Jawaban Post Test Modul 2 Perkembangan Diri Peserta Didik Fase D
Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Perkembangan Diri Peserta Didik Fase D pada Pelatihan Mandiri Topik Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMP (12 – 15 Tahun).
Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan ini admin
akan membas tentang salah satu topik pelatihan mandiri di PMM.
Bagi bapak/ibu guru yang sering mengikuti Pelatihan
Mandiri di PMM maka tentunya akan menghadapi yang namanya post test. Nah dalam
mengikuti pelatihan mandiri maka guru nantinya akan di suguhi beberapa materi
yang sesuai dengan topik pembelajaran yang di pilih, selanjutnya setelah
mempelajari materi maka guru harus mengerjakan latihan pemahaman dan cerita
reflektif kemudian diakhir seluruh pembelajaran guru wajib menjawab soal post
test dengan benar agar bisa dinyatakan lulus dan lanjut dalam mengerjakan aksi
nyata.
Salah satu topik pembelajaran pada pelatihan mandiri di
PMM yaitu Topik dengan judul “Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMP (12 –
15 Tahun)”. Bagi bapak/ibu guru yang sedang mengikuti pelatihan mandiri pada
topik ini maka dapat memperoleh referensi pembelajarannya melalui postingan ini
sebab disini admin kherysuryawan akan memberikan kunci jawaban latihan
pemahaman dan kunci jawaban post test untuk semua materi yang akan di pelajari
pada topik Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMP (12 – 15 Tahun).
Sebagai informasi bahwa pada pelatihan mandiri di PMM
khususnya pada Topik “Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMP (12 – 15 Tahun)”
akan ada 2 modul materi yang di pelajari di dalamnya, diantaranya yaitu sebagai
berikut :
1. Modul
1 “Mengenal Tahap Perkembangan Anak”
2. Modul
2 “ Perkembangan Diri Peserta Didik Fase D”
Pada Modul 1 akan ada 1 materi yang di pelajari,
sedangkan pada modul 2 akan ad 4 materi yang di pelajari.
Nah, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan
membantu bapak/ibu guru yang saat ini sedang mengikuti pelatihan mandiri pada
topik Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMP (12 – 15 Tahun) dengan
memberikan kunci jawaban post test untuk modul yang akan di pelajari
didalamnya.
Adapun kunci jawaban post test yang akan admin
kherysuryawan bagikan dan berikan disini yaitu kunci jawaban Post Test Modul 2 “Perkembangan
Diri Peserta Didik Fase D”. Selain kunci jawaban post test disini admin juga
telah menyiapkan kunci jawaban untuk latihan pemahaman dan juga cerita
reflektifnya.
Baiklah di bawah ini kunci jawaban latihan pemahaman dan
cerita reflektif serta kunci jawaban Post Test Modul 2 “Perkembangan Diri
Peserta Didik Fase D” pada Topik “Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMP
(12 – 15 Tahun)”.
Kunci Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Modul 2 Perkembangan Diri Peserta Didik Fase D
I. Materi Perkembangan Fisik Fase D (12-15 tahun)
Aspek
Perkembangan Fisik yaitu mengalami percepatan pertumbuhan (growth spurt), baik
pada remaja perempuan maupun laki-laki. Adapun Ciri Perkembangan Fisik :
a. Tinggi
dan berat badan bertambah dengan pesat.
b. Kematangan
fisik (suara, masa otot, bentuk tubuh, pertumbuhan tulang) semakin jelas.
c. Muncul
jerawat. Dipengaruhi oleh hormon juga jenis kulit.
d. Remaja
perempuan lebih dulu mengalami percepatan pertumbuhan yaitu pada 12-13 tahun,
berakhir di 18 tahun.
e. Remaja
laki-laki mengalami percepatan pertumbuhan pada 14-15 Tahun, berakhir di 20
tahun.
f. Ukuran
jakun laki-laki membesar dan suaranya menjadi lebih dalam.
Tantangan
Perkembangan Fisik :
1. Bagaimana
menyikapi situasi saat peserta didik menjadikan kondisi fisik (misalnya si
tinggi dan si pendek) sebagai candaan?
a. Wajar di fase
ini peserta didik merasa tidak percaya diri dengan kondisi fisik.
b. Hindari
menganggap enteng situasi atau candaan berkait fisik.
c. Rentan memicu
konflik, terutama bagi peserta didik yang sangat peka.
2. Bagaimana menyikapi
percakapan sehari-hari tentang asupan dan dampaknya pada tubuh gemuk/kurus?
a. Rentan
terhadap gangguan makan karena stress
b. Misalnya: diet
ketat atau olahraga berlebihan
c. Remaja perlu
punya relasi yang sehat dengan makanan dan tubuhnya.
d. Atau
sebaliknya, kehilangan kontrol atas asupan dan tidak mau olahraga
3. Bagaimana
menyikapi peserta didik yang penasaran dan tertarik mencoba rokok dan
eksplorasi seksualitas?
a. Pengaruh dari
dunia sosialnya.
b. Menguatkan
nilai dan norma.
c. Hindari ceramah
dan nasihat tanpa percakapan dua arah.
Stimulasi dan
Dukungan Perkembangan Fisik
a. Diskusikan
pubertas tanpa menggurui dan perbanyak empati.
b. Sediakan
kegiatan fisik yang beragam dan menarik.
c. Fokus pada
perilaku peserta didik alih-alih tampilan fisik ketika memberi pujian.
d. Komunikasikan
kepada walimurid pentingnya remaja memiliki waktu tidur yang cukup.
e. Ingatkan
peserta didik untuk menjaga kebersihan diri, termasuk
f. mengajarkan
perawatan tubuh memasuki masa pubertas.
1. Khawatir
terhadap penampilan dan berat badan merupakan hal yang tidak wajar dialami oleh
siswa SMP. Pernyataan di atas adalah...
A. Benar
B. Salah
Jawaban : B. Salah
Perubahan fisik
seperti apa yang Ibu dan Bapak sering amati dari peserta didik usia 12-15
tahun?
Jawab : Kematangan fisik (suara, masa otot, bentuk tubuh, pertumbuhan tulang)
semakin jelas.
II. Materi Perkembangan Kognitif Fase D (12-15 tahun)
Aspek
Perkembangan Kognitif yaitu Ingin menyuarakan opini atas berbagai hal dan mulai
mempertanyakan aturan. Ciri Perkembangan Kognitif :
a. Mau mencoba
dan mempelajari kegiatan baru.
b. Menggunakan
teknologi untuk berbagai kegiatan.
c. Tertarik
dengan isu-isu sosial yang terjadi di sekitarnya.
d. Proses
berpikir mulai berdasarkan teori dan rasional sehingga memiliki opini yang
kuat.
e. Belajar
menganalisis masalah dari berbagai sudut pandang.
f. Mulai sadar
capaian belajar akan memengaruhi masa depan.
Tantangan
Perkembangan Kognitif :
1. Peserta didik
beberapa kali nampak ragu-ragu saat tampil ke depan kelas, mengapa demikian?
a. Kesadaran diri
tinggi dan cenderung meyakini bahwa dirinya adalah pusat perhatian adalah satu
tantangan di fase ini.
b. Lebih peka
terhadap komentar, karena itu ragu-ragu saat melakukan sesuatu.
c. Pendidik
bersikap tenang saat menghadapinya.
d. Hindari
memberikan komentar negatif.
2. Peserta didik
belum bisa konsisten bertanggung jawab, bagaimana menyikapinya?
a. Perkembangan
otak belum sempurna dari kemampuan berpikir konkret ke abstrak.
b. Belum
sepenuhnya bisa bertanggung jawab, butuh didampingi.
c. Hindari sikap
curiga berlebihan.
Stimulasi dan
Dukungan Perkembangan Kognitif :
a. Menggunakan
internet sebagai sumber dan alat belajar sambil mengajarkan keamanan
berdigital.
b. Mengomunikasikan
kemajuan dan tantangan yang dialami peserta didik di sekolah kepada orangtua.
c. Memberi
peserta didik kesempatan untuk mengeksplorasi minatnya.
1. Bersikap
sensitif ketika dikomentari oleh orang lain merupakan hal yang wajar
ditunjukkan oleh peserta didik SMP. Pernyataan di atas adalah...
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A. Benar
Langkah seperti
apa yang ingin Ibu dan Bapak lakukan untuk mengeksplorasi minat peserta didik
usia 12-15 tahun?
Jawab : Dengan cara menjadi pendengar yang baik bagi peserta didik, selain itu juga
dapat dilakukan dengan menciptakan lingkungan yang mendukung.
III. Materi Perkembangan Bahasa Fase D (12-15 tahun)
Aspek
Perkembangan Bahasa : Mampu berkomunikasi seperti orang dewasa, misalnya
menggunakan istilah dan perumpamaan. Ciri Perkembangan Bahasa :
a. Menjawab
pertanyaan dengan lugas dan ringkas.
b. Tidak terlalu
antusias berbicara dengan anggota keluarga.
c. Banyak
menghabiskan waktu untuk berkomunikasi lewat dunia maya dengan teman.
d. Memahami gaya
bahasa ironi, sarkastik, dan metafora dalam percakapan
Tantangan
Perkembangan Bahasa :
1. Apakah peserta
didik siap menghadapi perundungan di dunia digital?
a. Berpikir
kritis di dunia digital penting dimiliki peserta didik
b. Pertimbangkan
apa yang aman dan tidak.
c. Berefleksi
tentang privasi.
d. Hindari
ceramah dan nasihat.
e. Gunakan cerita
pengalaman.
f. Beri ruang
untuk berpendapat.
g. Berdayakan
untuk mampu melindungi diri.
2. Sikap anak
berubah terhadap orang dewasa di sekitarnya, lebih banyak diam. Apakah ini
wajar?
a. Mampu bicara
dari hati ke hati, perlu dilatih.
b. Perasaannya
perlu diterima.
c. Sepakati cara
berbahasa yang bisa diterima anak maupun pendidik dan walimurid.
d. Lebih nyaman
berkomunikasi lewat teks, misalnya: chat atau instant message.
e. Wajar
menggunakan bahasa masa kini.
Stimulasi dan
Dukungan Perkembangan Bahasa :
a. Membangun
hubungan hangat dan melakukan kegiatan menyenangkan bersama peserta didik agar
lebih terbuka.
b. Menjadi
pendengar aktif → bukan hanya berbicara kepada peserta didik, tetapi juga
mendengarkan.
c. Menyimak
sepenuh hati dan tubuh apa yang diceritakan oleh peserta didik.
d. Aktif
mengobservasi kegiatan peserta didik di media sosial dan mencontohkan serta
mengajarkan peserta didik tentang keamanan dan kesehatan dalam aktivitas
digital.
e. Mendorong
peserta didik untuk membaca buku dan bahan bacaan lain dari berbagai genre
sesuai usia untuk meningkatkan kemampuan literasi.
1. Peserta didik
SMP biasanya lebih memilih berkomunikasi langsung daripada menggunakan teks seperti
pesan instan dengan orang lain. Pernyataan di atas adalah...
A. Benar
B. Salah
Jawaban : B. Salah
Apa yang Ibu dan
Bapak pikirkan saat melihat aktivitas digital peserta didik?
Jawab : Peserta didik beraktifitas digital adalah untuk mencari ruang pengalaman
baru namun harus diimbangi dengan proteksi diri.
IV. Materi Perkembangan Sosial-Emosi Fase D (12-15 tahun)
Aspek
Perkembangan Sosial-Emosi : Intensitas interaksi lebih sering & dalam
dengan teman sebaya. Ciri Perkembangan Sosial-Emosi :
a. Suasana hati
yang berubah-ubah (mood swing) karena perkembangan otak dan perubahan hormonal.
b. Sering
mempertanyakan kebijakan atau peraturan yang dibuat pendidik/sekolah.
c. Memiliki
keinginan kuat untuk diterima oleh teman dengan mengubah gaya berpakaian,
selera musik, dan hobi.
d. Tertarik dan
memiliki perasaan ingin dekat dengan lawan jenis.
e. Kesadaran diri
meningkat dan peka terhadap kritik.
Tantangan
Perkembangan Sosial-Emosi :
1. Kecemasan
peserta didik tinggi saat menjelang kelulusan SMP. Bagaimana mendampinginya?
a. Kesehatan
mental peserta didik penting dapat perhatian di fase ini.
b. Sediakan
lingkungan yang nyaman dan aman agar peserta didik bisa bercerita dan mengatasi
kecemasannya.
c. Amati pola
perilaku peserta didik, dan tangani jika butuh bantuan lebih lanjut.
2. Tekanan
pertemanan memengaruhi perilaku peserta didik, bagaimana menguatkannya?
a. Pertemanan
rentan konflik karena berbagai hal.
b. Peserta didik
rentan terhadap pengaruh buruk dari pertemanan.
c. Peserta didik
perlu memahami pentingnya batasan sehat dalam pertemanan.
d. Berani menolak
ajakan pada perilaku negatif.
e. Gunakan
komunikasi efektif, hindari menggurui.
f. Manfaatkan
media untuk mengkomunikasikan pada peserta didik misalnya: film, bacaan, lagu.
Stimulasi dan Dukungan
Perkembangan Sosial-Emosi :
a. Membangun
hubungan hangat dan melakukan kegiatan menyenangkan bersama peserta didik.
b. Membantu
peserta didik memahami dan mengelola emosinya.
c. Mengenal
dengan siapa dan di mana peserta didik biasa bergaul.
d. Menjadi teman
berdiskusi ketika peserta didik mempertanyakan kebijakan atau peraturan yang
ada.
e. Mengajak
peserta didik diskusi tentang ketertarikan pada lawan jenis (mengapa terjadi,
dan bagaimana menyikapinya).
f. Melontarkan
kritik dengan cara yang tepat.
1. Suasana hati
yang mudah berubah merupakan hal yang wajar dialami oleh peserta didik SMP. Pernyataan
di atas adalah...
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A. Benar
Kegiatan apa yang
biasa Ibu dan Bapak upayakan untuk mengahangatkan hubungan dengan peserta didik
usia 12-15 tahun?
Jawab : Menciptakan kegiatan yang menyenangkan sehingga dapat membangun hubungan
hangat dengan peserta didik.
Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Perkembangan Diri Peserta Didik Fase D
1. Hal yang khas
dari perkembangan fisik siswa SMP kelas 7-9 adalah...
A. Dapat
menggambar dengan detail
B. Mengetik
dengan lincah ketika menggunakan gawai.
C. Growth-spurt.
D. Menyukai
aktivitas olahraga lompat tali
Jawaban : C. Growth-spurt.
2. Bagaimana cara
menyikapi peserta didik yang penasaran dan tertarik mencoba rokok dan
eksplorasi seksualitas?
A. Menguatkan nilai dan norma
B. Memberikan
ceramah dan nasihat tanpa percakapan dua arah
C. Menyediakan
kegiatan fisik yang beragam dan menarik
D. Fokus pada
tampilan fisik ketika memberi pujian
Jawaban : A. Menguatkan nilai dan norma
3. Apa yang khas
dari perkembangan kognitif usia 12-15 tahun?
A. Berkomunikasi
dengan orang dewasa
B. Percepatan
pertumbuhan
C. Mempertanyakan aturan
D. Lebih sering
berinteraksi dengan teman dibanding orangtuanya
Jawaban : C. Mempertanyakan aturan
4. Berikut ciri
perkembangan kognitif peserta didik kelas 56 SD, kecuali…
A. Memahami pengunaan idiom, metafor, dan ironi.
B. Mau mencoba
dan mempelajari kegiatan baru
C. Proses
berpikir mulai berdasarkan teori dan rasional
D. Belajar
menganalisis masalah dari berbagai sudut pandang
Jawaban : A. Memahami pengunaan idiom, metafor, dan
ironi.
5. Di bawah ini
yang merupakan ciri perkembangan bahasa peserta didik SMP kelas 79 adalah…
A. Senang bicara,
berdebat, dan berdiskusi dengan siapa saja
B. Bila berbicara
sulit dihentikan
C. Mulai dapat
membedakan intonasi suara
D. Banyak menghabiskan waktu untuk mengirim pesan dan berkomunikasi
lewat dunia maya dengan teman.
Jawaban : D. Banyak menghabiskan waktu untuk mengirim
pesan dan berkomunikasi lewat dunia maya dengan teman.
6. Apa yang khas
dari perkembangan bahasa usia 1215 tahun?
A. Berkomunikasi
seperti orang dewasa
B. Percepatan
pertumbuhan
C. Dapat
menggambar dengan detail
D. Semua benar
Jawaban : D. Semua benar
7. Berikut ini
ciri perkembangan sosial-emosi peserta didik SMP Kelas 7-9, kecuali…
A. Suasana hati
tidak mudah ditebak
B. Tertarik pada aturan, terutama pada permainan berstruktur seperti
monopoli.
C. Memiliki
keinginan kuat untuk diterima dalam pergaulan
D. Tertarik dan
memiliki perasaan ingin dekat dengan lawan jenis.
Jawaban : B. Tertarik pada aturan, terutama pada
permainan berstruktur seperti monopoli.
8. Kecemasan
peserta didik tinggi saat menjelang kelulusan SMP. Bagaimana mendampinginya?
A. Menyediakan lingkungan yang nyaman dan aman
B. Melontarkan
kritik dengan cara yang cepat
C. Memanfaatkan
berbagai media untuk berkomunikasi dengan peserta didik
D. Mengenal
dengan siapa dan di mana peserta didik biasa bergaul
Jawaban : A.
Menyediakan lingkungan yang nyaman dan aman
SELANJUTNYA ⇘⇘
Demikianlah informasi mengenai Kunci Jawaban latihan
Pemahaman dan Cerita Reflektif pada Modul 2 “Perkembangan Diri Peserta Didik
Fase D” pada Topik “Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMP (12 – 15 Tahun)”.
Semoga informasi ini bisa menjadi referensi bagi bapak/ibu guru dalam mengikuti
pelatihan mandiri di PMM khususnya pada Topik “Tahap Perkembangan Peserta Didik
Jenjang SMP (12 – 15 Tahun)”.
Sekian dan Semoga Bermanfaat.