Jawaban Post Test Modul 3 Proses Pemilihan Topik Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan
Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Pelatihan Mandiri Topik Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan Modul 3 Proses Pemilihan dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan Modul 3 Proses Pemilihan.
Sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali
pada website pendidikan. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang materi
yang berhubungan dengan topik yang akan di pelajari pada pelatihan mandiri di
PMM.
Salah satu topik baru pada pelatihan PMM yang dapat
dipilih untuk di pelajari oleh bapak/ibu guru pada platform Merdeka mengajar
(PMM) ialah Topik yang berjudul “Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan”. Di dalam
topik ini nantinya aka nada 4 modul yang akan di pelajari diantaranya yaitu :
- Modul 1 “Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan”
- Modul 2 “Persiapan Pemilihan”
- Modul 3 “Proses Pemilihan”
- Modul 4 “Setelah Pemilihan”
Di setiap modul nantinya telah disiapkan bebeberapa
materi yang harus di pelajari oleh bapak/ibu guru dan setelah mempelajarinya
maka guru harus bisa menjawab latihan pemahaman dan cerita reflektif dari
setiap materi dan juga setelah mempelajari seluruh materi di setiap modul maka
bapak/ibu guru juga harus bisa menjawab beberapa soal Post Test yang telah di
sediakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan materi yang telah di
pelajari.
Nah, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan berbagi
kunci jawaban untuk pelatihan mandiri Topik “Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan”
khususnya untuk Modul 3 “Proses Pemilihan”. Disini admin kherysuryawan telah
menyiapkan kunci jawaban latihan pemahaman untuk setiap materi dan juga cerita
reflektif serta kunci jawaban post test Modul 3.
Tujuan admin membagikan kunci jawaban post test Modul 3 “Proses
Pemilihan” ini yaitu agar dapat menjadi bahan referensi bagi bapak/ibu guru
yang telah mempelajari Modul 3 “Proses Pemilihan” di PMM sehingga bisa lebih
memantapkan diri dengan baik dalam menjawab soal-soal yang tersedia.
Baiklah di bawah ini kunci jawaban post test Modul 3 “Proses
Pemilihan” lengkap dengan kunci jawaban latihan pemahaman dan cerita reflektif Modul
3 “Proses Pemilihan”.
Kunci Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif
I. Materi Sosialisasi Mekanisme Pemilihan
Pada praktiknya,
satuan pendidikan dapat memilih metode sosialisasi yang paling sesuai dengan
situasi, krakteristik, dan sumber daya yang tersedia di satuan pendidikan.
1. Berikut ini
hal yang perlu disosialisasikan pihak satuan pendidikan kepada orang tua dan
peserta didik adalah...
A. Hasil
pengolahan data
B. Mata pelajaran
pendukung yang disediakan sekolah
C. Hasil lengkap
refleksi kesiapan sekolah
D. Anggaran
pelaksanaan
Jawaban : B.
Mata pelajaran pendukung yang disediakan sekolah
Menurut Anda,
mengapa sosialisasi terkait pemilihan mata pelajaran pilihan itu penting?
Jawab : Dengan adanya keleluasaan serta sosialisasi untuk memilih mata pelajaran
sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya, peserta didik diharapkan dapat
bertanggung terhadap pilihannya.
II. Materi Pendampingan Pemilihan
Satuan pendidikan
perlu memahami bentuk-bentuk kolaborasi antara satuan pendidikan, guru BK, wali
kelas, guru mata pelajaran, dan juga orang tua. Melalui berbagai layanan yang
diberikan, diharapkan peserta didik dapat dengan bijaksana menentukan mata
pelajaran pilihan sebagai perencanaan karier.
1. Berikut ini
yang bukan merupakan bentuk pendampingan dalam pemilihan mata pelajaran pilihan
adalah...
A. Peserta didik
melakukan tes minat bakat
B. Guru BK
melakukan layanan dasar dan responsif
C. Satuan
pendidikan mengadakan program kunjungan industri
D. Memberikan materi sebanyak-banyaknya di SMK
Jawaban : D. Memberikan materi sebanyak-banyaknya di
SMK
Bagaimana selama
ini Anda mendampingi murid dalam memilih mata pelajaran pilihan?
Jawab : Sosialisasi, pendampingan eksplorasi minat, bakat, dan kemampuan,
pendampingan pemilihan mata pelajaran pilihan, dan penetapan mata pelajaran
pilihan.
III. Materi Pemilihan Mata Pelajaran
Pada prosesnya,
satuan pendidikan perlu mempertimbangkan perencanaan karier peserta didik dan
kesiapan satuan pendidikan. Kolaborasi antara guru dan orang tua pada tahap ini
sangatlah dibutuhkan, namun yang paling penting adalah memposisikan peserta
didik sebagai penentu utama proses belajarnya.
1. Berikut ini
yang merupakan tujuan dari proses pemilihan mata pelajaran adalah...
A. Supaya peserta
didik lebih sedikit belajar
B. Supaya satuan
pendidikan dapat berkembang
C. Supaya orang
tua bisa bisa mengarahkan masa depan peserta didik
D. Memberikan ruang untuk peserta didik memegang kendali penuh proses
belajarnya sebagai bentuk kompetensi pembelajar sepanjang hayat.
Jawaban : D. Memberikan ruang untuk peserta didik
memegang kendali penuh proses belajarnya sebagai bentuk kompetensi pembelajar
sepanjang hayat.
Bagaimana
tanggapan Anda terhadap pemilihan mata pelajaran pilihan yang diterapkan di
Fase F?
Jawab : Sudah sesuai dengan tujuan pendidikan menengah yaitu mempersiapkan
peserta didik untuk berwirausaha, melanjutkan atau berwirausaha.
IV. Materi Pengolahan Data dan Pembuatan Jadwal
Pada tahap awal,
berkembang, dan siap, satuan pendidikan akan menyediakan "menu" mata
pelajaran pilihan yang dapat dipilih oleh murid, sehingga jenis kelas yang
digunakan adalah kelas tetap.
Pada tahap mahir,
satuan pendidikan akan menyediakan beragam mata pelajaran pilihan yang dapat
dipilih oleh murid sesuai dengan minatnya, sehingga jenis kelas yang digunakan
adalah kelas dinamis (moving class).
1. Berikut ini
yang bukan merupakan tahapan pengolahan data sebelum menyusun jadwal kelas
adalah...
A. Melakukan
validasi data
B. Melakukan
verifikasi data
C. Menyusun formulir mata pelajaran pilihan
D. Mengelompokkan
data
Jawaban : C. Menyusun formulir mata pelajaran pilihan
2. Berikut ini
faktor yang mendukung dalam menerapkan jadwal kelas dinamis, kecuali...
A. Terdapat ruang
kelas dan laboratorium yang memadai
B. Jumlah guru
dan jam mengajar guru yang cukup
C. Perpustakaan yang luas sebagai ruang kelas sementara karena ruang
kelas reguler penuh
D. Kesadaran
belajar mandiri murid yang tinggi
Jawaban : C. Perpustakaan yang luas sebagai ruang
kelas sementara karena ruang kelas reguler penuh
Bagaimana praktik
pembuatan jadwal kelas di satuan pendidikan Anda selama ini?
Jawab : Disusun oleh WKS Bidang Kurikulum berdasarkan hasil diskusi dengan
Kepala Kompetensi Keahlian.
Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Proses Pemilihan
1. Pernyataan
yang sesuai dengan Layanan Responsif khusus untuk pemilihan mata pelajaran
pilihan adalah...
A. Bimbingan yang
dilakukan kepada seluruh peserta didik dalam menggali minat, bakat, dan
kemampuan
B. Bimbingan untuk peserta didik yang masih belum bisa melakukan
perencanaan karier
C. Layanan untuk
mengurangi beban peserta didik
D. Layanan untuk
tindakan peserta didik yang menyimpang
Jawaban : B. Bimbingan untuk peserta didik yang masih
belum bisa melakukan perencanaan karier
2. Bagaimana jika
antara orang tua dan peserta didik memiliki pilihan yang berbeda dalam memilih
menu mata pelajaran?
A. Memilih
pilihan peserta didik karena peserta didik yang mengalami proses belajar
B. Memilih
pilihan orang tua karena orang tua lebih memahami bakat, minat, dan kemampuan
peserta didik
C. Orang tua dan peserta didik dapat melakukan layanan konseling untuk
mendapatkan keputusan yang sesuai minat, bakat, kemampuan, dan karier peserta
didik
D. Meminta wali
kelas untuk memutuskan pilihan
Jawaban : C. Orang tua dan peserta didik dapat
melakukan layanan konseling untuk mendapatkan keputusan yang sesuai minat,
bakat, kemampuan, dan karier peserta didik
3. Hal yang perlu
dipersiapkan sebagai bahan analisis proses pemilihan mata pelajaran, kecuali...
A. Data penghasilan orang tua
B. Data jumlah
tenaga pendidik
C. Data jumlah
ruang kelas
D. Data jumlah
rombongan belajar
Jawaban : A. Data penghasilan orang tua
4. Saat menyusun
jadwal kelas tetap, satuan pendidikan perlu mempertimbangkan hal berikut,
kecuali...
A. Jumlah kuota
peserta didik pada tiap menu pelajaran pilihan
B. Ketersediaan
ruang kelas kosong untuk moving class
C. Ketersediaan
sarana dan prasarana sekolah
D. Jumlah dan beban mengajar guru
Jawaban : D. Jumlah dan beban mengajar guru
5. Bagaimana jika
satuan pendidikan memiliki sarana prasarana sekolah yang memadai, namun hasil
survei menunjukkan bahwa kesadaran murid untuk belajar tanpa pendampingan guru
masih kurang dan jumlah sumber daya guru masih tidak mencukupi?
A. Sekolah tetap
menerapkan jadwal kelas dinamis
B. Sekolah
mengelompokkan murid menjadi 2 kelompok, murid yang siap dengan jadwal kelas
tetap dan murid dengan jadwal kelas dinamis
C. Sekolah
mengadakan motivasi belajar untuk murid
D. Sekolah menggunakan jadwal kelas tetap karena masih dalam tahap
berkembang atau siap
Jawaban : D. Sekolah menggunakan jadwal kelas tetap
karena masih dalam tahap berkembang atau siap
6. Bentuk
kolaborasi yang dilakukan orang tua dengan pihak sekolah diantaranya,
kecuali...
A. Mengundang orang tua dan peserta didik pada sesi diskusi
B. Meminta orang
tua untuk membujuk peserta didik agar mengikuti harapan orang tua
C. Melakukan
moderasi atau penyatuan gagasan bersama
D. Menyepakati
pilihan bersama
Jawaban : A. Mengundang orang tua dan peserta didik
pada sesi diskusi
7. Sebelum
peserta didik memilih mata pelajaran pilihan, terdapat beberapa tahapan yang
harus dilakukan pihak sekolah. Berikut ini tahapan yang tidak dilakukan pada
proses pemilihan adalah...
A. Melakukan
sosialisasi kepada peserta didik dan orang tua
B. Melakukan refleksi kesepakatan bersama satuan pendidikan
C. Melakukan
pendampingan minat, bakat, dan kemampuan
D. Melakukan
pemilihan mata pelajaran pilihan
Jawaban : B. Melakukan refleksi kesepakatan bersama
satuan pendidikan
8. Mekanisme
pemilihan mata pelajaran pilihan yang tepat bagi satuan pendidikan yang berada
pada tahap mahir adalah...
A. Mempertimbangkan perencanaan karier peserta didik dan berkolaborasi
untuk menyediakan tenaga pendidik serta ruangan belajar
B.
Mempertimbangkan biaya operasional
C.
Mempertimbangkan keuntungan peserta didik
D.
Mempertimbangkan keuntungan satuan pendidikan
Jawaban : A. Mempertimbangkan perencanaan karier
peserta didik dan berkolaborasi untuk menyediakan tenaga pendidik serta ruangan
belajar
9. Jika ada menu
pilihan mata pelajaran yang melebihi kuota, apa langkah yang dapat dilakukan
pihak sekolah?
A. Meminta
peserta didik mengganti mata pelajaran pilihan
B. Satuan
pendidikan berhak memindah peserta didik ke menu mata pelajaran lain
C. Menambah
kapasitas peserta didik tiap kelas
D. Melakukan konfirmasi kepada peserta didik mengenai menu cadangan mata pelajaran pilihan yang sudah mereka pilih
Jawaban : D. Melakukan konfirmasi kepada peserta didik
mengenai menu cadangan mata pelajaran pilihan yang sudah mereka pilih
👉 Jawaban Post Test Modul 2 “Persiapan Pemilihan”
👉 Jawaban Post Test Modul 4 “Setelah Pemilihan”
Demikianlah informasi mengenai kunci jawaban Post Test Modul
3 “Proses Pemilihan” yang ada di PMM pada topik pemilihan mata pelajaran
pilihan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi bapak/ibu guru yang sedang
mengikuti Pelatihan Mandiri di PMM.
Sekian dan Terimakasih.