Rangkuman Matematika Kelas 5 Bab 8 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi matematika Kelas 5 SD Bab 8 Pecahan semester 1 kurikulum merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, bagaimana kabar anda hari ini
? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Oh ya, pertama admin ingin
mengucapkan selamat datang di website pendidikan ini. Disinilah tempat admin
kherysuryawan untuk bisa selalu berbagi informasi khususnya informasi seputar
pendidikan.
Pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan
membahas tentang salah satu mata pelajaran yang nantinya akan dipelajari di
kelas 5 SD Kurikulum merdeka yakni mata pelajaran matematika. Melalui postingan
ini admin akan berbagi tentang materi pelajaran matematika kelas 5 SD semester
1 kurikulum merdeka.
Perlu diketahui bahwa pada mata pelajaran matematika
kelas 5 SD kurikulum merdeka semester 1 akan ada 8 Bab yang akan dipelajari dan
dikesempatan ini admin akan memabahas materi yang terdapat pada Bab 8 yaitu
tentang “Pecahan”.
Untuk memudahkan para guru dan siswa dalam mempelajari
materi pelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika maka diperlukan
sebuah rangkuman atau ringkasan materinya. Oleh sebab itu melalui artikel ini
admin kherysuryawan telah menyiapkan dan membuat ringkasan/rangkuman materi
pelajaran matematika kelas 5 Bab 8 yang berjudul “Pecahan” yang akan di
pelajari di kurikulum merdeka.
Rangkuman / ringkasan materi pelajaran matematika kelas 5
SD Bab 8 kurikulum merdeka ini akan dipelajari di semester 1 dan admin
kherysuryawan sengaja membuatnya agar memudahkan bagi para sahabat pendidikan
khususnya yang berada di jenjang sekolah SD sehingga bisa menjadikannya sebagai
bahan belajar pada pembelajaran matematika di kelas 5 kurikulum merdeka.
Jika di sekolah anda sudah menerapkan pembelajaran
kurikulum merdeka dan anda membutuhkan informasi mengenai materi pelajaran
matematika Kelas 5 SD Bab 8 tentang Pecahan, maka anda bisa mendapatkan
rangkuman materinya pada postingan ini secara lengkap dan gratis. Seluruh hasil
rangkuman materi yang telah admin kherysuryawan berikan pada artikel ini
merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran matematika kelas 5 SD
Volume 1 kurikulum merdeka.
Sebagai informasi bahwa pada materi matematika Kelas 5 Bab
8 ada beberapa materi pokok yang nantinya akan dipelajari, diantaranya adalah
sebagai berikut :
- Pecahan yang Senilai
- Membandingkan Pecahan
- Pecahan, Bilangan Desimal, dan Bilangan Bulat
Baiklah berikut ini sajian materi matematika Kelas 5 Bab
8 Pecahan yang akan dipelajari di semester 1 kurikulum merdeka.
Tujuan Pembelajaran Matematika Kelas 5 Bab 8 :
Perdalam pemahaman Anda tentang pecahan.
- Untuk mengubah bilangan bulat dan desimal menjadi pecahan dan menyatakan pecahan sebagai desimal
- Pahami bahwa hasil pembagian bilangan bulat selalu dapat dinyatakan sebagai bilangan tunggal jika pecahan digunakan.
- Pahami bahwa pecahan yang dibentuk dengan mengalikan dan membagi pembilang dan penyebut pecahan dengan bilangan yang sama menyatakan besarnya yang sama dengan pecahan aslinya.
- Pikirkan tentang persamaan dan ukuran penyebut, dan rangkum cara membandingkan penyebut besar dan kecil.
Bab 8 Pecahan
Pecahan yang Senilai
Ayo eksplorasi pecahan yang senilai menggunakan garis
bilangan berikut.
1. Ayo temukan pecahan yang senilai dengan 1/2
2. Ayo temukan pecahan yang senilai dengan 1/3
3. Bilangan berapakah yang dikalikan dengan masing-masing
penyebut dan pembilang dari pecahan 1/2 dalam masalah 1
4. 4 Bilangan berapakah yang dikalikan dengan
masing-masing penyebut dan pembilang dari pecahan 1/3 dalam masalah ?
Jawaban :
1. 1/2 = 2/4 = 3/6 = 4/8 = 5/10 = 6/12 = 7/14
2. 1/3 = 2/6 = 3/9 = 4/12
3. Dibawah ini jawabannya
4. Dibawah ini jawabannya
Membandingkan Pecahan
Apakah hubungan antara penyebut dan pembilang dari
pecahan yang senilai?
Pecahan tidak akan berubah nilainya jika pembilang dan
penyebut dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama dan bukan 0.
Ayo nyatakan 3/4 dengan 6/8 , 9/12 , dan 12/16 sebagai
unitnya.
Ayo bandingkan 2/3 dan 3/4 dengan mengubah bentuknya
menggunakan penyebut yang sama.
Bandingkan 3/4 dan 4/5 dengan mengubahnya menjadi pecahan
senilai yang memiliki penyebut sama. Dengan penyebut berapakah kedua pecahan
tersebut dapat dibandingkan? Lingkari pecahan tersebut.
Pecahan dengan penyebut yang berbeda dapat dibandingkan
dengan mengubahnya menjadi pecahan yang memiliki penyebut yang sama.
Menemukan penyebut yang sama berarti mengubah pecahan
dengan penyebut yang berbeda menjadi pecahan senilai dengan penyebut yang sama.
Menemukan Penyebut
yang Sama
Ayo temukan penyebut yang sama dari 5/6 dan 7/8 .
Biasanya kamu harus memilih KPK sebagai penyebut yang
sama untuk menghasilkan penyebut sama yang terkecil.
Ayo bandingkan pecahan berikut menggunakan penyebut yang
sama.
Ayo bandingkan 1 ¾ dan 11/6 menggunakan penyebut yang sama.
Farida dan Dadang sedang mencari pecahan yang senilai
dengan 24/36 , dengan penyebut dan pembilang yang kurang dari 36 dan 24.
1. Aturan pecahan apa yang mereka gunakan?
2. Farida dan Dadang memperoleh hasil yang berbeda.
Jelaskan mengapa.
Jawaban :
1. Mengkalikan penyebut dan bilangan dengan angka yang
sama pun besarannya tidak akan berubah.
2. Jumlah pengulangan dalam pengkalian pembilang dan
penyebutnya berbeda. Bilangan yang dikalikan penyebut dan pembilangnya berbeda.
Menyederhanakan pecahan berarti membagi pembilang dan
penyebut dengan faktor persekutuan agar menghasilkan pecahan yang lebih
sederhana.
Pecahan, Bilangan
Desimal, dan Bilangan Bulat
1. Masukkan bilangan dari 1 sampai 5 di dalam kotak dan
hitunglah hasilnya
Jawaban :
2:1 = 2
2:2 = 1
2:3 = 0,666…
2:4 = 0,5
2:5 = 0,4
2 Bagilah pernyataan di atas menjadi 3 kelompok
berdasarkan jawabannya.
Jawaban :
A. Yang jawabannya bilangan bulat adalah (2:1 dan 2:2)
B. Yang jawabannya dinyatakan dengan tepat sebagai
bilangan decimal adalah (2:4 dan 2:5)
C. Yang jawabannya tidak dinyatakan dengan tepat sebagai
bilangan decimal adalah (2:3).
2 : 3 adalah 0,666..., jadi bilangan ini tidak dapat
dinyatakan dengan tepat sebagai bilangan desimal karena tidak ada akhirnya.
Pecahan, Bilangan Desimal, dan Bilangan Bulat
Jika kita membagi 2 m pita menjadi 5 bagian yang sama,
berapa meter panjang setiap bagian?
1. Ayo nyatakan jawabannya sebagai pecahan dan bilangan
desimal.
Jawaban :
2:5 = 2/5, 2:5 = 0,4
2. Ayo tuliskan posisi pecahan dan bilangan desimal ini
dalam garis bilangan.
Jawaban :
Bilangan desimal dapat dinyatakan sebagai pecahan jika
kita memilih 1/10 dan 1/100 sebagai unitnya.
Ayo bagilah pecahan berikut menjadi 3 kelompok.
Bilangan bulat, bilangan desimal, dan pecahan semuanya
dapat dinyatakan pada garis bilangan.
Hal ini dapat mempermudah untuk membandingkan bilangan
tersebut.
Bagi anda yang ingin mengetahui materi lengkapnya, maka
anda bisa mendapatkannya pada buku teks pelajaran matematika Kelas 5 SD
kurikulum merdeka, yang filenya telah admin siapkan di bawah ini :
- Buku Guru & Siswa Matematika Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai rangkuman materi pelajaran matematika Kelas 5 SD Bab 8 Pecahan yang akan dipelajari di semester 1 kurikulum merdeka. Semoga rangkuman materi ini senantiasa bermanfaat baik bagi guru maupun bagi siswa yang membutuhkannya.