Rangkuman Matematika Kelas 5 Bab 2 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi matematika Kelas 5 SD Bab 2 Pengukuran per Kuantitas Unit semester 1 kurikulum merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, bagaimana kabar anda hari ini
? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Oh ya, pertama admin ingin
mengucapkan selamat datang di website pendidikan ini. Disinilah tempat admin
kherysuryawan untuk bisa selalu berbagi informasi khususnya informasi seputar
pendidikan.
Pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan
membahas tentang salah satu mata pelajaran yang nantinya akan dipelajari di
kelas 5 SD Kurikulum merdeka yakni mata pelajaran matematika. Melalui postingan
ini admin akan berbagi tentang materi pelajaran matematika kelas 5 SD semester
1 kurikulum merdeka.
Perlu diketahui bahwa pada mata pelajaran matematika
kelas 5 SD kurikulum merdeka semester 1 akan ada 8 Bab yang akan dipelajari dan
dikesempatan ini admin akan memabahas materi yang terdapat pada Bab 2 yaitu
tentang “Pengukuran per Kuantitas Unit”.
Untuk memudahkan para guru dan siswa dalam mempelajari
materi pelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika maka diperlukan
sebuah rangkuman atau ringkasan materinya. Oleh sebab itu melalui artikel ini
admin kherysuryawan telah menyiapkan dan membuat ringkasan/rangkuman materi
pelajaran matematika kelas 5 Bab 2 yang berjudul “Pengukuran per Kuantitas Unit”
yang akan di pelajari di kurikulum merdeka.
Rangkuman / ringkasan materi pelajaran matematika kelas 5
SD Bab 2 kurikulum merdeka ini akan dipelajari di semester 1 dan admin
kherysuryawan sengaja membuatnya agar memudahkan bagi para sahabat pendidikan
khususnya yang berada di jenjang sekolah SD sehingga bisa menjadikannya sebagai
bahan belajar pada pembelajaran matematika di kelas 5 kurikulum merdeka.
Jika di sekolah anda sudah menerapkan pembelajaran
kurikulum merdeka dan anda membutuhkan informasi mengenai materi pelajaran
matematika Kelas 5 SD Bab 2 tentang Pengukuran per Kuantitas Unit, maka anda
bisa mendapatkan rangkuman materinya pada postingan ini secara lengkap dan
gratis. Seluruh hasil rangkuman materi yang telah admin kherysuryawan berikan
pada artikel ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran
matematika kelas 5 SD Volume 1 kurikulum merdeka.
Sebagai informasi bahwa pada materi matematika Kelas 5 Bab
2 ada beberapa materi pokok yang nantinya akan dipelajari, diantaranya adalah
sebagai berikut :
- Nilai Rata-rata
- Pengukuran Per Kuantitas Unit
Baiklah berikut ini sajian materi matematika Kelas 5 Bab
2 Pengukuran per Kuantitas Unit yang akan dipelajari di semester 1 kurikulum
merdeka.
Tujuan Pembelajaran Matematika Kelas 5 Bab 2 adalah sebagai
berikut :
- Untuk memahami arti, penggunaan, dan ekspresi rata-rata.
- Mampu berpikir tentang pengukuran per kuantitas untuk memecahkan masalah sehari-hari secara matematis.
Bab 2 Pengukuran per Kuantitas Unit
Nilai Rata-Rata
Yosef dan Kadek membuat tabel berapa putaran yang mereka
lalui ketika berlari pada setiap jam pelajaran olahraga selama 5 minggu.
1. Jika Yosef dan Kadek berlari dengan banyak putaran
yang sama setiap minggu, berapa banyak putaran yang dilalui setiap minggu
tersebut?
1. Jika kita misalkan Yosef berlari sebanyak 40 total
putaran selama 5 minggu dan menempuh jumlah putaran yang sama setiap minggu,
berapa banyak putaran yang dilalui setiap minggu tersebut?
Jawaban :
Jadi banyak putaran yang dilalui setiap minggu adalah 8
putaran
2. Jika kita misalkan Kadek berlari sebanyak 36 total putaran
selama 4 minggu dan menempuh jumlah putaran yang sama setiap minggu, berapa
banyak putaran yang dilalui setiap minggu tersebut?
Jawaban :
Jadi banyak putaran yang dilalui setiap minggu adalah 9
putaran
3. Siapakah yang berlatih lebih banyak?
Jawaban :
Yang berlatih lebih banyak adalah Kadek
Proses untuk membuat pengukuran dari ukuran yang berbeda menjadi pengukuran baru dengan ukuran yang sama disebut merata-rata.
2. Ada jus buah dalam kotak-kotak berikut ini.
1. Ayo buat rata-rata dari jus buah tersebut sehingga
setiap kotak memiliki volume jus yang sama.
Jawaban :
2. Ayo berpikir bagaimana cara menghitung pengukuran
rata-rata.
Untuk menghitung pengukuran rata-rata dari 4 kotak, kita
membagi total jus dalam 4 kotak menjadi 4.
Bilangan atau pengukuran yang merupakan rata-rata dari beberapa
bilangan atau pengukuran disebut nilai rata-rata.
nilai rata-rata = jumlah total : banyaknya unit
3. Manakah di antara dua ayam berikut yang menghasilkan
telur paling berat ketika dijumlah? Bandingkan dengan menghitung berat
rata-rata dari telur tersebut.
Jawaban :
(56+ 58+ 56+ 61+ 54+ 57) : 6 = 57
(57+ 53+ 60+ 58+ 56+ 53+ 55) : 7 = 56
Jika menemukan sesuatu yang tidak mungkin untuk
dinyatakan dengan bilangan desimal, misalnya jumlah buku, kamu tetap dapat
menghitung nilai rata-ratanya dan dapat dinyatakan dengan bilangan decimal.
4. Tabel di bawah ini menunjukkan jumlah buku yang dibaca
oleh 5 orang siswa pada bulan Agustus. Berapa banyaknya buku rata[1]rata yang dibaca oleh
kelima siswa tersebut?
Jawaban :
Rata-rata = (4 + 3 + 0 + 5 + 2) : 5 = 2,8 buku
Bahkan untuk sesuatu yang tidak mungkin untuk dinyatakan
dengan bilangan desimal, misalnya banyaknya buku, nilai rata[1]ratanya dapat
dinyatakan dengan bilangan desimal.
Pengukuran per Kuantitas Unit
Beberapa anak berdiri di atas karpet.
Manakah dari gambar A , B , dan C yang paling padat?
Gambar A : 2 karpet, 12 anak
Gambar B : 3 karpet, 12 anak
Gambar C : 3 karpet, 15 anak
Jawaban :
Gambar yang paling padat adalah gambar A
1. Manakah yang lebih padat?
Bandingkan gambar B dan gambar C
Jawaban :
Ketika banyaknya karpet sama, karpet dengan anak lebih
padat.
Jadi gambar C lebih padat
Bandingkan gambar A dan gambar B
Jawaban :
Ketika banyaknya anak sama, anak-anak dengan karpet yang
lebih padat
Jadi gambar A lebih padat
Bandingkan gambar A dan gambar C
Jawaban :
Gambar A lebih padat
2. Ayo temukan berapa banyak anak dalam setiap karpet.
Jawaban :
3. Luas dari 1 karpet adalah 1 m2 . Berapa
banyaknya anak per 1 m2 ?
Jawaban :
Gambar A : 12 : 2 = 6. Jadi banyak anak pada gambar A
adalah 6 orang anak.
Gambar B : 12 : 3 = 4. Jadi banyak anak pada gambar A
adalah 6 orang anak.
Gambar C : 15 : 3 = 5. Jadi banyak anak pada gambar A
adalah 6 orang anak.
Tingkat kepadatan dinyatakan dengan 2 syarat, yaitu
banyaknya anak dan luas.
Biasanya kita membandingkan tingkat kepadatan menggunakan
satuan (unit) yang sama seperti 1 m2 atau 1 km2 . Ketika
orang tidak dikelompokkan dalam cara yang terorganisir, banyaknya orang per 1 m2
menggambarkan tingkat kepadatan.
2. Tabel berikut ini menunjukkan populasi penduduk dan
luas dari Kota Timur dan Kota Barat. Ayo hitunglah banyaknya orang per 1 km2
, dan lihatlah kota mana yang lebih padat.
Jawaban :
Kota Timur = banyak orang adalah 3.800
Kota Barat = banyak orang adalah 1.300
Jadi kota yang lebih padat adalah kota timur.
3. Ada sebuah kawat panjangnya 8 m dan beratnya 480 gram.
1. Berapa gram berat kawat per 1 m? Ayo tuliskan hubungan
antara 4 bilangan dalam diagram dan dalam tabel berikut ini.
Jawaban :
Untuk membuat 8 menjadi 1, kita membaginya menjadi 8.
Jadi kita bisa mendapatkan jawabannya dengan 480 ÷ 8 = 60.
Jadi berat kawat per 1 m adalah 60 gram.
2. Kita memotong kawat tersebut dan berat dari potongan
kawat itu adalah 300 gram. Berapa meter panjang potongan kawat itu? Ayo jawab
pertanyaan tersebut dengan menggambar diagram dan tabel berikut ini.
Jawaban :
Jadi panjang potongan kawat adalah 300 : 60 = 5 meter.
4. Mesin pertama dapat memompa 240 L air dalam 8 menit,
sedangkan mesin kedua dapat memompa 300 L air dalam 12 menit. Mesin mana yang
dapat memompa lebih banyak air per menit?
Jawaban :
Jadi jawabannya adalah mesin pertama memompa lebih banyak
air per menit.
Menyelidiki Pemanasan Global Menggunakan Pengukuran Per Unit
Pemanasan global dapat menyebabkan berbagai masalah
seperti kenaikan permukaan air laut dan masalah dalam produksi pangan.
Salah satu penyebab pemanasan global adalah meningkatnya
kadar karbondioksida di udara.
5. Ayo temukan berapa banyak peningkatan kadar
karbondioksida di Jepang. Temukan juga berapa banyak peningkatan kadar
karbondioksida per orang. Tunjukkan hasilnya menggunakan diagram batang dan
diagram garis.
Jawaban :
6. Diagram berikut menunjukkan kadar karbondioksida per
orang di beberapa negara. Apa yang dapat kamu amati? Diskusikan jawabanmu
dengan teman-temanmu.
Bagi anda yang ingin mengetahui materi lengkapnya, maka
anda bisa mendapatkannya pada buku teks pelajaran matematika Kelas 5 SD
kurikulum merdeka, yang filenya telah admin siapkan di bawah ini :
- Buku Guru & Siswa Matematika Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai rangkuman materi pelajaran
matematika Kelas 5 SD Bab 2 Pengukuran per Kuantitas Unit yang akan dipelajari
di semester 1 kurikulum merdeka. Semoga rangkuman materi ini senantiasa
bermanfaat baik bagi guru maupun bagi siswa yang membutuhkannya.