Rangkuman PPKN Kelas 10 Unit 3 Peluang dan Tantangan Penerapan Pancasila
Kherysuryawan.id – Ringkasan/Rangkuman Materi PPKN Kelas 10 SMA/SMK Bagian 1 Unit 3 “Peluang dan Tantangan Penerapan Pancasila” yang akan di pelajari pada semester 1 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada
kesempatan kali ini admin akan memberikan sebuah ringkasan dan rangkuman materi
untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) yang akan
di pelajari di kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka.
Adapun materi yang akan di Bahas dan disajikan pada artikel
ini yakni materi PPKN kelas 10 Unit 3 dengan judul “Peluang dan Tantangan
Penerapan Pancasila”. Materi ini nantinya akan dipelajari pada bagian 1
semester 1. Perlu untuk di ketahui bahwa materi PPKN yang akan di pelajari di
bagian 1 semester 1 terdiri atas 4 unit yaitu :
- Unit 1 Menggali Ide Pendiri Bangsa tentang Dasar Negara
- Unit 2 Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa
- Unit 3 Peluang dan Tantangan Penerapan Pancasila
- Unit 4 Proyek Gotong Royong Kewarganegaraan
Apabila disekolah anda telah menerapkan pembelajaran
kurikulum merdeka dan anda membutuhkan sajian materi PPKN untuk kelas 10
SMA/SMK maka tenang saja sebab disini admin kherysuryawan akan memberikan
secara lengkap sajian ringkasan materi PPKN kelas 10 SMA/SMK khususnya materi
yang ada di Unit 3 tentang “Peluang dan Tantangan Penerapan Pancasila”. Materi
ini merupakan materi yang ada pada Bagian 1 semester 1 dan akan di pelajari
pada kurikulum merdeka.
Admin kherysuryawan sengaja membuat rangkuman materi PPKN
kelas 10 SMA/SMK Unit 3 “Peluang dan Tantangan Penerapan Pancasila” ini dengan
harapan dapat memudahkan bagi para pelajar dalam mempelajari materi PPKN
dikelas 10. Perlu juga untuk di ketahui bahwa seluruh hasil ringkasan/rangkuman
yang telah admin buat ini semuanya bersumber dari buku teks pelajaran PPKN
Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka.
Adapun tujuan pembelajaran yang di harapkan dapat
tercapai pada pembelajaran di Unit 3 “Peluang dan Tantangan Penerapan Pancasila”
yaitu sebagai berikut :
Tujuan Pembelajaran
Baiklah untuk anda yang ingin melihat sajian rangkuman
materi PPKN kelas 10 SMA/SMK Unit 3 dengan judul “Peluang dan Tantangan
Penerapan Pancasila” yang akan di pelajari di semester 1 ini maka silahkan
lihat selengkapnya di bawah ini:
Unit 3 Peluang dan Tantangan Penerapan Pancasila
A. Ber-Pancasila di Era Media Sosial
Menurut data yang dirilis We Are Social tahun 2019,
pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 juta atau sebesar 56% dari
total populasi rakyat Indonesia. Dan setiap tahunnya pengguna internet terus
mengalami peningkatan signiikan. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa media
sosial menjadi tempat penyebaran hoaks yang sangat masif.
Selain hoaks, media sosial juga digunakan untuk
menyebarkan ujaran kebencian, pemikiran intoleransi dan radikalisme. Sejumlah
lembaga penelitian telah menunjukkan betapa masifnya penyebaran hoaks, ujaran
kebencian, intoleransi dan radikalisme yang dilakukan melalui media sosial.
Namun di sisi lain, media sosial juga dapat digunakan
untuk menyebarkan sejumlah gagasan dan program yang baik. Aktivitas
mengumpulkan dana melalui media sosial yang disebut dengan crowdfunding untuk
misi kebaikan seperti membantu pengobatan orang yang sakit, memperbaiki rumah,
dan sebagainya, banyak dilakukan.
Kita dapat menyimpulkan bahwa media sosial bermata dua.
Satu sisi ia dapat menjadi alat untuk menebar kebaikan, tetapi sisi lain ia
juga dapat menjadi alat untuk melakukan pengrusakan sosial. Kata kuncinya
adalah bagaimana agar media sosial dapat digunakan untuk melakukan kebaikan,
membantu sesama, dan menyuarakan keadilan.
B. Pancasila dan Pandemi
Tahun 2020 ditandai dengan munculnya virus Covid-19. Ia
tak hanya menjangkiti satu negara, melainkan telah menjadi wabah dunia
(pandemi).
Penyebaran virus ini begitu masif. Sebagai pandemi, tentu
saja penanganan terhadap penyebaran Covid-19 tidak bisa hanya dilakukan oleh
satu orang, satu kelompok ataupun satu negara. Penanganannya menuntut komitmen
dan kerjasama lintas negara, yang melibatkan seluruh warga negara dunia.
Jika ada satu atau beberapa negara yang “bandel” atau
tidak memiliki komitmen untuk menyudahi penyebaran Covid-19 ini, maka ia akan
terus menyebar ke negara-negara lain. Penyebabnya, lalu lintas orang terjadi
begitu masif, sehingga ia bisa menjadi “media” penyebaran virus baru ini.
INTI MATERI:
- Era digital seperti sekarang ini memberikan peluang dan tantangan dalam penerapan Pancasila.
- Kemajuan teknologi memberi kemudahan kita untuk terkoneksi dengan orang-orang di tempat berbeda menjadi peluang untuk memperkenalkan nilai dan tradisi yang mencerminkan Pancasila kepada lebih banyak orang.
- Berbagai bentuk media sosial merupakan hasil dari kemajuan teknologi yang dapat digunakan untuk mengkampanyekan perilaku yang bercermin pada Pancasila.
- Kemajuan teknologi, juga menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia untuk bisa mengimplementasikan dan mempertahankan nilai serta tradisi yang bercermin pada Pancasila.
- Radikalisme, ujaran kebencian, intoleransi dan penyebaran hoaks menjadi bebe[1]rapa tantangan penerapan Pancasila yang bersumber pada media sosial.
Jika anda ingin melihat secara lengkap materi yang ada di
Unit 3 “Peluang dan Tantangan Penerapan Pancasila” maka anda bisa mengeceknya
pada buku teks pelajaran PPKN kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka yang telah
admin bagikan di bawah ini :
- BUKU SISWA & GURU PPKN KELAS 10 SMA/SMK KURIKULUM MERDEKA (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai rangkuman/ringkasan materi
pelajaran PPKN kelas 10 SMA/SMK Unit 3 “Peluang dan Tantangan Penerapan
Pancasila” yang bisa admin kherysuryawan bagikan di kesempatan kali ini, semoga
bisa bermanfaat dan dapat menjadi bahan belajar yang dapat di gunakan oleh guru
maupun oleh siswa dalam melakukan pembelajaran di kurikulum merdeka.