Jawaban Post Test Modul 1 Mengenal Pilihan Mata Pelajaran Pilihan

Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Pelatihan Mandiri Topik Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan Modul 1 Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan Modul 1 Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan.

Sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang materi yang berhubungan dengan topik yang akan di pelajari pada pelatihan mandiri di PMM.

 


Salah satu topik baru pada pelatihan PMM yang dapat dipilih untuk di pelajari oleh bapak/ibu guru pada platform Merdeka mengajar (PMM) ialah Topik yang berjudul “Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan”. Di dalam topik ini nantinya aka nada 4 modul yang akan di pelajari diantaranya yaitu :

  • Modul 1 “Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan”
  • Modul 2 “Persiapan Pemilihan”
  • Modul 3 “Proses Pemilihan”
  • Modul 4 “Setelah Pemilihan”

 

Di setiap modul nantinya telah disiapkan bebeberapa materi yang harus di pelajari oleh bapak/ibu guru dan setelah mempelajarinya maka guru harus bisa menjawab latihan pemahaman dan cerita reflektif dari setiap materi dan juga setelah mempelajari seluruh materi di setiap modul maka bapak/ibu guru juga harus bisa menjawab beberapa soal Post Test yang telah di sediakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan materi yang telah di pelajari.

 

Nah, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan berbagi kunci jawaban untuk pelatihan mandiri Topik “Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan” khususnya untuk Modul 1 “Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan”. Disini admin kherysuryawan telah menyiapkan kunci jawaban latihan pemahaman untuk setiap materi dan juga cerita reflektif serta kunci jawaban post test modul 1.

 

Tujuan admin membagikan kunci jawaban post test Modul 1 “Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan” ini yaitu agar dapat menjadi bahan referensi bagi bapak/ibu guru yang telah mempelajari Modul 1 “Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan” di PMM sehingga bisa lebih memantapkan diri dengan baik dalam menjawab soal-soal yang tersedia.

 

Baiklah di bawah ini kunci jawaban post test Modul 1 “Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan” lengkap dengan kunci jawaban latihan pemahaman dan cerita reflektif Modul 1 “Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan”.

 

I. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif

 

A. Materi Pentingnya Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan di Fase F

Pemilihan mata pelajaran pilihan dapat membantu peserta didik untuk menggali potensinya masing-masing karena pemilihan mata pelajaran pilihan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

 

Dalam Kurikulum Merdeka Fase F, untuk kelas XI dan kelas XII, struktur mata pelajaran dibagi menjadi 2 (dua) kelompok utama, yaitu:

1. Kelompok mata pelajaran umum. Setiap SMA/MA/bentuk lain yang sederajat wajib membuka atau mengajarkan seluruh mata pelajaran dalam kelompok ini dan wajib diikuti oleh semua peserta didik SMA/MA/bentuk lain yang sederajat.

 

2. Kelompok mata pelajaran pilihan. Setiap SMA/MA/bentuk lain yang sederajat wajib menyediakan paling sedikit 7 (tujuh) mata pelajaran.

 

Khusus untuk satuan pendidikan yang ditetapkan pemerintah sebagai satuan pendidikan keolahragaan atau seni, dapat dibuka mata pelajaran Olahraga atau Seni, sesuai dengan sumber daya yang tersedia di SMA/MA/bentuk lain yang sederajat.

 

Kapan pemilihan mata pelajaran pilihan dimulai?

A. Kelas X

B. Kelas XI

C. Kelas XII

D. Kelas X, XI dan XII

Jawaban : B. Kelas XI

 

Menurut Anda, apakah pemilihan mata pelajaran pilihan di Fase F merupakan praktik yang efektif?

Jawab : Menurut saya, pemilihan mata pelajaran pilihan pada fase F sudah efektif, namun pada praktiknya banyak satuan pendidikan yang belum melaksanakan secara efektif dikarenakan berbagai unsur.

 

B. Materi Alokasi Waktu

Dalam menentukan alokasi waktu mata pelajaran pilihan, sekolah harus mempertimbangkan kondisi kesiapan peserta didik, seperti kemampuan akademik, faktor psikologis, kebutuhan peserta didik dan jumlah pendidik.

 

Pemilihan mata pelajaran pilihan oleh satuan pendidikan harus mempertimbangkan...

A. Kondisi sumber daya yang dimiliki oleh satuan pendidikan

B. Kondisi keuangan dan jumlah peserta didik di sekolah

C. Kondisi masyarakat sekitar lingkungan sekolah

D. Kondisi psikologi peserta didik

Jawaban : A. Kondisi sumber daya yang dimiliki oleh satuan pendidikan

 

Menurut Anda, apakah alokasi waktu mata pelajaran pilihan di satuan pendidikan Anda sudah tepat?

Jawab : Sudah tepat, karena proses pemilihan mata pelajaran pilihan melalui beberapa tahap yang melibatkan banyak unsur agar sesuai dengan sumber daya yang dimiliki oleh satuan pendidikan.

 

C. Materi Persiapan Setelah Kelulusan

Satuan pendidikan perlu membekali peserta didik dengan pendidikan yang menyeluruh, baik secara pengetahuan maupun keterampilan. Kenapa? Karena pilihan murid setelah lulus tidak selalu untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, namun juga langsung ke dunia kerja dan wirausaha.

 

Tujuan adanya pemilihan mata pelajaran di SMA adalah...

A. Membekali kompetensi yang holistik dan lintas disiplin

B. Menyediakan lapangan kerja

C. Mengurangi beban peserta didik

D. Memberikan materi sebanyak-banyaknya di SMA

Jawaban : A. Membekali kompetensi yang holistik dan lintas disiplin

 

Bagaimana Anda mempersiapkan murid untuk setelah kelulusan selama ini?

Jawab : Mendampingi secara terarah terhadap impian peserta didik. Biasanya kami awali dengan pendampingan individu. Kemudian memberikan motivasi serta arahan agar peserta didik tetap bersemangat untuk meraih tujuan.

 

 

II. Jawaban Post Test Modul 1 Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan

 

1. Melalui mata pelajaran pilihan, peserta didik diberikan kesempatan untuk belajar sesuai dengan poin berikut ini, kecuali...

A. Bakat

B. Finansial

C. Kemampuan

D. Minat

Jawaban : B. Finansial

 

2. Berikut ini pernyataan yang bukan merupakan prinsip dalam menentukan alokasi waktu mata pelajaran pilihan adalah...

A. Alokasi waktu mata pelajaran pilihan yaitu 20-25 JP per minggu

B. Alokasi waktu mata pelajaran pilihan harus memperhatikan minat dan bakat peserta didik.

C. Alokasi masing-masing mata pelajaran pilihan adalah 180 JP per tahun.

D. Tidak ada alokasi waktu projek penguatan profil pelajar Pancasila per tahun pada mata pelajaran pilihan

Jawaban : C. Alokasi masing-masing mata pelajaran pilihan adalah 180 JP per tahun.

 

3. Sekolah Lentera Hati mengadakan kegiatan pekan raya profesi dengan mengundang beberapa tokoh profesi untuk bercerita tentang profesi tertentu kepada peserta didik. Hal ini merupakan contoh penerapan prinsip...

A. Membekali kompetensi yang holistik dan lintas disiplin

B. Menyediakan pengembangan potensi kognitif, penalaran, dan literasi peserta didik dalam pembelajaran

C. Memfasilitasi pembelajaran yang memaparkan informasi dan proses yang kontekstual dengan dunia kerja

D. Memberikan materi sebanyak-banyaknya di SMA

Jawaban : D. Memberikan materi sebanyak-banyaknya di SMA

 

4. Tujuan adanya pengalokasian waktu mata pelajaran pilihan di satuan pendidikan adalah...

A. Membantu mengalokasikan waktu projek penguatan profl pelajar Pancasila per tahun pada mata pelajaran pilihan

B. Membantu mengalokasikan waktu bagi satuan pendidikan yang mempunyai keunggulan seni dan olahraga

C. Membantu kepala satuan pendidikan dalam menentukan kebijakan program pembelajaran Kurikulum Merdeka

D. Membantu satuan pendidikan dalam menyiapkan berbagai kebijakan terkait pemilihan, baik mata pelajaran pilihan maupun pendampingan eksplorasi minat, bakat, dan kemampuan peserta didik di tingkat satuan pendidikan.

Jawaban : D. Membantu satuan pendidikan dalam menyiapkan berbagai kebijakan terkait pemilihan, baik mata pelajaran pilihan maupun pendampingan eksplorasi minat, bakat, dan kemampuan peserta didik di tingkat satuan pendidikan.

 

5. SMA Mekar Arum mengakomodasi dan mengalokasikan waktu mata pelajaran kesenian tradisional Jawa Barat di sekolahnya. Hal ini dapat terjadi karena SMA Mekar Arum...

A. Merupakan sekolah yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai satuan berbasis kesenian dan sumber dayanya mencukupi

B. Satuan pendidikan yang ditetapkan pemerintah sebagai satuan pendidikan keolahragaan

C. Merupakan sekolah yang berada di lingkungan masyarakat yang berbasis kesenian

D. Terdapatnya seniman yang handal di satuan pendidikan tersebut

Jawaban : A. Merupakan sekolah yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai satuan berbasis kesenian dan sumber dayanya mencukupi

 

6. Apa yang mendasari satuan pendidikan untuk menyelenggarakan mata pelajaran pilihan?

A. Karena tidak semua peserta didik pandai matematika

B. Mayoritas peserta didik ingin menjadi ahli bahasa

C. Karena mata pelajaran wajib sudah dikuasai oleh peserta didik

D. Karena minat, bakat, dan potensi peserta didik berbeda-beda

Jawaban : C. Karena mata pelajaran wajib sudah dikuasai oleh peserta didik

 

7. Guru BK Sekolah Lentera Hati mengadakan bimbingan karier secara personal kepada peserta didik. Hal ini merupakan contoh penerapan prinsip…

A. Membekali kompetensi yang holistik dan lintas disiplin

B. Menyediakan pengembangan potensi kognitif, penalaran, literasi peserta didik dalam pembelajaran

C. Memfasilitasi pembelajaran yang memaparkan informasi dan proses yang kontekstual dengan dunia kerja

D. Memberikan materi sebanyak-banyaknya di SMA

Jawaban : C. Memfasilitasi pembelajaran yang memaparkan informasi dan proses yang kontekstual dengan dunia kerja

 

8. Berikut ini yang bukan merupakan prinsip dalam menyiapkan peserta didik setelah kelulusan adalah…

A. Membekali kompetensi yang holistik dan lintas disiplin

B. Menyediakan pengembangan potensi kognitif, penalaran, dan literasi peserta didik dalam pembelajaran

C. Memfasilitasi pembelajaran yang memaparkan informasi dan proses yang kontekstual dengan dunia kerja

D. Memberikan materi sebanyak-banyaknya di SMA

Jawaban : D. Memberikan materi sebanyak-banyaknya di SMA

 

LIHAT MODUL KELANJUTANNYA "TOPIK: PILIHAN MATA PELAJARAN PILIHAN":

👉 Jawaban Post Test Modul 2 “Persiapan Pemilihan”

👉 Jawaban Post Test Modul 3 “Proses Pemilihan”

👉 Jawaban Post Test Modul 4 “Setelah Pemilihan”


Demikianlah informasi mengenai kunci jawaban Post Test Modul 1 “Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan” yang ada di PMM pada topik pemilihan mata pelajaran pilihan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi bapak/ibu guru yang sedang mengikuti Pelatihan Mandiri di PMM.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel