Rangkuman Matematika Kelas 2 Bab 5 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi matematika Kelas 2 SD Bab 5 Pengurangan Bersusun semester 1 kurikulum merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini
admin akan berbagi seputar materi pelajaran yang nantinya akan di pelajari pada
kurikulum merdeka khususnya pada jenjang sekolah dasar.
Materi yang akan admin bagikan pada kesempatan kali ini
yaitu materi pada mata pelajaran matematika kelas 2 SD semester 1 kurikulum
merdeka. Materi yang akan di sampaikan disini ialah materi yang ada pada Bab 5
dengan judul Pengurangan Bersusun.
Jika di sekolah anda sudah menerapkan pembelajaran
kurikulum merdeka dan anda membutuhkan informasi mengenai materi pelajaran
matematika kelas 2 SD Bab 5 tentang Pengurangan Bersusun, maka anda bisa
mendapatkan rangkuman materinya pada postingan ini secara lengkap.
Admin sengaja membagikan rangkuman / ringkasan materi
matematika kelas 2 Bab 5 Pengurangan Bersusun ini untuk bisa membantu para
siswa maupun guru matematika yang memerlukan akan materi ini. Tentunya seluruh
materi hasil ringkasan ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks
pelajaran matematika kelas 2 SD Kurikulum Merdeka.
Sebagai informasi bahwa pada materi matematika kelas 2 Bab 5 ada beberapa materi pokok yang nantinya akan dipelajari, diantaranya adalah sebagai berikut :
- Pengurangan Bilangan 2 Angka
- Pengurangan dari Bilangan yang Lebih dari 100
- Pengurangan Bilangan 3 Angka
- Hubungan Antara Penjumlahan dengan Pengurangan
- Jenis Berhitung Apa yang Digunakan?
Baiklah berikut ini sajian materi matematika kelas 2 Bab
5 Pengurangan Bersusun yang akan dipelajari di semester 1 kurikulum merdeka.
Tujuan Pembelajaran Bab 5 adalah sebagai berikut
1. Memperdalam pemahaman peserta didik tentang pengurangan dan cara menggunakannya
- Melakukan pengurangan sebagai kebalikan dari penjumlahan dua bilangan yang terdiriatas dua angka berdasarkan pengalaman mengurangkan dua bilangan yang terdiri atas satu angka.
- Melakukan pengurangan dengan cara bersusun Melakukan pengurangan dengan cara bersusun.
- Melakukan pengurangan dua bilangan yang terdiri atas tiga angka.
- Menemukan sifat-sifat pengurangan, menerapkannya pada proses penghitungan, dan memeriksa jawabannya
Bab 5 Pengurangan Bersusun
Pengurangan Bilangan 2 Angka
Sinta dan temannya mengambil 38 stroberi. Mereka makan 12
buah di antaranya. Berapa buah stroberi yang tersisa?
1. Tulislah kalimat matematikanya.
2. Bagaimana mengurangkan bilangan tersebut dengan cara bersusun?
Jawaban :
1. Kalimat matematikanya adalah :
Mula-mula – dimakan = sisa
38 – 12 = 26
2. berikut ini cara mengurangkan bilangan secara bersusun
Bagaimana mengurangkan bilangan berikut ini dengan cara
bersusun?
Ayo, kita pikirkan caranya.
1. 34 − 14
2. 68 − 64
3. 48 – 8
Jawaban :
Berikut ini cara mengurangkan dengan cara bersusun
Sehingga di peroleh jawaban sebagai berikut :
1. 20
2. 4
3. 40
Pengurangan Bilangan yang Lebih dari 100
Di kelas, Bu Guru memiliki 129 lembar kertas berwarna.
Kami menggunakannya 73 lembar di antaranya. Ada berapa kertas yang tersisa?
1. Kalimat matematika.
2. Ayo, kita pikirkan cara untuk mengurangkannya.
3. Bagaimana mengurangkan bilangan berikut ini dengan cara bersusun? Jelaskan caranya.
Jawaban :
1. Kalimat matematikanya adalah : 129 – 73
2. berikut ini cara untuk mengurangkannya
3. berikut ini cara mengurangkan bilangan dengan cara
bersusun
Bagaimana menghitung 125 - 86 dengan cara bersusun?
Jelaskan caranya.
Jawaban :
Pengurangan Bilangan 3 Angka
Tiap peserta didik diberi tugas membuat kerajinan tangan
dengan menggunakan 300 buah kancing.
1. Yosef memiliki lima kantong kancing, masing-masing
kantong berisi 100 kancing. Setelah digunakan membuat kerajinan tangan, berapa
buah kancingkah yang tersisa?
2. Chia memiliki sepuluh kantong kancing, masing-masing kantong berisi 100 kancing. Berapa banyak sisa kancingnya setelah digunakan membuat kerajinan tangan?
Jawaban :
1. 5 kantong x 100 = 500
kalimat matematikanya adalah : 500 – 300 = 200
Jadi, kancing yang tersisa ada 200 kancing
2. 10 x 100 = 1000
kalimat matematikanya adalah : 1000 – 300 = 700
Jadi, kancing yang tersisa ada 700 kancing
Temukan kesalahan dalam pengurangan bersusun berikut,
lalu tuliskan jawaban yang benar
Jawaban :
1. Jawaban yang benar seharusnya adalah: 605
2. Jawaban yang benar seharusnya adalah: 507
Hubungan antara Penjumlahan dan Pengurangan
Ada 36 peserta didik di dalam kelas. Kemudian, 17 anak
pergi keluar untuk bermain.
1. Berapa peserta didik yang masih ada di dalam kelas?
2. Jika 17 peserta didik yang bermain tadi kembali ke
kelas, berapa peserta didik yang ada di kelas?
Jawaban :
1. Ayo, kita temukan jawabannya.
Jadi peserta didik yang masih ada di dalam kelas sebanyak
19 orang.
2. Jika 17 peserta didik yang bermain tadi kembali ke
kelas, maka jumlah peserta didik yang ada di kelas adalah 36 orang.
Jenis Berhitung Apa yang Digunakan?
Ayo, kita bandingkan dua masalah berikut ini.
Mula-mula, ada 8 anak bermain bersama. Kemudian, ada 4
anak bergabung bersama mereka. Ada berapa anak yang bermain bersama sekarang?
Jawaban :
Mula-mula, ada 12 anak bermain bersama. Kemudian, ada 4
anak yang pulang. Ada berapa anak yang tersisa sekarang?
Jawaban :
Bagi anda yang ingin mengetahui materi lengkapnya, maka
anda bisa mendapatkannya pada buku teks pelajaran matematika kelas 2 SD
kurikulum merdeka, yang filenya telah admin siapkan di bawah ini :
- Buku Guru & Siswa Matematika Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai rangkuman materi pelajaran
matematika kelas 2 SD Bab 5 Pengurangan Bersusun yang akan dipelajari di
semester 1 kurikulum merdeka. Semoga rangkuman materi ini senantiasa bermanfaat
baik bagi guru maupun bagi siswa yang membutuhkannya.