Rangkuman Matematika Kelas 2 Bab 8 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi matematika Kelas 2 SD Bab 8 Banyaknya Air semester 1 kurikulum merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini
admin akan berbagi seputar materi pelajaran yang nantinya akan di pelajari pada
kurikulum merdeka khususnya pada jenjang sekolah dasar.
Materi yang akan admin bagikan pada kesempatan kali ini
yaitu materi pada mata pelajaran matematika kelas 2 SD semester 1 kurikulum
merdeka. Materi yang akan di sampaikan disini ialah materi yang ada pada Bab 8
dengan judul Banyaknya Air.
Jika di sekolah anda sudah menerapkan pembelajaran
kurikulum merdeka dan anda membutuhkan informasi mengenai materi pelajaran
matematika kelas 2 SD Bab 8 tentang Banyaknya Air, maka anda bisa mendapatkan
rangkuman materinya pada postingan ini secara lengkap.
Admin sengaja membagikan rangkuman / ringkasan materi
matematika kelas 2 Bab 8 Banyaknya Air ini untuk bisa membantu para siswa
maupun guru matematika yang memerlukan akan materi ini. Tentunya seluruh materi
hasil ringkasan ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran
matematika kelas 2 SD Kurikulum Merdeka.
Sebagai informasi bahwa pada materi matematika kelas 2 Bab 8 ada beberapa materi pokok yang nantinya akan dipelajari, diantaranya adalah sebagai berikut :
- Membandingkan Banyaknya Air
- Bagaimana Cara Mengukur Banyaknya Air
- Gelas Ukur yang Lebih Kecil
- Menemukan Banyaknya Cairan
- Volume Air yang Sangat Kecil
Baiklah berikut ini sajian materi matematika kelas 2 Bab
8 Banyaknya Air yang akan dipelajari di semester 1 kurikulum merdeka.
Tujuan Pembelajaran bab 8 :
- Memahami arti pengukuran dan satuan volume, sehingga peserta didik dapat melakukan pengukuran volume.
- Memahami satuan volume (mililiter (ml), desiliter (dl), liter (l)).
Bab 8 Banyaknya Air
Membandingkan Banyaknya Air
Melalui telepon, Chia dan Dadang sedang berdiskusi
tentang botol air milik siapakah yang lebih banyak menampung air.
1. Dapatkah kita katakan bahwa botol Chia dapat menampung
air lebih banyak? Mengapa?
2. Bagaimanakah cara kalian membandingkan banyaknya air
dengan tepat?
Jawaban :
1. Tidak
2. Besar gelas berbeda
Bagaimana Cara Mengukur Banyaknya Air
Banyaknya air dapat diukur dengan menggunakan GELAS UKUR.
Ada satuan yang digunakan untuk menyatakan banyaknya air,
yaitu liter. 1 liter ditulis dengan 1 l.
Banyaknya air yang terisi pada wadah berikut diukur
dengan gelas ukur 1 l.
Berapa literkah volume wadah berikut?
1. Botol plastik
2. Ember
Jawaban :
1. Banyak air pada Botol Plastik adalah 2 Liter
2. Banyak air pada Ember adalah 2 Liter
Gelas Ukur yang Lebih Kecil
Banyaknya air dalam termos diukur dengan gelas ukur 1 l.
Bagaimana kita mengukur bagian-bagian yang ukurannya
kurang dari 1 l?
Untuk mengukur bagian yang kurang dari 1 l, kita dapat
gunakan gelas ukur 1 desiliter.
Isilah sebuah gelas ukur 1 l dengan air menggunakan gelas
ukur 1 desiliter. Berapa gelas ukur 1 desiliterkah yang kalian perlukan?
Jawaban :
Gelas ukur yang di perlukan adalah 10 gelas
Ketika 1 l dibagi menjadi 10 bagian yang sama, banyaknya
setiap bagian tersebut adalah 1 desiliter.
1 desiliter ditulis dengan 1 dl.
Desiliter adalah satuan lain untuk menyatakan banyaknya
air.
1 Liter = 10 Desiliter
Mengukur volume air di dalam termos dan ketel.
Berapa banyak susu pada wadah di bawah ini?
1. Ada berapa l dan dl di wadah tersebut? 2 l dan 6 tanda
yang lebih kecil
Jawaban :
Berapa dL susu tersebut?
Jawaban ;
2 l = 20 dl, jadi jika ditambahkan dengan 6 dl, total
keseluruhan menjadi 26 dl.
Menemukan Banyaknya Cairan
Ada botol plastik berisi 6 dl jus jeruk, dan botol
plastik lainnya berukuran 8 dl jus jeruk.
1. Berapa banyak l dan dl seluruhnya? 6 dl + 8 dl
2. Berapakah selisih antara 2 botol tersebut?
Jawaban :
1. 6 dl + 8 dl = 1 l 4 dl.
Jadi hasilnya adalah 1 liter 4 desiliter
2. 8dl – 6dl = 2 dl
Jadi selisihnya adalah 2 desiliter
Ada 2 l 4 dl jus di botol kaca, dan ada 1 l 8 dl jus di
botol plastik.
1. Berapa l dan dl seluruhnya? Tulislah kalimat
matematikanya.
2. Pikirkan bagaimana menghitungnya.
3. Ayo, kita pikirkan bagaimana cara mengetahui selisih
isi kedua botol tersebut?
Jawaban:
1. Kalimat matematikanya adalah ; 2l 4dl + 1l 8dl
2. berikut ini cara menghitungnya :
3. 2l 4dl + 1l 8dl = 6dl. Jadi selisihnya adalah 6
desiliter.
Volume Air yang Sangat Kecil
Ada satuan volume yang disebut dengan mililiter.
Mililiter menyatakan banyaknya air yang kurang dari l
atau dl.
1 mililiter ditulis dengan 1 ml
Kumpulkan berbagai wadah yang ada tanda ml. Tanda ml
tersebut digunakan untuk menunjukkan isinya.
Temukan volume susu pada sebuah wadah karton bertuliskan
1.000 ml.
1. Ukurlah dengan gelas ukur 1 l. Berapa gelas ukur akan
terisi?
2. Ukurlah dengan gelas ukur 1 dl. Berapa gelas ukur akan
terisi?
Jawaban :
1l = 1.000ml
1dl = 100ml
1. Jika menggunakan gelas ukur 1l maka banyak gelas
adalah 1 gelas
2. Jika menggunakan gelas ukur 1dl maka banyak gelas
adalah 10 gelas
Bagi anda yang ingin mengetahui materi lengkapnya, maka
anda bisa mendapatkannya pada buku teks pelajaran matematika kelas 2 SD
kurikulum merdeka, yang filenya telah admin siapkan di bawah ini :
- Buku Guru & Siswa Matematika Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai rangkuman materi pelajaran
matematika kelas 2 SD Bab 8 Banyaknya Air yang akan dipelajari di semester 1
kurikulum merdeka. Semoga rangkuman materi ini senantiasa bermanfaat baik bagi
guru maupun bagi siswa yang membutuhkannya.