposisi warna
yang menarik (berdampak bagi dirinya).
3. Menggambarkan komposisi benda sesuai dengan
proporsinya menggunakan alat bantu gambar (grid).
4. Menggunakan pensil untuk menciptakan arsir yang
menunjukkan volume.
Baiklah di bawah ini sajian Rangkuman/Ringkasan materi
pelajaran Seni Rupa Unit 1 “Menggambar” yang akan di pelajari di semester 1
kurikulum merdeka.
Unit 1 Menggambar
Menggambar adalah salah satu aktivitas utama dalam
menciptakan karya seni. Mayoritas seniman memulai berkarya dengan menggambar
sketsa hasil akhir yang ingin mereka capai. Beberapa seniman bahkan menggunakan
media gambar, yaitu kertas dan alat gambar (pensil, tinta, spidol, krayon,
arang, cat air), untuk membuat karya mereka.
Menggambar sketsa memudahkan kita untuk merekam hal-hal
yang kita amati di sekitar kita. Semakin sering kita amati sekeliling kita,
semakin kita akan sadar bahwa semua benda yang terlihat bisa dikembalikan ke
bentuk dasar geometris, yaitu lingkaran, persegi, dan segitiga. Setelah kita
bisa menangkap bentuk dasar tersebut, kita bisa membuat komposisi yang menarik
dan menggambar dengan akurat. Lalu, dengan mengamati bagaimana cahaya jatuh
pada obyek yang kita amati, kita bisa membuat ilusi volume pada gambar kita
dengan arsir tebal dan tipis.
HUBUNGAN DENGAN SEJARAH SENI RUPA
Sejak masa prasejarah, nenek moyang kita (manusia purba)
menggunakan teknik gambar untuk memvisualisasikan binatang-binatang dan
lingkungan sekitar yang mereka amati. Mereka melukis di dinding-dinding dalam
gua yang gelap, menggunakan imajinasi dan memori mereka untuk menciptakan
bentuk.
Beberapa seniman ternama Indonesia juga melakukan hal yang
sama Mereka mengawali berkarya dengan mengamati sekitar dan membuat sketsa.
Misalnya saja S. Sudjojono, seorang pelukis ternama yang menjadi pendiri
kelompok seniman Indonesia pertama yaitu Persatuan Ahli Gambar Indonesia
(Persagi) pada tahun 1938. Sering kali ia menggambar sketsa dan mencatat hasil
pengamatannya.
A. Rupa Dasar
Rupa dasar adalah bentuk bentuk dasar (titik, garis,
bentuk, warna, tekstur, gelap terang) dan pengaturan (komposisi, keseimbangan,
proporsi, kesatuan, dan irama). Pada sub unit ini peserta didik diajak untuk
membuat komposisi gambar menggunakan bentuk-bentuk geometris sederhana
(lingkaran, segitiga, persegi) dengan menggunakan media kertas, pensil, pewarna
(pensil warna, krayon, cat poster/cat air).
Beberapa karya seniman optical art atau abstrak geometris
(contoh: Frank Stella, Bridget Riley, Mochtar Apin-1950an, Ahmad
Sadali-1950an).
1. Membuat pola geometris monokromatik
Peserta didik membuat empat komposisi pola geometris yang
berbeda dari bentuk geometris sederhana (lingkaran, persegi, segitiga)
Peserta didik memindahkan sketsa tersebut ke bidang
gambar yang lebih besar dari menggunakan pensil dengan teknik arsir (lihat
glosarium) yang berbeda untuk menciptakan kesatuan dan keseimbangan.
2. Membuat pola geometris berwarna menit)
Peserta didik membuat kembali komposisi pola geometris
yang sudah dibuat pada pertemuan sebelumnya.
Dengan menggunakan pewarna yang tersedia (pensil warna,
krayon, cat poster/cat air), warnai bidang gambar sehingga mendapatkan hasil
akhir yang menarik.
B. Komposisi Alam Benda
Alam benda adalah kegiatan menggambar objek alam dan
benda yang terdapat di sekitar seperti keadaan sebenarnya. Pada sub unit ini
peserta didik menggunakan kepekaan tersebut untuk menggambar komposisi benda
sehari-hari. Kegiatan ini juga berhubungan dengan pelajaran matematika yaitu
skala, karena peserta didik memindahkan komposisi tersebut menggunakan alat
bantu (grid). Ragam bentuk meliputi limas, silinder, kotak, bola, kerucut,
cembung/cekung, atau bentuk lainnya.
1. Sketsa
Peserta didik menyusun empat benda yang sudah dibawa di
atas meja masing-masing.
Peserta didik membuat 8 komposisi yang berbeda dan
menggambar sketsanya dengan bentuk geometris.
2. Menggunakan Grid
Peserta didik membuat atau meneruskan pembuatan grid sebagai
alat bantu memindahkan sketsa dan gambar obyek asli ke media kertas yang lebih
besar. (Alternatif: menggunakan kamera ponsel)
Peserta didik membuat sketsa dari komposisi alam benda
yang sudah dipilih pada minggu sebelumnya.
3. Menggambar Benda Bervolume
Peserta didik mengamati dan menandai pada sketsa area
gelap terang. Jika mengalami kesulitan, boleh menggunakan bantuan senter pada
kamera ponsel untuk memahami area gelap terang tersebut.
Peserta didik menggunakan garis-garis bantu untuk membuat
gradasi dari area gelap ke terang
Komposisi alam benda yang dibuat terlihat memiliki massa
dan volume.
Itulah rangkuman seni rupa kelas 7 unit 1 untuk semester
1 kurikulum merdeka yang bisa admin kherysuryawan sajikan melalui artikel ini.
Bagi anda yang ingin melihat materinya lebih lengkap lagi maka anda bisa
langsung mendapatkannya pada buku teks pelajaran seni rupa kelas 7 SMP
kurikulum merdeka yang telah admin bagikan di bawah ini :
- Buku Siswa & Guru Seni Rupa Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka – (DISINI)
Demikianlah sajian ringkasan/rangkuman materi pelajaran
Seni Rupa Kelas 7 SMP Unit 1 Tentang “Menggambar” yang bisa admin kherysuryawan
sampaikan pada kesempatan ini. Semoga postingan ini bermanfaat bagi sahabat
pendidikan yang membutuhkannya.
Sekian dan Terimakasih.