100 Soal & Jawaban Sumatif IPA Kelas 10 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Kumpulan soal dan jawaban Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) mata pelajaran IPA kelas 10 Semester 1 kurikulum merdeka.

 

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin ingin memberikan informasi tentang kumpulan soal-soal sumatif untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mana mata pelajaran ini nantinya akan di pelajari di kelas 10 semester 1 kurikulum merdeka.

 


Pada kurikulum merdeka khusus untuk mata pelajaran fisika, Biologi, kimia kini telah digabung menjadi 1 mapel yakni mata pelajaran IPA. Nah, untuk anda yang di sekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka maka pastinya telah mempelajari IPA di kelas 10.

 

Sebagai informasi bahwa pada mata pelajaran IPA di kelas 10 semester 1 kurikulum merdeka ada beberapa BAB yang nantinya akan dipelajari,. Diantaranya yaitu sebagai berikut.

Bab 1 Pengukuran dalam Kerja Ilmiah

Bab 2 Virus dan Peranannya

Bab 3 Kimia Hijau dalam Pembangunan Berkelanjutan 2030

Bab 4 Hukum Dasar Kimia di Sekitar Kita

 

Membahas tentang materi yang telah di sebutkan diatas, maka pada postingan ini admin ingin membagikan kumpulan soal-soal yang telah disesuaikan dengan materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran IPA di kelas 10 semester 1 kurikulum merdeka.

 

Soal-soal sumatif IPA kelas 10 semester 1 kurikulum merdeka yang akan admin sajikan disini dapat menjadi bahan belajar mandiri bagi siswa sebagai sebuah latihan untuk persiapan menghadapi ujian atau ulangan sumatif akhir semester.

 

Disini admin telah menyiapkan kumpulan soal-soal sumatif untuk persiapan dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) pada mata pelajaran IPA kelas 10 semester 1 kurikulum merdeka. Seluruh soal yang disajikan dan yang akan di bagikan pada postingan ini telah di lengkapi dengan kunci jawabannya sehingga akan sangat mudah untuk di jadikan sebagai bahan referensi dalam belajar. Apabila masih terdapat kunci jawaban yang dianggap kurang sesuai maka mohon di maafkan dan pada file yang akan admin bagikan agar bisa melakukan perbaikan jika di perlukan.

 

Baiklah di bawah ini sajian soal-soal sumatif IPA kelas 10 semester 1 kurikulum merdeka yang disajikan dalam 2 versi.

 

SOAL & JAWABAN ASESMEN SUMATIF IPA (VERSI 1)

 

Soal 1:
Pertanyaan:
Bagaimana kalian bisa meningkatkan akurasi pengukuran dengan menggunakan alat ukur yang lebih baik?

a) Menggunakan alat ukur dengan rentang pengukuran yang lebih besar
b) Menggunakan alat ukur yang lebih presisi
c) Meningkatkan presisi alat ukur yang sudah digunakan
d) Mengandalkan lebih banyak alat ukur

Jawaban:
b) Menggunakan alat ukur yang lebih presisi

 

Soal 2:
Pertanyaan:
Apa yang dimaksud dengan resolusi dalam konteks pengukuran?

a) Kemampuan alat untuk mengukur rentang nilai yang besar
b) Jumlah digit atau angka desimal dalam hasil pengukuran
c) Presisi tinggi pada hasil pengukuran
d) Kesalahan yang mungkin terjadi selama pengukuran

Jawaban:
b) Jumlah digit atau angka desimal dalam hasil pengukuran

 

Soal 3:
Pertanyaan:
Bagaimana perbedaan antara akurasi dan presisi dalam pengukuran?

a) Akurasi adalah kemampuan alat memberikan hasil yang konsisten, sedangkan presisi adalah ketepatan hasil pengukuran terhadap nilai sebenarnya.
b) Presisi adalah kemampuan alat memberikan hasil yang konsisten, sedangkan akurasi adalah ketepatan hasil pengukuran terhadap nilai sebenarnya.
c) Akurasi dan presisi memiliki arti yang sama dalam pengukuran.
d) Akurasi adalah kemampuan alat memberikan hasil yang konsisten dan tepat, sedangkan presisi adalah konsistensi hasil pengukuran.

Jawaban:
d) Akurasi adalah kemampuan alat memberikan hasil yang konsisten dan tepat, sedangkan presisi adalah konsistensi hasil pengukuran.

 

Soal 4:
Pertanyaan:
Apa yang dimaksud dengan presisi dalam konteks pengukuran?

a) Kemampuan alat pengukur untuk memberikan hasil yang konsisten
b) Ketepatan hasil pengukuran terhadap nilai sebenarnya
c) Rentang nilai yang dapat diukur oleh suatu alat
d) Tingkat keakuratan suatu alat pengukur

Jawaban:
a) Kemampuan alat pengukur untuk memberikan hasil yang konsisten

 

Soal 5:
Pertanyaan:
Satuan dasar apa yang digunakan dalam sistem International System of Units (SI) untuk mengukur massa?

a) Meter
b) Kilogram
c) Detik
d) Kelvin

Jawaban:
b) Kilogram

 

Soal 6:
Pertanyaan:
Bagaimana virus bereproduksi?

a) Melalui pembelahan sel
b) Dengan melakukan fotosintesis
c) Dengan menyusun nukleotida
d) Dengan menggunakan sel inang untuk menghasilkan salinan baru

Jawaban:
d) Dengan menggunakan sel inang untuk menghasilkan salinan baru

 

Soal 7:
Pertanyaan:
Apakah virus dapat dianggap sebagai sel?

a) Ya, karena memiliki struktur sel
b) Ya, karena dapat melakukan fotosintesis
c) Tidak, karena tidak memiliki struktur sel dan tidak dapat melakukan fungsi sel
d) Tidak, karena dapat bertahan hidup tanpa sel inang

Jawaban:
c) Tidak, karena tidak memiliki struktur sel dan tidak dapat melakukan fungsi sel

 

Soal 8:
Pertanyaan:
Mengapa vaksinasi menjadi metode efektif untuk mengendalikan penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus?

a) Vaksin merangsang pertumbuhan virus
b) Vaksin memberikan kekebalan tubuh terhadap virus tertentu
c) Vaksin menyebabkan infeksi virus
d) Vaksin memperkuat virus dalam tubuh

Jawaban:
b) Vaksin memberikan kekebalan tubuh terhadap virus tertentu

 

Soal 9:
Pertanyaan:
Apa karakteristik utama yang membedakan virus dari organisme hidup?

a) Kemampuan untuk bereproduksi
b) Adanya struktur sel
c) Kehidupan metabolisme
d) Adanya asam nukleat dan protein

Jawaban:
c) Kehidupan metabolisme

 

Soal 10:
Pertanyaan:
Apa peran utama virus dalam kehidupan?

a) Menyebabkan penyakit pada manusia
b) Mendukung proses fotosintesis
c) Membantu pencernaan dalam sistem pencernaan
d) Berperan sebagai produsen dalam rantai makanan

Jawaban:
a) Menyebabkan penyakit pada manusia


Soal 11:
Pertanyaan:
Apa yang menjadi tujuan utama virus ketika menginfeksi sel inang?

a. Menghancurkan sel inang
b. Membuat sel inang lebih kuat
c. Menggunakan sel inang untuk berkembang biak
d. Menjadi bagian permanen dari sel inang

Jawaban:
c. Menggunakan sel inang untuk berkembang biak

 

Soal 12:
Pertanyaan:
Bagaimana cara vaksin bekerja dalam melawan virus?

