Rangkuman PJOK Kelas 10 Unit 3 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman materi pelajaran PJOK Kelas 10 SMA/SMK Unit 3 “Permainan Bola Tangan” Pembelajaran semester 1 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat pendidikan, pada kesempatan kali ini admin
akan membahas tentang materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran
Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK) secara khusus materi yang ada
pada Unit 3 yaitu tentang Permainan Bola Tangan.
Seperti kita ketahui bersama bahwa pada mata pelajaran
PJOK siswa akan lebih sering melakukan aktivitas fisik, namun demikian seluruh
aktivitas yang akan di lakukan tentunya akan dimulai dengan sebuah panduan
dalam bentuk materi. Pada kurikulum merdeka khusus untuk mata pelajaran PJOK
jenjang SMA/SMK pusat perbukuan telah menyiapkan buku teks pelajaran PJOK untuk
kelas 10 SMA/SMK.
Untuk memudahkan siswa dan guru dalam mempelajari materi
PJOK maka dibutuhkan buku teks pelajaran, namun tidak semua sekolah bisa
menyiapkannya. Tapi tenang saja, bagi anda yang disekolahnya belum memiliki
buku teks pelajaran PJOK kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka dan ingin
mengetahui apa saja materi yang akan di pelajari pada mapel PJOK kelas 10
SMA/SMK maka disini admin kherysuryawan akan membagikan hasil rangkuman atau
ringkasan materi PJOK kelas 10 SMA/SMK khususnya untuk materi yang akan di
pelajari pada Unit 3 yang berjudul “Permainan Bola Tangan”.
Materi PJOK kelas 10 SMA/SMK Unit 3 “Permainan Bola
Tangan” yang akan di pelajari ini merupakan materi yang akan di pelajari pada
semester 1 kurikulum merdeka. Admin kherysuryawan sengaja membuat ringkasan
materi ini dengan tujuan agar bisa membantu siswa dan guru dalam memperoleh
informasi seputar materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK dikelas
10 Unit 3.
Ada beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan untuk
dicapai oleh peserta didik dalam mempelajari materi Unit 3 ini. Berikut ini
tujuan pembelajaran Unit 3 “Permainan Bola Tangan”
Tujuan Pembelajaran
1. Mempraktikkan hasil evaluasi aktivitas jasmani
dan olahraga permainan bola tangan (melempar, menangkap, menggiring, dan
menembak) dan mempraktekkan hasil evaluasi tersebut dalam bentuk permainan
sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh siswa.
2. Mengevaluasi fakta, konsep, prinsip, dan
prosedur dalam melakukan keterampilan gerak spesiik dan fungsional permainan
bola tangan (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak) dan melakukan
pendalaman evaluatif tentang bagaimana teknik dasar yang dipelajari tersebut
diterapkan dalam bentuk permainan sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki
oleh siswa.
3. Mengevaluasi fakta, konsep, prinsip, dan
prosedur dan mempraktikkan permainan bola tangan sebagai latihan pengembangan
kebugaran jasmani terkait kesehatan (health-related physical itness) dan
kebugaran jasmani terkait keterampilan (skill - related physical itness),
berdasarkan prinsip latihan (Frequency, Intensity, Time, Type/FITT) untuk
mendapatkan kebugaran dengan status baik.
4. Mengembangkan tanggung jawab sosial siswa dalam
kelompok kecil untuk melakukan perubahan positif, menunjukkan etika yang baik,
saling menghormati, dan mengambil bagian dalam kerja kelompok pada aktivitas
jasmani atau kegiatan sosial lainnya, melalui pembelajaran permainan bola
tangan.
5. Mengevaluasi sikap dan kebiasaan untuk menjadi
individu yang sehat, aktif, menyukai tantangan dan cara menghadapinya secara
positif dalam konteks aktivitas jasmani dengan menunjukkan perilaku menghormati
diri sendiri dan orang lain, serta mengembangkan nilai-nilai gerak: nilai-nilai
aktivitas jasmani untuk kesehatan, nilai-nilai aktivitas jasmani untuk
kegembiraan dan tantangan, dan nilai-nilai aktivitas jasmani untuk ekspresi
diri dan interaksi sosial.
Baiklah, bagi anda yang ingin melihat sajian rangkuman
materi PJOK Kelas 10 SMA/SMK Unit 3 “Permainan Bola Tangan” maka di bawah ini
sajian materinya :
UNIT 3 PERMAINAN BOLA TANGAN
Materi Pokok Pembelajaran 1
1) Aktivitas
pembelajaran Teknik dasar spesiik mengoper dan menangkap bola.
a) Aktivitas
pembelajaran 1: Teknik dasar spesiik melempar dan menangkap bola.
b) Aktivitas
pembelajaran 2: Teknik dasar spesiik melempar dan menangkap bola sambil
berjalan dan berlari.
2) Aktivitas
pembelajaran Teknik dasar spesiik menggiring bola.
a) Aktivitas
pembelajaran 1: Teknik dasar spesiik menggiring bola sambil berjalan.
b) Aktivitas
pembelajaran 2: Teknik dasar spesiik menggiring bola sambil berjalan dan
berlari.
3) Aktivitas
pembelajaran bermain bola tangan dengan menggunakan peraturan yang dimodiikasi
menggunakan setengah lapangan aktivitas keterampilan gerak spesiik dan fungsional
permainan dan olahraga (melempar, menangkap, dan menggiring bola permainan bola
tangan) secara berkelompok.
(1) Aktivitas
Pembelajaran 1: Teknik Dasar Spesiik Melempar dan Menangkap Bola
Panduan menampilkan:
(a) Berdiri
tegak, berpasang-pasangan, dan saling berhadapan.
(b) Melempar
dan menangkap bola seperti pada bola basket berpasangan di tempat.
(c) Dilanjutkan
sambil bergerak maju, mundur, dan menyamping (melempar dari dada, pantul dan
dari atas kepala).
(d) Pembelajaran
dilakukan secara berulang-ulang selama 10 menit.
(2) Aktivitas
Pembelajaran 2: Teknik Dasar Spesiik Melempar dan Menangkap Bola Sambil
Berjalan dan Berlari
Panduan menampilkan:
(a) Berdiri
tegak, berpasang-pasangan, dan saling berhadapan.
(b) Melempar
dan menangkap bola seperti pada bola basket, setelah melakukan bergerak pindah tempat
ke samping atau berlari ke samping depan atau post to post dengan batas jarak
yang ditentukan guru.
(c) Pembelajaran
dilakukan secara berulang-ulang selama 10 menit
(1) Aktivitas
pembelajaran 1: Teknik dasar spesiik menggiring bola sambil berjalan
Panduan menampilkan:
(a) Berdiri
dengan sikap melangkah.
(b) Badan
agak condong ke depan.
(c) Berat
badan tertumpu pada kaki depan.
(d) Menggiring
bola sambil berjalan (menggunakan tangan kanan dan kiri).
(e) Pembelajaran
dilakukan secara perorangan atau kelompok.
(f) Pembelajaran
dilakukan sejauh 20 – 30 meter
(2) Aktivitas
Pembelajaran 2: Teknik Dasar Spesiik Menggiring Bola Sambil Berjalan dan
Berlari
Panduan menampilkan:
(a) Berdiri
dengan sikap melangkah.
(b) Badan
agak condong ke depan.
(c) Berat
badan tertumpu pada kaki depan.
(d) Menggiring
bola sambil berjalan, dilanjutkan dengan lari (menggunakan tangan kanan dan
kiri).
(e) Pembelajaran
dilakukan secara perorangan atau kelompok.
(f) Pembelajaran
dilakukan sejauh 20 – 30 meter.
Materi Pokok Pembelajaran 2
1) Aktivitas
pembelajaran 1: Teknik dasar spesiik menembak bola sambil melompat menggunakan
dua atau satu tangan di tempat.
2) Aktivitas
pembelajaran 2: Teknik dasar spesiik menembak bola sambil melompat (lying
shot).
3) Aktivitas
pembelajaran bermain bola tangan dengan menggunakan peraturan yang dimodiikasi
menggunakan setengah lapangan aktivitas keterampilan gerak spesiik dan fungsional
permainan dan olahraga (permainan bola tangan: mengoper, menangkap, menggiring,
dan menembak bola ke sasaran tertentu) secara berkelompok.
a) Aktivitas
Pembelajaran 1: Teknik Dasar Spesiik Menembak Bola Sambil Melompat Menggunakan
Satu Tangan di Tempat
Panduan menampilkan:
(1) Pemain
1 melakukan tembakan ke gawang pada area pemain 2.
(2) Pemain
2 (penjaga gawang) menangkap bola, kembalikan bola pada pemain 1 dengan teknik menembak
mengoper.
(3) Lakukan
seterusnya, bila dilakukan dalam formasi berbanjar, yang telah melakukan
gerakan menembak pindah tempat.
(4) Pembelajaran
ini dilakukan berulang-ulang 10 – 15 tembakan.
b) Aktivitas
Pembelajaran 2: Teknik Dasar Spesiik Menembak Bola Sambil Melompat (Flying
Shot)
Panduan
menampilkan:
(1) Pemain
1 melakukan tembakan sambil melompat ke arah pemain 2 (penjaga gawang).
(2) Pemain
2 menangkap dan mengembalikan bola pada pemain 1 dengan teknik mengoper.
(3) Lakukan
seterusnya, bila dilakukan dalam formasi berbanjar, yang telah melakukan
gerakan menembak pindah tempat.
(4) Pembelajaran
ini dilakukan berulang-ulang 10 – 15 tembakan.
Materi Pokok Pembelajaran 3
1) Aktivitas
pembelajaran bermain bola tangan dengan menggunakan peraturan yang dimodiikasi
menggunakan dua buah gawang aktivitas keterampilan gerak spesiik dan fungsional
permainan dan olahraga (mengoper, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke
sasaran tertentu atau area gawang pada permainan bola tangan) secara
berkelompok.
2) Aktivitas
pembelajaran bermain bola tangan dengan menggunakan peraturan yang dimodiikasi
menggunakan lapangan penuh aktivitas keterampilan gerak spesiik dan fungsional
permainan dan olahraga (mengoper, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke
sasaran tertentu atau area gawang pada permainan bola tangan) secara
berkelompok.
a) Aktivitas
pembelajaran 1: Bermain bola tangan dengan menggunakan peraturan yang
dimodiikasi menggunakan dua buah gawang aktivitas keterampilan gerak spesiik mengoper,
menangkap, menggiring, dan menembak bola ke gawang permainan bola tangan secara
berkelompok.
Cara melakukannya:
(1) Permainan
dilakukan oleh dua regu, yang masing-masing 5 – 9 pemain.
(2) Lapangan
dapat menggunakan lapangan futsal, basket, voli atau bulu tangkis.
(3) Setiap
regu berusaha memasukan pada gawang lawan, dengan teknik dasar lempar tangkap,
menggiring, dan menembak.
(4) Regu
yang banyak memasukan bola ke gawang keluar sebagai pemenang.
(5) Peraturan
dapat ditambah sesuai dengan situasi dan kebutuhan (dapat didiskusikan antara
guru dan siswa).
(6) Lama
permainan 10 - 15 menit.
b) Aktivitas
pembelajaran 2: Bermain bola tangan dengan menggunakan peraturan yang
dimodiikasi menggunakan lapangan penuh aktivitas keterampilan gerak spesiik melempar,
menangkap, menggiring, dan menembak bola ke gawang permainan bola tangan secara
berkelompok.
Panduan menampilkan:
(1) Setiap
tim berjumlah 5-9 orang.
(2) Para
pemain boleh menggiring, melempar, dan menembak.
(3) Saat
menggiring bola, pemain yang berada pada lapangan A dan B tidak boleh melewati
garis 7 meter (area penjaga gawang).
(4) Tim
pemenang adalah tim yang dapat memasukkan bola ke gawang lebih banyak.
(5) Lama
permainan 10 - 15 menit.
Bagi anda yang ingin mengetahui dan melihat materi yang lebih lengkapnya, maka silahkan cek pada buku teks pelajaran PJOK kelas X SMA/SMK yang telah admin kherysuryawan bagikan di bawah ini :
- Buku Guru & Siswa PJOK Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai Rangkuman /Ringkasan
materi PJOK Kelas 10 SMA/SMK Unit 3 “Permainan Bola Tangan” yang bisa admin
kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa membantu sahabat
pendidikan yang akan menggunakan sebagai bahan belajar pada pembelajaran di
kurikulum merdeka.