Soal & Jawaban Sumatif Sejarah Kelas 11 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Soal & Jawaban Asesmen Sumatif Akhir Semester Sejarah Kelas 11 Semester 1 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, selamat datang di website
pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan sajian informasi
pendidikan yang ada hubungannya dengan mata pelajaran sejarah di kelas 11
semester 1 kurikulum merdeka.
Seperti kita ketahui bahwa pada kurikulum merdeka
khususnya pada mata pelajaran sejarah di kelas 11 ada 2 bab yang akan di
pelajari di pembelajaran semester 1 kurikulum merdeka, diantaranya yaitu
sebagai berikut :
Bab 1 Kolonialisme dan Perlawanan Bangsa Indonesia
A. Keterkaitan Sejarah antara Situasi Regional dan Global
B. Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Kolonialisme
C. Dampak Penjajahan di Negara Koloni
Bab 2 Pergerakan Kebangsaan Indonesia
A. Kebangkitan Bangsa Timur (Nasionalisme Asia)
B. Munculnya Embrio Kebangsaan dan Nasionalisme
C. Akhir Masa Negara Kolonial Belanda
Nah melalui postingan ini admin akan menyajikan soal
asesmen sumatif untuk mata pelajaran sejarah kelas 11 kurikulum merdeka. Soal yang
akan di sajikan disini yaitu soal sumatif yang berhubungan dengan materi sejarah
yang akan di pelajari di kelas 11 bab 1 dan bab 2 sesuai dengan yang telah di
jabarkan diatas.
Jika mengacu pada buku teks pelajaran sejarah kelas 11
semester 1 kurikulum merdeka ada kumpulan soal sumatif yang telah di siapkan
pada akhir pembelajaran di Bab 1 dan di bab 2. Sebagai informasi bahwa pada buku
teks pelajaran sejarah kelas 11 kurikulum merdeka halaman 46 dan 47 telah
disiapkan soal latihan yang berhubungan dengan materi bab 1 serta pada halaman
84 dan 85 juga telah disajikan kumpulan soal sumatif untuk materi bab 2.
Nah, melalui kesempatan ini admin akan mencoba untuk
membagikan kumpulan soal-soal sumatif sejarah kelas 11 semester 1 kurikulum
merdeka yang mana soal-soalnya telah dilengkapi dengan kunci jawaban dan
pembahasannya sehingga akan sangat membantu siswa dalam melakukan aktivitas
pembelajaran.
Selain admin kherysuryawan akan menyajikan kumpulan soal
dan jawaban sumatif sejarah kelas 11 semester 1 kurikulum merdeka pada artikel
ini, admin juga akan sekaligus membagikan kumpulan soalnya dalam bentuk file
berformat word sehingga bisa di miliki oleh siapapun yang ingin menggunakannya
sebagai bahan belajar mandiri. Selain itu file yang akan di bagikan disini juga
bisa diedit sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
Baiklah di bawah ini sajian soal-soal asesmen sumatif mata
pelajaran sejarah kelas 11 semester 1 kurikulum merdeka :
SOAL ASESMEN BAB 1 Kolonialisme dan Perlawanan Bangsa Indonesia (Halaman 46 sampai 47)
1. Pada tahun 1511, Portugis berhasil menaklukkan Malaka.
Meskipun demikian, Portugis tidak bisa sepenuhnya menguasai perdagangan di Asia
karena beberapa hal berikut, kecuali ….
a. Portugis tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri di
Malaka
b. Portugis mengalami kesulitan finansial dan kekurangan
tenaga kerja
c. Tindakan korupsi yang dilakukan oleh pejabat Portugis
di Malaka
d. Pedagang-pedagang Asia pindah ke pelabuhan lain yang
aman
e. Serangan dan perlawanan balik dari Kesultanan Malaka
Jawaban :
e. Serangan dan perlawanan balik dari Kesultanan Malaka
2. Kepulauan Banda merupakan salah satu penghasil pala
terbaik dunia. Pada tahun 1621, VOC di bawah J.P. Coen membantai penduduk
Banda. Salah satu dampak dari peristiwa tersebut adalah ….
a. Penduduk Banda trauma dan tidak lagi menanam pala
b. Berkurangnya petani yang memahami tentang budidaya
pala
c. VOC berhasil memonopoli komoditas pala di dunia
d. Timbulnya berbagai perlawanan balas dendam rakyat
Banda
e. Meningkatnya produksi pala di kepulauan Banda tahun
1622
Jawaban :
b. Berkurangnya petani yang memahami tentang budidaya
pala
3. Pada awal abad ke-19 terjadi perlawanan rakyat Maluku
terhadap Belanda. Perlawanan yang dipimpin oleh Pattimura ini dilatarbelakangi
oleh ….
a. Praktik pelayaran hongi yang memusnahkan tanaman pala
b. Perebutan lahan perkebunan pala dengan Belanda
c. Penerapan monopoli cengkeh dan kerja rodi oleh Belanda
d. Pelarangan perdagangan bebas di wilayah Maluku
e. Penderitaan rakyat Maluku karena kolonialisme Belanda
Jawaban :
c. Penerapan monopoli cengkeh dan kerja rodi oleh Belanda
4. Salah satu dampak negatif dari kolonialisme Belanda
adalah munculnya sentimen rasial. Hal ini disebabkan oleh ….
a. Belanda hanya mengakui kehebatan orang Eropa
b. Penduduk lokal iri dengan kekayaan bangsa Belanda
c. Bangsa Timur Asing tidak mau berbaur dengan pribumi
d. Belanda menerapkan berbagai aturan yang diskriminatif
e. Belanda melarang interaksi antar ras yang berbeda
Jawaban :
d. Belanda menerapkan berbagai aturan yang diskriminatif
5. Urbanisasi dan pertumbuhan kota terjadi dengan pesat
sejak penerapan kebijakan ekonomi liberal oleh pemerintah colonial dikarenakan
….
a. Sulitnya mencari pekerjaan yang layak di desa-desa
b. Lahan-lahan pertanian di desa tidak lagi menjanjikan
c. Lahan pertanian di desa yang semakin menyempit
d. Munculnya berbagai perkebunan dan perusahaan baru
e. Pemerintah kolonial membangun kota-kota baru
Jawaban :
d. Munculnya berbagai perkebunan dan perusahaan baru
Soal Esai
1. Interaksi bangsa-bangsa di nusatara dengan berbagai
bangsa asing dalam jalur rempah telah menjadikan nusantara sebagai melting
potkebudayaan. Sebutkan 3 contoh adopsi dan akulturasi kebudayaan jalur rempah
yang masih bisa ditemui di masa kini!
Jawaban :
bahasa, sistem penanggalan atau kalender, bangunan candi,
masjid-masjid kuno, dan sebagainya.
2. Bagaimana keterkaitan antara jatuhnya Konstatinopel
1453 dengan perjumpaan bangsa Indonesia dengan bangsa Eropa dalam jalur rempah?
Jawaban :
Konstatinopel merupakan salah satu pusat perdagangan di
Laut Tengah pada abad pertengahan. Jatuhnya kota ini ke tangan Turki Usmani
membuat pedagang Eropa mengalami kesulitan dalam menjalankan usahanya, termasuk
dalam perdagangan rempah. Oleh karenanya, orang-orang Eropa kemudian berusaha
untuk melakukan pelayaran untuk mencari sumber rempah-rempah hingga ke
kepualauan nusantara. Dari sinilah kemudian terjadi interaksi atau perjumpaan
bangsa Indonesia dengan bangsa Eropa dalam perdagangan rempah.
3. Bagaimanakah dinamika hubungan saudagar dan penguasa
lokal di nusantara sebelum datangnya bangsa Eropa?
Jawaban :
Sebelum kedatangan bangsa Eropa, telah banyak saudagar
dan penguasa lokal di Nusantara yang memiliki kuasa, kekayaan dan kemampuan
untuk melakukan penjelajahan bahkan perlawanan terhadap dominasi asing yang
ingin menguasai Nusantara. Hubungan politik antara kerajaan-kerajaan besar dan
saudagar-saudagar yang berada di bawah kekuasannya adalah untuk mendapatkan hak
dan menjalankan kewajiban yang saling menguntungkan satu sama lain. Para
saudagar mendapatkan perlindungan dari penguasa lokal, dan penguasa lokal
mendapatkan pembayaran upeti atau komoditi perdagangan.
Namun, jika penguasa lokal tidak dapat memberikan
perlindungan, maka para saudagar ini bisa dengan mudah berpindah dan mencari
perlindungan dari kerjaan atau penguasa lokal lainnya di Nusantara.
4. Bagaimanakah karakteristik perlawanan terhadap Belanda
sebelum dan sesudah abad ke-19?
Jawaban :
Sebelum abad ke-19, perlawanan rakyat Indonesia masih
bersifat lokal, pejuang bisa melawan penjajah, dan perjuangan dilakukan dengan
kekerasan yang dipimpin oleh para pemimpin kharismatik. Sejak abad ke-19 dan
seterusnya, dengan bantuan organisasi, perjuangan menjadi lebih teratur dan
terorganisir, munculnya kaum intelektual, rasa persatuan dan kesatuan mulai
tumbuh.
5. Mengapa Belanda mendirikan STOVIA pada awal abad
ke-20?
Jawaban :
Sebagai bentuk penerapan politik etis atau politik balas
budi yang mulai diperkenalkan pada awal abad ke-20, adanya wabah penyakit
menular sehingga pemerintah kolonial berusaha memperluas layanan kesehatan
masyarakat ke kalangan bumiputera, dan sebagainya.
SOAL ASESMEN Bab 2 Pergerakan Kebangsaan Indonesia (Buku Teks Halaman 84 sampai 85)
Soal Pilihan
Ganda !
1. Mahatma Gandi merupakan tokoh nasionalis India yang
pemikirannya banyak memengaruhi tokoh nasionalis Indonesia.
Salah satu bentuk perjuangannya adalah mengajak rakyat
India untuk memakai produk asli dalam negeri. Gerakan ini disebut sebagai ....
a. Satyagraha
b. Swadaya
c. Swadeshi
d. Ahimsa
e. Hartal
Jawaban : c. Swadeshi
2. Indische Partij merupakan organisasi pergerakan
nasional yang bersifat inklusif yang berarti ....
a. Keanggotaannya terbuka untuk penduduk pribumi saja
b. Keanggotannya
terbuka untuk semua kelompok di Hindia Belanda
c. Keanggotannya terbuka untuk penduduk di Jawa dan
Madura
d. Keanggotannya terdiri dari kalangan menengah ke atas
e. Keanggotannya terdiri dari kalangan yang terdidik saja
Jawaban : b. Keanggotannya terbuka untuk semua kelompok
di Hindia Belanda
3. Rohana Kudus merupakan salah satu tokoh pers perempuan
yang memprakarsai penerbitan surat kabar ....
a. Soenting
Melayoe
b. Soeara Perempuan
c. Poetri Hindia
d. Warta Hindia
e. Soeloeh Indonesia
Jawaban : a. Soenting Melayoe
4. Salah satu latar belakang terjadinya Perang Dunia II
di wilayah Asia adalah ....
a. Kegagalan LBB dalam menciptakan perdamaian dunia
b. Perlombaan senjata antar negara-negara besar
c. Perbedaan ideologi antara negara-negara Asia
d. Serangan
Jepang ke Indo-Cina
e. Serangan Jepang terhadap Pearl Harbour
Jawaban : d. Serangan Jepang ke Indo-Cina
5. Salah satu alasan pihak Belanda pada awalnya menolak
untuk menyerah kepada Jepang karena ....
