Jawaban Post Test Modul 5 Literasi Digital
Kherysuryawan.id – Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 5 Literasi Digital pada Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis (Kemitraan dengan HP Indonesia).
Halo sahabat pendidikan pada kesempatan kali ini admin
kherysuryawan akan kembali membahas tentang topik baru yang ada di platform PMM
yakni topik tentang Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan
Nonteknis. Disini admin akan memberikan jawaban terhadap soal yang ada pada
latihan pemahaman, cerita reflektif dan juga post test yang ada di topik
semangat guru 3 : Merdeka Belajar.
Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan
Nonteknis ini dapat di ikuti oleh para guru yang ingin memiliki pengetahuan dan
pemahaman lebih mendalam tentang merdeka belajar dengan kemampuan nonteknis.
Dalam mengikuti kegiatan ini nantinya guru akan di suguhkan dengan 5 modul
pelajaran yang diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Modul
1 tentang “Pola Pikir Bertumbuh dan Ketangguhan”
2. Modul
2 tentang “ Kepemimpinan dalam Berinovasi dan transformasi”
3. Modul
3 tentang “ Self – Regulated Learning”
4. Modul
4 tentang “Komunikasi Efektif dan Penuh Empati”
5. Modul
5 tentang “Literasi Digital”
Disetiap modul nantinya guru harus bisa melewati beberapa
tahap materi dan di akhir modul guru akan di suguhkan post test yang berisi
soal-soal guna mengetahui pemahaman guru selama mempelajari materi di setiap
modul. Bagi anda yang suka mengikuti pelatihan mandiri di PMM dan menemukan
topik ini maka kiranya bisa mendapatkan referensi yang bermanfaat di artikel
ini.
Pada postingan kali ini admin kherysuryawan hanya akan
membahas salah satu dari ke 5 modul yang telah di sebutkan diatas yaitu Modul 5
“Literasi Digital”. Untuk memudahkan bapak/ibu guru dalam mengerjakan post test
yang ada di Modul 5 maka disini admin akan memberikan sajian soal yang telah di
lengkapi dengan kunci jawaban pada Modul 5 “Literasi Digital”.
Perlu dipahami bahwa Post test Modul 5 Literasi
Digital merupakan bagian dari Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan
Kemampuan Nonteknis pada Platform Merdeka Mengajar yang merupakan
bagian dari pelatihan mandiri untuk Guru pada aplikasi PMM. Setelah
berhasil mengerjakan post test di Modul 5 ini maka nantinya bapak/ibu guru bisa
melanjutkannya ke modul-modul selanjutnya.
Salah satu langkah penting untuk bisa sukses mempelajari
Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis maka kita
harus bisa lulus dalam mengerjakan post test di setiap modulnya. Olehnya itu
melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan membantu memberikan kunci
jawaban post test Modul 5 tentang “Literasi Digital” agar bisa lulus dari Modul
5 dan bisa memperoleh nilai terbaik.
Baiklah untuk anda yang membutuhkan kunci jawaban post
test Modul 5 “Literasi Digital” pada topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar
dengan Kemampuan Nonteknis pada Platform Merdeka Mengajar, maka silahkan
simak soal dan jawabannya di bawah ini :
SOAL DAN JAWABAN POST TEST MODUL 5
1. Literasi Digital seorang dalam pembelajaran
dianggap kurang baik jika ia menggunakan aplikasi LMS (seperti Edmodo, Google
Classroom) untuk berikut ini, KECUALI:
a. Sekadar dipakai untuk menyebar dokumen tugas
b. Sekadar dipakai untuk murid mengumpulkan tugas
c. Sekadar dipakai untuk daftar kehadiran
d. Fitur chat yang tersedia digunakan untuk memancing diskusi kritis di antara
murid
Jawaban: d. Fitur
chat yang tersedia digunakan untuk memancing diskusi kritis di antara murid
2. Mengapa murid hanya diminta menggunakan aplikasi
presentasi dan kamera video? (Semua pernyataan ini benar, KECUALI):
a. Karena jumlah aplikasi tidak menentukan kualitas
belajar
b. Karena kolaborasi tidak harus dengan banyak aplikasi
c. Karena murid nanti harus presentasi
d. Karena jumlah aplikasi tidak menjamin munculnya rasa tanggung jawab dan rasa
percaya
Jawaban: c. Karena
murid nanti harus presentasi
3. Menurut Kerangka TPACK, guru perlu punya pengetahuan
tentang prinsip, pendekatan, dan metode pembelajaran, terutama yang bersifat
student-centered learning. Ini disebut:
a. Pengetahuan Teknologi
b. Pengetahuan Pedagogi
c. Pengetahuan Konten
d. Pengetahuan Komunitas
Jawaban: b.
Pengetahuan Pedagogi
4. Seorang Guru sangat mengerti fitur-fitur animasi dalam
aplikasi presentasi. Ia juga fasih mendampingi muridnya dalam project-based
learning. Mana pernyataan yang paling cocok tentang Guru ini berdasarkan
Kerangka TPACK.
a. Pengetahuan Teknologi Guru ini tinggi
b. Pengetahuan Pedagogi Guru ini tinggi
c. Pengetahuan Konten Guru ini rendah
d. A dan B benar
Jawaban: d. A dan
B benar
5. Dalam mengerjakan tugas, ada saatnya murid memerlukan
aplikasi yang membantunya untuk mencari gagasan, menyimpan informasi temuan,
menggali-gali informasi. Tahap ini disebut:
a. Kaji
b. Diskusi
c. Kemas
d. Sebar
Jawaban: a. Kaji
6. Dalam mengerjakan tugas, ada saatnya murid memerlukan
aplikasi yang membantunya untuk berkonsultasi dan berkoordinasi dengan guru
atau teman-temannya. Tahap ini disebut:
a. Konsep
b. Diskusi
c. Kemas
d. Sebar
Jawaban: b.
Diskusi
7. Literasi Digital seorang dalam pembelajaran
dianggap baik jika ia menggunakan aplikasi Generative AI (seperti Chat GPT)
untuk berikut ini, KECUALI:
a. Mencari jawaban pertanyaan tugas
b. Mengasah berpikir kritis
c. Mencari informasi awal
d. Menggali mengapa temuan kita berbeda dengan temuan Chat-GPT
Jawaban: a.
Mencari jawaban pertanyaan tugas
8. Literasi Digital seorang dalam pembelajaran
dianggap baik jika ia menggunakan aplikasi media sosial untuk berikut ini,
KECUALI:
a. Berbagi praktik baik dalam mengajar/belajar
b. Mengumpulkan Likes
c. Memberikan umpan balik di fitur Comment
d. Menyebarkan konten praktik baik dari user lain
Jawaban: b. Mengumpulkan Likes
9. Seorang Guru sangat menguasai aplikasi presentasi. Ia
mampu menggunakan beragam fitur animasi yang tersedia. Namun demikian, di kelas
pendekatannya adalah sebatas presentasi materi ajarnya. Mana pernyataan yang
paling cocok tentang Guru ini berdsarkan Kerangka TPACK.
a. Pengetahuan Teknologi Guru ini tinggi
b. Pengetahuan Pedagogi Guru ini tinggi
c. Pengetahuan Konten Guru ini rendah
d. Pengetahuan Komunitas Guru ini tinggi
Jawaban: a.
Pengetahuan Teknologi Guru ini tinggi
10. Menurut Kerangka TPACK, guru perlu punya pengetahuan
tentang disiplin ilmu dan topik-topik bahasan yang diajarkan oleh Guru di mata
pelajarannya. Ini disebut:
a. Pengetahuan Teknologi
b. Pengetahuan Pedagogi
c. Pengetahuan Konten
d. Pengetahuan Komunitas
Jawaban: c.
Pengetahuan Konten
11. Menurut Kerangka TPACK, untuk memanfaatkan teknologi
dalam pembelajaran, Guru perlu punya pengetahuan tentang hardware, software,
dan fitur yang tersedia. Ini disebut:
a. Pengetahuan Teknologi
b. Pengetahuan Pedagogi
c. Pengetahuan Konten
d. Pengetahuan Komunitas
Jawaban: a. Pengetahuan Teknologi
12. Dalam mengerjakan tugas, ada saat murid memerlukan
aplikasi untuk menyuguhkan gagasannya ke kelas, ke teman murid ataupun ke
gurunya. Format dokumen bisa berupa naskah, presentasi, dan mindmap. Dokumennya
disusun dengan mengikuti kesepakatan resmi di kelas, dengan aturan format
tertentu. tahap ini disebut:
a. Konsep
b. Diskusi
c. Kemas
d. Sebar
Jawaban: a. Konsep
13. Seorang Guru sangat hanya sedikit-sedikit menguasai
aplikasi presentasi. Namun demikian, ia familiar dengan fitur Kolaborasi (satu
dokumen bisa diedit bersama). Ia merancang tugas kelompok untuk muridnya. Dalam
tugas tersebut, ia berhasil membuat murid-muridnya menyumbang ide dan
mendiskusikan ide-ide mereka. Mana pernyataan yang paling cocok tentang Guru
ini berdsarkan Kerangka TPACK.
a. Pengetahuan Teknologi Guru ini tinggi
b. Pengetahuan Pedagogi Guru ini tinggi
c. Pengetahuan Konten Guru ini rendah
d. Pengetahuan Komunitas Guru ini tinggi.
Jawaban: b.
Pengetahuan Pedagogi Guru ini tinggi
SOAL DAN JAWABAN LATIHAN PEMAHAMAN DAN CERITA REFLEKTIF MODUL 5
A. Materi Literasi Digital dan Implementasi Merdeka
Belajar
Soal &
Jawaban Latihan Pemahaman:
1. Menurut Kerangka TPACK, untuk memanfaatkan teknologi
dalam pembelajaran, Guru perlu punya pengetahuan tentang hardware, software,
dan fitur yang tersedia. Ini disebut:
A. Pengetahuan Teknologi
B. Pengetahuan Pedagogi
C. Pengetahuan Konten
D. Pengetahuan Komunitas
Soal &
Jawaban Cerita Reflektif:
Adakah pemahaman baru yang Anda dapat dari paparan video
tadi tentang peran soft skills Literasi Digital dalam implementasi Merdeka
Belajar?
Jawab : Sejatinya teknologi
dikembangkan untuk membantu manusia menghadapi tantangan dan mencapai kualitas
hidup yang lebih baik. Guru dapat mencontohkan bagaimana menggunakan teknologi
yang baik, salah satu contohnya adalah literasi digital. Literasi Digital merupakan
kemampuan mengakses, mengelola, memahami, mengintegraasikan, mengkomunikasikan,
mengevaluasi dan menciptakan informasi dengan aman dan tepat guna dengan
menggunakan teknologi digital.
B. Materi Literasi Digital dalam Mengerjakan Tugas
Belajar
Soal &
Jawaban Latihan Pemahaman:
1. Dalam mengerjakan tugas, ada saatnya murid memerlukan
aplikasi yang membantunya untuk berkonsultasi dan berkoordinasi dengan guru
atau teman-temannya. Tahap ini disebut:
A. Konsep
B. Diskusi
C. Kemas
D. Sebar
Soal &
Jawaban Cerita Reflektif:
Setelah menyimak video tadi, bagaimana Anda akan mencoba
mempraktikkan soft skills Literasi Digital selama sebulan ke depan?
Jawab : Saya akan mencoba menerapkan
Literasi Digital dalam pembelajaran di kelas. Terdapat 5 tahapan siswa dalam
mengerjakan tugas dan pada tiap tahapan siswa dapat memanfaatkan beberapa
aplikasi. Tahap 1 yaitu Kaji, siswa dapat memanfaatkan search engine dan
ChatGPT. Tahap 2 yaitu Konsep, siswa dapat memanfaatkan Doc dan Slide. Tahap 3
yaitu Diskusi, siswa dapat memanfaatkan Classroom ataupun Telegram. Tahap 4
yaitu Kemas, siswa dapat memanfaatkan Canva. Tahap 4 yaitu Sebar, siswa dapat
memanfaatkan Instagram, Youtube dll.
C. Contoh Praktik Literasi Digital dalam Pembelajaran
Soal &
Jawaban Latihan Pemahaman:
1. Pada contoh Guru PJOK di video, literasi digital apa
saja yang tercermin dari kegiatan pembelajarannya?
A. murid menggunakan fitur comment dokumen supaya modern
B. murid menggunakan aplikasi presentasi karena biasanya
begitu.
C. literasi digital yang baik tercapai walaupun
teknologi yang digunakan terbatas.
D. murid memvideokan praktik supaya presentasi sarat
multimedia.
Soal &
Jawaban Cerita Reflektif:
Setelah menyimak video tadi, bagaimana Anda akan mencoba
mempraktikkan soft skills Literasi Digital selama sebulan ke depan?
Jawab : Saya akan mencoba penerapan
Literasi Digital dalam bentuk video singkat yang berisi tentang umpan balik
siswa terhadap materi yang telah mereka pelajari.
👉 Jawaban Post Test Modul 2 tentang “ Kepemimpinan dalam Berinovasi dan transformasi” (DISINI)
👉 Jawaban Post Test Modul 3 tentang “ Self – Regulated Learning” (DISINI)
👉 Jawaban Post Test Modul 4 tentang “Komunikasi Efektif dan Penuh Empati” (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai soal dan kunci jawaban latihan
pemahaman, cerita reflektif dan post test Modul 5 “Literasi Digital” pada topik
Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis yang ada di PMM,
semoga anda yang ingin mengikuti pelatihan mandiri di PMM dengan memilih topik
ini bisa menyelesaikan pembelajaran dengan baik dan bisa melakukan aksi nyata
hingga berhasil memperoleh sertifikat.
Sekian dan Semoga Bermanfaat.