a. Menghancurkan sel inang
b. Mencegah virus masuk ke dalam sel inang
c. Membuat sel inang lebih kuat
d. Menggabungkan diri dengan virus

Jawaban:
b. Mencegah virus masuk ke dalam sel inang

 

Soal 13:
Pertanyaan:
Apa yang disebut sebagai kapsid pada struktur virus?

a. Inti sel
b. Selubung protein
c. Asam nukleat
d. Ribosom

Jawaban:
b. Selubung protein

 

Soal 14:
Pertanyaan:
Bagaimana virus dapat menyebabkan penyakit pada manusia?

a. Dengan merusak jaringan tubuh
b. Dengan meningkatkan kekebalan tubuh
c. Dengan mengubah warna kulit
d. Dengan membuat tubuh lebih kuat

Jawaban:
a. Dengan merusak jaringan tubuh

 

Soal 15:
Pertanyaan:
Apakah virus dapat dianggap sebagai sel?

a. Ya, karena dapat berkembang biak
b. Tidak, karena tidak memiliki sel
c. Ya, karena memiliki inti sel
d. Tidak, karena tidak memiliki asam nukleat

Jawaban:
b. Tidak, karena tidak memiliki sel

 

Soal 16:
Pertanyaan:
Apa yang dimaksud dengan zoonosis?

a. Penyakit yang menyerang manusia
b. Penyakit yang menular melalui makanan
c. Penyakit yang berasal dari hewan dan dapat menular ke manusia
d. Penyakit yang menular melalui udara

Jawaban:
c. Penyakit yang berasal dari hewan dan dapat menular ke manusia

 

Soal 17:
Pertanyaan:
Bagaimana cara penggunaan bakteriofag dalam bidang medis?

a. Sebagai agen penyebab penyakit
b. Sebagai vektor dalam terapi gen
c. Sebagai obat antibiotik
d. Sebagai bahan tambahan dalam vaksin

Jawaban:
b. Sebagai vektor dalam terapi gen

 

Soal 18:
Pertanyaan:
Apa perbedaan utama antara virus DNA dan virus RNA?

a. Virus DNA memiliki inti sel, sedangkan virus RNA tidak.
b. Virus DNA menggunakan RNA sebagai bahan genetik, sedangkan virus RNA menggunakan DNA.
c. Virus DNA memiliki selubung protein, sedangkan virus RNA tidak.
d. Virus DNA menggunakan DNA sebagai bahan genetik, sedangkan virus RNA menggunakan RNA.

Jawaban:
d. Virus DNA menggunakan DNA sebagai bahan genetik, sedangkan virus RNA menggunakan RNA.

 

Soal 19:
Pertanyaan:
Bagaimana virus bereplikasi di dalam sel inangnya?

a. Dengan melakukan fotosintesis
b. Dengan menyusun asam amino
c. Dengan menggunakan enzim sel inang
d. Dengan mereplikasi asam nukleatnya menggunakan mesin replikasi sel inang

Jawaban:
d. Dengan mereplikasi asam nukleatnya menggunakan mesin replikasi sel inang

 

Soal 20:
Pertanyaan:
Apa yang dimaksud dengan fase laten pada siklus reproduksi virus?

a. Fase di mana virus aktif menyusun sel inangnya
b. Fase di mana virus beristirahat sebelum menginfeksi sel inang
c. Fase di mana virus keluar dari sel inang
d. Fase di mana virus menyusup ke dalam inti sel inang

Jawaban:
b. Fase di mana virus beristirahat sebelum menginfeksi sel inang


Soal 21:
Pertanyaan:
Manakah dari berikut yang merupakan prinsip utama dari kimia hijau?

a) Menggunakan bahan kimia beracun.
b) Meningkatkan konsumsi energi.
c) Mencegah limbah dan polusi.
d) Mengabaikan dampak lingkungan.

Jawaban:
c) Mencegah limbah dan polusi.

 

Soal 22:
Pertanyaan:
Apa yang dimaksud dengan solven hijau dalam konteks kimia hijau?

a) Pelarut yang ramah lingkungan.
b) Pewarna yang dihasilkan dari tumbuhan hijau.
c) Senyawa kimia yang merusak lapisan ozon.
d) Proses kimia yang menggunakan energi fosil.

Jawaban:
a) Pelarut yang ramah lingkungan.

 

Soal 23:
Pertanyaan:
Bagaimana peran kimia hijau dalam pencapaian tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030?

a) Kimia hijau tidak memiliki kaitan dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan.
b) Kimia hijau dapat membantu mengurangi dampak lingkungan dan mencapai tujuan keberlanjutan.
c) Kimia hijau hanya berfokus pada keuntungan ekonomi tanpa memperhatikan dampak lingkungan.
d) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan tidak membutuhkan kontribusi dari kimia hijau.

Jawaban:
b) Kimia hijau dapat membantu mengurangi dampak lingkungan dan mencapai tujuan keberlanjutan.

 

Soal 24:
Pertanyaan:
Apa yang dimaksud dengan konsep kimia hijau?

a) Prinsip kimia yang hanya berfokus pada warna hijau.
b) Pendekatan kimia yang memprioritaskan keberlanjutan dan mengurangi dampak lingkungan.
c) Penggunaan pewarna alami dalam sintesis kimia.
d) Kimia yang hanya berfokus pada tanaman hijau.

Jawaban:
b) Pendekatan kimia yang memprioritaskan keberlanjutan dan mengurangi dampak lingkungan.

 

Soal 25:
Pertanyaan:
Apa tujuan utama dari konsep kimia hijau dalam pembangunan berkelanjutan?

a) Meningkatkan produksi limbah kimia.
b) Mengurangi penggunaan energi dalam proses kimia.
c) Menambahkan bahan kimia berbahaya dalam produk.
d) Memaksimalkan penggunaan bahan kimia sintetis.

Jawaban:
b) Mengurangi penggunaan energi dalam proses kimia.

 

Soal 26:
Pertanyaan:
Apa yang dimaksud dengan massa atom relatif?

a) Massa total atom dalam suatu molekul.
b) Massa atom suatu unsur dibandingkan dengan 1/12 massa atom karbon-12.
c) Massa total molekul dalam satu mol zat.
d) Massa total elektron dalam satu atom.

Jawaban:
b) Massa atom suatu unsur dibandingkan dengan 1/12 massa atom karbon-12.

 

Soal 27:
Pertanyaan:
Bagaimana cara menghitung massa molekul relatif suatu senyawa?

a) Menjumlahkan massa atom relatif semua atom dalam senyawa tersebut.
b) Mengalikan jumlah atom suatu unsur dengan massa atom relatifnya.
c) Membandingkan massa molekul dengan massa atom.
d) Mengurangkan massa molekul dengan massa atom.

Jawaban:
a) Menjumlahkan massa atom relatif semua atom dalam senyawa tersebut.

 

Soal 28:
Pertanyaan:
Bagaimana Hukum Avogadro dapat diaplikasikan pada kasus pengisian tabung gas helium?

a) Volume helium dalam tabung selalu tetap.
b) Jumlah helium dalam tabung berbanding lurus dengan volume.
c) Gas helium akan merambat lebih cepat saat tabung diisi.
d) Jumlah helium dalam tabung bergantung pada tekanan.

Jawaban:
b) Jumlah helium dalam tabung berbanding lurus dengan volume.

 

Soal 29:
Pertanyaan:
Siapakah ilmuwan yang dikenal sebagai bapak kimia modern dan menyangkal keberadaan flogiston pada tahun 1780-an?

a) Joseph Priestley
b) Antoine Lavoisier
c) Lavoisier Priestley
d) Antoine Laviosier

Jawaban:
b) Antoine Lavoisier

 

Soal 30:
Pertanyaan:
Apa yang menjadi objek eksperimen Joseph Proust dalam pengembangan Hukum Perbandingan Tetap?

a) Gas Hidrogen
b) Air
c) Oksigen
d) Campuran Hidrogen dan Oksigen

Jawaban:
b) Air

 

SOAL & JAWABAN ASESMEN SUMATIF IPA (VERSI 2)

 

1. Apakah perbedaan antara energi terbarukan dan energi konvensional?

A. Energi terbarukan tidak ramah lingkungan
B. Energi terbarukan berasal dari sumber alam yang dapat diperbaharui seperti matahari, angin, dan air, sedangkan energi konvensional berasal dari sumber-sumber yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi dan batu bara.
C. Energi terbarukan lebih mahal daripada energi konvensional
D. Energi terbarukan berasal dari sumber-sumber yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi dan batu bara

Jawaban: B

2. Perbandingan massa unsur magnesium dan oksigen di dalam magnesium oksida adalah 3:2. Jika 6 gram magnesium direaksikan dengan oksigen untuk membentuk senyawa megnesium oksida, berapa gram oksigen yang diperlukan dan berapa magnesium oksida yang dihasilkan?

A. 4 gram Oksigen dan 10 gram MgO
B. 2 gram Oksigen dan 8 gram MgO
C. 4 gram Oksigen dan 14 gram MgO
D. 4 gram Oksigen dan 5 gram MgO

Jawaban: A

3. Setiap 2 liter gas nitrogen tepat habis bereaksi dengan 3 liter gas oksigen menghasilkan 2 liter gas oksida nitrogen. Jika volume diukur pada tekanan dan suhu sama, tentukan rumus molekul oksida nitrogen tersebut ...

A. NO
B. N2O3
C. NO3
D. N3O2

Jawaban: B

4. Kegiatan yang dapat menyebabkan hilangnya keanekaragaman hayati adalah ...

A. Memburu hewan lindung
B. Membuat hutan lindung
C. Membuat UU Keanekaragaman hayati
D. Melakukan reboisasi

Jawaban: A

5. Berikut merupakan langkah bijak mengenai keanekaragaman hayati di Indonesia adalah ...

A. Memanfaatkan keanekaragaman hayati semaksimal mungkin untuk kemakmuran bangsa
B. Memanfatakan sumber daya mineral sebijak mungkin demi masa depan bangsa
C. Menjaga keanekaragaman hayati untuk kepentingan masyarakat dan anak cucu kita
D. Keanekaragaman hayati adalah hak bangsa sehingga bangsa berhak memanfaatkan semaksimal mungkin untuk kemajuan bangsa

Jawaban: C

6. Virus termasuk dalamorganisasi tingkat dari kehidupan ...

a. Molekul
b. bSel B
c. Jaringan
d. Organ
e. Organisme

Jawaban: E

7. Bacteriofage adalah ...

a. Bakteri menyerang virus
b. virus menyerang bakteri
c. Bakteri patogen
d. Virus patogen
e. DNA virus

Jawaban: B
8. Apa perbedaan antara Archaebacteria dengan Eubacteria ialah ada tidaknya ...

a. Protein
b. dinding sel
c. DNA
d. Peptidoglikan
e. Ribosom

Jawaban: B

9. Pada saat nyamuk menghisap darah, Plasmodium yang masuk ke tubuh manusia berbentuk ...

a. Sporozoit
b. Merozoit
c. Transpozoit
d. Gametosit
e. Ookinet

Jawaban: C

10. Aktivitas manusia yang memiliki dampak positif dalam keanekaragaman hayati ialah ...

a. Penciptaan cagar alam
b. mengubah hutan jadi pertanian
c. Perburuan ilegal
d. Penebangan ilegal
e. Industrialisasi

Jawaban: C

11. Sebutkan tiga contoh teknologi energi terbarukan!

A. Angin, Matahari, Angin
B. Minyak Bumi, Gas Alam, Batu Bara
C. Angin, Minyak Bumi, Batu Bara
D. Matahari, Angin, Gas Alam

Jawaban: A

12. Bagaimana cara menghasilkan energi listrik dari gelombang laut?

A. Dengan menggunakan panel surya di atas laut
B. Dengan menanam pohon di sekitar pantai
C. Dengan memanfaatkan angin laut untuk menghasilkan listrik
D. Dengan menggunakan alat yang disebut sebagai pembangkit listrik tenaga gelombang laut (PLTGL)

Jawaban: D

13. Bagaimana teknologi energi panas bumi dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan?

A. Energi panas bumi dapat dimanfaatkan dengan menanam pohon di dalam bumi untuk menyerap panasnya
B. Energi panas bumi dapat dimanfaatkan dengan mengebor sumur minyak di dalam bumi untuk menghasilkan energi
C. Energi panas bumi dapat dimanfaatkan dengan cara memanfaatkan panas yang dihasilkan dari dalam bumi untuk menghasilkan listrik melalui pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP).
D. Energi panas bumi dapat dimanfaatkan dengan memanaskan air laut untuk menghasilkan listrik

Jawaban: C

14. Gas hidrogen yang volumenya 10 liter direaksikan dengan gas oksigen yang volumenya 10 liter membentuk uap air. Bila volume diukur pada suhu dan tekanan yang sama, maka berapakah volume maksimum uap air yang dapat dihasilkan?

A. 15 L
B. 20 L
C. 5 L
D. 10 L

Jawaban: D

15. Jumlah proton, elektron, dan neutron 15P31 pada atom beruturut-turut adalah ...

A. 16, 15, dan 6
B. 15, 16, dan 16
C. 15, 15, dan 16
D. 15, 16, dan 15

Jawaban: C

16. Seorang siswa mencari informasi mengenai tentang penyebab TBC, ini yang terkait dengan kasus studi biologi yaitu ...

a. Bakteriologi
b. Virologi
c. Mikologi
d. Sitologi
e. Morfologi

Jawaban: C

17. Menulis nama spesies yang benar dan tepat adalah ...

a. MIMOSA PUDICA
b. MimoSa pudica
c. Mimosa puDica
d. mimosa pudica
e. Mimosa Pudica

Jawaban: E

18. Virus bisa dianggap sebagai benda mati karena ...

a. Dapat dikristalisasi
b. Terdiri dari protein
c. Dapat membelah
d. Hanya memiliki DNA
e. Mereproduksi dirinya

Jawaban: E

19. Penempelan serat dari ekor virus ke dinding sel bakteri termasuk tahap ...

a. Adsorpsi
b. Penetrasi
c. Eclifase
d. pematangan
e. Lyse

Jawaban: A

20. Berikut ini yang bukan merupakan karakteristik khas abiotik adalah ...

a. Warna
b. ukurannya
c. bentuk
d. reproduksi
e. Tekstur

Jawaban: D

21. Penemu neutron adalah ...

A. William Crookes
B. Goldstein
C. James Chadwick
D. Sir Humphry Davy

Jawaban: C

22. Apakah perbedaan antara energi terbarukan dan energi konvensional?

A. Energi terbarukan tidak ramah lingkungan
B. Energi terbarukan berasal dari sumber alam yang dapat diperbaharui seperti matahari, angin, dan air, sedangkan energi konvensional berasal dari sumber-sumber yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi dan batu bara.
C. Energi terbarukan lebih mahal daripada energi konvensional
D. Energi terbarukan berasal dari sumber-sumber yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi dan batu bara

Jawaban: B

23. Berikut merupakan langkah bijak mengenai keanekaragaman hayati di Indonesia adalah ...

A. Memanfaatkan keanekaragaman hayati semaksimal mungkin untuk kemakmuran bangsa
B. Memanfatakan sumber daya mineral sebijak mungkin demi masa depan bangsa
C. Menjaga keanekaragaman hayati untuk kepentingan masyarakat dan anak cucu kita
D. Keanekaragaman hayati adalah hak bangsa sehingga bangsa berhak memanfaatkan semaksimal mungkin untuk kemajuan bangsa

Jawaban: C

24. Berikut ini yang bukan merupakan karakteristik khas abiotik adalah ...

A. Warna
B. ukurannya
C. bentuk
D. reproduksi
E. Tekstur

Jawaban: D

25. Bagaimana teknologi energi panas bumi dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan?

A. Energi panas bumi dapat dimanfaatkan dengan menanam pohon di dalam bumi untuk menyerap panasnya
B. Energi panas bumi dapat dimanfaatkan dengan mengebor sumur minyak di dalam bumi untuk menghasilkan energi
C. Energi panas bumi dapat dimanfaatkan dengan cara memanfaatkan panas yang dihasilkan dari dalam bumi untuk menghasilkan listrik melalui pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP).
D. Energi panas bumi dapat dimanfaatkan dengan memanaskan air laut untuk menghasilkan listrik

Jawaban: C

26. Seorang siswa mencari informasi mengenai tentang penyebab TBC, ini yang terkait dengan kasus studi biologi yaitu ...

A. Bakteriologi
B. Virologi
C. Mikologi
D. Sitologi
E. Morfologi

Jawaban: C

27. Menulis nama spesies yang benar dan tepat adalah ...

A. MIMOSA PUDICA
B. MimoSa pudica
C. Mimosa puDica
D. mimosa pudica
E. Mimosa Pudica

Jawaban: E

28. Bagaimana cara menghasilkan energi listrik dari gelombang laut?

A. Dengan menggunakan panel surya di atas laut
B. Dengan menanam pohon di sekitar pantai
C. Dengan memanfaatkan angin laut untuk menghasilkan listrik
D. Dengan menggunakan alat yang disebut sebagai pembangkit listrik tenaga gelombang laut (PLTGL)

Jawaban: D

29. Penempelan serat dari ekor virus ke dinding sel bakteri termasuk tahap ...

A. Adsorpsi
B. Penetrasi
C. Eclifase
D. pematangan
E. Lyse

Jawaban: A

30. Sebutkan tiga contoh teknologi energi terbarukan!

A. Angin, Matahari, Angin
B. Minyak Bumi, Gas Alam, Batu Bara
C. Angin, Minyak Bumi, Batu Bara
D. Matahari, Angin, Gas Alam

Jawaban: A

31. Jumlah proton, elektron, dan neutron 15P31 pada atom beruturut-turut adalah ...

A. 16, 15, dan 6
B. 15, 16, dan 16
C. 15, 15, dan 16
D. 15, 16, dan 15

Jawaban: C

32. Sebanyak 18 gram glukosa di bakar dengan oksigen menghasilkan 26,4 gram gas karbon dioksida dan 10,8 gram uap air.
Berapa gram oksigen yang telah bereaksi pada pembakaran tersebut?

A. 55,2 gram
B. 2,4 gram
C. 33,6 gram
D. 19,2 gram

Jawaban: D

33. Penempelan serat dari ekor virus ke dinding sel bakteri termasuk tahap ...

A. Adsorpsi
B. Penetrasi
C. Eclifase
D. pematangan
E. Lyse

Jawaban: A

34. Sebutkan tiga contoh teknologi energi terbarukan!

A. Angin, Matahari, Angin
B. Minyak Bumi, Gas Alam, Batu Bara
C. Angin, Minyak Bumi, Batu Bara
D. Matahari, Angin, Gas Alam

Jawaban: A

35. Jumlah proton, elektron, dan neutron 15P31 pada atom beruturut-turut adalah ...

A. 16, 15, dan 6
B. 15, 16, dan 16
C. 15, 15, dan 16
D. 15, 16, dan 15

Jawaban: C

36. Sebanyak 18 gram glukosa di bakar dengan oksigen menghasilkan 26,4 gram gas karbon dioksida dan 10,8 gram uap air.
Berapa gram oksigen yang telah bereaksi pada pembakaran tersebut?

A. 55,2 gram
B. 2,4 gram
C. 33,6 gram
D. 19,2 gram

Jawaban: D

 

SOAL & JAWABAN ASESMEN SUMATIF IPA (VERSI 3)

BAB 1 PENGUKURAN DALAM KERJA ILMIAH

A. SOAL PILIHAN GANDA

Soal 1:
Pertanyaan:
Bagaimana kalian bisa meningkatkan akurasi pengukuran dengan menggunakan alat ukur yang lebih baik?

a) Menggunakan alat ukur dengan rentang pengukuran yang lebih besar
b) Menggunakan alat ukur yang lebih presisi
c) Meningkatkan presisi alat ukur yang sudah digunakan
d) Mengandalkan lebih banyak alat ukur

Jawaban:
b) Menggunakan alat ukur yang lebih presisi

 

Soal 2:
Pertanyaan:
Apa yang dimaksud dengan resolusi dalam konteks pengukuran?

a) Kemampuan alat untuk mengukur rentang nilai yang besar
b) Jumlah digit atau angka desimal dalam hasil pengukuran
c) Presisi tinggi pada hasil pengukuran
d) Kesalahan yang mungkin terjadi selama pengukuran

Jawaban:
b) Jumlah digit atau angka desimal dalam hasil pengukuran

 

Soal 3:
Pertanyaan:
Bagaimana perbedaan antara akurasi dan presisi dalam pengukuran?

a) Akurasi adalah kemampuan alat memberikan hasil yang konsisten, sedangkan presisi adalah ketepatan hasil pengukuran terhadap nilai sebenarnya.
b) Presisi adalah kemampuan alat memberikan hasil yang konsisten, sedangkan akurasi adalah ketepatan hasil pengukuran terhadap nilai sebenarnya.
c) Akurasi dan presisi memiliki arti yang sama dalam pengukuran.
d) Akurasi adalah kemampuan alat memberikan hasil yang konsisten dan tepat, sedangkan presisi adalah konsistensi hasil pengukuran.

Jawaban:
d) Akurasi adalah kemampuan alat memberikan hasil yang konsisten dan tepat, sedangkan presisi adalah konsistensi hasil pengukuran.



Soal 4:
Pertanyaan:
Apa yang dimaksud dengan presisi dalam konteks pengukuran?

a) Kemampuan alat pengukur untuk memberikan hasil yang konsisten
b) Ketepatan hasil pengukuran terhadap nilai sebenarnya
c) Rentang nilai yang dapat diukur oleh suatu alat
d) Tingkat keakuratan suatu alat pengukur

Jawaban:
a) Kemampuan alat pengukur untuk memberikan hasil yang konsisten

 

Soal 5:
Pertanyaan:
Satuan dasar apa yang digunakan dalam sistem International System of Units (SI) untuk mengukur massa?

a) Meter
b) Kilogram
c) Detik
d) Kelvin

Jawaban:
b) Kilogram

 

B. SOAL ESSAY

Soal 1

Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan resolusi dalam pengukuran? Bagaimana resolusi dapat memengaruhi interpretasi hasil eksperimen?

 

Jawaban: Resolusi mengacu pada sejauh mana suatu alat pengukur dapat membedakan atau menunjukkan perbedaan kecil dalam hasil pengukuran. Resolusi yang tinggi memungkinkan identifikasi perubahan yang kecil, sementara resolusi yang rendah mungkin menyebabkan kehilangan detail. Resolusi yang baik penting dalam mendapatkan data yang akurat dan mendukung interpretasi yang tepat.

 

Soal 2: Pertanyaan: Bagaimana penggunaan satuan dalam pengukuran mendukung kerja ilmiah? Mengapa penggunaan satuan standar, seperti satuan dalam SI, sangat penting?

 

Jawaban: Penggunaan satuan dalam pengukuran memberikan keseragaman dan konsistensi dalam penyampaian informasi. Satuan standar, seperti yang terdapat dalam SI, sangat penting karena memastikan bahwa para ilmuwan di seluruh dunia dapat berkomunikasi dengan jelas dan efektif. Hal ini mengurangi kebingungan dan kesalahan dalam interpretasi hasil penelitian.

 

Soal 3: Pertanyaan: Jelaskan konsep presisi dalam pengukuran. Bagaimana suatu alat yang presisinya tinggi dapat mendukung keberhasilan suatu eksperimen atau penelitian?

 

Jawaban: Presisi dalam pengukuran merujuk pada sejauh mana hasil pengukuran bersifat konsisten atau mendekati satu sama lain. Alat yang presisinya tinggi memberikan hasil yang seragam dan dapat diulang, memastikan bahwa kesalahan yang mungkin muncul akibat variasi alat minim. Alat yang presisinya tinggi mendukung keberhasilan eksperimen atau penelitian karena memberikan data yang dapat diandalkan dan konsisten.

 

Soal 4: Pertanyaan: Jelaskan pentingnya pengukuran dalam kerja ilmiah. Bagaimana pengukuran membantu dalam memperoleh informasi yang akurat dalam penelitian dan eksperimen?

 

Jawaban: Pengukuran memiliki peran penting dalam kerja ilmiah karena memungkinkan pengumpulan data yang akurat dan objektif. Melalui pengukuran, peneliti dapat mendapatkan informasi yang diperlukan untuk menguji hipotesis, membuat generalisasi, dan membuat kesimpulan yang valid.

 

Soal 5: Pertanyaan: Apa perbedaan antara akurasi dan presisi dalam konteks pengukuran? Bagaimana keduanya dapat mempengaruhi hasil eksperimen atau penelitian?

 

Jawaban: Akurasi mengukur sejauh mana hasil pengukuran mendekati nilai sebenarnya, sementara presisi mengukur sejauh mana hasil pengukuran konsisten atau mendekati satu sama lain. Keduanya berpengaruh pada validitas dan reliabilitas data. Akurasi memastikan data mendekati kebenaran, sedangkan presisi menunjukkan seberapa baik data dapat diulang dengan hasil yang seragam.

 

BAB 2 VIRUS DAN PERANANNYA

A. PILIHAN GANDA

Soal 1:

Pertanyaan: Bagaimana virus bereproduksi?

a) Melalui pembelahan sel

b) Dengan melakukan fotosintesis

c) Dengan menyusun nukleotida

d) Dengan menggunakan sel inang untuk menghasilkan salinan baru

Jawaban: d) Dengan menggunakan sel inang untuk menghasilkan salinan baru

 

Soal 2:

 Pertanyaan: Apakah virus dapat dianggap sebagai sel?

a) Ya, karena memiliki struktur sel

b) Ya, karena dapat melakukan fotosintesis

c) Tidak, karena tidak memiliki struktur sel dan tidak dapat melakukan fungsi sel

d) Tidak, karena dapat bertahan hidup tanpa sel inang

Jawaban: c) Tidak, karena tidak memiliki struktur sel dan tidak dapat melakukan fungsi sel

Soal 3:

Pertanyaan: Mengapa vaksinasi menjadi metode efektif untuk mengendalikan penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus?

a) Vaksin merangsang pertumbuhan virus

b) Vaksin memberikan kekebalan tubuh terhadap virus tertentu

c) Vaksin menyebabkan infeksi virus

d) Vaksin memperkuat virus dalam tubuh

Jawaban: b) Vaksin memberikan kekebalan tubuh terhadap virus tertentu

 

Soal 4:

Pertanyaan: Apa karakteristik utama yang membedakan virus dari organisme hidup?

a) Kemampuan untuk bereproduksi

b) Adanya struktur sel

c) Kehidupan metabolisme

d) Adanya asam nukleat dan protein

Jawaban: c) Kehidupan metabolisme

 

Soal 5:

Pertanyaan: Apa peran utama virus dalam kehidupan?

a) Menyebabkan penyakit pada manusia

b) Mendukung proses fotosintesis

c) Membantu pencernaan dalam sistem pencernaan

d) Berperan sebagai produsen dalam rantai makanan

Jawaban: a) Menyebabkan penyakit pada manusia

 

Soal 6:

Pertanyaan: Apa yang menjadi tujuan utama virus ketika menginfeksi sel inang?
a. Menghancurkan sel inang

b. Membuat sel inang lebih kuat

c. Menggunakan sel inang untuk berkembang biak

d. Menjadi bagian permanen dari sel inang

Jawaban: c. Menggunakan sel inang untuk berkembang biak

 

Soal 7:

Pertanyaan: Bagaimana cara vaksin bekerja dalam melawan virus?

a. Menghancurkan sel inang

b. Mencegah virus masuk ke dalam sel inang

c. Membuat sel inang lebih kuat

d. Menggabungkan diri dengan virus

Jawaban: b. Mencegah virus masuk ke dalam sel inang

 

Soal 8:

Pertanyaan: Apa yang disebut sebagai kapsid pada struktur virus?

a. Inti sel

b. Selubung protein

c. Asam nukleat

d. Ribosom

Jawaban: b. Selubung protein

 

Soal 9:

Pertanyaan: Bagaimana virus dapat menyebabkan penyakit pada manusia?

a. Dengan merusak jaringan tubuh

b. Dengan meningkatkan kekebalan tubuh

c. Dengan mengubah warna kulit

d. Dengan membuat tubuh lebih kuat
Jawaban: a. Dengan merusak jaringan tubuh

 

Soal 10:

Pertanyaan: Apakah virus dapat dianggap sebagai sel?

a. Ya, karena dapat berkembang biak

b. Tidak, karena tidak memiliki sel

c. Ya, karena memiliki inti sel

d. Tidak, karena tidak memiliki asam nukleat

Jawaban: b. Tidak, karena tidak memiliki sel

 

Soal 11: Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan zoonosis?

a. Penyakit yang menyerang manusia

b. Penyakit yang menular melalui makanan

c. Penyakit yang berasal dari hewan dan dapat menular ke manusia

d. Penyakit yang menular melalui udara

Jawaban: c. Penyakit yang berasal dari hewan dan dapat menular ke manusia

 

Soal 12:

Pertanyaan: Bagaimana cara penggunaan bakteriofag dalam bidang medis?

a. Sebagai agen penyebab penyakit

b. Sebagai vektor dalam terapi gen

c. Sebagai obat antibiotik

d. Sebagai bahan tambahan dalam vaksin

Jawaban: b. Sebagai vektor dalam terapi gen

Soal 13:

Pertanyaan: Apa perbedaan utama antara virus DNA dan virus RNA?

a. Virus DNA memiliki inti sel, sedangkan virus RNA tidak.

b. Virus DNA menggunakan RNA sebagai bahan genetik, sedangkan virus RNA menggunakan DNA.

c. Virus DNA memiliki selubung protein, sedangkan virus RNA tidak.

d. Virus DNA menggunakan DNA sebagai bahan genetik, sedangkan virus RNA menggunakan RNA.

Jawaban: d. Virus DNA menggunakan DNA sebagai bahan genetik, sedangkan virus RNA menggunakan RNA.

 

Soal 14:

Pertanyaan: Bagaimana virus bereplikasi di dalam sel inangnya?

a. Dengan melakukan fotosintesis

b. Dengan menyusun asam amino

c. Dengan menggunakan enzim sel inang

d. Dengan mereplikasi asam nukleatnya menggunakan mesin replikasi sel inang

Jawaban: d. Dengan mereplikasi asam nukleatnya menggunakan mesin replikasi sel inang

 

Soal 15:

Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan fase laten pada siklus reproduksi virus?

a. Fase di mana virus aktif menyusun sel inangnya

b. Fase di mana virus beristirahat sebelum menginfeksi sel inang

c. Fase di mana virus keluar dari sel inang

d. Fase di mana virus menyusup ke dalam inti sel inang

Jawaban: b. Fase di mana virus beristirahat sebelum menginfeksi sel inang


B. SOAL ESSAY

Soal 1:

Pertanyaan: Apa peran sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi virus? Jelaskan mekanisme yang digunakan oleh sistem kekebalan tubuh untuk mengenali dan menghancurkan virus.

 

Jawaban: Sistem kekebalan tubuh mengenali virus melalui identifikasi struktur khas pada permukaan virus. Sel-sel kekebalan tubuh, seperti sel T dan sel B, berperan dalam mendeteksi dan menghancurkan virus. Sel T membunuh sel yang terinfeksi, sedangkan sel B menghasilkan antibodi yang dapat melumpuhkan virus dan memfasilitasi penghapusan oleh sel kekebalan tubuh lainnya.

 

Soal 2:

Pertanyaan: Apakah virus dapat berkembang biak di luar sel inangnya? Jelaskan mengapa atau mengapa tidak.

 

Jawaban: Tidak, virus tidak dapat berkembang biak di luar sel inangnya karena virus tidak memiliki alat dan mesin sel untuk melakukan fungsi hidup. Virus membutuhkan sel inang untuk melakukan sintesis protein dan replikasi materi genetiknya. Oleh karena itu, virus hanya aktif dan dapat berkembang biak ketika berada dalam sel inang.

 

Soal 3:

Pertanyaan: Bagaimana vaksin bekerja dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus? Jelaskan prosesnya dan pentingnya vaksinasi dalam pengendalian penyakit.

 

Jawaban: Vaksin bekerja dengan memberikan perlindungan terhadap suatu virus melalui stimulasi sistem kekebalan tubuh. Vaksin mengandung bagian atau varian lemah dari virus, yang merangsang produksi antibodi dan sel T kekebalan tubuh. Jika seseorang kemudian terpapar virus asli, sistem kekebalan tubuh sudah siap untuk melawan infeksi, mencegah atau mengurangi tingkat keparahan penyakit tersebut. Vaksinasi memainkan peran penting dalam mengendalikan penyebaran penyakit dan mencapai kekebalan kelompok.

 

Soal 4:

Pertanyaan: Jelaskan bagaimana struktur virus membedakannya dari sel organisme hidup. Apa yang menjadi dasar bagi virus untuk menginfeksi sel inangnya?

 

Jawaban: Struktur virus tidak memiliki organel sel seperti sel hidup, seperti membran sel atau nukleus. Virus terdiri dari asam nukleat (DNA atau RNA) yang dibungkus oleh protein pelindung. Virus menginfeksi sel inangnya dengan berinteraksi secara spesifik dengan reseptor pada permukaan sel inang, memungkinkan virus untuk melekat dan memasukkan materi genetiknya ke dalam sel.

 

Soal 5:

Pertanyaan: Bagaimana proses replikasi virus dalam sel inangnya? Jelaskan langkah-langkah utama yang terlibat dalam siklus replikasi virus.

 

Jawaban: Replikasi virus melibatkan beberapa langkah, termasuk penempelan dan penetrasi virus ke dalam sel inang, sintesis materi genetik baru, dan perakitan partikel virus yang baru. Setelah replikasi selesai, sel inang seringkali hancur dalam proses pelepasan virus yang baru.

 

BAB 3 KIMIA HIJAU DALAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN 2030

A. SOAL PILIHAN GANDA

Soal 1:

Pertanyaan: Manakah dari berikut yang merupakan prinsip utama dari kimia hijau?
a) Menggunakan bahan kimia beracun.

b) Meningkatkan konsumsi energi.

c) Mencegah limbah dan polusi.

d) Mengabaikan dampak lingkungan.

Jawaban: c) Mencegah limbah dan polusi.

 

Soal 2:

Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan solven hijau dalam konteks kimia hijau?

a) Pelarut yang ramah lingkungan.

b) Pewarna yang dihasilkan dari tumbuhan hijau.

c) Senyawa kimia yang merusak lapisan ozon.

d) Proses kimia yang menggunakan energi fosil.

Jawaban: a) Pelarut yang ramah lingkungan.

 

Soal 3:

Pertanyaan: Bagaimana peran kimia hijau dalam pencapaian tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030?

a) Kimia hijau tidak memiliki kaitan dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

b) Kimia hijau dapat membantu mengurangi dampak lingkungan dan mencapai tujuan keberlanjutan.

c) Kimia hijau hanya berfokus pada keuntungan ekonomi tanpa memperhatikan dampak lingkungan.

d) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan tidak membutuhkan kontribusi dari kimia hijau.

Jawaban: b) Kimia hijau dapat membantu mengurangi dampak lingkungan dan mencapai tujuan keberlanjutan.

 

Soal 4:

Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan konsep kimia hijau?

a) Prinsip kimia yang hanya berfokus pada warna hijau.

b) Pendekatan kimia yang memprioritaskan keberlanjutan dan mengurangi dampak lingkungan.

c) Penggunaan pewarna alami dalam sintesis kimia.

d) Kimia yang hanya berfokus pada tanaman hijau.
Jawaban: b) Pendekatan kimia yang memprioritaskan keberlanjutan dan mengurangi dampak lingkungan.

 

Soal 5:

Pertanyaan: Apa tujuan utama dari konsep kimia hijau dalam pembangunan berkelanjutan?

a) Meningkatkan produksi limbah kimia.

b) Mengurangi penggunaan energi dalam proses kimia.

c) Menambahkan bahan kimia berbahaya dalam produk.

d) Memaksimalkan penggunaan bahan kimia sintetis.

Jawaban: b) Mengurangi penggunaan energi dalam proses kimia.

 

B. SOAL ESSAY

Soal 1:

Pertanyaan: Bagaimana kimia hijau dapat berkontribusi dalam mengatasi masalah limbah dan polusi yang dihadapi oleh berbagai industri?

 

Jawaban: Kimia hijau dapat mengatasi masalah limbah dan polusi dengan mengurangi pembentukan limbah dan merancang proses yang lebih efisien. Penggunaan bahan baku yang lebih efisien dan ramah lingkungan dapat mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan. Selain itu, pemilihan solven hijau dan proses produksi yang lebih bersih dapat mengurangi emisi polutan ke lingkungan.

 

Soal 2:

Pertanyaan: Apakah implikasi ekonomi dari implementasi konsep kimia hijau dalam industri? Jelaskan bagaimana pergeseran ke arah kimia hijau dapat mempengaruhi ekonomi global.

 

Jawaban: Implementasi konsep kimia hijau dapat memiliki implikasi ekonomi positif. Meskipun mungkin memerlukan investasi awal dalam teknologi dan pelatihan karyawan, jangka panjangnya dapat menghasilkan efisiensi operasional, mengurangi biaya bahan baku, dan meningkatkan keberlanjutan. Selain itu, permintaan konsumen terhadap produk ramah lingkungan dapat membuka peluang baru dan menciptakan pasar yang lebih berkelanjutan.

Soal 3:

Pertanyaan: Bagaimana kimia hijau dapat membantu dalam mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030, terutama dalam konteks pengurangan emisi gas rumah kaca dan perlindungan lingkungan?

 

Jawaban: Kimia hijau dapat membantu mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030 dengan merancang proses dan produk yang memiliki jejak karbon lebih rendah, menggunakan energi yang lebih efisien, dan mengurangi emisi gas rumah kaca. Selain itu, dengan meminimalkan penggunaan bahan berbahaya dan merancang solusi yang ramah lingkungan, kimia hijau juga dapat memberikan kontribusi positif terhadap perlindungan lingkungan secara keseluruhan.

 

Soal 4:

Pertanyaan: Jelaskan konsep kimia hijau dan bagaimana konsep ini berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan pada tahun 2030.

 

Jawaban: Kimia hijau adalah pendekatan dalam dunia kimia yang bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan dan meningkatkan keberlanjutan dalam proses dan produk kimia. Konsep ini mencakup penggunaan bahan baku yang berkelanjutan, proses yang ramah lingkungan, dan mengurangi pembentukan limbah berbahaya. Dalam konteks Pembangunan Berkelanjutan 2030, konsep kimia hijau berkontribusi dengan menyediakan solusi untuk menanggulangi perubahan iklim, mengelola sumber daya secara berkelanjutan, dan menciptakan produk yang lebih ramah lingkungan.

 

Soal 5:

Pertanyaan: Sebutkan dan jelaskan setidaknya dua prinsip utama kimia hijau yang dapat membimbing pengembangan dan implementasinya dalam berbagai industri.

 

Jawaban: Dua prinsip utama kimia hijau adalah pengurangan penggunaan bahan berbahaya dan pemilihan solven yang ramah lingkungan. Pengurangan penggunaan bahan berbahaya melibatkan substitusi bahan kimia berbahaya dengan yang lebih aman atau tidak berbahaya. Pemilihan solven yang ramah lingkungan menekankan penggunaan pelarut yang tidak beracun dan dapat didaur ulang. Kedua prinsip ini membimbing industri untuk menghasilkan produk dengan dampak lingkungan yang lebih kecil.

 

BAB 4 HUKUM DASAR KIMIA DISEKITAR KITA  

A. PILIHAN GANDA

Soal 1:

Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan massa atom relatif?
a) Massa total atom dalam suatu molekul.

b) Massa atom suatu unsur dibandingkan dengan 1/12 massa atom karbon-12.

c) Massa total molekul dalam satu mol zat.

d) Massa total elektron dalam satu atom.

Jawaban: b) Massa atom suatu unsur dibandingkan dengan 1/12 massa atom karbon-12.

 

Soal 2:

Pertanyaan: Bagaimana cara menghitung massa molekul relatif suatu senyawa?

a) Menjumlahkan massa atom relatif semua atom dalam senyawa tersebut.

b) Mengalikan jumlah atom suatu unsur dengan massa atom relatifnya.

c) Membandingkan massa molekul dengan massa atom.

d) Mengurangkan massa molekul dengan massa atom.

Jawaban: a) Menjumlahkan massa atom relatif semua atom dalam senyawa tersebut.

 

Soal 3:

Pertanyaan: Bagaimana Hukum Avogadro dapat diaplikasikan pada kasus pengisian tabung gas helium?

a) Volume helium dalam tabung selalu tetap.

b) Jumlah helium dalam tabung berbanding lurus dengan volume.

c) Gas helium akan merambat lebih cepat saat tabung diisi.

d) Jumlah helium dalam tabung bergantung pada tekanan.

Jawaban: b) Jumlah helium dalam tabung berbanding lurus dengan volume.

 

Soal 4:

Pertanyaan: Siapakah ilmuwan yang dikenal sebagai bapak kimia modern dan menyangkal keberadaan flogiston pada tahun 1780-an?

a) Joseph Priestley

b) Antoine Lavoisier

c) Lavoisier Priestley

d) Antoine Laviosier

Jawaban: b) Antoine Lavoisier

 

Soal 5:

Pertanyaan: Apa yang menjadi objek eksperimen Joseph Proust dalam pengembangan Hukum Perbandingan Tetap?

a) Gas Hidrogen

b) Air

c) Oksigen

d) Campuran Hidrogen dan Oksigen

Jawaban: b) Air

 

B. SOAL ESSAY

Soal 1:

Pertanyaan: Jelaskan Hukum Perbandingan Volume (Hukum Gay-Lussac) dan berikan contoh konkret bagaimana hukum ini diterapkan dalam reaksi gas. Jelaskan implikasi dan aplikasi hukum ini dalam dunia industri atau kehidupan sehari-hari.

 

Jawaban: Hukum Perbandingan Volume, atau Hukum Gay-Lussac, menyatakan bahwa pada suhu dan tekanan yang tetap, volume gas-gas yang bereaksi (dan dalam keadaan gas-gas tersebut dan produknya) memiliki perbandingan bilangan bulat sederhana. Hukum ini diilustrasikan dengan baik dalam reaksi gas, di mana volume reaktan dan produk gas dapat diungkapkan dalam perbandingan yang sederhana. Sebagai contoh, jika dua gas A dan B bereaksi membentuk gas C dan D pada suhu dan tekanan yang konstan, Hukum Gay-Lussac menyatakan bahwa volume awal gas A dan volume awal gas B memiliki perbandingan bilangan bulat yang sederhana, seperti 1:1 atau 2:1, tergantung pada koefisien stoikiometri reaksi. Implikasi dari hukum ini sangat relevan dalam dunia industri dan kehidupan sehari-hari. Dalam industri kimia, pemahaman tentang perbandingan volume gas dalam reaksi membantu para ahli kimia merancang reaktor yang efisien dan mengontrol produksi gas dengan tepat. Dalam kehidupan sehari-hari, konsep ini dapat diterapkan pada situasi di mana gas digunakan atau dihasilkan, seperti dalam penggunaan gas rumah tangga atau dalam proses pembakaran kendaraan. Hukum Perbandingan Volume memainkan peran penting dalam memahami perilaku gas dalam berbagai konteks dan memungkinkan pengaplikasiannya dalam aplikasi praktis.

 

Soal 2:

Pertanyaan: Jelaskan Hukum Kekekalan Massa (Hukum Lavoisier) dan berikan contoh konkret bagaimana hukum ini diterapkan dalam reaksi kimia. Jelaskan implikasi dan signifikansi hukum ini dalam pemahaman kita tentang perubahan kimia.

 

Jawaban: Hukum Kekekalan Massa, atau Hukum Lavoisier, menyatakan bahwa massa total dalam suatu sistem tertutup akan tetap konstan selama suatu reaksi kimia. Dengan kata lain, massa reaktan yang terlibat dalam reaksi sama dengan massa produk yang dihasilkan. Hukum ini dikemukakan oleh Antoine Lavoisier pada abad ke-18 dan menjadi dasar bagi pemahaman modern kita tentang keberlanjutan massa dalam reaksi kimia. Contoh konkret dari hukum ini dapat diambil dari reaksi pembakaran kayu. Saat kayu terbakar, massa oksigen yang bereaksi dengan kayu dan massa hasil pembakaran (karbon dioksida dan air) akan tetap konstan. Misalnya, jika 100 gram kayu terbakar dengan oksigen, massa karbon dioksida dan air yang dihasilkan juga akan memiliki total massa 100 gram. Implikasi dan signifikansi Hukum Kekekalan Massa sangat besar dalam kimia. Hukum ini menyatakan bahwa tidak ada "kekayaan" atau "kehilangan" massa selama reaksi kimia. Ini membantu kita memahami bahwa atom tidak dapat diciptakan atau dihancurkan selama reaksi kimia; hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Hukum Kekekalan Massa juga menjadi dasar bagi hukum-hukum konservasi lainnya dalam kimia dan fisika. Hukum ini sangat penting dalam menyusun dan memahami reaksi kimia serta memberikan fondasi untuk pemahaman kita tentang sifat dasar materi.

 

Soal 3:

Pertanyaan: Jelaskan konsep "Hukum Dasar Kimia untuk Menyelesaikan Kasus dalam Kehidupan Sehari-Hari." Berikan contoh konkret bagaimana prinsip-prinsip dasar kimia dapat diaplikasikan dalam pemecahan masalah sehari-hari, dan jelaskan mengapa pemahaman ini penting dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Jawaban: Hukum Dasar Kimia merupakan serangkaian prinsip dan aturan yang mendasari reaksi kimia dan perilaku materi. Penerapan prinsip-prinsip ini dapat membantu kita dalam pemecahan masalah sehari-hari dan memberikan wawasan yang lebih dalam tentang dunia kimia di sekitar kita. Contoh konkret penerapan Hukum Dasar Kimia dalam kehidupan sehari-hari dapat diambil dari proses memasak. Misalnya, dalam memasak kue, pemahaman tentang perbandingan tetap antara berbagai bahan (Hukum Proust) dan pengaruh suhu terhadap reaksi kimia (Hukum Charles) dapat membantu seseorang membuat adonan yang konsisten dan memastikan hasil yang diinginkan. Hukum Kekekalan Massa (Hukum Lavoisier) dapat diterapkan saat merencanakan pengelolaan limbah rumah tangga atau penggunaan bahan kimia sehari-hari. Pemahaman tentang konservasi massa membantu mencegah pemborosan dan mempromosikan penggunaan yang lebih efisien. Pentingnya pemahaman Hukum Dasar Kimia dalam kehidupan sehari-hari terletak pada kemampuannya untuk meningkatkan pemahaman kita tentang dunia di sekitar kita dan membantu kita membuat keputusan yang lebih cerdas dalam penggunaan bahan kimia, memasak, atau bahkan dalam pengelolaan limbah. Dengan menerapkan prinsip-prinsip dasar ini, kita dapat menjelaskan fenomena sehari-hari, memecahkan masalah dengan lebih baik, dan membuat keputusan yang lebih berdasarkan pada ilmu pengetahuan kimia yang kuat.

 

Soal 4

Petanyaan: Jelaskan Hukum Perbandingan Tetap (Hukum Proust) dan berikan contoh konkret bagaimana hukum ini diterapkan dalam suatu reaksi kimia. Jelaskan bagaimana hukum ini membantu kita memahami komposisi senyawa kimia dan apa implikasinya dalam pengembangan berbagai produk kimia di industri.

 

Jawaban: Hukum Perbandingan Tetap, atau dikenal juga sebagai Hukum Proust, menyatakan bahwa jika dua unsur membentuk lebih dari satu senyawa, perbandingan massa unsur yang berbeda membentuk senyawa tersebut adalah perbandingan bilangan bulat sederhana. Contoh konkret dari hukum ini dapat diambil dari senyawa air (H2O) dan hidrogen peroksida (H2O2). Misalnya, dalam senyawa air, perbandingan massa hidrogen terhadap massa oksigen selalu konstan dan dinyatakan dalam perbandingan 2:16 (atau 1:8). Begitu juga, dalam hidrogen peroksida, perbandingan massa hidrogen terhadap massa oksigen juga tetap konstan dan berbeda dari senyawa air, mungkin 2:32 (atau 1:16). Hukum ini membantu kita memahami bahwa perbandingan massa unsur dalam senyawa selalu memiliki nilai tetap, yang memberikan dasar untuk mengidentifikasi dan memahami komposisi kimia suatu senyawa. Dalam industri, Hukum Proust memainkan peran penting dalam pengembangan produk kimia. Dalam sintesis kimia atau proses manufaktur, pemahaman terhadap perbandingan massa antara berbagai unsur membantu para ahli kimia merancang dan menghasilkan produk dengan tingkat kemurnian yang tinggi. Oleh karena itu, Hukum Proust tidak hanya menjadi dasar teoritis dalam kimia, tetapi juga memiliki aplikasi praktis yang signifikan dalam berbagai bidang industri kimia.

 

Soal 5:

Pertanyaan Jelaskan Hukum Perbandingan Berganda (Hukum Dalton) dan berikan contoh konkret bagaimana hukum ini dapat diilustrasikan dalam pembentukan molekul dan senyawa. Jelaskan bagaimana Hukum Dalton membantu kita memahami sifat-sifat atom dan molekul serta bagaimana ini berkaitan dengan pengembangan model atom pada perkembangan ilmu kimia.

 

Jawaban: Hukum Perbandingan Berganda, atau dikenal juga sebagai Hukum Dalton, menyatakan bahwa jika dua unsur dapat membentuk lebih dari satu senyawa, perbandingan massa satu unsur yang bergabung dengan massa tetap unsur yang lain membentuk perbandingan bilangan bulat yang sederhana. Contoh konkret dari hukum ini dapat diambil dari pembentukan molekul air (H2O) dan amonia (NH3). Sebagai contoh, dalam molekul air, Dalton menyatakan bahwa massa hidrogen yang bergabung dengan massa oksigen selalu memiliki perbandingan bilangan bulat sederhana. Misalnya, jika kita menyatakan bahwa 2 gram hidrogen bergabung dengan 16 gram oksigen untuk membentuk air, massa hidrogen terhadap massa oksigen adalah 1:8. Begitu juga, dalam molekul amonia, perbandingan massa hidrogen terhadap nitrogen juga sesuai dengan perbandingan bilangan bulat sederhana. Hukum Dalton membantu kita memahami sifat-sifat atom dan molekul, dan ini sangat relevan dalam pengembangan model atom pada perkembangan ilmu kimia. Dengan menganggap atom sebagai bola yang tidak dapat dibagi (berbeda dengan pandangan atom saat ini), Dalton memberikan dasar untuk memahami sifat-sifat kimia senyawa dan membentuk fondasi untuk pengembangan ilmu kimia modern.


Bagi anda yang ingin memiliki file kumpulan soal-soal sumatif akhir semester yang telah di lengkapi dengan kunci jawaban seperti yang telah disajikan diatas, maka silahkan anda dapatkan filenya yang telah admin bagikan di bawah ini :

 

  • Soal & Jawaban Asesmen Sumatif IPA Kelas 10 Sem. 1 Kurikulum Merdeka - VERSI 1 (DISINI) 
  • Soal & Jawaban Asesmen Sumatif IPA Kelas 10 Sem. 1 Kurikulum Merdeka - VERSI 2 (DISINI)
  • Soal & Jawaban Asesmen Sumatif IPA Kelas 10 Sem. 1 Kurikulum Merdeka - VERSI 3 (DISINI)


Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan mengenai kumpulan soal-soal dan kunci jawaban sumatif akhir semester untuk mata pelajaran IPA kelas 10 semester 1 kurikulum merdeka. Semoga Bermanfaat.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel