Rangkuman PJOK Kelas 10 Unit 3 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi pelajaran PJOK Kelas 10 SMA/SMK Unit 3 “Permainan Bola Tangan” Pembelajaran semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat pendidikan, pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK) secara khusus materi yang ada pada Unit 3 yaitu tentang Permainan Bola Tangan.

 


Seperti kita ketahui bersama bahwa pada mata pelajaran PJOK siswa akan lebih sering melakukan aktivitas fisik, namun demikian seluruh aktivitas yang akan di lakukan tentunya akan dimulai dengan sebuah panduan dalam bentuk materi. Pada kurikulum merdeka khusus untuk mata pelajaran PJOK jenjang SMA/SMK pusat perbukuan telah menyiapkan buku teks pelajaran PJOK untuk kelas 10 SMA/SMK.

 

Untuk memudahkan siswa dan guru dalam mempelajari materi PJOK maka dibutuhkan buku teks pelajaran, namun tidak semua sekolah bisa menyiapkannya. Tapi tenang saja, bagi anda yang disekolahnya belum memiliki buku teks pelajaran PJOK kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka dan ingin mengetahui apa saja materi yang akan di pelajari pada mapel PJOK kelas 10 SMA/SMK maka disini admin kherysuryawan akan membagikan hasil rangkuman atau ringkasan materi PJOK kelas 10 SMA/SMK khususnya untuk materi yang akan di pelajari pada Unit 3 yang berjudul “Permainan Bola Tangan”.

 

Materi PJOK kelas 10 SMA/SMK Unit 3 “Permainan Bola Tangan” yang akan di pelajari ini merupakan materi yang akan di pelajari pada semester 1 kurikulum merdeka. Admin kherysuryawan sengaja membuat ringkasan materi ini dengan tujuan agar bisa membantu siswa dan guru dalam memperoleh informasi seputar materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK dikelas 10 Unit 3.

 

Ada beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan untuk dicapai oleh peserta didik dalam mempelajari materi Unit 3 ini. Berikut ini tujuan pembelajaran Unit 3 “Permainan Bola Tangan”

Tujuan Pembelajaran

1.     Mempraktikkan hasil evaluasi aktivitas jasmani dan olahraga permainan bola tangan (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak) dan mempraktekkan hasil evaluasi tersebut dalam bentuk permainan sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh siswa.

2.     Mengevaluasi fakta, konsep, prinsip, dan prosedur dalam melakukan keterampilan gerak spesiik dan fungsional permainan bola tangan (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak) dan melakukan pendalaman evaluatif tentang bagaimana teknik dasar yang dipelajari tersebut diterapkan dalam bentuk permainan sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh siswa.

3.     Mengevaluasi fakta, konsep, prinsip, dan prosedur dan mempraktikkan permainan bola tangan sebagai latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (health-related physical itness) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (skill - related physical itness), berdasarkan prinsip latihan (Frequency, Intensity, Time, Type/FITT) untuk mendapatkan kebugaran dengan status baik.

4.     Mengembangkan tanggung jawab sosial siswa dalam kelompok kecil untuk melakukan perubahan positif, menunjukkan etika yang baik, saling menghormati, dan mengambil bagian dalam kerja kelompok pada aktivitas jasmani atau kegiatan sosial lainnya, melalui pembelajaran permainan bola tangan.

5.     Mengevaluasi sikap dan kebiasaan untuk menjadi individu yang sehat, aktif, menyukai tantangan dan cara menghadapinya secara positif dalam konteks aktivitas jasmani dengan menunjukkan perilaku menghormati diri sendiri dan orang lain, serta mengembangkan nilai-nilai gerak: nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kesehatan, nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kegembiraan dan tantangan, dan nilai-nilai aktivitas jasmani untuk ekspresi diri dan interaksi sosial.

 

Baiklah, bagi anda yang ingin melihat sajian rangkuman materi PJOK Kelas 10 SMA/SMK Unit 3 “Permainan Bola Tangan” maka di bawah ini sajian materinya :

 

UNIT 3 PERMAINAN BOLA TANGAN

Materi Pokok Pembelajaran 1

1)      Aktivitas pembelajaran Teknik dasar spesiik mengoper dan menangkap bola.

a)     Aktivitas pembelajaran 1: Teknik dasar spesiik melempar dan menangkap bola.

b)    Aktivitas pembelajaran 2: Teknik dasar spesiik melempar dan menangkap bola sambil berjalan dan berlari.

2)      Aktivitas pembelajaran Teknik dasar spesiik menggiring bola.

a)     Aktivitas pembelajaran 1: Teknik dasar spesiik menggiring bola sambil berjalan.

b)    Aktivitas pembelajaran 2: Teknik dasar spesiik menggiring bola sambil berjalan dan berlari.

3)      Aktivitas pembelajaran bermain bola tangan dengan menggunakan peraturan yang dimodiikasi menggunakan setengah lapangan aktivitas keterampilan gerak spesiik dan fungsional permainan dan olahraga (melempar, menangkap, dan menggiring bola permainan bola tangan) secara berkelompok.

 

(1) Aktivitas Pembelajaran 1: Teknik Dasar Spesiik Melempar dan Menangkap Bola

Panduan menampilkan:

(a)    Berdiri tegak, berpasang-pasangan, dan saling berhadapan.

(b)    Melempar dan menangkap bola seperti pada bola basket berpasangan di tempat.

(c)     Dilanjutkan sambil bergerak maju, mundur, dan menyamping (melempar dari dada, pantul dan dari atas kepala).

(d)    Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang selama 10 menit.


(2) Aktivitas Pembelajaran 2: Teknik Dasar Spesiik Melempar dan Menangkap Bola Sambil Berjalan dan Berlari

Panduan menampilkan:

(a)    Berdiri tegak, berpasang-pasangan, dan saling berhadapan.

(b)    Melempar dan menangkap bola seperti pada bola basket, setelah melakukan bergerak pindah tempat ke samping atau berlari ke samping depan atau post to post dengan batas jarak yang ditentukan guru.

(c)     Pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang selama 10 menit

 

(1) Aktivitas pembelajaran 1: Teknik dasar spesiik menggiring bola sambil berjalan

Panduan menampilkan:

(a)    Berdiri dengan sikap melangkah.

(b)    Badan agak condong ke depan.

(c)     Berat badan tertumpu pada kaki depan.

(d)    Menggiring bola sambil berjalan (menggunakan tangan kanan dan kiri).

(e)    Pembelajaran dilakukan secara perorangan atau kelompok.

(f)      Pembelajaran dilakukan sejauh 20 – 30 meter

 

(2) Aktivitas Pembelajaran 2: Teknik Dasar Spesiik Menggiring Bola Sambil Berjalan dan Berlari

Panduan menampilkan:

(a)    Berdiri dengan sikap melangkah.

(b)    Badan agak condong ke depan.

(c)     Berat badan tertumpu pada kaki depan.

(d)    Menggiring bola sambil berjalan, dilanjutkan dengan lari (menggunakan tangan kanan dan kiri).

(e)    Pembelajaran dilakukan secara perorangan atau kelompok.

(f)      Pembelajaran dilakukan sejauh 20 – 30 meter.

 

Materi Pokok Pembelajaran 2

1)    Aktivitas pembelajaran 1: Teknik dasar spesiik menembak bola sambil melompat menggunakan dua atau satu tangan di tempat.

2)    Aktivitas pembelajaran 2: Teknik dasar spesiik menembak bola sambil melompat (lying shot).

3)    Aktivitas pembelajaran bermain bola tangan dengan menggunakan peraturan yang dimodiikasi menggunakan setengah lapangan aktivitas keterampilan gerak spesiik dan fungsional permainan dan olahraga (permainan bola tangan: mengoper, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke sasaran tertentu) secara berkelompok.


a) Aktivitas Pembelajaran 1: Teknik Dasar Spesiik Menembak Bola Sambil Melompat Menggunakan Satu Tangan di Tempat

Panduan menampilkan:

(1)    Pemain 1 melakukan tembakan ke gawang pada area pemain 2.

(2)    Pemain 2 (penjaga gawang) menangkap bola, kembalikan bola pada pemain 1 dengan teknik menembak mengoper.

(3)    Lakukan seterusnya, bila dilakukan dalam formasi berbanjar, yang telah melakukan gerakan menembak pindah tempat.

(4)    Pembelajaran ini dilakukan berulang-ulang 10 – 15 tembakan.


b) Aktivitas Pembelajaran 2: Teknik Dasar Spesiik Menembak Bola Sambil Melompat (Flying Shot)

Panduan menampilkan:

(1)    Pemain 1 melakukan tembakan sambil melompat ke arah pemain 2 (penjaga gawang).

(2)    Pemain 2 menangkap dan mengembalikan bola pada pemain 1 dengan teknik mengoper.

(3)    Lakukan seterusnya, bila dilakukan dalam formasi berbanjar, yang telah melakukan gerakan menembak pindah tempat.

(4)    Pembelajaran ini dilakukan berulang-ulang 10 – 15 tembakan.

 

Materi Pokok Pembelajaran 3

1)    Aktivitas pembelajaran bermain bola tangan dengan menggunakan peraturan yang dimodiikasi menggunakan dua buah gawang aktivitas keterampilan gerak spesiik dan fungsional permainan dan olahraga (mengoper, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke sasaran tertentu atau area gawang pada permainan bola tangan) secara berkelompok.

2)    Aktivitas pembelajaran bermain bola tangan dengan menggunakan peraturan yang dimodiikasi menggunakan lapangan penuh aktivitas keterampilan gerak spesiik dan fungsional permainan dan olahraga (mengoper, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke sasaran tertentu atau area gawang pada permainan bola tangan) secara berkelompok.

 

a) Aktivitas pembelajaran 1: Bermain bola tangan dengan menggunakan peraturan yang dimodiikasi menggunakan dua buah gawang aktivitas keterampilan gerak spesiik mengoper, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke gawang permainan bola tangan secara berkelompok.

Cara melakukannya:

(1)    Permainan dilakukan oleh dua regu, yang masing-masing 5 – 9 pemain.

(2)    Lapangan dapat menggunakan lapangan futsal, basket, voli atau bulu tangkis.

(3)    Setiap regu berusaha memasukan pada gawang lawan, dengan teknik dasar lempar tangkap, menggiring, dan menembak.

(4)    Regu yang banyak memasukan bola ke gawang keluar sebagai pemenang.

(5)    Peraturan dapat ditambah sesuai dengan situasi dan kebutuhan (dapat didiskusikan antara guru dan siswa).

(6)    Lama permainan 10 - 15 menit.

 

b) Aktivitas pembelajaran 2: Bermain bola tangan dengan menggunakan peraturan yang dimodiikasi menggunakan lapangan penuh aktivitas keterampilan gerak spesiik melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke gawang permainan bola tangan secara berkelompok.

Panduan menampilkan:

(1)    Setiap tim berjumlah 5-9 orang.

(2)    Para pemain boleh menggiring, melempar, dan menembak.

(3)    Saat menggiring bola, pemain yang berada pada lapangan A dan B tidak boleh melewati garis 7 meter (area penjaga gawang).

(4)    Tim pemenang adalah tim yang dapat memasukkan bola ke gawang lebih banyak.

(5)    Lama permainan 10 - 15 menit.

 

Bagi anda yang ingin mengetahui dan melihat materi yang lebih lengkapnya, maka silahkan cek pada buku teks pelajaran PJOK kelas X SMA/SMK yang telah admin kherysuryawan bagikan di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa PJOK Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Rangkuman /Ringkasan materi PJOK Kelas 10 SMA/SMK Unit 3 “Permainan Bola Tangan” yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa membantu sahabat pendidikan yang akan menggunakan sebagai bahan belajar pada pembelajaran di kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel