Rangkuman Seni Rupa Kelas 4 Unit 10 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman/Ringkasan materi pelajaran Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 10 “Membuat Shadow Puppet (Wayang) yang Menakjubkan “ Semester 2 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, sesuai dengan
judul artikel hari ini maka melalui kesempatan ini admin akan membahas tentang
materi yang ada pada mata pelajaran seni rupa yang akan di pelajari di kelas 4
SD semester 2 kurikulum merdeka.
Pada pembelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka
khususnya pada pembelajaran di semester 2, ada beberapa unit pembelajaran yang
akan di pelajari didalamnya dan salah satunya ialah akan mempelajari Unit 10
yaitu materi tentang “Membuat Shadow Puppet (Wayang) yang Menakjubkan”
Mempelajari mata pelajaran seni rupa akan sangat penting
bagi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik khususnya dalam memahami arti
seni yang sesuangguhnya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan utama pembelajaran
seni rupa dilakukan lebih untuk mengembangkan manusia (art for human
development) daripada untuk mengembangkan seni (human for art development).
Melalui kesempatan ini admin telah menyiapkan sebuah
rangkuman/ringkasan materi yang akan membahas tentang materi yang ada pada Unit
10 “Membuat Shadow Puppet (Wayang) yang Menakjubkan”. Rangkuman ini sengaja
admin buat agar dapayt memudahkan bagi pendidik maupun peserta didik dalam
memperoleh referensi pembelajaran seni rupa untuk kelas 4 SD kurikulum merdeka.
Sebelum admin memberikan sajian rangkuman/ringkasan
materi seni rupa kelas 4 SD Unit 10 “Membuat Shadow Puppet (Wayang) yang
Menakjubkan “ Semester 2 Kurikulum Merdeka, maka perlu untuk di ketahui tentang
tujuan pembelajaran yang ingin di capai pada pembelajaran di Unit 10 ini.
Tujuan pembelajaran pada Unit 10 “Membuat Shadow Puppet
(Wayang) yang Menakjubkan “ yaitu sebagai berikut :
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat memahami bentuk dan fungsi dasar/sederhana
wayang
2. Siswa dapat mengidentifikasi hubungan wayang dengan seni
rupa dan seni dan tradisi
3. Siswa dapat membuat tokoh wayang versinya sendiri
4. Siswa dapat menjelaskan wayangnya dan memainkannya secara
mandiri atau berkelompok
Baiklah untuk mengetahui isi materi pada pembelajaran
seni rupa kelas 4 SD Unit 10 “Membuat Shadow Puppet (Wayang) yang Menakjubkan “
dibawah ini sajian rangkuman materinya :
UNIT 10 MEMBUAT SHADOW PUPPET (WAYANG) YANG MENAKJUBKAN
Shadow adalah bayangan, sedang puppet adalah tokoh/lakon
yang dimainkan. Jadi shadow puppet adalah tokoh cerita yang dimainkan dalam
bentuk bayangan. Salah satu contoh shadow puppet yang paling terkenal adalah
wayang.
Shadow puppet atau lebih dikenal dengan wayang merupakan
seni pertunjukan yang kaya dengan unsur seni rupanya, misalnya pada hiasan
tokoh cerita, kelir/ layar, panggung, tata cahaya dan lain sebagainya. Oleh
karena itu dapat dikatakan jika shadow puppet merupakan seni rupa yang telah
menjadi seni pertunjukan.
Di Indonesia, beragam daerah memiliki kesenian ini,
seperti wayang kulit Jawa, wayang golek Sunda, wayang Beber Bali, dan lain
sebagainya. Pada dasarnya, kesenian ini bisa dibuat sesuai kebutuhan masyarakat
tertentu sehingga setiap masyarakat bisa memiliki wayangnya sendiri. Bahkan
lebih jauh lagi, setiap orang bisa membuat wayangnya sendiri.
Sebagai topik pembelajaran seni rupa, kita bisa membuat
shadow puppet sendiri dengan tokoh dan cerita berdasarkan dongeng daerah kita
masing[1]masing. Bahkan, kita
bisa membuat tokoh dan alur ceritanya dari kehidupan kita sehari-hari.
Misalnya, kita membuat tokoh dari keluarga, teman, tetangga dan binatang
peliharaan kita.
Beberapa seniman terkemuka Indonesia telah mengangkat
wayang menurut versinya sendiri hingga popular di mancanegara, antara lain Heri
Dono, Nasirun, Samuel Indratma, Eko Nugroho, dan banyak lagi lainnya. Mereka
membuat tokoh dan cerita wayang sendiri sehingga menarik masyarakat luas, baik
di dalam maupun luar negeri.
Dalam membuat tokoh dan cerita wayang, kita bisa
menggunakan berbagai pengetahuan dan keterampilan yang telah kita pelajari.
Misalnya, pakaian para tokohnya bisa berupa motif dekoratif sesuai daerah kita
dan ceritanya bisa diperoleh dari kisah para legenda daerah kita masing-masing,
lingkungan sekitar atau dari sebuah buku.
Berikut ini contoh membuat Shadow Pupet
Karya shadow puppet bisa dinikmati dengan beberapa cara.
- Pertama, bisa dipamerkan di kelas atau sekolah.
- Kedua, bisa dimainkan bersama teman-teman (seseorang bisa membuat cerita, lainnya memainkan tokohnya, selebihnya bisa memainkan alat musik pengiring, tukang sorot lampu, dan sisanya menjadi penonton.
Berikut ini Langkah-langkah membuat Shadow Puppet
1) Sampaikan
materi tentang Shadow puppet
2) Ajak
siswa membangun ide karya
3) Siapkan
alat berupa pensil, pulpen, spidol, cat air, akrilik atau poster, kertas karton
atau kardus, bambu, kain layar, lampu senter
4) Buat
sketsa tokoh pada kertas
5) Potong
sesuai garis luarnya
6) Lubangi
bagian rongga agar tampil sebagai bayangan
7) Beri warna
8) Buat pegangan dari bambu
Adapun cara memainkannya: Shadow Puppet
1) Bentangkan layar dari kain
(bisa juga tanpa layar)
2) Sorot lampu dari arah
belakang
3) Mainkan tokohnya sesuai
cerita
4) Iringi dengan musik
5) Tonton dari depan atau
belakang layar
Itulah rangkuman/ringkasan materi seni rupa kelas 4 SD Unit
10 “Membuat Shadow Puppet (Wayang) yang Menakjubkan “ yang akan di pelajari di
semester 2 kurikulum merdeka. Bagi anda yang ingin mengetahui isi lengkap dari
materi diatas maka anda bisa melihatnya pada buku teks pelajaran seni rupa
kelas 4 SD kurikulum merdeka yang bisa anda lihat pada judul di bawah ini :
Demikianlah informasi mengenai Ringkasan/Rangkuman materi
seni rupa kelas 4 SD Unit 10 “Membuat Shadow Puppet (Wayang) yang Menakjubkan “
yang bisa admin kherysuryawan sampaikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat
dan bisa menjadi referensi pembelajaran bagi sahabat pendidikan yang
membutuhkannya.