Rangkuman Matematika Kelas 2 SD Bab 13 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id - Rangkuman Materi Matematika Kelas 2 SD Bab 13 “ Perkalian (4) Semester 2 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, perkenankan
admin pada kesempatan kali ini untuk bisa berbagi informasi pendidikan
khususnya mengenai materi pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran
matematika di kelas 2 SD semester 2 kurikulum merdeka.
Seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini sekolah telah
memasuki pembelajaran semester 2 yang artinya bahwa proses pembelajaran akan di
sesuaikan dengan materi yang ada di semester 2. Bagi anda yang di sekolahnya
telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka, maka anda dapat memanfaatkan
artikel ini untuk bisa membantu dalam memperoleh informasi mengenai rangkuman
materi pelajaran pada mata pelajaran matematika di kelas 2 semester 2 kurikulum
merdeka.
Ada beberapa bab yang nantinya akan di pelajari di mata
pelajaran matematika kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka dan salah satunya
ialah Bab 13 yang akan mempelajari tentang Perkalian (4).
Dalam materi Perkalian (4) di Bab 13, ada beberapa materi
inti yang akan di pelajari diantaranya yaitu sebagai berikut ;
- Tabel Perkalian
- Permainan Perkalian
- Perkalian lebih dari 9×9
Nah, melalui kesempatan ini admin kherysuryawan telah
menyiapkan ringkasan/rangkuman materinya secara lengkap dan semoga bisa
membantu rekan pendidik dan peserta didik dalam mempelajari materi yang ada di
semester 2 kelas 2 SD kurikulum merdeka. Sajian rangkuman materi matematika
kelas 2 SD semester 2 Bab 13 kurikulum merdeka yang telah admin kherysuryawan
buat ini hendaknya bisa di jadikan sebagai salah satu sumber belajar yang bisa
membantu rekan pendidikan dalam belajar baik untuk belajar di sekolah maupun
untuk belajar di rumah masing-masing.
Sebelum admin kherysuryawan membagikan dan menyajikan
rangkuman/ringkasan materi pelajaran matematika kelas 2 SD Semester 2 pada Bab
13 tentang Perkalian (4), maka ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu isi
dari tujuan pembelajaran yang ingin di capai pada pembelajaran di Bab 13 ini.
Tujuan Unit Pembelajaran Bab 13, yaitu sebagai berikut :
- Memahami pengertian perkalian dan mengembangakan kemampuan perhitungan perkalian.
- Mencoba menghubungkan angka satuan dari hasil perkalian suatu bilangan dengan angka satuan hasil perkalian bilangan lainnya.
- Memahami pengertian perkalian dan mampu menggunakannya.
- Menyelidiki sifat sederhana dari perkalian kemudian menggunakannya untuk menghitung dan membuat tabel perkalian.
- Belajar tentang tabel perkalian dan dapat menghitung perkalian dengan menggunakan beberapa tabel perkalian.
- Untuk kasus sederhana, pertimbangkan untuk menghitung perkalian bilangan 2 angka dan bilangan 1 angka.
Baiklah untuk lebih jelasnya maka silahkan di simak
sajian ringkasan/rangkuman materi matematika kelas 2 SD Bab 13 semester 2
kurikulum merdeka di bawah ini :
RANGKUMAN BAB 13 "PERKALIAN (4)"
Tabel perkalian
Membuat tabel perkalian dan menemukan rahasianya.
4 adalah jawaban pada baris 2. Yaitu 2 × 2 = 4
16 adalah jawaban pada baris 2. Yaitu 2 × 8 = 16
30 adalah jawaban pada baris 6. Yaitu 6 × 5 = 30
Ayo bandingkan hasil perkaliannya, jika pengali dan yang
dikali adalah bilangan 3.
Coba bandingkan jawaban 5×3 dan 3×5.
Jawaban :
5 x 3 = 15
3 x 5 = 15
Ternyata kalian akan memperoleh jawaban yang sama
meskipun bilangan pengali dan yang dikali posisinya ditukar.
Soal Latihan !
Isilah …. dengan bilangan yang tepat.
❶ 3 × 8 = …. × 3
❷ 4 × …. = 7 × 4
❸ …. × 5 = 5 × 6
❹ 9 × 2 = 2 × ….
Jawaban :
1. 3 × 8 = 8 × 3
2. 4 × 7 = 7 × 4
3. 6 × 5 = 5 × 6
4. 9 × 2 = 2 × 9
Bermain dengan Perkalian
Isilah tabel berikut.
Ayo bermain permainan perkalian
1. Coba cari, bilangan apa saja yang muncul hanya sekali
di tabel perkalian?
2. Coba cari bilangan yang muncul 4 kali di tabel
perkalian.
Jawaban ;
1. Bilangan yang muncul hanya sekali di tabel perkalian yaitu
: 25. 1, 49, 64, 81
5 x 5 = 25
1 x 1 = 1
7 x 7 = 49
8 x 8 = 64
9 x 9 = 81
2. Bilangan yang muncul 4 kali di tabel perkalian yaitu ;
12, 18, 24
Bilangan perkalian yang
menghasilkan 12 adalah ;
2 x 6 = 12 4 x 3 = 12
3 x 4 = 12 6 x 2 = 12
Bilangan perkalian yang
menghasilkan 18 adalah ;
2 x 9 = 18 6 x 3 = 18
3 x 6 = 18 9 x 2 = 18
Bilangan perkalian yang menghasilkan
24 adalah ;
2 x 12 = 24 6 x 4 = 24
4 x 6 = 24 12 x 2 = 24
Perkalian lebih dari 9×9
Perhatikan susunan balok-balok satuan pada gambar di
bawah ini.
Coba tentukan banyaknya balok satuan tersebut.
Jawaban :
Berikut ini salah satu cara mendapatkan hasil dari
banyaknya balok pada soal diatas.
Ada 19 orang di dalam kereta api. Mereka akan menempati
tempat duduk yang satu barisnya berisi 2 orang dan yang satu barisnya berisi 3
orang. Bagaimana cara mengatur tempat duduk mereka agar tidak ada penumpang
yang duduk sendirian?
Jawaban :
Kita dapat mengambil 5 baris tempat duduk yang masing-masing
berisi 3 orang dan 2 baris tempat duduk yang masing-masing berisi 2 orang. Jadi
5 × 3 dan 2 × 2.
5 x 3 = 15
2 x 2 = 4
Jumlah penumpang 15 + 4 = 19.
Jika kita menggabungkan tempat duduk berdua dan beritga
seperi ini, maka semuanya akan senang karena tidak sendirian selama perjalanan.
Itulah sajian rangkuman materi matematika kelas 2 SD Bab
13 Semester 2 Kurikulum Merdeka yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada
kesempatan ini.
Bagi anda yang ingin melihat materinya lebih lengkap pada
mata pelajaran matematika kelas 2 SD Bab 13 semester 2 kurikulum merdeka maka
anda bisa melihat sajian materinya pada judul di bawah ini :
- Buku Siswa Matematika Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka Lengkap – (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai rangkuman materi pelajaran matematika kelas 2 SD semester 2 khususnya pada materi yang ada di Bab 13 yang akan di pelajari di kurikulum merdeka pada pembelajaran semester 2. Semoga sajian materi ini dapat membantu rekan guru dan siswa dalam belajar matematika di kelas 2 SD semester 2 kurikulum merdeka.