Jawaban Post Test Modul 2 Persiapan Pemilihan Topik Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan
Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Pelatihan Mandiri Topik Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan Modul 2 Persiapan Pemilihan dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan Modul 2 Persiapan Pemilihan.
Sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali
pada website pendidikan. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang materi
yang berhubungan dengan topik yang akan di pelajari pada pelatihan mandiri di
PMM.
Salah satu topik baru pada pelatihan PMM yang dapat
dipilih untuk di pelajari oleh bapak/ibu guru pada platform Merdeka mengajar
(PMM) ialah Topik yang berjudul “Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan”. Di dalam
topik ini nantinya aka nada 4 modul yang akan di pelajari diantaranya yaitu :
Modul 1 “Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan”
Modul 2 “Persiapan Pemilihan”
Modul 3 “Proses Pemilihan”
Modul 4 “Setelah Pemilihan”
Di setiap modul nantinya telah disiapkan bebeberapa
materi yang harus di pelajari oleh bapak/ibu guru dan setelah mempelajarinya
maka guru harus bisa menjawab latihan pemahaman dan cerita reflektif dari
setiap materi dan juga setelah mempelajari seluruh materi di setiap modul maka
bapak/ibu guru juga harus bisa menjawab beberapa soal Post Test yang telah di
sediakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan materi yang telah di
pelajari.
Nah, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan berbagi
kunci jawaban untuk pelatihan mandiri Topik “Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan”
khususnya untuk Modul 2 “Persiapan Pemilihan”. Disini admin kherysuryawan telah
menyiapkan kunci jawaban latihan pemahaman untuk setiap materi dan juga cerita
reflektif serta kunci jawaban post test Modul 2.
Tujuan admin membagikan kunci jawaban post test Modul 2 “Persiapan
Pemilihan” ini yaitu agar dapat menjadi bahan referensi bagi bapak/ibu guru
yang telah mempelajari Modul 2 “Persiapan Pemilihan” di PMM sehingga bisa lebih
memantapkan diri dengan baik dalam menjawab soal-soal yang tersedia.
Baiklah di bawah ini kunci jawaban post test Modul 2 “Persiapan
Pemilihan” lengkap dengan kunci jawaban latihan pemahaman dan cerita reflektif Modul
2 “Persiapan Pemilihan”.
Kunci Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif
I. Materi Menyamakan Persepsi dan Refleksi
Sebelum melaksanakan pemilihan mata pelajaran pilihan di
satuan pendidikan, kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya perlu
menyamakan persepsi dan melakukan refleksi mengenai kesiapan satuan pendidikan.
Dengan melakukan dua langkah ini, seluruh warga satuan pendidikan dapat
memiliki pemahaman yang sama dan dapat menentukan mekanisme pemilihan mata
pelajaran pilihan yang sesuai dengan kondisi satuan pendidikan.
Apa langkah pertama dalam persiapan pemilihan mata
pelajaran pilihan?
A. Penentuan mata pelajaran dan penentuan guru mata
pelajaran
B. Penyamaan
persepsi dan refleksi
C. Sosialisasi kepada peserta didik dan penentuan kelas
D. Pembagian kelas dan penentuan jadwal
Jawaban : B. Penyamaan persepsi dan refleksi
Bagaimana praktik menyamakan persepsi di satuan
pendidikan Anda selama ini?
Jawab :
Adanya pelaksanaan KBM sesuai dengan struktur mata pelajaran berdasarkan
regulasi kurikulum merdeka serta kesepakatan cara pemilihan berdasarkan
panduan.
II. Materi Persiapan Pemilihan Sesuai Kesiapan
A. Persiapan di Tahap Awal. Pada tahap ini, satuan
pendidikan perlu menyediakan menu mata pelajaran yang sesuai dengan sumber daya
yang ada dan tidak perlu melakukan survei peminatan kepada peserta didik. Jadi,
tidak ada paksaan untuk menyelenggarakan pilihan mata pelajaran pilihan yang
beragam.