a. Belanda merasa memiliki kekuatan militer yang lebih
besar
b. Pihak Belanda merasa Jepang pasti akan kalah
c. Pihak Sekutu akan datang membantu Belanda
d. Wewenang
penyerahan ada di tangan Ratu Belanda
e. Jepang tidak memiliki persenjataan yang baik
Jawaban : d. Wewenang penyerahan ada di tangan Ratu
Belanda
Soal Esai
1. Bagaimanakah pengaruh nasionalisme di Asia terhadap
pergerakan nasional Indonesia?
Jawaban :
Kebangkitan nasionalisme Asia ikut membangkitkan semangat
kebangsaan di Indonesia.
Serta memberikan kepercayaan diri bahwa bangsa Asia
seharusnya memiliki hak untuk menentukan nasibnya sendiri.
2. Bagaimanakah keterkaitan antara Kongres Perempuan
Pertama dengan Kongres Sumpah Pemuda?
Jawaban :
Kongres Perempuan Pertama terjadi sekitar dua bulan
setelah Kongres Pemuda II atau dikenal juga dengan Kongres Sumpah Pemuda.
Beberapa penggagas Kongres Perempuan Pertama juga hadir
dalam Kongres Sumpah Pemuda.
Mereka terinspirasi dari kongres tersebut dan merasa
bahwa para perempuan juga perlu melakukan kongres serupa untuk membahas
berbagai permasalahan perempuan di masa itu.
Dan mempersatukan organisasi-organisasi perempuan di
masanya.
3. Bagaimanakah dampak the great depression terhadap
Hindia Belanda?
Jawaban :
Dampak the great depression bagi Hindia Belanada antara lain:
- menurunnya harga pasar karena menurunnya permintaan komoditas internasional,
- terdapat permasalahan dalam usaha tanaman perdagangan khususnya gula dan karet, dan
- krisis keuangan yang terjadi di hampir seluruh pelosok negeri karena berkurangnya penerimaan dan belanja negara.
4. Bagaimanakah dampak Perang Dunia II terhadap
Indonesia?
Jawaban :
Perang Dunia II yang berlangsung di Asia membuat Jepang
meningincar Indonesia.
Jepang kemudian berhasil mengalahkan Belanda dan memaksa
mereka untuk menyerah di Kalijati.
Peristiwa ini menandai berakhirnya kekuasaan negara
kolonial Hindia Belanda.
5. Mengapa bangsa Indonesia tidak membantu Belanda saat
Jepang menyerang?
Jawaban :
Sebelumnya Jepang sudah mendekati mempelajari tentang
kondisi bangsa Indonesia dan mendekati para pemimpin pergerakan.
Adanya kepercayaan terhadap ramalan Jayabaya di Jawa, dan
sebagainya.
Bagi anda yang ingin memiliki file kumpulan soal yang
telah di lengkapi dengan kunci jawaban seperti yang telah di sajikan di atas,
maka silahkan dapatkan filenya yang telah di simpan dalam format word di bawah
ini :
- Soal & Jawaban Sumatif Sejarah Kelas 11 semester 1 Kurikulum Merdeka VERSI 1 – (DISINI)
- Soal & Jawaban Sumatif Sejarah Kelas 11 semester 1 Kurikulum Merdeka VERSI 2 - (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai kumpulan soal lengkap
dengan kunci jawaban asesmen sumatif akhir semester untuk mata pelajaran
sejarah kelas 11 semester 1 kurikulum merdeka. Semoga apa yang telah di sajikan
pada postingan ini bermanfaat bagi sahabat-sahabat pendidikan yang
membutuhkannya.
Sekian dan Terimakasih.