Jawaban Post Test Modul 3 Proses Pemilihan Topik Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan

Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Pelatihan Mandiri Topik Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan Modul 3 Proses Pemilihan dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan Modul 3 Proses Pemilihan.

Sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang materi yang berhubungan dengan topik yang akan di pelajari pada pelatihan mandiri di PMM.

 


Salah satu topik baru pada pelatihan PMM yang dapat dipilih untuk di pelajari oleh bapak/ibu guru pada platform Merdeka mengajar (PMM) ialah Topik yang berjudul “Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan”. Di dalam topik ini nantinya aka nada 4 modul yang akan di pelajari diantaranya yaitu :

  1. Modul 1 “Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan”
  2. Modul 2 “Persiapan Pemilihan”
  3. Modul 3 “Proses Pemilihan”
  4. Modul 4 “Setelah Pemilihan”

 

Di setiap modul nantinya telah disiapkan bebeberapa materi yang harus di pelajari oleh bapak/ibu guru dan setelah mempelajarinya maka guru harus bisa menjawab latihan pemahaman dan cerita reflektif dari setiap materi dan juga setelah mempelajari seluruh materi di setiap modul maka bapak/ibu guru juga harus bisa menjawab beberapa soal Post Test yang telah di sediakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan materi yang telah di pelajari.

 

Nah, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan berbagi kunci jawaban untuk pelatihan mandiri Topik “Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan” khususnya untuk Modul 3 “Proses Pemilihan”. Disini admin kherysuryawan telah menyiapkan kunci jawaban latihan pemahaman untuk setiap materi dan juga cerita reflektif serta kunci jawaban post test Modul 3.

 

Tujuan admin membagikan kunci jawaban post test Modul 3 “Proses Pemilihan” ini yaitu agar dapat menjadi bahan referensi bagi bapak/ibu guru yang telah mempelajari Modul 3 “Proses Pemilihan” di PMM sehingga bisa lebih memantapkan diri dengan baik dalam menjawab soal-soal yang tersedia.

 

Baiklah di bawah ini kunci jawaban post test Modul 3 “Proses Pemilihan” lengkap dengan kunci jawaban latihan pemahaman dan cerita reflektif Modul 3 “Proses Pemilihan”.

 

Kunci Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif

 

I. Materi Sosialisasi Mekanisme Pemilihan

Pada praktiknya, satuan pendidikan dapat memilih metode sosialisasi yang paling sesuai dengan situasi, krakteristik, dan sumber daya yang tersedia di satuan pendidikan.

 

1. Berikut ini hal yang perlu disosialisasikan pihak satuan pendidikan kepada orang tua dan peserta didik adalah...

A. Hasil pengolahan data

B. Mata pelajaran pendukung yang disediakan sekolah

C. Hasil lengkap refleksi kesiapan sekolah

D. Anggaran pelaksanaan

Jawaban : B. Mata pelajaran pendukung yang disediakan sekolah

 

Menurut Anda, mengapa sosialisasi terkait pemilihan mata pelajaran pilihan itu penting?

Jawab : Dengan adanya keleluasaan serta sosialisasi untuk memilih mata pelajaran sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya, peserta didik diharapkan dapat bertanggung terhadap pilihannya.

 

II. Materi Pendampingan Pemilihan

Satuan pendidikan perlu memahami bentuk-bentuk kolaborasi antara satuan pendidikan, guru BK, wali kelas, guru mata pelajaran, dan juga orang tua. Melalui berbagai layanan yang diberikan, diharapkan peserta didik dapat dengan bijaksana menentukan mata pelajaran pilihan sebagai perencanaan karier.

 

1. Berikut ini yang bukan merupakan bentuk pendampingan dalam pemilihan mata pelajaran pilihan adalah...

A. Peserta didik melakukan tes minat bakat

B. Guru BK melakukan layanan dasar dan responsif

C. Satuan pendidikan mengadakan program kunjungan industri

D. Memberikan materi sebanyak-banyaknya di SMK

Jawaban : D. Memberikan materi sebanyak-banyaknya di SMK

 

Bagaimana selama ini Anda mendampingi murid dalam memilih mata pelajaran pilihan?

Jawab : Sosialisasi, pendampingan eksplorasi minat, bakat, dan kemampuan, pendampingan pemilihan mata pelajaran pilihan, dan penetapan mata pelajaran pilihan.

 

III. Materi Pemilihan Mata Pelajaran

Pada prosesnya, satuan pendidikan perlu mempertimbangkan perencanaan karier peserta didik dan kesiapan satuan pendidikan. Kolaborasi antara guru dan orang tua pada tahap ini sangatlah dibutuhkan, namun yang paling penting adalah memposisikan peserta didik sebagai penentu utama proses belajarnya.

 

1. Berikut ini yang merupakan tujuan dari proses pemilihan mata pelajaran adalah...

A. Supaya peserta didik lebih sedikit belajar

B. Supaya satuan pendidikan dapat berkembang

C. Supaya orang tua bisa bisa mengarahkan masa depan peserta didik

D. Memberikan ruang untuk peserta didik memegang kendali penuh proses belajarnya sebagai bentuk kompetensi pembelajar sepanjang hayat.

Jawaban : D. Memberikan ruang untuk peserta didik memegang kendali penuh proses belajarnya sebagai bentuk kompetensi pembelajar sepanjang hayat.

 

Bagaimana tanggapan Anda terhadap pemilihan mata pelajaran pilihan yang diterapkan di Fase F?

Jawab : Sudah sesuai dengan tujuan pendidikan menengah yaitu mempersiapkan peserta didik untuk berwirausaha, melanjutkan atau berwirausaha.

 

IV. Materi Pengolahan Data dan Pembuatan Jadwal

Pada tahap awal, berkembang, dan siap, satuan pendidikan akan menyediakan "menu" mata pelajaran pilihan yang dapat dipilih oleh murid, sehingga jenis kelas yang digunakan adalah kelas tetap.

 

Pada tahap mahir, satuan pendidikan akan menyediakan beragam mata pelajaran pilihan yang dapat dipilih oleh murid sesuai dengan minatnya, sehingga jenis kelas yang digunakan adalah kelas dinamis (moving class).

 

1. Berikut ini yang bukan merupakan tahapan pengolahan data sebelum menyusun jadwal kelas adalah...

A. Melakukan validasi data

B. Melakukan verifikasi data

C. Menyusun formulir mata pelajaran pilihan

D. Mengelompokkan data

Jawaban : C. Menyusun formulir mata pelajaran pilihan

 

2. Berikut ini faktor yang mendukung dalam menerapkan jadwal kelas dinamis, kecuali...

A. Terdapat ruang kelas dan laboratorium yang memadai

B. Jumlah guru dan jam mengajar guru yang cukup

C. Perpustakaan yang luas sebagai ruang kelas sementara karena ruang kelas reguler penuh

D. Kesadaran belajar mandiri murid yang tinggi

Jawaban : C. Perpustakaan yang luas sebagai ruang kelas sementara karena ruang kelas reguler penuh

 

Bagaimana praktik pembuatan jadwal kelas di satuan pendidikan Anda selama ini?

Jawab : Disusun oleh WKS Bidang Kurikulum berdasarkan hasil diskusi dengan Kepala Kompetensi Keahlian.

 

Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Proses Pemilihan

 

1. Pernyataan yang sesuai dengan Layanan Responsif khusus untuk pemilihan mata pelajaran pilihan adalah...

A. Bimbingan yang dilakukan kepada seluruh peserta didik dalam menggali minat, bakat, dan kemampuan

B. Bimbingan untuk peserta didik yang masih belum bisa melakukan perencanaan karier

C. Layanan untuk mengurangi beban peserta didik

D. Layanan untuk tindakan peserta didik yang menyimpang

Jawaban : B. Bimbingan untuk peserta didik yang masih belum bisa melakukan perencanaan karier

 

2. Bagaimana jika antara orang tua dan peserta didik memiliki pilihan yang berbeda dalam memilih menu mata pelajaran?

A. Memilih pilihan peserta didik karena peserta didik yang mengalami proses belajar

B. Memilih pilihan orang tua karena orang tua lebih memahami bakat, minat, dan kemampuan peserta didik

C. Orang tua dan peserta didik dapat melakukan layanan konseling untuk mendapatkan keputusan yang sesuai minat, bakat, kemampuan, dan karier peserta didik

D. Meminta wali kelas untuk memutuskan pilihan

Jawaban : C. Orang tua dan peserta didik dapat melakukan layanan konseling untuk mendapatkan keputusan yang sesuai minat, bakat, kemampuan, dan karier peserta didik

 