B. Persiapan di Tahap Berkembang. Pada tahap ini, satuan
pendidikan diharapkan dapat memberikan survei untuk mengetahui minat peserta
didik sebagai dasar pembuatan menu mata pelajaran pilihan. Namun, Ibu dan Bapak
dapat membatasi menu mata pelajaran pilihan dengan kuota, sesuai dengan sumber
daya yang dimiliki sekolah. Jangan lupa juga untuk menyediakan layanan
bimbingan dan konseling walau masih terbatas.
C. Persiapan di Tahap Siap. Pada tahap ini, satuan pendidikan
diharapkan dapat melakukan survei dan observasi/wawanca untuk mengetahui minat
peserta didik sebagai dasar pembuatan menu mata pelajaran pilihan. Selain itu,
satuan pendidikan juga diharapkan melakukan usaha untuk memenuhi aspirasi
murid, yaitu dengan mencari guru/ruang tambahan jika perlu dan menyediakan
layanan BK secara terbatas.
D. Persiapan di Tahap Mahir. Pada tahap ini, satuan
pendidikan tidak lagi menyediakan mata pelajaran pilihan dalam bentuk
"menu", namun dalam bentuk lepasan/satuan agar dapat memenuhi minat,
bakat, dan kemampuan peserta didik dengan maksimal. Implikasinya, sistem kelas
berubah menjadi kelas dinamis (moving class). Untuk memberi dukungan lebih pada
peserta diidk, satuan pendidikan dapat bekerja sama dengan satuan pendidikan
lain dalam rangka pemenuhan sumber daya, dan menyediakan layanan BK yang
menyeluruh untuk setiap peserta didik.
1. Pada tahap awal, bagaimana cara pemilihan menu mata
pelajaran pilihan?
A. Menu mata
pelajaran pilihan dibuat berdasarkan ketersediaan tenaga pendidik dan ruangan
B. Peserta didik mengisi survei awal untuk menyampaikan
mata pelajaran pilihan yang diminati
C. Peserta didik memilih menu mata pelajaran pilihan
sesuai dengan minat dan bakat mereka
D. Peserta didik diberikan bimbingan khusus untuk memilih
mata pelajaran sesuai aspirasi profesi
Jawaban : A. Menu mata pelajaran pilihan dibuat berdasarkan ketersediaan tenaga
pendidik dan ruangan
2. Berikut ini yang bukan merupakan persiapan mata
pelajaran pilihan pada tahap berkembang adalah...
A. Berkolaborasi
dengan satuan pendidikan lainnya
B. Membuat dan memberikan survei untuk mengetahui minat
profesi dan studi peserta didik
C. Membuat menu mata pelajaran pilihan sesuai dengan
aspirasi peserta didik dan ketersediaan sumber daya
D. Membatasi pilihan menu mata pelajaran dengan kuota
Jawaban : A. Berkolaborasi dengan satuan pendidikan lainnya
3. Berikut yang bukan merupakan persiapan mata pelajaran
pilihan pada tahap siap adalah...
A. Melakukan wawancara atau observasi peserta didik yang
digunakan sebagai data pendukung survei
B. Mencari tenaga pendidik dan ruang kelas untuk mata
pelajaran pilihan yang menjadi prioritas
C. Merencanakan pembelajaran dengan sistem fixed class
D. Merencanakan
pembelajaran dengan sistem moving class
Jawaban : D. Merencanakan pembelajaran dengan sistem moving class
4. Pada tahap mahir, apa yang satuan pendidikan lakukan
jika terdapat beberapa murid yang tertarik dengan profesi atau jurusan studi
tertentu namun belum terdapat guru pada mata pelajaran terkait pada satuan
pendidikan?
A. Mencari guru mata pelajaran pilihan terkait
B. Meminta bantuan guru mata pelajaran yang serupa untuk
mengajar
C. Berkolaborasi
dengan satuan pendidikan lainnya untuk ketersediaan tenaga pengajar
D. Melakukan penyesuaian menu mata pelajaran pilihan
sesuai dengan ketersediaan tenaga pendidik dan ruangan
Jawaban : C. Berkolaborasi dengan satuan pendidikan lainnya untuk ketersediaan
tenaga pengajar
Bagaimana kesiapan satuan pendidikan Anda dalam
menerapkan pemilihan mata pelajaran pilihan?
Jawab :
Satuan pendidikan melalui Guru BK dapat melakukan pengumpulan data dari asesmen
nontes dan data perkembangan belajar peserta didik.
Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Persiapan Pemilihan
1. Karakteristik apa yang dipertimbangkan dalam
penyusunan menu mata pelajaran pilihan di tahap awal?
A. Minat peserta didik
B. Bakat peserta didik
C. Ketersediaan
tenaga pendidik
D. Cita-cita / aspirasi profesi
Jawaban : C. Ketersediaan tenaga pendidik
2. Dalam persiapan teknis, apa saja yang bisa disiapkan
oleh satuan pendidikan?
A. Teknis pemilihan mata pelajaran
B. Sistem sosialisasi pemilihan mata pelajaran pilihan
C. Penggunaan sistem kelas di mata pelajaran pilihan
D. Semua jawaban
benar
Jawaban : D. Semua jawaban benar
3. Bagaimana peran layanan konseling pada tahap awal di
pemilihan mata pelajaran pilihan?
A. Belum
tersedia layanan konseling untuk individu maupun kelompok
B. Sudah tersedia layanan konseling untuk peminatan
peserta didik
C. Tersedia layanan konseling kelompok yang terjadwal
D. Sudah tersedia tindak lanjut layanan konseling
individu
Jawaban : A. Belum tersedia layanan konseling untuk individu maupun kelompok
4. Berikut adalah hal-hal yang perlu disampaikan dalam
tahap refleksi, kecuali…
A. Lini masa
proses pemilihan mata pelajaran
B. Jumlah guru mata pelajaran
C. Jumlah kelas yang dapat digunakan
D. Komunitas atau organisasi yang dapat membantu
keberlangsungan mata pelajaran pilihan
Jawaban : A. Lini masa proses pemilihan mata pelajaran
5. Pada tahap mahir, satuan pendidikan sudah menyediakan
layanan konseling berupa...
A. Hanya layanan konseling kelompok secara terjadwal
B. Layanan konseling individu terbatas untuk peserta
didik yang membutuhkan
C. Layanan
konseling kelompok terjadwal dan layanan konseling individu lanjutan untuk
seluruh peserta didik
D. Layanan konseling kelompok untuk kelompok yang belum
terakomodasi minat dan bakatnya pada menu mata pelajaran pilihan
Jawaban : C. Layanan konseling kelompok terjadwal dan layanan konseling individu
lanjutan untuk seluruh peserta didik
6. Berikut ini layanan konseling yang disediakan satuan
pendidikan pada tahap siap adalah…
A. Layanan
konseling berkelompok terjadwal
B. Layanan konseling individu terjadwal
C. Layanan konseling individu lanjutan untuk seluruh
murid
D. Layanan konseling kelompok terbatas
Jawaban : A. Layanan konseling berkelompok terjadwal
7. Pada tahap berkembang, apa yang satuan pendidikan
lakukan jika terdapat kelompok peserta didik dengan kecenderungan minat
tertentu namun memiliki ruangan yang terbatas?
A. Memilih dan menentukan murid yang akan mengikuti mata
pelajaran pilihan tersebut
B. Berusaha mencari tenaga tenaga pendidik dan ruangan
tambahan
C. Berkolaborasi dengan satuan pendidikan lainnya
D. Menerapkan
sistem kuota
Jawaban : D. Menerapkan sistem kuota
8. Pada tahap berkembang, apa yang satuan pendidikan
lakukan jika terdapat beberapa murid yang tertarik dengan profesi atau jurusan
studi tertentu namun belum terdapat guru pada mata pelajaran terkait pada
satuan pendidikan?
A. Mencari guru mata pelajaran pilihan terkait
B. Meminta bantuan guru mata pelajaran yang serupa untuk
mengajar
C. Berkolaborasi dengan satuan pendidikan lainnya untuk
tenaga pengajar
D. Melakukan
penyesuaian menu mata pelajaran pilihan sesuai dengan ketersediaan tenaga
pendidik dan ruangan
Jawaban : D. Melakukan penyesuaian menu mata pelajaran pilihan sesuai dengan
ketersediaan tenaga pendidik dan ruangan
9. Apa opsi yang tidak dapat dipilih jika fasilitas
sekolah yang dimiliki kurang untuk menjalankan mata pelajaran pilihan?
A. Bekerja sama dengan organisasi, komunitas, atau
sekolah lain
B. Membuka mata pelajaran pilihan lain yang sesuai dengan
kesiapan sekolah
C. Memberikan himbauan pada siswa untuk mengganti mata
pelajaran pilihannya supaya seluruh fasilitas dapat digunakan secara optimal
D. Tidak jadi
menjalankan mata pelajaran pilihan
Jawaban : D. Tidak jadi menjalankan mata pelajaran pilihan
10. Sebelum membuat menu mata pelajaran pilihan pada
tahap siap, apa yang dilakukan oleh guru di satuan pendidikan?
A. Tidak melakukan apa apa
B. Hanya melakukan survei aspirasi
C. Hanya melakukan wawancara atau observasi
D. Membuat
survei aspirasi minat peserta didik didukung dengan wawancara atau observasi
Jawaban : D. Membuat survei aspirasi minat peserta didik didukung dengan
wawancara atau observasi
11. Pada tahap siap, apa yang satuan pendidikan lakukan
jika terdapat kelompok peserta didik yang berminat pada profesi tertentu namun
memiliki tenaga pendidik dan ruangan yang terbatas?
A. Memilih dan menentukan murid yang akan mengikuti mata
pelajaran pilihan tersebut
B. Berusaha
mencari tenaga pendidik dan ruangan tambahan untuk mata pelajaran pilihan yang
menjadi prioritas
C. Berkolaborasi dengan satuan pendidikan lainnya
D. Menerapkan sistem kuota
Jawaban : B. Berusaha mencari tenaga pendidik dan ruangan tambahan untuk mata
pelajaran pilihan yang menjadi prioritas
12. Berikut ini yang bukan merupakan proses persiapan
mata pelajaran pilihan pada tahap mahir adalah…
A. Berkolaborasi dan berbagi sumber daya dengan satuan
pendidikan lainnya
B. Memberi kesempatan pada peserta didik untuk memilih
mata pelajaran pilihan sesuai minatnya
C. Membuat menu
mata pelajaran pilihan sesuai dengan aspirasi peserta didik dan ketersediaan
sumber daya
D. Mengorganisasikan pemilihan mata pelajaran pilihan sesuai
dengan minat dan bakat peserta didik
Jawaban : C. Membuat menu mata pelajaran pilihan sesuai dengan aspirasi peserta
didik dan ketersediaan sumber daya
13. Pada tahap berkembang, satuan pendidikan sudah
menyediakan layanan konseling berupa…
A. Layanan konseling kelompok secara terjadwal
B. Layanan konseling individu terbatas
C. Layanan
konseling terbatas untuk peserta didik yang paling membutuhkan
D. Layanan konseling individu lanjutan
Jawaban : C. Layanan konseling terbatas untuk peserta didik yang paling
membutuhkan
14. Perhatikan pernyataan di bawah ini.
1. Jadwal menggunakan sistem fixed class
2. Jadwal menggunakan sistem moving class
3. Satuan pendidikan membuat menu mata pelajaran pilihan
4. Satuan pendidikan mengorganisasi mata pelajaran
pilihan lepasan
Manakah yang merupakan poin-poin utama pada pemilihan
mata pelajaran pilihan tahap mahir?
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 1 dan 2
D. 3 dan 4
Jawaban : B. 2 dan 4
15. Berikut adalah hal yang perlu disampaikan pada tahap
penyamaan persepsi, kecuali...
A. Regulasi terbaru
B. Tata cara masuk perguruan tinggi
C. Struktur mata pelajaran
D. Jumlah
peserta didik pada setiap mata pelajaran pilihan
Jawaban : D. Jumlah peserta didik pada setiap mata pelajaran pilihan
👉 Jawaban Post Test Modul 3 “Proses Pemilihan”
👉 Jawaban Post Test Modul 4 “Setelah Pemilihan”
Demikianlah informasi mengenai kunci jawaban Post Test Modul
2 “Persiapan Pemilihan” yang ada di PMM pada topik pemilihan mata pelajaran
pilihan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi bapak/ibu guru yang sedang
mengikuti Pelatihan Mandiri di PMM.
Sekian dan Terimakasih.