Rangkuman Seni Rupa Kelas 10 Unit 1 Pengenalan Seni Rupa di Sekitar Kita
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Unit 1 “Pengenalan Seni Rupa Di Sekitar Kita” yang akan dipelajari di semester 1 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini
admin akan membahas salah satu materi pelajaran pada kurikulum merdeka yakni
materi pelajaran seni rupa kelas 10 SMA/SMK semester 1 kurikulum merdeka.
Mata pelajaran seni rupa merupakan salah satu dari cabang
mata pelajaran seni budaya.
Apa itu Seni Rupa ?
Seni rupa mengajak manusia untuk mengalami dan merasakan
proses ke dalam dan ke luar dirinya melalui pengalaman rupa. Emosi atau
pemikiran yang dialami seseorang dapat tertuang secara rupa dan memberi dampak
bagi dirinya maupun orang yang melihat karyanya, demikian pula sebaliknya
seseorang dapat mengalami sebuah emosi atau pemikiran atau tergugah untuk
melakukan suatu tindakan setelah mendapat pengalaman seni rupa. Seni rupa juga
mengajak manusia untuk berpikir terbuka, menghargai keindahan atau potensi dari
segala yang tampak di matanya, memiliki apresiasi estetis dan menghargai
kebhinekaan global.
Pendidikan seni rupa bertujuan sebagai wahana bagi siswa
untuk menjelajahi kemungkinan-kemungkinan tanpa batas dalam seni dan
kreativitas siswa itu sendiri. Karena pendidikan seni rupa sendiri merupakan
disiplin ilmu yang luas dan merupakan gabungan keterampilan kerja dan proses
pemikiran intelektual yang menjembatani berbagai disiplin ilmu, maka diharapkan
siswa akan berani mengekspresikan diri, bereksperimen, reflektif, bernalar
kritis dan mampu membuat keputusan dengan tanggung jawab.
Berbicara mengenai mata pelajaran seni rupa, maka pada
kesempatan kali ini admin akan membahas sekaligus akan memberikan ringkasan
materi pelajaran seni rupa yang akan di pelajari di kelas 10 SMA/SMK yakni
materi yang ada pada Bab 1 atau Unit 1 dengan judul “Pengenalan Seni Rupa Di
Sekitar Kita”. Materi ini nantinya akan dipelajari pada pembelajaran semester 1
kurikulum merdeka.
Admin kherysuryawan sengaja membuat ringkasan/rangkuman
materi pelajaran seni rupa kelas 10 Bab 1 “Pengenalan Seni Rupa Di Sekitar Kita”
dengan harapan dapat memudahkan bagi para siswa maupun guru yang akan
menggunakannya sebagai referensi dalam belajar. Seluruh materi yang telah di
ringkas ini semuanya bersumber dari buku teks pelajaran seni rupa kelas 10
SMA/SMK kurikulum merdeka.
UNIT 1 PENGENALAN SENI RUPA DI SEKITAR KITA
a. Definisi Seni Rupa
b. Fungsi Seni Rupa dalam Kehidupan Manusia
c. Klasifikasi Karya Seni Rupa Berdasarkan Waktu Perkembangannya
d. Contoh Karya Seni Rupa Berdasarkan Waktu Perkembangannya
Ada beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat
tercapai dalam pembelajaran seni rupa kelas 10 Unit 1 “Pengenalan Seni Rupa Di
Sekitar Kita”. Dibawah ini tujuan pembelajaran pada materi seni rupa Unit 1 “Pengenalan
Seni Rupa Di Sekitar Kita” yaitu sebagai berikut :
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari Unit 1, diharapkan siswa dapat:
- Mendefinisikan seni rupa dan eksistensinya dalam kehidupan manusia.
- Menganalisis fungsi seni rupa dalam kehidupan manusia.
- Pengelompokan perkembangan seni rupa berdasarkan masa perkembangannya (tradisional, modern, kontemporer).
- Memberi contoh karya-karya seni rupa berdasarkan masa perkembangannya.
Baiklah untuk anda yang membutuhkan Rangkuman/Ringkasan
materi Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Unit 1 “Pengenalan Seni Rupa Di Sekitar Kita”,
maka dibawah ini sajian ringkasannya :
UNIT 1 PENGENALAN SENI RUPA DI SEKITAR KITA
Pada Unit 1 ini siswa akan mempelajari konsep seni rupa
dan perkembangannya yang meliputi: definisi, fungsi, klasifikasi, dan karya
seni rupa berdasarkan periodisasi.
A. Definisi Seni Rupa
Seni sudah menjadi salah satu bagian dalam kehidupan
manusia dari zaman ke zaman, dari masa pra sejarah hingga sekarang, keberadaan
seni sangat melekat dalam setiap sendi kehidupan dan jiwa manusia sehingga
tidak dapat terpisahkan sampai saat ini.
Seni rupa sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari.
Kita bisa menyaksikan seni rupa sejak kita bangun dari tidur, melihat ornamen
pakaian yang kita kenakan, lukisan yang terpajang di rumah, desain cangkir yang
kita gunakan untuk minum, gambar yang kita lihat di layar telepon seluler,
tayangan di televisi, gedung-gedung di perkotaan, alam yang penuh warna dan
semua yang tampak dalam kehidupan manusia. Dari berbagai benda seni rupa
tersebut dapat membuat perasaan kita tergugah, hampir semua benda, bangunan,
pakaian dan berbagai peralatan dirancang dengan mempertimbangkan nilai-nilai
estetika.
B. Fungsi Seni Rupa dalam Kehidupan Manusia
Fungsi seni rupa sangat beragam, tergantung kepada latar
belakang terciptanya karya seni rupa. Misalnya seni rupa terapan memiliki
fungsi untuk memenuhi nilai guna atau fungsi praktis dalam kehidupan
sehari[1]hari, dan seni murni
memiliki fungsi sebagai sarana kepuasan batin akan keindahan. Secara umum, seni
memiliki banyak fungsi seperti merangsang masyarakat untuk meningkatkan
kualitas hidupnya, sebagai proses pembelajaran masyarakat terhadap segala
sesuatu, baik nilai[1]nilai maupun fenomena
alam, sebagai penyadaran terhadap peristiwa, baik sejarah, sosial, politik dan
budaya, seni mampu mengisi dan mempengaruhi zamannya, dan seni sebagai penjaga
nilai keindahan dan kemanusiaan dalam kehidupan masyarakat.
Keberadaan seni rupa menurut Feldman (1967) memiliki 3
fungsi dalam kehidupan manusia, yaitu:
1. Fungsi
Individual
seni digunakan untuk
mengungkapan rasa/ emosi dengan cara memberi tanggapan dan penghayatan
seseorang terhadap lingkungannya.
2. Fungsi
sosial kemasyarakatan
seni digunakan untuk
kepentingan masyarakat luas seperti untuk penerangan, pendidikan, kesehatan,
agama dan sebagainya.
3. Fungsi
fisik kebendaan
seni digunakan untuk keindahan
di berbagai benda keperluan manusia: arsitektur, interior bangunan, furnitur, serta
benda-benda pakai lainnya.
C. Klasifikasi Karya Seni Rupa Berdasarkan Waktu Perkembangannya
1. Seni
Rupa Tradisional
Seni Rupa Tradisional berkaitan
erat dengan khazanah lokal budaya di daerah tertentu. Sehingga berbagai daerah
biasanya memiliki karya Seni Rupa Tradisional yang unik dan beragam. Karya Seni
Rupa Traditional umumnya diwarnai dengan pelambangan (simbolis), baik dalam
bentuk metafora binatang, tumbuhan, bangunan, atau figur manusia. Simbol
tersebut banyak ditemui di candi-candi, motif hias kain tenun, bahkan perabotan
sehari-hari, biasanya bersifat spiritual, religius, dan mitologis.
2. Seni
Rupa Modern
Seni Rupa Modern mulai
menanggalkan pakem-pakem suatu tradisi, dan mengutamakan eksperimen demi
kemajuan seni, yang tergolong dalam Seni Rupa Modern yaitu Seni Murni (Fine
Art) dengan mengutamakan sifat estetikanya.
Seni Rupa Murni terdiri dari
Seni Lukis, Seni Patung dan Seni Grafis.
3. Seni
Rupa Kontemporer
Seni Rupa Kontemporer
berkembang pada masa kini, merespons dan mempresentasikan situasi sosial dan
budaya kekinian. Seni Rupa Kontemporer berorientasi bebas dengan medium yang
tidak terbatas, dan dapat menggabungkan nilai-nilai tradisional dan modernitas.
Karya Seni Rupa Kontemporer berkaitan dengan perkembangan teknologi yang
berkembang di masa kini.
D. Contoh Karya Seni Rupa Berdasarkan Waktu Perkembangannya
Seni Rupa Tradisional:
Berikut ini gambar Ragam Hias Toraja yang diterapkan di
kain tenun
Seni Rupa Modern:
Berikut ini Gambar Lukisan Pemandangan karya Wakidi
Seni Rupa Kontemporer:
Berikut ini Gambar Karya Video Art oleh Krisna Murti
Apabila anda juga membutuhkan materi pelajaran seni rupa
kelas 10 SMA/SMK pada bab lainnya secara lengkap, maka silahkan lihat sajiannya
di bawah ini :
- Materi Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka Lengkap (DISINI)
- Buku Siswa & Guru Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka Lengkap (DISINI)
Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan
sajikan mengenai materi seni rupa Unit 1 “Pengenalan Seni Rupa Di Sekitar Kita”
yang akan dipelajari di kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka, semoga sajian
materi diatas bisa membantu rekan-rekan pendidikan yang membutuhkannya sehingga
bisa menjadi bahan pembelajaran yang bermanfaat.
Sekian dan Terimakasih.