Rangkuman Seni Rupa Kelas 4 Unit 12 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman/Ringkasan materi pelajaran Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 12 “Kelas Apresiasi : Bertemu Seniman dan Pengrajin Setempat “ Semester 2 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, sesuai dengan
judul artikel hari ini maka melalui kesempatan ini admin akan membahas tentang
materi yang ada pada mata pelajaran seni rupa yang akan di pelajari di kelas 4
SD semester 2 kurikulum merdeka.
Pada pembelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka
khususnya pada pembelajaran di semester 2, ada beberapa unit pembelajaran yang
akan di pelajari didalamnya dan salah satunya ialah akan mempelajari Unit 12
yaitu materi tentang “Kelas Apresiasi : Bertemu Seniman dan Pengrajin Setempat”
Mempelajari mata pelajaran seni rupa akan sangat penting
bagi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik khususnya dalam memahami arti
seni yang sesuangguhnya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan utama pembelajaran
seni rupa dilakukan lebih untuk mengembangkan manusia (art for human
development) daripada untuk mengembangkan seni (human for art development).
Melalui kesempatan ini admin telah menyiapkan sebuah
rangkuman/ringkasan materi yang akan membahas tentang materi yang ada pada Unit
12 “Kelas Apresiasi : Bertemu Seniman dan Pengrajin Setempat”. Rangkuman ini
sengaja admin buat agar dapayt memudahkan bagi pendidik maupun peserta didik
dalam memperoleh referensi pembelajaran seni rupa untuk kelas 4 SD kurikulum
merdeka.
Sebelum admin memberikan sajian rangkuman/ringkasan
materi seni rupa kelas 4 SD Unit 12 “Kelas Apresiasi : Bertemu Seniman dan
Pengrajin Setempat “ Semester 2 Kurikulum Merdeka, maka perlu untuk di ketahui
tentang tujuan pembelajaran yang ingin di capai pada pembelajaran di Unit 12
ini.
Tujuan pembelajaran pada Unit 12 “Kelas Apresiasi :
Bertemu Seniman dan Pengrajin Setempat “ yaitu sebagai berikut :
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengalami pertemuan dengan seniman atau pengrajin
setempat
2. Siswa dapat memahami karya dan penuturan seniman atau
pengrajin setempat
3. Siswa dapat mengamati karya dan penuturan seniman atau
pengrajin setempat
4. Siswa dapat menuliskan pengalaman, pemahamannya dalam
sebuah esai
5. Siswa dapat menjelaskan tulisannya dengan baik
6. Meningkatkan kemampuan apresiasi seni
Baiklah untuk mengetahui isi materi pada pembelajaran
seni rupa kelas 4 SD Unit 12 “Kelas Apresiasi : Bertemu Seniman dan Pengrajin
Setempat “ dibawah ini sajian rangkuman materinya :
UNIT 12 KELAS APRESIASI : Bertemu Seniman dan Pengrajin Setempat
Seni rupa merupakan sebuah ekosistem sosial yang terdiri
dari seniman, karya seni dan publik seni. Ketiganya saling mempengaruhi satu
sama lain sedemikian rupa sehingga membentuk dinamika dalam sejarah seni dan
masyarakat. Pada masyarakat yang sudah maju, seni rupa mendapat apresiasi yang
tinggi dengan adanya galeri, gedung pertunjukan, balai lelang dan museum. Hal
tersebut dilakukan mengingat seni rupa juga ikut mempengeruhi perkembangan
bidang[1]bidang lain dalam
kehidupan seperti ekonomi, arsitektur, bahkan sains dan teknologi.
Apresiasi terhadap karya seni dilakukan dengan berbagai
cara. Masyarakat umum melakukannya dengan menikmati keindahan warna, bentuk dan
komposisinya. Bagi masyarakat yang semakin berkembang, mereka mulai melakuannya
secara kritis dengan memahami pemikiran dan perasaan yang terkandung dalam
karya seni. Adapun bagi masyarakat yang sudah maju, mereka mengapresiasi karya
seni dengan cara mengemabangkan seni itu sendiri atau menggunakannya untuk
mendorong inovasi dalam bidang-bidang yang lain.
Namun, sebelum melangkah jauh, kita perlu terlebih dahulu
mengenal karya seni dengan baik. Caranya adalah dengan mengapresiasi
karya-karya seni rupa di sekitar kita baik tradisonal maupun modern. Jika tidak
ada seniman, bisa juga dilakukan terhadap pengrajin gerabah, penenun kain,
anyaman atau yang lainnya. Para siswa dapat mengamati secara langsung bagaimana
seniman mencipta karya-karyanya dan melakukan dialog dengan seniman untuk
mengetahui proses kreatifnya.
Itulah rangkuman/ringkasan materi seni rupa kelas 4 SD Unit 12 “Kelas Apresiasi : Bertemu Seniman dan Pengrajin Setempat “ yang akan di pelajari di semester 2 kurikulum merdeka. Bagi anda yang ingin mengetahui isi lengkap dari materi diatas maka anda bisa melihatnya pada buku teks pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka yang bisa anda lihat pada judul di bawah ini :
- Buku Guru & Siswa Seni Teater Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai Ringkasan/Rangkuman materi
seni rupa kelas 4 SD Unit 12 “Kelas Apresiasi : Bertemu Seniman dan Pengrajin
Setempat “ yang bisa admin kherysuryawan sampaikan pada postingan kali ini. Semoga
bermanfaat dan bisa menjadi referensi pembelajaran bagi sahabat pendidikan yang
membutuhkannya.