3. Hal yang perlu dipersiapkan sebagai bahan analisis proses pemilihan mata pelajaran, kecuali...

A. Data penghasilan orang tua

B. Data jumlah tenaga pendidik

C. Data jumlah ruang kelas

D. Data jumlah rombongan belajar

Jawaban : A. Data penghasilan orang tua

 

4. Saat menyusun jadwal kelas tetap, satuan pendidikan perlu mempertimbangkan hal berikut, kecuali...

A. Jumlah kuota peserta didik pada tiap menu pelajaran pilihan

B. Ketersediaan ruang kelas kosong untuk moving class

C. Ketersediaan sarana dan prasarana sekolah

D. Jumlah dan beban mengajar guru

Jawaban : D. Jumlah dan beban mengajar guru

 

5. Bagaimana jika satuan pendidikan memiliki sarana prasarana sekolah yang memadai, namun hasil survei menunjukkan bahwa kesadaran murid untuk belajar tanpa pendampingan guru masih kurang dan jumlah sumber daya guru masih tidak mencukupi?

A. Sekolah tetap menerapkan jadwal kelas dinamis

B. Sekolah mengelompokkan murid menjadi 2 kelompok, murid yang siap dengan jadwal kelas tetap dan murid dengan jadwal kelas dinamis

C. Sekolah mengadakan motivasi belajar untuk murid

D. Sekolah menggunakan jadwal kelas tetap karena masih dalam tahap berkembang atau siap

Jawaban : D. Sekolah menggunakan jadwal kelas tetap karena masih dalam tahap berkembang atau siap

 

6. Bentuk kolaborasi yang dilakukan orang tua dengan pihak sekolah diantaranya, kecuali...

A. Mengundang orang tua dan peserta didik pada sesi diskusi

B. Meminta orang tua untuk membujuk peserta didik agar mengikuti harapan orang tua

C. Melakukan moderasi atau penyatuan gagasan bersama

D. Menyepakati pilihan bersama

Jawaban : A. Mengundang orang tua dan peserta didik pada sesi diskusi

 

7. Sebelum peserta didik memilih mata pelajaran pilihan, terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan pihak sekolah. Berikut ini tahapan yang tidak dilakukan pada proses pemilihan adalah...

A. Melakukan sosialisasi kepada peserta didik dan orang tua

B. Melakukan refleksi kesepakatan bersama satuan pendidikan

C. Melakukan pendampingan minat, bakat, dan kemampuan

D. Melakukan pemilihan mata pelajaran pilihan

Jawaban : B. Melakukan refleksi kesepakatan bersama satuan pendidikan

 

8. Mekanisme pemilihan mata pelajaran pilihan yang tepat bagi satuan pendidikan yang berada pada tahap mahir adalah...

A. Mempertimbangkan perencanaan karier peserta didik dan berkolaborasi untuk menyediakan tenaga pendidik serta ruangan belajar

B. Mempertimbangkan biaya operasional

C. Mempertimbangkan keuntungan peserta didik

D. Mempertimbangkan keuntungan satuan pendidikan

Jawaban : A. Mempertimbangkan perencanaan karier peserta didik dan berkolaborasi untuk menyediakan tenaga pendidik serta ruangan belajar

 

9. Jika ada menu pilihan mata pelajaran yang melebihi kuota, apa langkah yang dapat dilakukan pihak sekolah?

A. Meminta peserta didik mengganti mata pelajaran pilihan

B. Satuan pendidikan berhak memindah peserta didik ke menu mata pelajaran lain

C. Menambah kapasitas peserta didik tiap kelas

D. Melakukan konfirmasi kepada peserta didik mengenai menu cadangan mata pelajaran pilihan yang sudah mereka pilih

Jawaban : D. Melakukan konfirmasi kepada peserta didik mengenai menu cadangan mata pelajaran pilihan yang sudah mereka pilih

 

LIHAT MODUL KELANJUTANNYA "TOPIK: PILIHAN MATA PELAJARAN PILIHAN":

👉 Jawaban Post Test Modul 1 “Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan”

👉 Jawaban Post Test Modul 2 “Persiapan Pemilihan”

👉 Jawaban Post Test Modul 4 “Setelah Pemilihan”


Demikianlah informasi mengenai kunci jawaban Post Test Modul 3 “Proses Pemilihan” yang ada di PMM pada topik pemilihan mata pelajaran pilihan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi bapak/ibu guru yang sedang mengikuti Pelatihan Mandiri di PMM.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel