Rangkuman Matematika Kelas 5 Bab 8 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi matematika Kelas 5 SD Bab 8 Pecahan semester 1 kurikulum merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, bagaimana kabar anda hari ini ? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Oh ya, pertama admin ingin mengucapkan selamat datang di website pendidikan ini. Disinilah tempat admin kherysuryawan untuk bisa selalu berbagi informasi khususnya informasi seputar pendidikan.

 


Pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan membahas tentang salah satu mata pelajaran yang nantinya akan dipelajari di kelas 5 SD Kurikulum merdeka yakni mata pelajaran matematika. Melalui postingan ini admin akan berbagi tentang materi pelajaran matematika kelas 5 SD semester 1 kurikulum merdeka.

 

Perlu diketahui bahwa pada mata pelajaran matematika kelas 5 SD kurikulum merdeka semester 1 akan ada 8 Bab yang akan dipelajari dan dikesempatan ini admin akan memabahas materi yang terdapat pada Bab 8 yaitu tentang “Pecahan”.

 

Untuk memudahkan para guru dan siswa dalam mempelajari materi pelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika maka diperlukan sebuah rangkuman atau ringkasan materinya. Oleh sebab itu melalui artikel ini admin kherysuryawan telah menyiapkan dan membuat ringkasan/rangkuman materi pelajaran matematika kelas 5 Bab 8 yang berjudul “Pecahan” yang akan di pelajari di kurikulum merdeka.

 

Rangkuman / ringkasan materi pelajaran matematika kelas 5 SD Bab 8 kurikulum merdeka ini akan dipelajari di semester 1 dan admin kherysuryawan sengaja membuatnya agar memudahkan bagi para sahabat pendidikan khususnya yang berada di jenjang sekolah SD sehingga bisa menjadikannya sebagai bahan belajar pada pembelajaran matematika di kelas 5 kurikulum merdeka.

 

Jika di sekolah anda sudah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka dan anda membutuhkan informasi mengenai materi pelajaran matematika Kelas 5 SD Bab 8 tentang Pecahan, maka anda bisa mendapatkan rangkuman materinya pada postingan ini secara lengkap dan gratis. Seluruh hasil rangkuman materi yang telah admin kherysuryawan berikan pada artikel ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran matematika kelas 5 SD Volume 1 kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa pada materi matematika Kelas 5 Bab 8 ada beberapa materi pokok yang nantinya akan dipelajari, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Pecahan yang Senilai
  • Membandingkan Pecahan
  • Pecahan, Bilangan Desimal, dan Bilangan Bulat

 

Baiklah berikut ini sajian materi matematika Kelas 5 Bab 8 Pecahan yang akan dipelajari di semester 1 kurikulum merdeka.

 

Tujuan Pembelajaran Matematika Kelas 5 Bab 8 :

Perdalam pemahaman Anda tentang pecahan.

  • Untuk mengubah bilangan bulat dan desimal menjadi pecahan dan menyatakan pecahan sebagai desimal
  • Pahami bahwa hasil pembagian bilangan bulat selalu dapat dinyatakan sebagai bilangan tunggal jika pecahan digunakan.
  • Pahami bahwa pecahan yang dibentuk dengan mengalikan dan membagi pembilang dan penyebut pecahan dengan bilangan yang sama menyatakan besarnya yang sama dengan pecahan aslinya.
  • Pikirkan tentang persamaan dan ukuran penyebut, dan rangkum cara membandingkan penyebut besar dan kecil.

 

Bab 8 Pecahan

Pecahan yang Senilai

Ayo eksplorasi pecahan yang senilai menggunakan garis bilangan berikut.


1. Ayo temukan pecahan yang senilai dengan 1/2

2. Ayo temukan pecahan yang senilai dengan 1/3

3. Bilangan berapakah yang dikalikan dengan masing-masing penyebut dan pembilang dari pecahan 1/2 dalam masalah 1

4. 4 Bilangan berapakah yang dikalikan dengan masing-masing penyebut dan pembilang dari pecahan 1/3 dalam masalah ?

Jawaban :

1. 1/2 = 2/4 = 3/6 = 4/8 = 5/10 = 6/12 = 7/14

2. 1/3 = 2/6 = 3/9 = 4/12

3. Dibawah ini jawabannya


4. Dibawah ini jawabannya



 

Membandingkan Pecahan

Apakah hubungan antara penyebut dan pembilang dari pecahan yang senilai?


Pecahan tidak akan berubah nilainya jika pembilang dan penyebut dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama dan bukan 0.

 

Ayo nyatakan 3/4 dengan 6/8 , 9/12 , dan 12/16 sebagai unitnya.


Ayo bandingkan 2/3 dan 3/4 dengan mengubah bentuknya menggunakan penyebut yang sama.

 


 Penyebut yang Sama

Bandingkan 3/4 dan 4/5 dengan mengubahnya menjadi pecahan senilai yang memiliki penyebut sama. Dengan penyebut berapakah kedua pecahan tersebut dapat dibandingkan? Lingkari pecahan tersebut.

Pecahan dengan penyebut yang berbeda dapat dibandingkan dengan mengubahnya menjadi pecahan yang memiliki penyebut yang sama.

 

Menemukan penyebut yang sama berarti mengubah pecahan dengan penyebut yang berbeda menjadi pecahan senilai dengan penyebut yang sama.

 

Menemukan Penyebut yang Sama

Ayo temukan penyebut yang sama dari 5/6 dan 7/8 .


Biasanya kamu harus memilih KPK sebagai penyebut yang sama untuk menghasilkan penyebut sama yang terkecil.

 

Ayo bandingkan pecahan berikut menggunakan penyebut yang sama.


Ayo bandingkan 1 ¾  dan 11/6 menggunakan penyebut yang sama.

 

 Menyederhanakan Pecahan

Farida dan Dadang sedang mencari pecahan yang senilai dengan 24/36 , dengan penyebut dan pembilang yang kurang dari 36 dan 24.


1. Aturan pecahan apa yang mereka gunakan?

2. Farida dan Dadang memperoleh hasil yang berbeda. Jelaskan mengapa.

Jawaban :

1. Mengkalikan penyebut dan bilangan dengan angka yang sama pun besarannya tidak akan berubah.

2. Jumlah pengulangan dalam pengkalian pembilang dan penyebutnya berbeda. Bilangan yang dikalikan penyebut dan pembilangnya berbeda.

 

Menyederhanakan pecahan berarti membagi pembilang dan penyebut dengan faktor persekutuan agar menghasilkan pecahan yang lebih sederhana.

 

Pecahan, Bilangan Desimal, dan Bilangan Bulat

1. Masukkan bilangan dari 1 sampai 5 di dalam kotak dan hitunglah hasilnya

Jawaban :

2:1 = 2

2:2 = 1

2:3 = 0,666…

2:4 = 0,5

2:5 = 0,4


2 Bagilah pernyataan di atas menjadi 3 kelompok berdasarkan jawabannya.

Jawaban :

A. Yang jawabannya bilangan bulat adalah (2:1 dan 2:2)

B. Yang jawabannya dinyatakan dengan tepat sebagai bilangan decimal adalah (2:4 dan 2:5)

C. Yang jawabannya tidak dinyatakan dengan tepat sebagai bilangan decimal adalah (2:3).

2 : 3 adalah 0,666..., jadi bilangan ini tidak dapat dinyatakan dengan tepat sebagai bilangan desimal karena tidak ada akhirnya.

 

Pecahan, Bilangan Desimal, dan Bilangan Bulat

Jika kita membagi 2 m pita menjadi 5 bagian yang sama, berapa meter panjang setiap bagian?

1. Ayo nyatakan jawabannya sebagai pecahan dan bilangan desimal.

Jawaban :

2:5 = 2/5, 2:5 = 0,4

2. Ayo tuliskan posisi pecahan dan bilangan desimal ini dalam garis bilangan.

Jawaban :

Bilangan desimal dapat dinyatakan sebagai pecahan jika kita memilih 1/10 dan 1/100 sebagai unitnya.

 

Ayo bagilah pecahan berikut menjadi 3 kelompok.


Bilangan bulat, bilangan desimal, dan pecahan semuanya dapat dinyatakan pada garis bilangan.

Hal ini dapat mempermudah untuk membandingkan bilangan tersebut.

 

Bagi anda yang ingin mengetahui materi lengkapnya, maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks pelajaran matematika Kelas 5 SD kurikulum merdeka, yang filenya telah admin siapkan di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Matematika Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai rangkuman materi pelajaran matematika Kelas 5 SD Bab 8 Pecahan yang akan dipelajari di semester 1 kurikulum merdeka. Semoga rangkuman materi ini senantiasa bermanfaat baik bagi guru maupun bagi siswa yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel