Rangkuman Matematika Kelas 4 Bab 20 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Matematika Kelas 4 SD Bab 20 “Materi Tambahan” Semester 2 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, postingan kali ini akan
membahas tentang materi pelajaran matematika kelas 4 SD semester 2 kurikulum
merdeka. Adapun materi yang akan di bahas ini merupakan materi penutup atau
materi akhir di pembelajaran matematika kelas 4 semester 2 yang merupakan
materi tambahan dari materi-materi sebelumnya.
Perlu diketahui bahwa materi yang akan dipelajari pada
mata pelajaran matematika dikelas 4 SD semester 2 kurikulum merdeka yaitu di
mulai dari Bab 11 hingga Bab 20 dan materi yang ada di bab 20 merupakan materi
tambahan sekaligus menjadi materi penutup untuk mata pelajaran matematika di
kelas 4 SD semester 2 kurikulum merdeka.
Disini admin kherysuryawan telah membuat dan menyiapkan
rangkuman materi yang membahas tentang materi yang ada di Bab 20.
Sebagai informasi bahwa seluruh materi hasil rangkuman
yang telah admin buat ini semuanya bersumber dari buku teks pelajaran
matematika kelas 4 SD volume 2 versi kurikulum merdeka. Hasil rangkuman ini
sengaja dibuat dengan tujuan untuk berbagi informasi seputar materi matematika
kelas 4 SD Bab 20 yang berjudul “Materi Tambahan” yang akan di pelajari di
semester 2 kurikulum merdeka.
Ada beberapa materi inti yang akan dipelajari di Bab 20
ini, diantaranya yaitu sebagai berikut :
1. Prisma
dan Tabung
2. Hubungan
antar bentuk pecahan
Pada materi “Prisma dan Tabung” ada beberapa target yang
diharapkan untuk di capai oleh peserta didik dalam mempelajarinya, yaitu
sebagai berikut :
· Untuk membantu siswa memahami gambar tiga
dimensi melalui kegiatan seperti observasi dan komposisi gambar.
- Mengamati bangun ruang prisma
dan tabung.
- Membedakan jenis-jenis prisma
berdasarkan alas dan tutupnya.
• Memahami perbedaan sisi pada bangun ruang prisma
dan tabung.
- Prisma memiliki sisi datar
(berbentuk persegi panjang) sementara tabung memiliki sisi lengkung.
Sedangkan pada materi “Hubungan antar Bentuk Pecahan” ada
beberapa target yang diharapkan untuk di capai oleh peserta didik dalam
mempelajarinya, yaitu sebagai berikut :
· Untuk membantu siswa mengenali bentuk yang
setara antara pecahan biasa dan bilangan desimal.
- Mengubah pecahan biasa ke
bentuk bilangan desimal strategi membagi pembilang dan penyebut.
- Mengubah bilangan desimal ke
bentuk pecahan biasa dengan strategi menghitung banyak angka di belakang koma
Baiklah untuk anda yang ingin melihat sajian
rangkuman/ringkasan materi matematika kelas 4 SD Bab 20 “Materi Tambahan” untuk
pembelajaran semester 2 kurikulum merdeka, maka silahkan simak hasil
rangkumannya di bawah ini :
BAB 20 MATERI TAMBAHAN
Prisma dan Tabung
Perhatikan bangun ruang yang dibatasi oleh bidang datar
berikut. Perhatikan bidang-bidang yang sejajar (ditandai dengan warna berbeda)
pada masing-masing bangun ruang yang diberikan.
1. Tuliskan bentuk bidang yang sejajar pada masing-masing
bangun ruang (A), (B), (C), (D). Apakah ukuran masing-masing bidang yang
berpasangan pada setiap bangun sama besar?
2. Ada berapa banyak bidang yang tidak berwarna pada
masing-masing bangun (A), (B), (C) dan (D)?
Jawaban :
1. sesuai dengan bentuk bidang alas dan tutupnya, maka
dapat di simpulkan bahwa :
(A) Prisma Segi Empat,
(B) Prisma Segitiga,
(C) Prisma Segi Lima,
(D) Prisma Segi Enam.
Dari ke 4 gambar diatas Nampak bahwa Ukuran dan bentuk
alas dan tutup (sisi-sisi yang berwarna) sama.
2. Banyak bidang yang tidak berwarna pada masing-masing
bangun (A), (B), (C) dan (D) adalah :
(A) Empat,
(B) Tiga,
(C) Lima,
(D) Enam.
- Bangun ruang seperti A, B, C, dan D disebut prisma. Kedua bidang yang kongruen dan sejajar dari prisma disebut sisi alas, dan bidang segi empat yang mengitari alas disebut sisi tegak.
- Jika sisi alas adalah segitiga, segi empat atau segi lima, maka prisma tersebut berturut-turut dinamakan prisma segitiga, prisma segi empat atau prisma segi lima.
- Kubus dan balok merupakan jenis-jenis prisma, khususnya prisma segi empat. Prisma segi empat yang terdiri atas bangun persegi dan persegi panjang disebut balok sementara yang seluruh sisinya berbentuk persegi disebut kubus.
Ayo cermati dua bangun di bawah ini.
1.Apa jenis bidang yang membatasinya?
2.Bandingkan bentuk dan ukuran dari 2 sisi yang sejajar.
Jawaban :
1. Bentuk bidang yang membatasi adalah bangun lengkung.
Bentuk sisi alas dan tutup yang sejajar disebut sebagai
lingkaran.
2. Bentuk dan ukuran dari 2 sisi yang sejajar memiliki
ukuran yang sama.
Bangun ruang sisi lengkung dengan alas dan tutup berupa
lingkaran yang sejajar dan berukuran sama disebut dengan tabung.
Bangun seperti ditunjukkan di bawah ini disebut tabung.
Dua sisi kongruen yang sejajar berbentuk lingkaran disebut sisi alas, dan
bidang lengkung yang mengitari alas disebut sisi tegak. Panjang garis yang
menghubungkan 2 alas dan tegak lurus dengan kedua alas prisma atau tabung
berturut[1]turut dinamakan
tinggi prisma atau tinggi tabung.
Hubungan antar Bentuk Pecahan
Mengubah Pecahan Biasa ke Bilangan Desimal
Kita dapat mengubah pecahan biasa ke bilangan desimal
dengan membagi pembilang dan penyebutnya.
Contoh :
3/4 = 3 : 4 = 0,75
Mengubah Bilangan Desimal ke Pecahan Biasa
Kita dapat mengubah bilangan desimal ke pecahan biasa
dengan menghitung banyak angka di belakang koma dan menuliskannya sebagai
banyak 0 pada penyebut.
Contoh:
1. 0,3 = 3/10
2. 0,01 = 1/100
3. 0,007 = 7/1000
Untuk lebih jelas dan lengkapnya mengenai materi matematika kelas 4 SD Bab 20 semester 2 kurikulum merdeka, maka silahkan anda lihat pada judul di bawah ini :
👉 Buku Siswa & Guru Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai Ringkasan atau Rangkuman
materi pelajaran matematika kelas 4 SD pada Bab 20 yang berjudul “Materi
Tambahan”. Semoga sajian rangkuman tersebut dapat bermanfaat bagi sahabat dan
rekan pendidikan yang membutuhkannya.
Sekian dan Terimakasih.