60 Soal & Jawaban Sumatif IPS Kelas 7 Materi Sosialisasi dalam Masyarakat

Kherysuryawan.id – Kumpulan Soal Sumatif IPS Tema 1 Keluarga Awal Kehidupan Semester 1 Kurikulum Merdeka Khususnya pada Materi Sosialisasi dalam Masyarakat.

Halo sahabat kherysuryawan pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang soal-soal yang ada pada materi IPS khususnya pada tema 1 kelas 7 kurikulum merdeka. Soal-soal ini merupakan bagian terpenting bagi siswa dalam melatih penguasaan materi khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas 7 SMP.

 


Seperti diketahui bahwa pada mata pelajaran IPS kelas 7 SMP Semester 1 kurikulum merdeka khususnya pada tema 1 “Keluarga Awal Kehidupan” ada beberapa sub materi yang akan di pelajari di dalamnya diantaranya yaitu :

A. Keberadaan Diri dan Keluarga

B. Mengenal Lokasi Tempat Tinggal

C. Sosialisasi dalam Masyarakat

D. Aktivitas Memenuhi Kebutuhan

 

Melalui postingan ini admin kherysuryawan hanya akan membahas tentang kumpulan soal-soal pada Materi Sosialisasi dalam Masyarakat. Melalui postingan ini admin akan menampilkan kumpulan soal-soal yang ada hubungannya dengan materi tersebut sehingga bisa menjadi bahan referensi dalam belajar dan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi maupun latihan. Kumpulan materi IPS kelas 7 semester 1 kurikulum merdeka ini kiranya bisa membantu rekan pendidikan dalam memahami lebih dalam seputar Materi Sosialisasi dalam Masyarakat.

 

Kumpulan soal-soal sumatif IPS ini juga telah dilengkapi dengan kunci jawabannya sehingga akan sangat mudah untuk dimengerti, namun apabila masih ada terdapat kunci jawaban yang dianggap kurang tepat atau kurang sesuai maka mohon untuk di lakukan perbaikan.

Untuk anda yang menginginkan sajian kumpulan soal sumatif IPS kelas 7 SMP tema 1 Materi Sosialisasi dalam Masyarakat, maka silahkan lihat sajian soal-soal plus kunci jawabannya di bawah ini :

 

SOAL SUMATIF IPS KELAS 7 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

 

TEMA 1 MATERI :

C. Sosialisasi dalam Masyarakat


1. Pernyataan yang tepat berkaitan dengan cerita rakyat adalah ....

A. cerita rakyat dibuat khusus untuk bahan pendidikan anak- anak

B. cerita rakyat merupakan tradisi bersifat lisan yang diceritakan secara turun temurun

C. cerita rakyat mengandung nilai filsafat yang hanya dipahami oleh kalangan tertentu

D. cerita rakyat diperdengarkan untuk pendengar tertentu

JAWABAN : B

 

2. Cerita rakyat Si Pitung dari Jakarta memiliki pesan untuk mengajarkan ....

A. keberanian

B. kebaikan

C. sifat tolong menolong

D. semua jawaban benar

JAWABAN : D

 

3. Cerita yang dianggap benar terjadi dan suci oleh masyarakat pemilik cerita tersebut sering dikenal dengan sebutan ....

A. mitos

B. legenda

C. dongeng

D. fable

JAWABAN : A

 

4. Cerita rakyat jaman dahulu yang dianggap benar-benar terjadi oleh pemilik cerita dikenal dengan sebutan ....

A. mitos

B. legenda

C. dongeng

D. fable

JAWABAN : B

 

5. Prosa yang dianggap tidak benar-benar terjadi (khayalan) oleh yang memiliki cerita dikenal dengan istilah ....

A. mitos

B. legenda

C. dongeng

D. fable

JAWABAN : C

 

6. Di bawah ini yang tidak termasuk dalam jenis dan golongan sumber sejarah yang menunjukkan jejak- jejak masa lampau adalah ....

