Jawaban Post Test Modul 1 Mengenal Pilihan Mata Pelajaran Pilihan
Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Pelatihan Mandiri Topik Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan Modul 1 Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan Modul 1 Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan.
Sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali
pada website pendidikan. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang materi
yang berhubungan dengan topik yang akan di pelajari pada pelatihan mandiri di
PMM.
Salah satu topik baru pada pelatihan PMM yang dapat
dipilih untuk di pelajari oleh bapak/ibu guru pada platform Merdeka mengajar
(PMM) ialah Topik yang berjudul “Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan”. Di dalam
topik ini nantinya aka nada 4 modul yang akan di pelajari diantaranya yaitu :
- Modul 1 “Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan”
- Modul 2 “Persiapan Pemilihan”
- Modul 3 “Proses Pemilihan”
- Modul 4 “Setelah Pemilihan”
Di setiap modul nantinya telah disiapkan bebeberapa
materi yang harus di pelajari oleh bapak/ibu guru dan setelah mempelajarinya
maka guru harus bisa menjawab latihan pemahaman dan cerita reflektif dari
setiap materi dan juga setelah mempelajari seluruh materi di setiap modul maka
bapak/ibu guru juga harus bisa menjawab beberapa soal Post Test yang telah di
sediakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan materi yang telah di
pelajari.
Nah, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan berbagi
kunci jawaban untuk pelatihan mandiri Topik “Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan”
khususnya untuk Modul 1 “Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan”. Disini admin
kherysuryawan telah menyiapkan kunci jawaban latihan pemahaman untuk setiap
materi dan juga cerita reflektif serta kunci jawaban post test modul 1.
Tujuan admin membagikan kunci jawaban post test Modul 1 “Mengenal
Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan” ini yaitu agar dapat menjadi bahan referensi
bagi bapak/ibu guru yang telah mempelajari Modul 1 “Mengenal Pemilihan Mata
Pelajaran Pilihan” di PMM sehingga bisa lebih memantapkan diri dengan baik
dalam menjawab soal-soal yang tersedia.
Baiklah di bawah ini kunci jawaban post test Modul 1 “Mengenal
Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan” lengkap dengan kunci jawaban latihan
pemahaman dan cerita reflektif Modul 1 “Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran
Pilihan”.
I. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif
A. Materi Pentingnya Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan di Fase F
Pemilihan mata pelajaran pilihan dapat membantu peserta
didik untuk menggali potensinya masing-masing karena pemilihan mata pelajaran
pilihan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.
Dalam Kurikulum Merdeka Fase F, untuk kelas XI dan kelas
XII, struktur mata pelajaran dibagi menjadi 2 (dua) kelompok utama, yaitu:
1. Kelompok mata pelajaran umum. Setiap SMA/MA/bentuk
lain yang sederajat wajib membuka atau mengajarkan seluruh mata pelajaran dalam
kelompok ini dan wajib diikuti oleh semua peserta didik SMA/MA/bentuk lain yang
sederajat.
2. Kelompok mata pelajaran pilihan. Setiap SMA/MA/bentuk
lain yang sederajat wajib menyediakan paling sedikit 7 (tujuh) mata pelajaran.
Khusus untuk satuan pendidikan yang ditetapkan pemerintah
sebagai satuan pendidikan keolahragaan atau seni, dapat dibuka mata pelajaran
Olahraga atau Seni, sesuai dengan sumber daya yang tersedia di SMA/MA/bentuk
lain yang sederajat.
Kapan pemilihan mata pelajaran pilihan dimulai?
A. Kelas X
B. Kelas XI
C. Kelas XII
D. Kelas X, XI dan XII
Jawaban : B. Kelas XI
Menurut Anda, apakah pemilihan mata pelajaran pilihan di
Fase F merupakan praktik yang efektif?
Jawab :
Menurut saya, pemilihan mata pelajaran pilihan pada fase F sudah efektif, namun
pada praktiknya banyak satuan pendidikan yang belum melaksanakan secara efektif
dikarenakan berbagai unsur.
B. Materi Alokasi Waktu
Dalam menentukan alokasi waktu mata pelajaran pilihan,
sekolah harus mempertimbangkan kondisi kesiapan peserta didik, seperti
kemampuan akademik, faktor psikologis, kebutuhan peserta didik dan jumlah
pendidik.
Pemilihan mata pelajaran pilihan oleh satuan pendidikan
harus mempertimbangkan...
A. Kondisi
sumber daya yang dimiliki oleh satuan pendidikan
B. Kondisi keuangan dan jumlah peserta didik di sekolah
C. Kondisi masyarakat sekitar lingkungan sekolah
D. Kondisi psikologi peserta didik
Jawaban : A. Kondisi sumber daya yang
dimiliki oleh satuan pendidikan
Menurut Anda, apakah alokasi waktu mata pelajaran pilihan
di satuan pendidikan Anda sudah tepat?
Jawab :
Sudah tepat, karena proses pemilihan mata pelajaran pilihan melalui beberapa
tahap yang melibatkan banyak unsur agar sesuai dengan sumber daya yang dimiliki
oleh satuan pendidikan.
C. Materi Persiapan Setelah Kelulusan
Satuan pendidikan perlu membekali peserta didik dengan
pendidikan yang menyeluruh, baik secara pengetahuan maupun keterampilan.
Kenapa? Karena pilihan murid setelah lulus tidak selalu untuk melanjutkan
pendidikan yang lebih tinggi, namun juga langsung ke dunia kerja dan wirausaha.
Tujuan adanya pemilihan mata pelajaran di SMA adalah...
A. Membekali
kompetensi yang holistik dan lintas disiplin
B. Menyediakan lapangan kerja
C. Mengurangi beban peserta didik
D. Memberikan materi sebanyak-banyaknya di SMA
Jawaban : A. Membekali kompetensi yang holistik dan lintas disiplin
Bagaimana Anda mempersiapkan murid untuk setelah
kelulusan selama ini?
Jawab :
Mendampingi secara terarah terhadap impian peserta didik. Biasanya kami awali
dengan pendampingan individu. Kemudian memberikan motivasi serta arahan agar
peserta didik tetap bersemangat untuk meraih tujuan.
II. Jawaban Post Test Modul 1 Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan
1. Melalui mata pelajaran pilihan, peserta didik
diberikan kesempatan untuk belajar sesuai dengan poin berikut ini, kecuali...
A. Bakat
B. Finansial
C. Kemampuan
D. Minat
Jawaban : B. Finansial
2. Berikut ini pernyataan yang bukan merupakan prinsip
dalam menentukan alokasi waktu mata pelajaran pilihan adalah...
A. Alokasi waktu mata pelajaran pilihan yaitu 20-25 JP
per minggu
B. Alokasi waktu mata pelajaran pilihan harus
memperhatikan minat dan bakat peserta didik.
C. Alokasi
masing-masing mata pelajaran pilihan adalah 180 JP per tahun.
D. Tidak ada alokasi waktu projek penguatan profil
pelajar Pancasila per tahun pada mata pelajaran pilihan
Jawaban : C. Alokasi masing-masing mata pelajaran pilihan adalah 180 JP per
tahun.
3. Sekolah Lentera Hati mengadakan kegiatan pekan raya
profesi dengan mengundang beberapa tokoh profesi untuk bercerita tentang
profesi tertentu kepada peserta didik. Hal ini merupakan contoh penerapan
prinsip...
A. Membekali kompetensi yang holistik dan lintas disiplin
B. Menyediakan pengembangan potensi kognitif, penalaran,
dan literasi peserta didik dalam pembelajaran
C. Memfasilitasi pembelajaran yang memaparkan informasi
dan proses yang kontekstual dengan dunia kerja
D. Memberikan
materi sebanyak-banyaknya di SMA
Jawaban : D. Memberikan materi sebanyak-banyaknya di SMA
4. Tujuan adanya pengalokasian waktu mata pelajaran
pilihan di satuan pendidikan adalah...
A. Membantu mengalokasikan waktu projek penguatan profl
pelajar Pancasila per tahun pada mata pelajaran pilihan
B. Membantu mengalokasikan waktu bagi satuan pendidikan
yang mempunyai keunggulan seni dan olahraga
C. Membantu kepala satuan pendidikan dalam menentukan kebijakan
program pembelajaran Kurikulum Merdeka
D. Membantu
satuan pendidikan dalam menyiapkan berbagai kebijakan terkait pemilihan, baik
mata pelajaran pilihan maupun pendampingan eksplorasi minat, bakat, dan
kemampuan peserta didik di tingkat satuan pendidikan.
Jawaban : D. Membantu satuan pendidikan dalam menyiapkan berbagai kebijakan
terkait pemilihan, baik mata pelajaran pilihan maupun pendampingan eksplorasi
minat, bakat, dan kemampuan peserta didik di tingkat satuan pendidikan.
5. SMA Mekar Arum mengakomodasi dan mengalokasikan waktu
mata pelajaran kesenian tradisional Jawa Barat di sekolahnya. Hal ini dapat
terjadi karena SMA Mekar Arum...
A. Merupakan
sekolah yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai satuan berbasis kesenian
dan sumber dayanya mencukupi
B. Satuan pendidikan yang ditetapkan pemerintah sebagai
satuan pendidikan keolahragaan
C. Merupakan sekolah yang berada di lingkungan masyarakat
yang berbasis kesenian
D. Terdapatnya seniman yang handal di satuan pendidikan
tersebut
Jawaban : A. Merupakan sekolah yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai
satuan berbasis kesenian dan sumber dayanya mencukupi
6. Apa yang mendasari satuan pendidikan untuk
menyelenggarakan mata pelajaran pilihan?
A. Karena tidak semua peserta didik pandai matematika
B. Mayoritas peserta didik ingin menjadi ahli bahasa
C. Karena mata
pelajaran wajib sudah dikuasai oleh peserta didik
D. Karena minat, bakat, dan potensi peserta didik
berbeda-beda
Jawaban : C. Karena mata pelajaran wajib sudah dikuasai oleh peserta didik
7. Guru BK Sekolah Lentera Hati mengadakan bimbingan
karier secara personal kepada peserta didik. Hal ini merupakan contoh penerapan
prinsip…
A. Membekali kompetensi yang holistik dan lintas disiplin
B. Menyediakan pengembangan potensi kognitif, penalaran,
literasi peserta didik dalam pembelajaran
C. Memfasilitasi
pembelajaran yang memaparkan informasi dan proses yang kontekstual dengan dunia
kerja
D. Memberikan materi sebanyak-banyaknya di SMA
Jawaban : C. Memfasilitasi pembelajaran yang memaparkan informasi dan proses yang
kontekstual dengan dunia kerja
8. Berikut ini yang bukan merupakan prinsip dalam
menyiapkan peserta didik setelah kelulusan adalah…
A. Membekali kompetensi yang holistik dan lintas disiplin
B. Menyediakan pengembangan potensi kognitif, penalaran,
dan literasi peserta didik dalam pembelajaran
C. Memfasilitasi pembelajaran yang memaparkan informasi
dan proses yang kontekstual dengan dunia kerja
D. Memberikan
materi sebanyak-banyaknya di SMA
Jawaban : D. Memberikan materi sebanyak-banyaknya di SMA
👉 Jawaban Post Test Modul 2 “Persiapan Pemilihan”
👉 Jawaban Post Test Modul 3 “Proses Pemilihan”
👉 Jawaban Post Test Modul 4 “Setelah Pemilihan”
Demikianlah informasi mengenai kunci jawaban Post Test Modul
1 “Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan” yang ada di PMM pada topik
pemilihan mata pelajaran pilihan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi
bapak/ibu guru yang sedang mengikuti Pelatihan Mandiri di PMM.
Sekian dan Terimakasih.