Rangkuman PJOK Kelas 10 Unit 4 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman materi pelajaran PJOK Kelas
10 SMA/SMK Unit 4 “Permainan Bola Voli” Pembelajaran semester 1 Kurikulum
Merdeka.
Halo sahabat pendidikan, pada kesempatan kali ini admin
akan membahas tentang materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran
Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK) secara khusus materi yang ada
pada Unit 4 yaitu tentang Permainan Bola Voli.
Seperti kita ketahui bersama bahwa pada mata pelajaran
PJOK siswa akan lebih sering melakukan aktivitas fisik, namun demikian seluruh
aktivitas yang akan di lakukan tentunya akan dimulai dengan sebuah panduan
dalam bentuk materi. Pada kurikulum merdeka khusus untuk mata pelajaran PJOK
jenjang SMA/SMK pusat perbukuan telah menyiapkan buku teks pelajaran PJOK untuk
kelas 10 SMA/SMK.
Untuk memudahkan siswa dan guru dalam mempelajari materi
PJOK maka dibutuhkan buku teks pelajaran, namun tidak semua sekolah bisa
menyiapkannya. Tapi tenang saja, bagi anda yang disekolahnya belum memiliki
buku teks pelajaran PJOK kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka dan ingin
mengetahui apa saja materi yang akan di pelajari pada mapel PJOK kelas 10
SMA/SMK maka disini admin kherysuryawan akan membagikan hasil rangkuman atau
ringkasan materi PJOK kelas 10 SMA/SMK khususnya untuk materi yang akan di
pelajari pada Unit 4 yang berjudul “Permainan Bola Voli”.
Materi PJOK kelas 10 SMA/SMK Unit 4 “Permainan Bola Voli”
yang akan di pelajari ini merupakan materi yang akan di pelajari pada semester
1 kurikulum merdeka. Admin kherysuryawan sengaja membuat ringkasan materi ini
dengan tujuan agar bisa membantu siswa dan guru dalam memperoleh informasi
seputar materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK dikelas 10 Unit 4.
Ada beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan untuk
dicapai oleh peserta didik dalam mempelajari materi Unit 4 ini. Berikut ini
tujuan pembelajaran Unit 4 “Permainan Bola Voli”
Tujuan Pembelajaran
1. Mempraktikkan hasil evaluasi aktivitas jasmani
dan olahraga permainan bola voli (passing bawah, passing atas (set up), spike
dan tip; block) dan mempraktekkan hasil evaluasi tersebut dalam bentuk
permainan sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh siswa.
2. Mengevaluasi fakta, konsep, prinsip, dan
prosedur dalam melakukan keterampilan gerak spesiik dan fungsional permainan
bola voli (passing bawah, passing atas (set up), spike dan tip; block) dan
melakukan pendalaman evaluatif tentang bagaimana teknik dasar yang dipelajari
tersebut diterapkan dalam bentuk permainan sesuai potensi dan kreativitas yang
dimiliki oleh siswa.
3. Mengevaluasi fakta, konsep, prinsip, dan
prosedur dan mempraktikkan permainan bola voli sebagai latihan pengembangan
kebugaran jasmani terkait kesehatan (health-related physical itness) dan
kebugaran jasmani terkait keterampilan (skill-related physical itness),
berdasarkan prinsip latihan (Frequency, Intensity, Time, Type/FITT) untuk
mendapatkan kebugaran dengan status baik.
4. Mengembangkan tanggung jawab sosial siswa dalam
kelompok kecil untuk melakukan perubahan positif, menunjukkan etika yang baik,
saling menghormati, dan mengambil bagian dalam kerja kelompok pada aktivitas
jasmani atau kegiatan sosial lainnya, melalui pembelajaran permainan bola voli.
5. Mengevaluasi sikap dan kebiasaan untuk menjadi
individu yang sehat, aktif, menyukai tantangan dan cara menghadapinya secara
positif dalam konteks aktivitas jasmani dengan menunjukkan perilaku menghormati
diri sendiri dan orang lain, serta mengembangkan nilai-nilai gerak: nilai-nilai
aktivitas jasmani untuk kesehatan, nilai-nilai aktivitas jasmani untuk
kegembiraan dan tantangan, dan nilai-nilai aktivitas jasmani untuk ekspresi
diri dan interaksi sosial.
Baiklah, bagi anda yang ingin melihat sajian rangkuman
materi PJOK Kelas 10 SMA/SMK Unit 4 “Permainan Bola Voli” maka di bawah ini
sajian materinya :
UNIT 4 PERMAINAN BOLA VOLI
Materi Pokok Pembelajaran 1
Aktivitas pembelajaran teknik dasar bawah, passing atas
dan permainan sederhana passing, yaitu:
1) Aktivitas pembelajaran 1: Keterampilan gerak passing
bawah.
