Jawaban Post Test Modul 4 Setelah Pemilihan Topik Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan

Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Pelatihan Mandiri Topik Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan Modul 4 Setelah Pemilihan dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan Modul 4 Setelah Pemilihan.

Sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang materi yang berhubungan dengan topik yang akan di pelajari pada pelatihan mandiri di PMM.

 


Salah satu topik baru pada pelatihan PMM yang dapat dipilih untuk di pelajari oleh bapak/ibu guru pada platform Merdeka mengajar (PMM) ialah Topik yang berjudul “Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan”. Di dalam topik ini nantinya akan ada 4 modul yang akan di pelajari diantaranya yaitu :

        👉Modul 1 “Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan”

        👉Modul 2 “Persiapan Pemilihan”

        👉Modul 3 “Proses Pemilihan”

        👉Modul 4 “Setelah Pemilihan”

 

Di setiap modul nantinya telah disiapkan bebeberapa materi yang harus di pelajari oleh bapak/ibu guru dan setelah mempelajarinya maka guru harus bisa menjawab latihan pemahaman dan cerita reflektif dari setiap materi dan juga setelah mempelajari seluruh materi di setiap modul maka bapak/ibu guru juga harus bisa menjawab beberapa soal Post Test yang telah di sediakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan materi yang telah di pelajari.

 

Nah, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan berbagi kunci jawaban untuk pelatihan mandiri Topik “Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan” khususnya untuk Modul 4 “Setelah Pemilihan”. Disini admin kherysuryawan telah menyiapkan kunci jawaban latihan pemahaman untuk setiap materi dan juga cerita reflektif serta kunci jawaban post test Modul 4.

 

Tujuan admin membagikan kunci jawaban post test Modul 4 “Setelah Pemilihan” ini yaitu agar dapat menjadi bahan referensi bagi bapak/ibu guru yang telah mempelajari Modul 4 “Setelah Pemilihan” di PMM sehingga bisa lebih memantapkan diri dengan baik dalam menjawab soal-soal yang tersedia.

 

Baiklah di bawah ini kunci jawaban post test Modul 4 “Setelah Pemilihan” lengkap dengan kunci jawaban latihan pemahaman dan cerita reflektif Modul 4 “Setelah Pemilihan”.

 

Kunci Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Tantangan Setelah Pemilihan

 

Setelah proses pemilihan mata pelajaran pilihan, proses berikutnya adalah melakukan pendampingan untuk peserta didik dan pengembangan diri di kelas masing-masing sesuai dengan pilihan bakat, minat dan kemampuannya dengan baik. Namun ada beberapa satuan pendidikan yang memiliki keterbatasan tenaga pendidik atau keterbatasan ruang kelas dalam menjalankan program mata pelajaran pilihan. Hal ini memungkinkan adanya peserta didik tidak masuk kuota mata pelajaran yang dipilih.

 

Bagaimana dengan Peserta Didik yang Ingin Mengganti Mata Pelajaran Pilihan? Satu semester menjalani mata pelajaran pilihan sudah dilalui. Namun ternyata, masih ada peserta didik yang mau mengganti mata pelajaran pilihan yang telah mereka pilih sebelumnya. Bagaimana satuan pendidikan menyikapinya? Hal apa saja yang perlu diperhatikan?

 

Untuk mengatasi hal tersebut peserta didik dapat mengajukan perubahan pemilihan mata pelajaran pilihan secara tertulis dengan penjelasan dan refleksi. Refleksi tersebut berisi alasan yang mendasari keputusan yang diambil serta keterangan bahwa peserta didik telah memahami resiko dari konsekuensi dari pergantian mata pelajaran pilihan. Permohonan tersebut dapat diajukan kepada wali kelas, BK, serta bidang kurikulum dengan mengetahui orang tua.

 

1. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menyelesaikan masalah peserta didik yang tidak masuk kuota dalam memilih mata pelajaran yang diinginkan, kecuali...

A. Melakukan pendampingan oleh guru BK

B. Mengoptimasi mata pelajaran pilihan cadangan

C. Memindahkan peserta didik ke satuan pendidikan lain yang bersedia

D. Berkolaborasi dengan satuan pendidikan lain untuk memaksimalkan sumber daya.

Jawaban : C. Memindahkan peserta didik ke satuan pendidikan lain yang bersedia

 

2. Berikut ini yang merupakan tujuan dari proses penggantian mata pelajaran pilihan adalah...

A. Supaya peserta didik lebih sedikit belajar

B. Supaya peserta didik dapat terhindar dari kesulitan belajar

C. Supaya peserta didik dapat lebih banyak pengalaman belajar

D. Supaya peserta didik memiliki ruang untuk memegang kendali penuh proses belajarnya sebagai bentuk kompetensi pembelajar sepanjan hayat

Jawaban : D. Supaya peserta didik memiliki ruang untuk memegang kendali penuh proses belajarnya sebagai bentuk kompetensi pembelajar sepanjan hayat

 

Pernahkah Anda merasa salah peminatan saat di SMA dulu? Bagaimana respons guru Anda saat itu?

Jawab : Tidak

 

Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Setelah Pemilihan

 

1. Hal yang perlu dilakukan peserta didik dan satuan pendidikan sebelum memutuskan penggantian mata pelajaran pilihan adalah...

A. Melakukan refleksi terukur secara berkala

B. Mengumpulkan hasil belajar

C. Mengumpulkan piala/sertifikat lomba

D. Melakukan remedial

Jawaban : A. Melakukan refleksi terukur secara berkala

 

2. Pada tahap mahir, peserta didik yang tidak mendapatkan kuota mata pelajaran pilihan utama dapat diakomodasi satuan pendidikan dengan cara...

A. Memindahkan peserta didik ke satuan pendidikan lain

B. Menyediakan tenaga pendidik atau ruang kelas tambahan

C. Meminta orang tua terkait untuk menyediakan guru tambahan

D. Meminta peserta didik untuk memilih mata pelajaran pilihan lainnya

Jawaban : B. Menyediakan tenaga pendidik atau ruang kelas tambahan

 

3. Satuan pendidikan dapat berkolaborasi dengan satuan pendidikan lain untuk mengoptimalkan penyebaran peserta didik pada mata pelajaran pilihan. Kolaborasi yang dimaksud adalah...

A. Satuan pendidikan bersatu dengan nama satuan pendidikan yang baru

B. Antar satuan pendidikan saling berbagi sumber daya untuk memenuhi kekurangan kuota mata pelajaran

C. Satuan pendidikan dapat memindahkan peserta didiknya ke satuan pendidikan lain selama waktu tertentu

D. Peserta didik dapat memilih untuk belajar di satuan pendidikan manapun yang mengadakan kolaborasi

Jawaban : B. Antar satuan pendidikan saling berbagi sumber daya untuk memenuhi kekurangan kuota mata pelajaran

 

LIHAT MODUL KELANJUTANNYA "TOPIK: PILIHAN MATA PELAJARAN PILIHAN":

👉 Jawaban Post Test Modul 1 “Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan”

👉 Jawaban Post Test Modul 2 “Persiapan Pemilihan”

👉 Jawaban Post Test Modul 3 “Proses Pemilihan”


Demikianlah informasi mengenai kunci jawaban Post Test Modul 4 “Setelah Pemilihan” yang ada di PMM pada topik pemilihan mata pelajaran pilihan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi bapak/ibu guru yang sedang mengikuti Pelatihan Mandiri di PMM.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel