Rangkuman Matematika Kelas 2 Bab 5 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi matematika Kelas 2 SD Bab 5 Pengurangan Bersusun semester 1 kurikulum merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi seputar materi pelajaran yang nantinya akan di pelajari pada kurikulum merdeka khususnya pada jenjang sekolah dasar.

 


Materi yang akan admin bagikan pada kesempatan kali ini yaitu materi pada mata pelajaran matematika kelas 2 SD semester 1 kurikulum merdeka. Materi yang akan di sampaikan disini ialah materi yang ada pada Bab 5 dengan judul Pengurangan Bersusun.

 

Jika di sekolah anda sudah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka dan anda membutuhkan informasi mengenai materi pelajaran matematika kelas 2 SD Bab 5 tentang Pengurangan Bersusun, maka anda bisa mendapatkan rangkuman materinya pada postingan ini secara lengkap.

 

Admin sengaja membagikan rangkuman / ringkasan materi matematika kelas 2 Bab 5 Pengurangan Bersusun ini untuk bisa membantu para siswa maupun guru matematika yang memerlukan akan materi ini. Tentunya seluruh materi hasil ringkasan ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran matematika kelas 2 SD Kurikulum Merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa pada materi matematika kelas 2 Bab 5 ada beberapa materi pokok yang nantinya akan dipelajari, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Pengurangan Bilangan 2 Angka
  • Pengurangan dari Bilangan yang Lebih dari 100
  • Pengurangan Bilangan 3 Angka
  • Hubungan Antara Penjumlahan dengan Pengurangan
  • Jenis Berhitung Apa yang Digunakan?

 

Baiklah berikut ini sajian materi matematika kelas 2 Bab 5 Pengurangan Bersusun yang akan dipelajari di semester 1 kurikulum merdeka.

 

Tujuan Pembelajaran Bab 5 adalah sebagai berikut 

1. Memperdalam pemahaman peserta didik tentang pengurangan dan cara menggunakannya

  • Melakukan pengurangan sebagai kebalikan dari penjumlahan dua bilangan yang terdiriatas dua angka berdasarkan pengalaman mengurangkan dua bilangan yang terdiri atas satu angka.
  • Melakukan pengurangan dengan cara bersusun Melakukan pengurangan dengan cara bersusun.
  • Melakukan pengurangan dua bilangan yang terdiri atas tiga angka.
  • Menemukan sifat-sifat pengurangan, menerapkannya pada proses penghitungan, dan memeriksa jawabannya
2. Memahami hubungan antara penjumlahan dan pengurangan, serta mampu menjelaskannya dengan kalimat matematika

 

Bab 5 Pengurangan Bersusun

Pengurangan Bilangan 2 Angka

Sinta dan temannya mengambil 38 stroberi. Mereka makan 12 buah di antaranya. Berapa buah stroberi yang tersisa?

1. Tulislah kalimat matematikanya.

2. Bagaimana mengurangkan bilangan tersebut dengan cara bersusun?

Jawaban :

1. Kalimat matematikanya adalah :

Mula-mula – dimakan = sisa

38 – 12 = 26

2. berikut ini cara mengurangkan bilangan secara bersusun

Bagaimana mengurangkan bilangan berikut ini dengan cara bersusun?

Ayo, kita pikirkan caranya.

1. 34 − 14

2. 68 − 64

3. 48 – 8

Jawaban :

Berikut ini cara mengurangkan dengan cara bersusun

Sehingga di peroleh jawaban sebagai berikut :

1. 20

2. 4

3. 40

 

Pengurangan Bilangan yang Lebih dari 100

Di kelas, Bu Guru memiliki 129 lembar kertas berwarna. Kami menggunakannya 73 lembar di antaranya. Ada berapa kertas yang tersisa?

1. Kalimat matematika.

2. Ayo, kita pikirkan cara untuk mengurangkannya.

3. Bagaimana mengurangkan bilangan berikut ini dengan cara bersusun? Jelaskan caranya.

Jawaban :

1. Kalimat matematikanya adalah : 129 – 73

2. berikut ini cara untuk mengurangkannya


3. berikut ini cara mengurangkan bilangan dengan cara bersusun

Bagaimana menghitung 125 - 86 dengan cara bersusun? Jelaskan caranya.

Jawaban :


Pengurangan Bilangan 3 Angka

Tiap peserta didik diberi tugas membuat kerajinan tangan dengan menggunakan 300 buah kancing.

1. Yosef memiliki lima kantong kancing, masing-masing kantong berisi 100 kancing. Setelah digunakan membuat kerajinan tangan, berapa buah kancingkah yang tersisa?

2. Chia memiliki sepuluh kantong kancing, masing-masing kantong berisi 100 kancing. Berapa banyak sisa kancingnya setelah digunakan membuat kerajinan tangan?

Jawaban :

1. 5 kantong x 100 = 500

kalimat matematikanya adalah : 500 – 300 = 200

Jadi, kancing yang tersisa ada 200 kancing

2. 10 x 100 = 1000

kalimat matematikanya adalah : 1000 – 300 = 700

Jadi, kancing yang tersisa ada 700 kancing

 

Temukan kesalahan dalam pengurangan bersusun berikut, lalu tuliskan jawaban yang benar

Jawaban :

1. Jawaban yang benar seharusnya adalah: 605

2. Jawaban yang benar seharusnya adalah: 507

 

Hubungan antara Penjumlahan dan Pengurangan

Ada 36 peserta didik di dalam kelas. Kemudian, 17 anak pergi keluar untuk bermain.

1. Berapa peserta didik yang masih ada di dalam kelas?

2. Jika 17 peserta didik yang bermain tadi kembali ke kelas, berapa peserta didik yang ada di kelas?

Jawaban :

1. Ayo, kita temukan jawabannya.

Jadi peserta didik yang masih ada di dalam kelas sebanyak 19 orang.

2. Jika 17 peserta didik yang bermain tadi kembali ke kelas, maka jumlah peserta didik yang ada di kelas adalah 36 orang.


Jenis Berhitung Apa yang Digunakan?

Ayo, kita bandingkan dua masalah berikut ini.

Mula-mula, ada 8 anak bermain bersama. Kemudian, ada 4 anak bergabung bersama mereka. Ada berapa anak yang bermain bersama sekarang?

Jawaban :


Mula-mula, ada 12 anak bermain bersama. Kemudian, ada 4 anak yang pulang. Ada berapa anak yang tersisa sekarang?

Jawaban :


Bagi anda yang ingin mengetahui materi lengkapnya, maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks pelajaran matematika kelas 2 SD kurikulum merdeka, yang filenya telah admin siapkan di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Matematika Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai rangkuman materi pelajaran matematika kelas 2 SD Bab 5 Pengurangan Bersusun yang akan dipelajari di semester 1 kurikulum merdeka. Semoga rangkuman materi ini senantiasa bermanfaat baik bagi guru maupun bagi siswa yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel