Jawaban Post Test Modul 2 Perkembangan Diri Peserta Didik Fase D

Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Perkembangan Diri Peserta Didik Fase D pada Pelatihan Mandiri Topik Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMP (12 – 15 Tahun).

Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan ini admin akan membas tentang salah satu topik pelatihan mandiri di PMM.

 


Bagi bapak/ibu guru yang sering mengikuti Pelatihan Mandiri di PMM maka tentunya akan menghadapi yang namanya post test. Nah dalam mengikuti pelatihan mandiri maka guru nantinya akan di suguhi beberapa materi yang sesuai dengan topik pembelajaran yang di pilih, selanjutnya setelah mempelajari materi maka guru harus mengerjakan latihan pemahaman dan cerita reflektif kemudian diakhir seluruh pembelajaran guru wajib menjawab soal post test dengan benar agar bisa dinyatakan lulus dan lanjut dalam mengerjakan aksi nyata.

 

Salah satu topik pembelajaran pada pelatihan mandiri di PMM yaitu Topik dengan judul “Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMP (12 – 15 Tahun)”. Bagi bapak/ibu guru yang sedang mengikuti pelatihan mandiri pada topik ini maka dapat memperoleh referensi pembelajarannya melalui postingan ini sebab disini admin kherysuryawan akan memberikan kunci jawaban latihan pemahaman dan kunci jawaban post test untuk semua materi yang akan di pelajari pada topik Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMP (12 – 15 Tahun).

 

Sebagai informasi bahwa pada pelatihan mandiri di PMM khususnya pada Topik “Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMP (12 – 15 Tahun)” akan ada 2 modul materi yang di pelajari di dalamnya, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1.       Modul 1 “Mengenal Tahap Perkembangan Anak”

2.       Modul 2 “ Perkembangan Diri Peserta Didik Fase D”

 

Pada Modul 1 akan ada 1 materi yang di pelajari, sedangkan pada modul 2 akan ad 4 materi yang di pelajari.

Nah, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan membantu bapak/ibu guru yang saat ini sedang mengikuti pelatihan mandiri pada topik Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMP (12 – 15 Tahun) dengan memberikan kunci jawaban post test untuk modul yang akan di pelajari didalamnya.

 

Adapun kunci jawaban post test yang akan admin kherysuryawan bagikan dan berikan disini yaitu kunci jawaban Post Test Modul 2 “Perkembangan Diri Peserta Didik Fase D”. Selain kunci jawaban post test disini admin juga telah menyiapkan kunci jawaban untuk latihan pemahaman dan juga cerita reflektifnya.

 

Baiklah di bawah ini kunci jawaban latihan pemahaman dan cerita reflektif serta kunci jawaban Post Test Modul 2 “Perkembangan Diri Peserta Didik Fase D” pada Topik “Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMP (12 – 15 Tahun)”.

 

Kunci Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Modul 2 Perkembangan Diri Peserta Didik Fase D

 

I. Materi Perkembangan Fisik Fase D (12-15 tahun)

Aspek Perkembangan Fisik yaitu mengalami percepatan pertumbuhan (growth spurt), baik pada remaja perempuan maupun laki-laki. Adapun Ciri Perkembangan Fisik :

a.     Tinggi dan berat badan bertambah dengan pesat.

b.     Kematangan fisik (suara, masa otot, bentuk tubuh, pertumbuhan tulang) semakin jelas.

c.     Muncul jerawat. Dipengaruhi oleh hormon juga jenis kulit.

d.     Remaja perempuan lebih dulu mengalami percepatan pertumbuhan yaitu pada 12-13 tahun, berakhir di 18 tahun.

e.     Remaja laki-laki mengalami percepatan pertumbuhan pada 14-15 Tahun, berakhir di 20 tahun.

f.      Ukuran jakun laki-laki membesar dan suaranya menjadi lebih dalam.

 

Tantangan Perkembangan Fisik :

1. Bagaimana menyikapi situasi saat peserta didik menjadikan kondisi fisik (misalnya si tinggi dan si pendek) sebagai candaan?

a. Wajar di fase ini peserta didik merasa tidak percaya diri dengan kondisi fisik.

b. Hindari menganggap enteng situasi atau candaan berkait fisik.

c. Rentan memicu konflik, terutama bagi peserta didik yang sangat peka.

 

2. Bagaimana menyikapi percakapan sehari-hari tentang asupan dan dampaknya pada tubuh gemuk/kurus?

a. Rentan terhadap gangguan makan karena stress

b. Misalnya: diet ketat atau olahraga berlebihan

c. Remaja perlu punya relasi yang sehat dengan makanan dan tubuhnya.

d. Atau sebaliknya, kehilangan kontrol atas asupan dan tidak mau olahraga

 

3. Bagaimana menyikapi peserta didik yang penasaran dan tertarik mencoba rokok dan eksplorasi seksualitas?

a. Pengaruh dari dunia sosialnya.

b. Menguatkan nilai dan norma.

c. Hindari ceramah dan nasihat tanpa percakapan dua arah.

 

Stimulasi dan Dukungan Perkembangan Fisik

a. Diskusikan pubertas tanpa menggurui dan perbanyak empati.

b. Sediakan kegiatan fisik yang beragam dan menarik.

c. Fokus pada perilaku peserta didik alih-alih tampilan fisik ketika memberi pujian.

d. Komunikasikan kepada walimurid pentingnya remaja memiliki waktu tidur yang cukup.

e. Ingatkan peserta didik untuk menjaga kebersihan diri, termasuk

f. mengajarkan perawatan tubuh memasuki masa pubertas.

 

1. Khawatir terhadap penampilan dan berat badan merupakan hal yang tidak wajar dialami oleh siswa SMP. Pernyataan di atas adalah...

A. Benar

B. Salah

Jawaban : B. Salah

 

Perubahan fisik seperti apa yang Ibu dan Bapak sering amati dari peserta didik usia 12-15 tahun?

Jawab : Kematangan fisik (suara, masa otot, bentuk tubuh, pertumbuhan tulang) semakin jelas.

 

II. Materi Perkembangan Kognitif Fase D (12-15 tahun)

Aspek Perkembangan Kognitif yaitu Ingin menyuarakan opini atas berbagai hal dan mulai mempertanyakan aturan. Ciri Perkembangan Kognitif :

a. Mau mencoba dan mempelajari kegiatan baru.

b. Menggunakan teknologi untuk berbagai kegiatan.

c. Tertarik dengan isu-isu sosial yang terjadi di sekitarnya.

d. Proses berpikir mulai berdasarkan teori dan rasional sehingga memiliki opini yang kuat.

e. Belajar menganalisis masalah dari berbagai sudut pandang.

f. Mulai sadar capaian belajar akan memengaruhi masa depan.

 

Tantangan Perkembangan Kognitif :

1. Peserta didik beberapa kali nampak ragu-ragu saat tampil ke depan kelas, mengapa demikian?

a. Kesadaran diri tinggi dan cenderung meyakini bahwa dirinya adalah pusat perhatian adalah satu tantangan di fase ini.

b. Lebih peka terhadap komentar, karena itu ragu-ragu saat melakukan sesuatu.

c. Pendidik bersikap tenang saat menghadapinya.

d. Hindari memberikan komentar negatif.

 

2. Peserta didik belum bisa konsisten bertanggung jawab, bagaimana menyikapinya?

a. Perkembangan otak belum sempurna dari kemampuan berpikir konkret ke abstrak.

b. Belum sepenuhnya bisa bertanggung jawab, butuh didampingi.

c. Hindari sikap curiga berlebihan.

 

Stimulasi dan Dukungan Perkembangan Kognitif :

a. Menggunakan internet sebagai sumber dan alat belajar sambil mengajarkan keamanan berdigital.

b. Mengomunikasikan kemajuan dan tantangan yang dialami peserta didik di sekolah kepada orangtua.

c. Memberi peserta didik kesempatan untuk mengeksplorasi minatnya.

 

1. Bersikap sensitif ketika dikomentari oleh orang lain merupakan hal yang wajar ditunjukkan oleh peserta didik SMP. Pernyataan di atas adalah...

A. Benar

B. Salah

Jawaban : A. Benar

 

Langkah seperti apa yang ingin Ibu dan Bapak lakukan untuk mengeksplorasi minat peserta didik usia 12-15 tahun?

Jawab : Dengan cara menjadi pendengar yang baik bagi peserta didik, selain itu juga dapat dilakukan dengan menciptakan lingkungan yang mendukung.

 

III. Materi Perkembangan Bahasa Fase D (12-15 tahun)

Aspek Perkembangan Bahasa : Mampu berkomunikasi seperti orang dewasa, misalnya menggunakan istilah dan perumpamaan. Ciri Perkembangan Bahasa :

a. Menjawab pertanyaan dengan lugas dan ringkas.

b. Tidak terlalu antusias berbicara dengan anggota keluarga.

c. Banyak menghabiskan waktu untuk berkomunikasi lewat dunia maya dengan teman.

d. Memahami gaya bahasa ironi, sarkastik, dan metafora dalam percakapan

 

Tantangan Perkembangan Bahasa :

1. Apakah peserta didik siap menghadapi perundungan di dunia digital?

a. Berpikir kritis di dunia digital penting dimiliki peserta didik

b. Pertimbangkan apa yang aman dan tidak.

c. Berefleksi tentang privasi.

d. Hindari ceramah dan nasihat.

e. Gunakan cerita pengalaman.

f. Beri ruang untuk berpendapat.

g. Berdayakan untuk mampu melindungi diri.