A. sumber tertulis

B. sumber lisan

C. sumber benda

D. sumber kuno

JAWABAN : D

 

7. Berikut ini yang termasuk dalam contoh golongan sumber benda pada jejak masa lampau adalah .... 

A. silsilah keluarga, prasasti, babad

B. jurnal, surat, laporan, notulen

C. monumen, fonografis, ornamen

D. dokumen, prasasti, biografi

JAWABAN : C

 

8. Salah satu jenis sumber lisan adalah oral history, dimana sumber tersebut diambil berdasarkan ....

A. cerita turun temurun tanpa catatan yang pasti

B. kesaksian lisan oleh pelaku yang terlibat secara langsung dalam peristiwa sejarah

C. cerita lisan yang berkembang dalam masyarakat

D. cerita yang berkembang dalam satu daerah tertentu dan tidak ditemukan pada daerah lainnya

JAWABAN : B

 

9. Sumber lisan yang berupa tradisi lisan (oral tradition) lebih susah untuk dianalisis. Hal tersebut disebabkan ....

A. cerita yang berkembang tidak diketahui kebenarannya

B. ketiadaan dokumen seperti arsip  atau buku untuk membuktikan pernyataan pada cerita

C. data penutur asli cerita tersebut tidak disebutkan secara pasti

D. cerita tersebut merupakan khayalan semata

JAWABAN : B

 

10. Cerita rakyat memiliki ciri- ciri khas diantaranya sebagai berikut ini, kecuali ....

A. penyebaran dan pelestarian dilakukan dengan tradisi lisan

B. bersifat tradisional dan disebarkan antargenerasi dalam waktu yang cukup lama

C. terdapat versi- versi dan perbedaan dari setiap daerah

D. ditujukan untuk sekedar menghibur

JAWABAN : D

 

11. Salah satu ciri dari cerita rakyat adalah penciptanya yang sifatnya anonimus, artinya ....

A. pencipta cerita dikenal masyarakat

B. pencipta cerita tidak diketahui

C. pencipta cerita tidak hanya satu orang

D. pencipta berasal dari generasi terdahulu

JAWABAN : B

 

12. Manusia tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain. Hal ini menegaskan bahwa manusia merupakan makhluk ....

A. individu

B. sosial

C. antisosial

D. pribadi

JAWABAN : B

 

13. Selain sebagai makhkuk sosial, manusia disebut juga sebagai makhluk ekonomi, artinya ....

A. manusia berupaya mencukupi kebutuhannya sendiri dengan cara apapun

B. manusia selalu berpikir dan berupaya untuk mencukupi kebutuhan hidupnya semaksimal mungkin

C. manusia memanfaatkan suatu barang yang ada di sekitarnya untuk emmenuhi kebutuhannya

D. manusia selalu menggantungkan hidupnya pada orang lain dalam mencukupi kebutuhannya

JAWABAN : B 

 

14. Manusia tidak bisa serta merta memenuhi kebutuhannya semaksimal mungkin dengan cara apapun karena dalam pemenuhan kebutuhan ....

A. manusia harus memperhatikan ketersediaan barang atau jasa

B. manusia harus memperhatikan batasan hak- hak orang lain

C. manusia memiliki pola berpikir tingkat tinggi

D. manusia memiliki hak eksklusif dalam masyarakat

JAWABAN : B

 

15. Manusia merupakan makhluk ekonomi yang bermoral yang dalam pemenuhan kebutuhan memiliki ciri- ciri sebagai berikut ini, kecuali ....

A. melakukan tindakan rasional

B. fokus pemenuhan kebutuhan dengan memperhatikan norma atau nilai dan aturan dalam masyarakat

C. pengambilan keputusan dalam rangka pemenuhan kebutuhan sesuai dengan tujuan

D. ada preferensi yang dipengatuhi orang lain dalam menentukan aktivitas pemenuhan kebutuhan

JAWABAN : D

 

16. Pernyataan yang tepat mengenai sosialisasi adalah ....

A. sosialisasi merupakan proses sosial seumur hidup untuk mempelajari pola budaya, perilaku, dan harapan

B. sosialisasi merupakan proses interaksi yang dilakukan tersu emenrus sehingga membentuk kepribadian seorang individu

C. sosialisasi merupakan proses seumur hidup yang berkaitan dengan cara individu mempelajari nilai dan norma sosial yang ada atau berlaku di masyarakat agar dapat diterima kelompoknya

D. semua pernyataan benar

JAWABAN : D

 

17. Keluarga merupakan agen sosialisasi pertama dan terpenting, artinya ....

A. sosialsiasi dalam keluarga melibatkan unsur- unsur terdekat dengan anak

B. sosialisasi dalam keluarga mempengaruhi pembentukan kepribadian anak

C. sosialisasi dalam keluarga tidak mengenal batasan usia

D. sosialisasi dalam keluarga lebih berpengaruh ke aspek positif daripada aspek negative

JAWABAN : B

 

18. Agen sosialisasi dalam keluarga terdiri dari sistem keluarga inti (nuclear family) dan sistem kekerabatan (extended family. Sistem keluarga inti meliputi ....

A. ayah, ibu, kakek, nenek

B. ayah, ibu, paman, bibi

C. ayah, ibu, saudara sekandung, saudara angkat

D. ayah, ibu, saudara sekandung, kakek, nenek, paman, bibi

JAWABAN : C

 

19. Sistem kekerabatan merupakan salah satu agen sosialisasi keluarga selain sistem keluarga inti. Sistem kekerabatan meliputi ....

A. ayah, ibu, kakek, nenek

B. kakek, nenek, paman, bibi

C. ayah, ibu, saudara sekandung

D. ayah, ibu, saudara sekandung, kakek, nenek, paman, bibi

JAWABAN : B

 

20. Sekolah merupakan tempat berinteraksi individu dengan individu- individu lainnya dengan berbagai latar belakang agama, kelas sosial, ras, etnis dan kebudayaan. Melalui pengalaman berbeda yang dihadai di sekolah, seseorang diharapkan dapat ....

A. berinteraksi dengan baik terhadap orang- orang disekitarnya

B. menanamkan kebiasaan yang baik melalui pembiasaan di sekolah

C. tertanam sikap kedisiplinan dalam mempersiapkan perannya di masa mendatang

D. semua jawaban benar

JAWABAN : D

 

21. Sosialisasi kelompok sepermainan akan memainkan peranan tertentu dalam berbagai hal, diantaranya adalah ....

A. kebiasaan belajar, selera musik

B. sikap kedisiplinan, kebiasaan belajar, selera musik

C. kepribadian dan sudut pandang berfikir anak 

D. gaya berpakaian, kebiasaan belajar, sudut pandang berfikir, selera musik 

JAWABAN : D

 

22. Media massa merupakan sarana komunikasi satu arah ke masyarakat luas. Melalui media massa, individu akan dihadapkan pada beberapa hal berikut ini, kecuali ....

A. macam- macam perilaku

B. ide- ide baru

C. nilai dan norma

D. aturan yang mengikat

JAWABAN : D

 

23. Penyebaran berita hoaks dalam masyarakat akan dapat menyebar dengan cepat dan luas ke seluruh lapisan dan golongan masyarakat. Untuk menanggulangi hal tersebut diperlukan sikap ....

A. menerima berita tersebut sebagai bagian dari hidup kita

B. menjauhi berita- berita yang bersifat hoaks

C. menyaring dan selektif terhadap berita- berita hoaks

D. tidak peduli dengan berita hoaks tersebut karena bukan urusan kita

JAWABAN : C

 

24. Proses sosialisasi menurut teori perkembangan kognitif Jean Piaget, menekankan pada ....

A. kemampuan anak untuk memahami dunia

B. kemauan anak untuk melakukan apa yang menjadi kesukaannya

C. kecenderungan anak untuk memilih pola pergaulan yang tepat untuknya

D. pola didik orang tua dalam mengarahkan anak sesuai nilai dan norma yang berlaku

JAWABAN : A

 

25. Menurut teori perkembangan kognitif Jean Piaget, terdapat perbedaan tahap anak-anak dalam belajar untuk berpikir tentang diri mereka sendiri dan lingkungan mereka. Salah satu tahapan adalah tahapan sensorimotor dalam rentang usia ....

A. 0-2 tahun

B. 2-7 tahun

C. 7-11 tahun

D. 11 - 15 tahun

JAWABAN : A

 

26. Pada tahap sensorimotor, ciri- ciri perkembangan anak ....

A. tahap pertama bayi belajar terutama dengan menyentuh benda, memanipulasinya, dan secara fisik menjelajahi lingkungannya

B. anak sudah menguasai bahasa dan menggunakan kata-kata untuk merepresentasikan objek dan gambar secara simbolis

C. anak-anak telah memahami pengertian logis seperti hubungan sebab dan akibat

D. anak beranjak dewasa yang lebih mampu memahami ide-ide yang sangat rumit

JAWABAN : A

 

27. Pencapaian utama tahap sensorimotor menekankan pada ....

A. pemahaman pembicaraan secara bersama- sama tetapi tidak dengan satu sama lain dalam arti yang sama seperti orang dewasa

B. pemahaman anak bahwa lingkungannya memiliki sifat yang berbeda dan stabil

C. pengenalan alasan yang benar dan salah

D. kemampuan meninjau semua cara yang mungkin dilakukan untuk menghadapi suatu masalah

JAWABAN : B

 