2) Aktivitas pembelajaran 2: Keterampilan gerak passing
atas.
3) Aktivitas pembelajaran 3: Permainan passing bawah
4) Aktivitas pembelajaran 4: Permainan passing atas
1. Aktivitas
Pembelajaran 1: Gerakan Passing Bawah
Panduan menampilkan
Siswa yang memiliki keterampilan dalam bermain bola voli mendemonstrasikan
gerakan passing bawah, siswa lainnya memperhatikan. Gerakan passing bawah
dilakukan dengan cara:
a) Posisikan
badan menghadap bola, dengan kedua tungkai dibengkokkan pada lutut.
b) Tautkan
atau persatukan ibu jari lengan kanan dan kiri, dengan kedua ibu jari saling
berdekatan.
c) Kuasai
lengan dan tangan lurus dengan mengokohkan sikut lengan.
d) Sentuhkan
lengan pada bola di daerah dekat pergelangan tangan dengan cara mengayunkan
lengan-lurus dari bawah ke setinggi bahu.
e) Kokohkan
badan atas ketika terjadi perkenaan bola dengan lengan.
f)
Lakukan gerakan lanjut ke arah daerah jatuhnya
bola yang diinginkan.
2. Aktivitas
Pembelajaran 2: Gerakan Passing Atas
Panduan menampilkan
Siswa yang memiliki keterampilan bermain bola voli mendemonstrasikan
gerakan passing atas (set up), lalu siswa lainnya memperhatikan. Gerakan
passing atas dilakukan dengan cara:
a) Posisikan
badan menghadap bola dengan kaki terbuka selebar bahu dan lutut dibengkokkan.
b) Bengkokkan
lutut dan sikut sesaat sebelum sentuhan pada bola oleh kedua ujung jari-jari
tangan.
c) Kuasai
sikap kepala dan pandang bola datang dari upaya memposisikan badan dibawah bola
datang.
d) Kuasai
perkenaan jari-jari tangan pada bola dan luruskan kedua lengan secara
bersamaan.
e) Luruskan
tubuh sesaat setelah meluruskan kedua lengan.
f)
Lakukan gerak lanjut ke arah daerah jatuhnya
bola yang diinginkan
3. Aktivitas
pembelajaran 3: Permainan passing bawah
Panduan menampilkan:
a) Buatlah
2 regu berlawanan, yang beranggotakan setiap regu 6 – 9 orang.
b) Kedua
regu berada di lapangan permainan bola voli dalam posisi cukup jarak satu
dengan yang lain, yang dibatasi oleh net permainan.
c) Diawali
lemparan bola dari tengah lapangan ke salah satu regu untuk melakukan passing
bawah 3 kali didaerah sendiri dan passing ke 3 dilewatkan melalui net ke daerah
lapangan lawan.
d) Regu
yang menerima passing dari lawan, melakukan passing 3 kali di daerah sendiri
dan passing ke 3 dilewatkan melalui net ke daerah lapangan lawan.
e) Demikian
seterusnya hingga terjadi pemain gagal melewatkan bola.
f)
Kumpulkan skor hingga 15. Regu yang lebih dulu
mengumpulkan angka 15 dinyatakan telah mengungguli permainan.
4. Aktivitas
Pembelajaran 4: Permainan Passing Atas
Panduan menampilkan
a) Buatlah
2 regu berlawanan, yang beranggotakan setiap regu 6 orang.
b) Kedua
regu berada di lapangan permainan bola voli dalam posisi cukup jarak satu
dengan yang lain, yang dibatasi oleh net permainan.
c) Diawali
lemparan bola dari tengah lapangan ke salah satu regu untuk melakukan passing
atas menyeberang net lalu berlari ke belakang barisan.
d) Pemain
seberang net juga melakukan passing atas melewati net dan berlari ke belakang
barisan.
e) Demikian
seterusnya, sampai ada salah satu pemain gagal melewatkan bola dengan cara
passing atas.
f)
Kumpulkan skor hingga 15. Regu yang lebih dulu
mengumpulkan angka 15 dinyatakan telah mengungguli permainan.
Materi Pokok Pembelajaran 2: Mencetak angka.
1) Aktivitas pembelajaran 1: Spike dan tip.
2) Aktivitas pembelajaran 2: Dig.
3) Aktivitas pembelajaran 3: Mengaplikasikan gerakan
spike, tip dan dig.
4) Aktivitas pembelajaran 4: Mengaplikasikan gerakan
spike, tip, dig dan block.
1. Aktivitas
Pembelajaran 1: Gerakan Spike dan Tip
Panduan menampilkan:
Siswa yang memiliki keterampilan dalam bermain bola voli
mendemonstrasikan gerakan spike lalu siswa lainnya memperhatikan. Gerakan spike
dan tip dilakukan dengan cara:
a) Persiapan
atau awalan
b) Tolakan
atau lompatan
c) Memukul
bola dengan satu tangan saat melayang diudara.
d) Mendarat.
Perbedaan spike dan tip yaitu perkenaan tangan pada bola:
a) Spike
menggunakan seluruh permukaan telapak tangan dengan sentuhan yang keras,
sedangkan tip hanya bagian ujung jari.
b) Kecepatan
spike dilakukan secara tinggi, sedangkan tip dilakukan dengan kecepatan rendah.
c) Setiap
siswa bergantian melakukan gerakan spike dan tip lalu saling mengkoreksi
gerakan antar teman.
2. Aktivitas
Pembelajaran 2: Gerakan Dig
Panduan menampilkan:
Siswa yang memiliki keterampilan bermain bola voli mendemonstrasikan
gerakan dig lalu siswa lainnya memperhatikan. Gerakan dig dilakukan dengan
cara:
a) Sikap
permulaan
Berdiri dengan salah satu kaki
kedepan, lutut sedikit tekuk, badan sedikit di bungkukkan. Titik berat badan
bertumpu pada kedua telapak kaki bagian depan.
b) Pelaksaan
Bergerak ke arah jatuhnya
bola, kedua tangan dirapatkan tanpa ada ayunan lengan pada saat menyambut
datangnya bola.
c) Gerakan
lanjut
Setelah bola mengenai lengan
badan bersiap kembali membentuk kuda-kuda seperti semula.
Siswa dibagi menjadi 2
kelompok saling berhadapan dimana satu kelompok melakukan spike dan satu
kelompok melakukan dig, kemudian siswa saling bergantian melakukan gerakan
tersebut.Setiap siswa memperhatikan gerakan temannya dan saling mengkoreksi.
3. Aktivitas
Pembelajaran 3: Mengaplikasikan gerakan Spike, Tip dan Dig
Panduan menampilkan:
a) Latihan
spike, tip dan dig.
Bagilah siswa menjadi
kelompok-kelompok yang terdiri dari 3 orang dan posisikan hingga 4 kelompok di
lapangan, 2 pemain dari setiap kelompok di satu sisi jaring dan pemain lain
dari setiap kelompok di sisi lain. Pemain 1 melempar bola voli (tinggi) 6 kali
dari sisi kiri ke pemain 2, yang memberikan spike 3 bola dan tip 3 bola. Pemain
3 melakukan dig. Kemudian siswa bertukar posisi. Ketika setiap pemain melakukan
spike, tip dan dig tiga kali dari sisi kiri, ulangi aktivitas melempar bola
dari sisi kanan.
4. Aktivitas Pembelajaran 4: Mengaplikasikan Spike, Tip, Dig, dan Block
Panduan menampilkan:
a) Latihan
spike, tip, dig, dan block. Bagilah siswa menjadi kelompok-kelompok yang terdiri
dari 3 orang dan posisikan hingga 4 kelompok di lapangan, 2 pemain dari setiap
kelompok di satu sisi jaring dan pemain lain dari setiap kelompok di sisi lain.
b) Pemain
1 melempar bola voli (tinggi) 6 kali dari sisi kiri ke pemain 2, yang
memberikan spike 3 bola dan tip 3 bola. Pemain 3 melakukan dig ke arah pemain 1
(pelempar bola). Lalu pelempar bola memberikan umpan kepada pemain 2, dan
pemain 2 melakukan spike dan tip.
c) Pemain 3 setelah melakukan dig langsung lari ke depan bersiap[1]siap melakukan block Kemudian siswa bertukar posisi. Ketika setiap pemain melakukan spike, tip dan dig tiga kali dari sisi kiri, ulangi aktivitas melempar bola dari sisi kanan.
Bagi anda yang ingin mengetahui dan melihat materi yang lebih lengkapnya, maka silahkan cek pada buku teks pelajaran PJOK kelas X SMA/SMK yang telah admin kherysuryawan bagikan di bawah ini :
- Buku Guru & Siswa PJOK Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai Rangkuman /Ringkasan materi PJOK Kelas 10 SMA/SMK Unit 4 “Permainan Bola Voli” yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa membantu sahabat pendidikan yang akan menggunakan sebagai bahan belajar pada pembelajaran di kurikulum merdeka.