 

2. Sikap anak berubah terhadap orang dewasa di sekitarnya, lebih banyak diam. Apakah ini wajar?

a. Mampu bicara dari hati ke hati, perlu dilatih.

b. Perasaannya perlu diterima.

c. Sepakati cara berbahasa yang bisa diterima anak maupun pendidik dan walimurid.

d. Lebih nyaman berkomunikasi lewat teks, misalnya: chat atau instant message.

e. Wajar menggunakan bahasa masa kini.

 

Stimulasi dan Dukungan Perkembangan Bahasa :

a. Membangun hubungan hangat dan melakukan kegiatan menyenangkan bersama peserta didik agar lebih terbuka.

b. Menjadi pendengar aktif → bukan hanya berbicara kepada peserta didik, tetapi juga mendengarkan.

c. Menyimak sepenuh hati dan tubuh apa yang diceritakan oleh peserta didik.

d. Aktif mengobservasi kegiatan peserta didik di media sosial dan mencontohkan serta mengajarkan peserta didik tentang keamanan dan kesehatan dalam aktivitas digital.

e. Mendorong peserta didik untuk membaca buku dan bahan bacaan lain dari berbagai genre sesuai usia untuk meningkatkan kemampuan literasi.

 

1. Peserta didik SMP biasanya lebih memilih berkomunikasi langsung daripada menggunakan teks seperti pesan instan dengan orang lain. Pernyataan di atas adalah...

A. Benar

B. Salah

Jawaban : B. Salah

 

Apa yang Ibu dan Bapak pikirkan saat melihat aktivitas digital peserta didik?

Jawab : Peserta didik beraktifitas digital adalah untuk mencari ruang pengalaman baru namun harus diimbangi dengan proteksi diri.

 

IV. Materi Perkembangan Sosial-Emosi Fase D (12-15 tahun)

Aspek Perkembangan Sosial-Emosi : Intensitas interaksi lebih sering & dalam dengan teman sebaya. Ciri Perkembangan Sosial-Emosi :

a. Suasana hati yang berubah-ubah (mood swing) karena perkembangan otak dan perubahan hormonal.

b. Sering mempertanyakan kebijakan atau peraturan yang dibuat pendidik/sekolah.

c. Memiliki keinginan kuat untuk diterima oleh teman dengan mengubah gaya berpakaian, selera musik, dan hobi.

d. Tertarik dan memiliki perasaan ingin dekat dengan lawan jenis.

e. Kesadaran diri meningkat dan peka terhadap kritik.

 

Tantangan Perkembangan Sosial-Emosi :

1. Kecemasan peserta didik tinggi saat menjelang kelulusan SMP. Bagaimana mendampinginya?

a. Kesehatan mental peserta didik penting dapat perhatian di fase ini.

b. Sediakan lingkungan yang nyaman dan aman agar peserta didik bisa bercerita dan mengatasi kecemasannya.

c. Amati pola perilaku peserta didik, dan tangani jika butuh bantuan lebih lanjut.

 

2. Tekanan pertemanan memengaruhi perilaku peserta didik, bagaimana menguatkannya?

a. Pertemanan rentan konflik karena berbagai hal.

b. Peserta didik rentan terhadap pengaruh buruk dari pertemanan.

c. Peserta didik perlu memahami pentingnya batasan sehat dalam pertemanan.

d. Berani menolak ajakan pada perilaku negatif.

e. Gunakan komunikasi efektif, hindari menggurui.

f. Manfaatkan media untuk mengkomunikasikan pada peserta didik misalnya: film, bacaan, lagu.

 

Stimulasi dan Dukungan Perkembangan Sosial-Emosi :

a. Membangun hubungan hangat dan melakukan kegiatan menyenangkan bersama peserta didik.

b. Membantu peserta didik memahami dan mengelola emosinya.

c. Mengenal dengan siapa dan di mana peserta didik biasa bergaul.

d. Menjadi teman berdiskusi ketika peserta didik mempertanyakan kebijakan atau peraturan yang ada.

e. Mengajak peserta didik diskusi tentang ketertarikan pada lawan jenis (mengapa terjadi, dan bagaimana menyikapinya).

f. Melontarkan kritik dengan cara yang tepat.