28. Pada tahap Pra-operasional, ciri- ciri perkembangan anak ....

A. tahap pertama bayi belajar terutama dengan menyentuh benda, memanipulasinya, dan secara fisik menjelajahi lingkungannya

B. anak sudah menguasai bahasa dan menggunakan kata-kata untuk merepresentasikan objek dan gambar secara simbolis

C. anak-anak telah memahami pengertian logis seperti hubungan sebab dan akibat

D. anak beranjak dewasa yang lebih mampu memahami ide-ide yang sangat rumit 

JAWABAN : B

 

29. Tahapan Pra-operasional pada anak berlangsung pada rentang usia .....

A. 0-2 tahun

B. 2-7 tahun

C. 7-11 tahun

D. 11 - 15 tahun

JAWABAN : B

 

30. Pada tahap konkret, ciri- ciri perkembangan anak ....

A. tahap pertama bayi belajar terutama dengan menyentuh benda, memanipulasinya, dan secara fisik menjelajahi lingkungannya

B. anak sudah menguasai bahasa dan menggunakan kata-kata untuk merepresentasikan objek dan gambar secara simbolis

C. anak-anak telah memahami pengertian logis seperti hubungan sebab dan akibat

D. anak beranjak dewasa yang lebih mampu memahami ide-ide yang sangat rumit 

JAWABAN : C

 

31. Tahapan konkret pada anak berlangsung pada rentang usia .....

A. 0-2 tahun

B. 2-7 tahun

C. 7-11 tahun

D. 11 - 15 tahun

JAWABAN : C

 

32. Tahap dimana anak- anak mampu meninjau semua cara yang mungkin untuk dilakukan dan melaluinya secara teoritis untuk mencapai solusi adalah ....

A. sensorimotor

B. Pra-operasional

C. konkret

D. operasional formal

JAWABAN : D

 

33. Tahapan dimana anak mampu melaksanakan operasi hitungan matematika sederhana seperti mengalikan ,membagi dan mengurangi terdapat pada tahapan ....

A. sensorimotor

B. Pra-operasional

C. konkret

D. operasional formal

JAWABAN : C

 

34. Nilai dan norma merupakan dua hal yang tidak terpisahkan. Nilai dapat dipandang sebagai ....

A. hal- hal yang bersifat absolut

B. hal yang melekat pada objek dan hadir dalam diri manusia

C. sesuatu yang mutlak, melekat pada objek, hadir dalam diri manusia dan identik dengan perilakunya

D. sesuatu yang mutlak dan tidak dapat diubah

JAWABAN : C

 

35. Pernyataan yang tidak tepat berkaitan dengan norma adalah ....

A. norma dapat dilihat sebagai kumpulan perilaku verbal dan nonverbal

B. Norma merupakan aturan atau cara yang diterapkan masyarakat agar sesuai dengan nilai yang dianut oleh masyarakat setempat

C. Norma bersifat tetap meskipun waktu berubah

D. Norma diturunkan dari nilai-nilai sosial yang ada di masyarakat

JAWABAN : C

 

36. Pada zaman dahulu, wanita yang memakai celana dianggap melanggar norma, akan tetapi saat ini merupakan suatu hal yang biasa. Hal ini menunjukkan bahwa norma ....

A. bersifat absolut

B. berubah- ubah seiring berjalannya waktu

C. menyesuaikan apa yang menjadi kebutuhan manusia

D. menyesuaikan dengan nilai yang dianut masyarakat

JAWABAN : B

 

37. Menurut Notonegoro, nilai dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu nilai material, vital dan kerohanian. NIlai material diartikan sebagai ....

A. segala hal yang bermanfaat bagi manusia

B. segala hal yang bisa digunakan manusia untuk melakukan kegiatan atau aktivitas

C. segala sesuatu yang bermanfaat bagi rohani manusia

D. segala hal yang bermanfaat baik secara jasmani maupun rohani

JAWABAN : A

 

38. Nilai yang berkaitan dengan kebutuhan fisik manusia seperti makanan, pakaian, dan rumah merupakan ....

A. nilai material

B. nilai vital

C. nilai kerohanian

D. nilai material dan kerohanian

JAWABAN : A

 

39. Nelayan membutuhkan jaring untuk mencari ikan. Contoh tersebut termasuk dalam nilai ....

A. material

B. vital

C. kerohanian

D. material dan kerohanian

JAWABAN : B

 

40. Segala hal yang bisa digunakan manusia untuk melakukan kegiatan atau aktivitas merupakan definisi dari nilai ....

A. material

B. vital

C. kerohanian

D. material dan kerohanian

JAWABAN : B

 

41. Nilai kebenaran merupakan nilai kerohanian yang bersumber dari unsur ....

A. perasaan dan estetis manusia

B. akal manusia

C. kehendak atau kemauan manusia

D. ketuhanan yang tertinggi

JAWABAN : B

 

42. Nilai keindahan merupakan salah satu nilai kerohanian yang bersumber dari ....

A. perasaan dan estetis manusia

B. akal manusia

C. kehendak atau kemauan manusia

D. ketuhanan yang tertinggi

JAWABAN : A

 

43. Nilai kebaikan atau moral  merupakan salah satu nilai kerohanian yang bersumber dari ....

A. perasaan dan estetis manusia

B. akal manusia

C. kehendak atau kemauan manusia

D. ketuhanan yang tertinggi

JAWABAN : C

 

44. Nilai religius  merupakan salah satu nilai kerohanian yang bersumber dari ....

A. perasaan dan estetis manusia

B. akal manusia

C. kehendak atau kemauan manusia

D. ketuhanan yang tertinggi

JAWABAN : D

 

45. Berikut ini yang merupakan contoh dari nilai kebenaran adalah ....

A. orang yang mengoleksi perangko

B. seseorang memberikan sedekah kepada orang yang membutuhkan

C. beribadah tepat waktu

D. hakim bertugas memberikan putusan pengadilan

JAWABAN : D

 

46. Pak Ali memiliki hobi membeli Vespa- Vespa tua untuk kemudian direstorasi menjadi Vespa yang bernilai tinggi. Hal tersebut merupakan salah satu nilai kerohanian yaitu ....

A. nilai kebenaran

B. nilai keindahan

C. nilai kebaikan

D. nilai religious

JAWABAN : B

 

47. Rudi selalu beribadah tepat waktu dan bersikap taat dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan agama. Dalam hal ini Rudi berarti sudah menjalankan ....

A. nilai kebenaran

B. nilai keindahan

C. nilai kebaikan

D. nilai religious

JAWABAN : D

 

48. Berikut ini yang merupakan contoh dari nilai kebaikan atau moral adalah ....

A. orang yang mengoleksi perangko

B. seseorang memberikan sedekah kepada orang yang membutuhkan

C. beribadah tepat waktu

D. hakim bertugas memberikan putusan pengadilan

JAWABAN : B

 

49. Di bawah ini karakteristik norma agama yang membedakan dengan norma yang lain adalah ....

A. memuat aturan yang menata kehidupan manusia yang bersumber dari Tuhan

B. terdiri dari sekumpulan perintah dan larangan manusia untuk berlaku yang oleh pemeluknya diyakini kebenaran dan konsekuensinya

C. hanya mengatur hubungan vertikal yaitu manusia dan Tuhan

D. jawaban A dan B benar

JAWABAN : D

 

50. Norma agama tidak hanya mengatur hubungan vertikal sebagai hubungan manusia dengan Tuhan tetapi juga horizontal, artinya ....

A. hubungan manusia dengan alam semesta

B. hubungan manusia dengan lingkungan hidupnya

C. hubungan sesama manusia

D. jawaban A dan B benar

JAWABAN : C

 

51. Pernyataan yang tepat berkaitan dengan norma kesusilaan adalah ....

A. norma kesusilaan berasal dari hati nurani yang dipraktikan secara berulang dan menjadi kebiasaan

B. norma kesusilaan merupakan susunan dari aturan - aturan hidup tentang cara manusia bertingkah laku dalam kehidupan

C. Pelanggaran terhadap norma kesusilaan seringkali diangap sebagai pelanggaran terhadap ajaran agama 

D. semua pernyataan benar

JAWABAN : D

 

52. Pelanggaran terhadap norma kesusilaan akan memperoleh ....

A. sanksi dari masyarakat lainnya

B. adanya sindiran, celaan, teguran dan cemoohan dari masyarakat

C. pertentangan hati nurani

D. hukuman dari pihak yang berwajib

JAWABAN : C

 

53. Pernyataan yang tidak tepat berkaitan dengan norma kesopanan adalah ....

A. Norma kesopanan berisi seperangkat aturan yang menjadi panduan tingkah laku seseorang agar sesuai dengan kaidan sopan santun untuk dapat diterima untuk hidup 

dalam lingkungan masyarakat 

B. Norma kesopanan bersumber dari budaya dan adat istiadat masyarakat

C. Dalam norma kesopanan, perbuatan yang dianggap sopan oleh suatu kelompok masyarakat mungkin dapat  dianggap tidak sopan bagi kelompok masyarakat lainnya 

D. Pelanggaran terhadap norma kesopanan

artinya mengingkari hati nuraninya  sendiri

JAWABAN : D

 

54. Adanya aturan- aturan yang dibuat lembaga- lembaga resmi tertentu, seperti lembaga pemerintah suatu negara merupakan ciri khas dari norma ....

A. kesusilaan

B. kesopanan

C. hukum

D. adat

JAWABAN : C

 

55. Seseorang yang melanggar norma hukum akan mendapatkan ....

A. sanksi dari masyarakat lainnya

B. adanya sindiran, celaan, teguran dan cemoohan dari masyarakat

C. pertentangan hati nurani

D. hukuman dari pihak yang berwajib

JAWABAN : D

 

56. Di bawah ini yang bukan merupakan sifat dari norma hukum adalah ....

A. memaksa

B. dinamis

C. tegas

D. mengikat warga negara

JAWABAN : B

 

57. Nilai dan norma dibutuhkan dalam kehidupan. Berikut ini adalah peran nilai dan norma dalam masyarakat, kecuali ....

A. Mengatur kehidupan masyarakat untuk membentuk pola perilaku masyarakat yang tidak merugikan atau merusak tatanan yang ada dalam masyarakat.

B. Menyeimbangkan hak dan kewajiban dalam masyarakat, sehingga tidak ada pihak yang merasakan ketidakadilan atas perilaku pihak lain

C. Nilai berfungsi sebagai alat motivasi dan kontrol sosial dan norma merupakan pedoman bagi individu untuk berlaku di dalam masyarakat.

D. Membentuk sistem baru yang menerima semua tatanan yang masuk dalam budaya dan kebiasaan masyarakat

JAWABAN : D

 

58. Interaksi antarwilayah merupakan peristiwa saling memengaruhi daya, objek, atau tempat satu wilayah dengan wilayah lainnya. Hal yang melatarbelakangi adanya interaksi wilayah dalam memenuhi kebutuhan adalah ....

A. potensi sumber daya dan kebutuhan yang sama

B. potensi sumber daya dan kebutuhan yang berbeda dengan tempat lain

C. keinginan untuk mendapatkan keuntungan sebesar- besarnya dari wilayah lainnya

D. keinginan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat wilayah yang jauh dari perkotaan

JAWABAN : B

 

59. Pernyataan yang tepat berkaitan dengan karakteristik kehidupan di pedesaan dan perkotaan adalah ....

A. basis ekonomi pedesaan adalah pertanian dan perdagangan serta jasa. Sedangkan untuk perkotaan adalah industri, perdagangan dan jasa

B. mata pencaharian masyarakat pedesaan bersifat agraris dan homogen sementara untuk masyarakat perkotaan lebih bersifat non agraris dan heterogen

C. Cuaca dan iklim bagi masyarakat pedesaan maupun perkotaan sangat berpengaruh dalam hal mata pencaharian

D. wilayah pedesaan memiliki stratifikasi sosial yang sederhana dan sedikit, demikian juga untuk wilayah perkotaan

JAWABAN : B

 

60. Interaksi yang terjadi pada antara pedesaan dan perkotaan didasari atas ....

A. perbedaan mata pencaharian masyarakat

B. perbedaan karakteristik wilayah

C. perbedaan kepadatan penduduk masyarakat

D. perbedaan musim 

JAWABAN : B

 

Bagi anda yang membutuhkan file kumpulan soal diatas maka anda bisa mendapatkan filenya yang telah admin siapkan dalam format word di bawah ini :

 

  • Soal & Jawaban Sumatif IPS Kelas 7 Tema 1 Materi 3 Kurikulum Merdeka (DISINI)
  • Soal & Jawaban Sumatif IPS Kelas 7 Tema 1 Materi 1&2 Kurikulum Merdeka (DISINI)
  • Soal & Jawaban Sumatif IPS Kelas 7 Tema 1 Materi 4 Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai sajian kumpulan soal-soal sumatif IPS kellas 7 SMP tema 1 semester 1 kurikulum merdeka khususnya pada Materi Sosialisasi dalam Masyarakat. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan pendidikan dalam persiapan menghadapi ulangan/ujian sumatif pada mata pelajaran IPS di kelas 7 SMP kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel