Jawaban Post Test Modul 4 Komunikasi Afektif dan Penuh Empati
Kherysuryawan.id – Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Komunikasi Efektif dan Penuh Empati pada Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis (Kemitraan dengan HP Indonesia).
Halo sahabat pendidikan pada kesempatan kali ini admin
kherysuryawan akan kembali membahas tentang topik baru yang ada di platform PMM
yakni topik tentang Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan
Nonteknis. Disini admin akan memberikan jawaban terhadap soal yang ada pada
latihan pemahaman, cerita reflektif dan juga post test yang ada di topik
semangat guru 3 : Merdeka Belajar.
Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan
Nonteknis ini dapat di ikuti oleh para guru yang ingin memiliki pengetahuan dan
pemahaman lebih mendalam tentang merdeka belajar dengan kemampuan nonteknis.
Dalam mengikuti kegiatan ini nantinya guru akan di suguhkan dengan 5 modul
pelajaran yang diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Modul
1 tentang “Pola Pikir Bertumbuh dan Ketangguhan”
2. Modul
2 tentang “ Kepemimpinan dalam Berinovasi dan transformasi”
3. Modul
3 tentang “ Self – Regulated Learning”
4. Modul
4 tentang “Komunikasi Efektif dan Penuh Empati”
5. Modul
5 tentang “Literasi Digital”
Disetiap modul nantinya guru harus bisa melewati beberapa
tahap materi dan di akhir modul guru akan di suguhkan post test yang berisi
soal-soal guna mengetahui pemahaman guru selama mempelajari materi di setiap
modul. Bagi anda yang suka mengikuti pelatihan mandiri di PMM dan menemukan
topik ini maka kiranya bisa mendapatkan referensi yang bermanfaat di artikel
ini.
Pada postingan kali ini admin kherysuryawan hanya akan
membahas salah satu dari ke 5 modul yang telah di sebutkan diatas yaitu Modul 4
“Komunikasi Efektif dan Penuh Empati”. Untuk memudahkan bapak/ibu guru dalam
mengerjakan post test yang ada di Modul 4 maka disini admin akan memberikan
sajian soal yang telah di lengkapi dengan kunci jawaban pada Modul 4 “Komunikasi
Efektif dan Penuh Empati”.
Perlu dipahami bahwa Post test Modul 4 Komunikasi
Efektif dan Penuh Empati merupakan bagian dari Topik Semangat Guru 3: Merdeka
Belajar dengan Kemampuan Nonteknis pada Platform Merdeka
Mengajar yang merupakan bagian dari pelatihan mandiri untuk Guru pada
aplikasi PMM. Setelah berhasil mengerjakan post test di Modul 4 ini maka
nantinya bapak/ibu guru bisa melanjutkannya ke modul-modul selanjutnya.
Salah satu langkah penting untuk bisa sukses mempelajari
Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis maka kita
harus bisa lulus dalam mengerjakan post test di setiap modulnya. Olehnya itu
melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan membantu memberikan kunci
jawaban post test Modul 4 tentang “Komunikasi Efektif dan Penuh Empati” agar
bisa lulus dari Modul 4 dan bisa memperoleh nilai terbaik.
Baiklah untuk anda yang membutuhkan kunci jawaban post
test Modul 4 “Komunikasi Efektif dan Penuh Empati” pada topik Semangat Guru 3:
Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis pada Platform Merdeka Mengajar,
maka silahkan simak soal dan jawabannya di bawah ini :
SOAL DAN JAWABAN POST TEST MODUL 4
1.Siapakah yang terlibat dalam pembahasan komunikasi
efektif dalam pendidikan?
a. Murid
b. Orang tua
c. Sekolah
d. A, B, C benar
Jawaban: d. A, B,
C benar
2.Mana di bawah yang TIDAK mencerminkan "komunikasi
yang mendorong dan mendukung"?
a. Mendengarkan dengan tulus
b. Bertanya dengan teliti
c. Menghargai kepentingan dan kebutuhan individu
d. Memaparkan selengkap-lengkapnya
Jawaban: d.
Memaparkan selengkap-lengkapnya
3.Berempati dapat juga melalui menata ruang belajar
sekondiusif mungkin untuk Merdeka Belajar. Apakah yang disebut Zona Berpikir
dalam Ruang Belajar Inovatif?
a. Zona untuk murid eksplorasi bebas yang sedang ia
pelajari
b. Zona untuk berdiskusi, memberi umpan balik, dan
menguji ide
c. Zona untuk membuat gagasan menjadi lebih konkret
d. Zona untuk menyuguhkan hasil belajar ke teman-teman
sekelas
Jawaban: a. Zona
untuk murid eksplorasi bebas yang sedang ia pelajari
4.Di Kelas Bahasa Indonesia, murid-murid sedang mencari
ide naskah pantun untuk membujuk masyarakat untuk mengelola sampah secara
mandiri.
Mereka boleh membaca, menengok teman mereka, bertanya
paga Guru. Zona Belajar apa yang paling mendukung brainstorming mereka?
a. Zona Pembentukan
b. Zona Kolaborasi
c. Zona Berpikir
d. Zona Presentasi
Jawaban: c. Zona
Berpikir
5.Apakah yang dimaksud komunikasi efektif?
a. Pertukaran informasi dengan cara paling ekspresif agar
bisa dipahami
b. Pertukaran informasi dengan menggunakan logika
c. Pertukaran informasi dengan menggunakan teknologi
d. Pertukaran informasi dengan cara yang paling dipahami
oleh lawan bicara sehingga tujuan kedua pihak tercapai
Jawaban: d.
Pertukaran informasi dengan cara yang paling dipahami oleh lawan bicara
sehingga tujuan kedua pihak tercapai
6.Seorang Guru berkata pada muridnya, "Ibu
menghargai kemajuan penulisan cerita pendek kamu seminggu ini. Kamu sepertinya
mengalami kesulitan dengan menutup ceritanya ya?
Kamu mau Ibu bantu mendiskusikan akhir ceritanya?"
Kalimat "Kamu sepertinya mengalami kesulitan dengan menutup ceritanya ya?
" Pernyataan ini paling menunjukkan sikap.
a. Validasi terhadap usaha orang lain
b. Bertanya dengan teliti
c. Mengapresiasi kemajuan yang sudah ada.
d. Datang dengan solusi untuk kolaborasi
Jawaban: d. Datang
dengan solusi untuk kolaborasi
7.Berempati dapat juga melalui menata ruang belajar
sekondusif mungkin untuk Merdeka Belajar.
a. Apakah yang disebut Zona Kolaborasi dalam Ruang
Belajar Inovatif? bebas yang sedang ia pelajari
b. Zona untuk berdiskusi, memberi umpan balik, dan
menguji ide
c. Zona untuk membuat gagasan menjadi lebih konkret
d. Zona untuk menyuguhkan hasil belajar ke teman-teman
sekelas
Jawaban: b. Zona
untuk berdiskusi, memberi umpan balik, dan menguji ide
8.Komunikasi yang mendorong dan mendukung dapat dilakukan
dengan?
a. Menghapal semua ucapan lawan bicara
b. Mendengarkan dengan tulus
c. Bertanya dengan teliti
d. Menghargai kepentingan dan kebutuhan Individu
Jawaban: a.
Menghapal semua ucapan lawan bicara
9. Di Kelas Fisika, murid-murid sedang merancang
prototipe bangunan anti banjir. Murid butuh fokus, spasi pribadi untuk
membangun prototipe mereka, dan menata alat kerja mereka. Zona yang paling
mendukung kesbukan mereka adalah:
a. Zona Pembentukan
b. Zona Kolaborasi
c. Zona Berpikir
d. Zona Presentasi
Jawaban: a. Zona
Pembentukan
10. Apakah yang dimaksud dengan empati?
a. Usaha memahami pikiran, emosi, dan perilaku orang lain
dari sudut pandang kita.
b. Usaha memahami pikiran, perasaan, dan perilaku orang
lain dari sudut pandang mereka tanpa menghakimi dengan menggunakan refleksi
dari pengalaman kita
c. Usaha memahami pikiran, perasaan, dan perilaku orang
lain dengan cara mencobanya sendiri.
d. A, B, C benar
Jawaban: b. Usaha
memahami pikiran, perasaan, dan perilaku orang lain dari sudut pandang mereka
tanpa menghakimi dengan menggunakan refleksi dari pengalaman kita
11. Di kelas PPKN, murid-murid sedang berkelompok
menentukan bentuk pemerintahan apa yang paling menguntungkan rayatnya di era
globalisasi. Zona Belajar apa yang paling mendukung diskusi mereka?
a. Zona Pembentukan
b. Zona Kolaborasi
c. Zona Berpikir
d. Zona Presentasi
Jawaban: b. Zona
Kolaborasi
12.Berempati dapat juga melalui menata ruang belajar
sekondiusif mungkin untuk Merdeka Belajar. Apakah yang disebut Zona Presentasi
dalam Ruang Belajar Inovatif?
a. Zona untuk murid eksplorasi bebas yang sedang ia
pelajari
b. Zona untuk berdiskusi, memberi umpan balik, dan
menguji ide
c. Zona untuk membuat gagasan menjadi lebih konkret
d. Zona untuk menyuguhkan hasil belajar ke teman-teman
sekelas
Jawaban: d. Zona
untuk menyuguhkan hasil belajar ke teman-teman sekelas
SOAL DAN JAWABAN LATIHAN PEMAHAMAN DAN CERITA REFLEKTIF MODUL 4
A. Materi Komunikasi Efektif dan Empati
Soal &
Jawaban Latihan Pemahaman:
1. Apakah yang dimaksud komunikasi efektif?
A. pertukaran informasi dengan cara paling ekspresif agar
bisa dipahami.
B. pertukaran informasi dengan menggunakan logika
C. pertukaran informasi dengan menggunakan teknologi
D. pertukaran informasi dengan cara yang paling
dipahami oleh lawan bicara sehingga tujuan kedua pihak tercapai.
Soal &
Jawaban Cerita Reflektif:
Adakah pemahaman baru yang Anda dapat dari paparan video
tadi tentang peran soft skills Komunikasi Efektif dan Empati dalam implementasi
Merdeka Belajar?
Jawab : Kompetensi abad 21 terdiri
dari 6C yaitu Charakter (karakter), Citizenship (kewarganegaraan), Critical
Thinking (berpikir kritis), Creativity (kreatifitas), Collaboration
(kolaborasi) dan Communication (komunikasi).
B. Materi Komunikasi Efektif dan Penuh Empati dengan
Murid, Orangtua, dan Sekolah
Soal &
Jawaban Latihan Pemahaman:
1. Komunikasi yang mendorong dan mendukung dapat
dilakukan dengan (pilih yang tidak tepat)
A. Menghapal semua ucapan lawan bicara
B. Mendengarkan dengan tulus
C. Bertanya dengan teliti
D. Menghargai kepentingan dan kebutuhan Individu
Soal &
Jawaban Cerita Reflektif:
Setelah menyimak video tadi, bagaimana Anda akan mencoba
mempraktikkan soft skills Komunikasi Efektif dan dan penuh empati selama
sebulan ke depan?
Jawab : Pola komunikasi efektif yang
penuh empati dapat memberikan dukungan yang memungkinkan individu merasa
dihargai, didengar, dan didorong untuk tumbuh. Terdapat dua rekomendasi efektif
dan penuh empati yaitu dapat dilakukan dengan cara komunikasi yang mendorong
dan mendukung serta umpan balik yang konstruktif dan kolaboratif.
C. Materi Berempati dengan Menata Ruang Belajar
Soal &
Jawaban Latihan Pemahaman:
1. Mengapa kita juga perlu menunjukkan empati kita dengan
cara menata ruang yang ramah belajar? (pilih yang tidak cocok)
A. dapat membantu membentuk karakter siswa
B. dapat mempromosikan kolaborasi yang baik
C. dapat meningkatkan kualitas interaksi murid di kelas.
D. dapat memperindah ruang belajar
Soal &
Jawaban Cerita Reflektif:
Setelah menyimak video tadi, bagaimana Anda akan mencoba
mempraktikkan soft skills Komunikasi Efektif dan Empati selama sebulan ke
depan?
Jawab : Saya akan mencoba memulai
dengan menata ruang belajar. Karena salah satu strategi menciptakan lingkungan
belajar yang mendukung Komunikasi Efektif dan Empati adalah dengan manata ruang
belajar.
👉 Jawaban Post Test Modul 2 tentang “ Kepemimpinan dalam Berinovasi dan transformasi” (DISINI)
👉 Jawaban Post Test Modul 3 tentang “ Self – Regulated Learning” (DISINI)
👉 Jawaban Post Test Modul 5 tentang “Literasi Digital” (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai soal dan kunci jawaban latihan
pemahaman, cerita reflektif dan post test Modul 4 “Komunikasi Efektif dan Penuh
Empati” pada topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis
yang ada di PMM, semoga anda yang ingin mengikuti pelatihan mandiri di PMM
dengan memilih topik ini bisa menyelesaikan pembelajaran dengan baik dan bisa
melakukan aksi nyata hingga berhasil memperoleh sertifikat.
Sekian dan Semoga Bermanfaat.