 

1. Suasana hati yang mudah berubah merupakan hal yang wajar dialami oleh peserta didik SMP. Pernyataan di atas adalah...

A. Benar

B. Salah

Jawaban : A. Benar

 

Kegiatan apa yang biasa Ibu dan Bapak upayakan untuk mengahangatkan hubungan dengan peserta didik usia 12-15 tahun?

Jawab : Menciptakan kegiatan yang menyenangkan sehingga dapat membangun hubungan hangat dengan peserta didik.

 

Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Perkembangan Diri Peserta Didik Fase D

1. Hal yang khas dari perkembangan fisik siswa SMP kelas 7-9 adalah...

A. Dapat menggambar dengan detail

B. Mengetik dengan lincah ketika menggunakan gawai.

C. Growth-spurt.

D. Menyukai aktivitas olahraga lompat tali

Jawaban : C. Growth-spurt.

 

2. Bagaimana cara menyikapi peserta didik yang penasaran dan tertarik mencoba rokok dan eksplorasi seksualitas?

A. Menguatkan nilai dan norma

B. Memberikan ceramah dan nasihat tanpa percakapan dua arah

C. Menyediakan kegiatan fisik yang beragam dan menarik

D. Fokus pada tampilan fisik ketika memberi pujian

Jawaban : A. Menguatkan nilai dan norma

 

3. Apa yang khas dari perkembangan kognitif usia 12-15 tahun?

A. Berkomunikasi dengan orang dewasa

B. Percepatan pertumbuhan

C. Mempertanyakan aturan

D. Lebih sering berinteraksi dengan teman dibanding orangtuanya

Jawaban : C. Mempertanyakan aturan

 

4. Berikut ciri perkembangan kognitif peserta didik kelas 56 SD, kecuali…

A. Memahami pengunaan idiom, metafor, dan ironi.

B. Mau mencoba dan mempelajari kegiatan baru

C. Proses berpikir mulai berdasarkan teori dan rasional

D. Belajar menganalisis masalah dari berbagai sudut pandang

Jawaban : A. Memahami pengunaan idiom, metafor, dan ironi.

 

5. Di bawah ini yang merupakan ciri perkembangan bahasa peserta didik SMP kelas 79 adalah…

A. Senang bicara, berdebat, dan berdiskusi dengan siapa saja

B. Bila berbicara sulit dihentikan

C. Mulai dapat membedakan intonasi suara

D. Banyak menghabiskan waktu untuk mengirim pesan dan berkomunikasi lewat dunia maya dengan teman.

Jawaban : D. Banyak menghabiskan waktu untuk mengirim pesan dan berkomunikasi lewat dunia maya dengan teman.

 

6. Apa yang khas dari perkembangan bahasa usia 1215 tahun?

A. Berkomunikasi seperti orang dewasa

B. Percepatan pertumbuhan

C. Dapat menggambar dengan detail

D. Semua benar

Jawaban : D. Semua benar

 

7. Berikut ini ciri perkembangan sosial-emosi peserta didik SMP Kelas 7-9, kecuali…

A. Suasana hati tidak mudah ditebak

B. Tertarik pada aturan, terutama pada permainan berstruktur seperti monopoli.

C. Memiliki keinginan kuat untuk diterima dalam pergaulan

D. Tertarik dan memiliki perasaan ingin dekat dengan lawan jenis.

Jawaban : B. Tertarik pada aturan, terutama pada permainan berstruktur seperti monopoli.

 

8. Kecemasan peserta didik tinggi saat menjelang kelulusan SMP. Bagaimana mendampinginya?

A. Menyediakan lingkungan yang nyaman dan aman

B. Melontarkan kritik dengan cara yang cepat

C. Memanfaatkan berbagai media untuk berkomunikasi dengan peserta didik

D. Mengenal dengan siapa dan di mana peserta didik biasa bergaul

Jawaban : A. Menyediakan lingkungan yang nyaman dan aman

 

SELANJUTNYA ⇘⇘

👉 Kunci Jawaban Modul 1 "Mengenal Tahap Perkembangan Anak" (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai Kunci Jawaban latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif pada Modul 2 “Perkembangan Diri Peserta Didik Fase D” pada Topik “Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMP (12 – 15 Tahun)”. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi bagi bapak/ibu guru dalam mengikuti pelatihan mandiri di PMM khususnya pada Topik “Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMP (12 – 15 Tahun)”.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel