Rangkuman PJOK Kelas 10 Unit 2 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman materi pelajaran PJOK Kelas 10 SMA/SMK Unit 2 “Permainan Sepak Bola” Pembelajaran semester 1 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat pendidikan, pada kesempatan kali ini admin
akan membahas tentang materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran
Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK) secara khusus materi yang ada
pada Unit 2 yaitu tentang Permainan Sepak Bola.
Seperti kita ketahui bersama bahwa pada mata pelajaran
PJOK siswa akan lebih sering melakukan aktivitas fisik, namun demikian seluruh
aktivitas yang akan di lakukan tentunya akan dimulai dengan sebuah panduan
dalam bentuk materi. Pada kurikulum merdeka khusus untuk mata pelajaran PJOK
jenjang SMA/SMK pusat perbukuan telah menyiapkan buku teks pelajaran PJOK untuk
kelas 10 SMA/SMK.
Untuk memudahkan siswa dan guru dalam mempelajari materi
PJOK maka dibutuhkan buku teks pelajaran, namun tidak semua sekolah bisa
menyiapkannya. Tapi tenang saja, bagi anda yang disekolahnya belum memiliki
buku teks pelajaran PJOK kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka dan ingin
mengetahui apa saja materi yang akan di pelajari pada mapel PJOK kelas 10
SMA/SMK maka disini admin kherysuryawan akan membagikan hasil rangkuman atau
ringkasan materi PJOK kelas 10 SMA/SMK khususnya untuk materi yang akan di
pelajari pada Unit 2 yang berjudul “Permainan Sepak Bola”.
Materi PJOK kelas 10 SMA/SMK Unit 2 “Permainan Sepak Bola”
yang akan di pelajari ini merupakan materi yang akan di pelajari pada semester
1 kurikulum merdeka. Admin kherysuryawan sengaja membuat ringkasan materi ini
dengan tujuan agar bisa membantu siswa dan guru dalam memperoleh informasi
seputar materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK dikelas 10 Unit 2.
Ada beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan untuk
dicapai oleh peserta didik dalam mempelajari materi Unit 2 ini. Berikut ini
tujuan pembelajaran Unit 2 “Permainan Sepak Bola”
1. Mempraktikkan teknik dasar keterampilan gerak
spesiik dan fungsional permainan sepak bola (passing, stopping; dribbling;
shooting dan pendalaman dalam bentuk permainan) sesuai potensi dan kreativitas
yang dimiliki oleh siswa.
2. Menganalisis teknik dasar keterampilan gerak
spesiik dan fungsional permainan sepak bola (passing, stopping; dribbling;
shooting dan pendalaman dalam bentuk permainan) sesuai potensi dan kreativitas
yang dimiliki oleh siswa.
3. Mengembangkan nilai-nilai karakter dari
pengalaman belajar gerak: tanggung jawab personal (jujur, disiplin, patuh dan
taat pada aturan, menghormati diri sendiri, dan lain-lain) dan pengembangan
tanggung jawab sosial (kerja sama, toleran, peduli, empati, menghormati orang
lain, gotong-royong, dan lain-lain).
4. Mengembangkan nilai-nilai gerak dengan cara
mampu mengambil makna pengalaman belajar gerak: nilai-nilai aktivitas jasmani
untuk kesehatan, nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kegembiraan dan tantangan,
dan nilai-nilai aktivitas jasmani untuk ekspresi diri dan interaksi sosial.
Baiklah, bagi anda yang ingin melihat sajian rangkuman
materi PJOK Kelas 10 SMA/SMK Unit 2 “Permainan Sepak Bola” maka di bawah ini
sajian materinya :
UNIT 2 PERMAINAN SEPAK BOLA
Materi Pokok Pembelajaran 1
Aktivitas pembelajaran Teknik dasar spesiik melempar dan menangkap
bola, yaitu:
a) Aktivitas
pembelajaran 1: Keterampilan gerakan passing bola.
b) Aktivitas
pembelajaran 2: Keterampilan gerakan stopping bola.
c) Aktivitas
pembelajaran 3: Keterampian gerakan dribbling bola.
d) Pembelajaran
4: Merebut bola dari penguasaan lawan dan permainan sepak bola modiikasi
sebagai pengembangan gerakan passing, stopping; dribbling; shooting dan
pendalaman dalam bentuk permainan.
(1) Aktivitas
Pembelajaran 1: Gerakan Passing Bola
Panduan menampilkan:
a) Cermat
melihat bola dan kuasai gerakan lengan untuk keseimbangan tubuh.
b) Perkenaan
kaki dengan bagian tengah bola dan dorongkan ke arah sasaran.
c) Perkenaan
kaki dengan bagian bawah bola hanya untuk supaya bola sedikit mengambang di
udara.
d) Perkenaan
kaki dengan bola tanpa ada gerakan lanjut tungkai hanya untuk men-chip bola.
e) Gerak
lanjut ke arah sasaran passing untuk mendorong laju bola.
f)
Melakukan passing dengan kaki bagian dalam baik
ke arah kiri atau kanan perlu dengan pergelangan kaki dikokohkan.
g) Melakukan
passing dengan kaki bagian luar dengan penguasaan bola dan penguatan
pergelangan kaki.
(2) Aktivitas
Pembelajaran 2: Gerakan Stopping Bola
Panduan menampilkan:
a) Cermat
melihat bola datang ke arah badan dalam penguasaan
b) Hentikan
laju bola datang dengan membukakan kaki, hingga bola bersentuhan dengan telapak
kaki.
c) Menghentikan
bola dapat pula dilakukan dengan kaki bagian dalam dengan sedikit mengangkat
pergelangan kaki.
(3) Aktivitas
pembelajaran 3: Gerakan Dribbling Bola
Panduan menampilkan:
a) Sentuhkan
kaki pada pertengahan bola dengan penguasaan.
b) Gunakan
kedua kaki secara bergantian.
c) Kuasai
bola sehingga berada di daerah terdekat (30 – 50 cm) dari jangkauan kaki.
d) Kedua
lengan digunakan untuk menjaga keseimbangan badan.
e) Lihat
bola dan cermatlah dari kemungkinan rebutan pemain lawan.
f)
Gunakan kaki bagian dalam, atau bagian luar
kaki, dalam jangkauan untuk menguasai bola.
(4) Aktivitas
Pembelajaran 4: Merebut Bola dari Penguasaan Lawan dan Permainan Menyerupai
Permainan Sepak Bola
Panduan menampilkan:
(a) Dapatkan
siswa menjadi 4 kelompok beranggotakan 8 orang (jika jumlah siswa 32 orang),
untuk melakukan permainan sepak bola “garis akhir.”
(b) Dari
setiap kelompok dibagi 4 orang regu A dan 4 orang regu B.
a) Regu
A berupaya melakukan passing dan stopping bola dalam berbagai jenis passing,
sementara regu B berupaya merebut bola.
(c) Regu
A menyerang ke daerah pertahanan regu B, dan regu B menyerang daerah pertahanan
regu A. Setiap regu berupaya bisa menahan bola oleh salah satu teman regunya di
garis akhir.
(d) Jika
suatu regu berhasil menahan bola di garis akhir pada daerah yang ditentukan
maka terjadi skor 1.
(e) Permainan
berjalan dalam waktu 10 menit.
(f) Bagi
regu yang mengumpulkan skor lebih banyak dinyatakan sebagai regu yang unggul
dalam permainan
Materi Pokok Pembelajaran 2
1) Aktivitas
pembelajaran 1: Teknik Shooting.
2) Aktivitas
pembelajaran 2: Shooting ke cones.
3) Aktivitas
pembelajaran 3: Shooting ke target dalam permainan garis akhir.
4) Aktivitas
pembelajaran 4: Shooting ke gawang kecil.
a) Aktivitas
Pembelajaran 1: Teknik Gerakan Shooting
Panduan menampilkan:
1) Pusatkan
pandangan ke bola, dan kuasai lengan di samping sebagai upaya menjaga
keseimbangan tubuh.
2) Perkenaan
kaki dengan bola di bagian tengah-bawah bola dan ujung depan kaki.
3) Tempatkan
kaki yang tidak akan menendang bola di samping bola sebagai tumpuan gerakan
shooting.
4) Tendang
bola dengan kaki yang aktif.
5) Lakukan
gerak lanjut ke arah tendangan bola.
6) Gunakan
shooting sebagai upaya untuk mencetak gol.
b) Aktivitas
Pembelajaran 2: Shooting ke Cones
Panduan menampilkan:
1) Gerakan
shooting ke cone dalam sepak bola 8 penjuru sudut. Buatlah 1 kelompok beranggotakan
8 orang, yang berdiri mempertahankan cone-nya setiap sudut persegi empat dan
titik tengah garis lapangan.
2) Setiap
cone dijaga oleh satu siswa, yang juga harus melakukan shooting ke cone yang
dijaga siswa lainnya.
3) Satu
siswa berhadapan dengan 7 siswa lainnya.
c) Aktivitas
Pembelajaran 3: Shooting ke Cone dalam Permainan Garis Akhir.
Panduan menampilkan:
1) Buatlah
dua regu saling berlawanan, beranggotakan 4 pemain.
2) Kedua
regu menginvasi daerah pertahanan lawanya, untuk menjatuhkan cone yang diberdirikan
di daerah akhir lapangan permainan.
3) Kedua
regu berusaha mempertahankan cone yang diberdirikan di daerah permainannya.
4) Pemain
sari satu regu yang bisas menjatuhkan cone lawannya dinyatakan mendapatkan skor
angka 1.
5) Berusahalah
untuk menjatuhkan semua cone di daerah pertahanan lawan satu demi satu.
6) Regu
yang terlebih dahulu dapat menjatuhkan semua cone di daerah pertahanan lawannya
dinyatakan mengungguli permainan.
d) Aktivitas Pembelajaran 4: Permainan Shooting ke Gawang
Kecil
Panduan menampilkan:
1) Mintalah
siswa menjadi 2 kelompok beranggotakan 4 orang yang berlawanan, untuk melakukan
permainan shooting ke gawang kecil.
2) Setiap
regu menyerang daerah pertahanan regu lawan untuk memasukan bola ke gawang
kecil lawannya.
3) Setiap
regu berusaha mempertahankan gawangnya sendiri dan mencoba memasukan bola ke
gawang lawan.
4) Permainan
dilakukan dalam waktu 10 – 15 menit.
Bagi anda yang ingin mengetahui dan melihat materi yang lebih lengkapnya, maka silahkan cek pada buku teks pelajaran PJOK kelas X SMA/SMK yang telah admin kherysuryawan bagikan di bawah ini :
- Buku Guru & Siswa PJOK Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai Rangkuman /Ringkasan
materi PJOK Kelas 10 SMA/SMK Unit 2 “Permainan Sepak Bola” yang bisa admin
kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa membantu sahabat
pendidikan yang akan menggunakan sebagai bahan belajar pada pembelajaran di
kurikulum merdeka.