Jawaban Post Test Modul 3 Self-Regulated Learning
Kherysuryawan.id – Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Self-Regulated Learning pada Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis (Kemitraan dengan HP Indonesia).
Halo sahabat pendidikan pada kesempatan kali ini admin
kherysuryawan akan kembali membahas tentang topik baru yang ada di platform PMM
yakni topik tentang Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis.
Disini admin akan memberikan jawaban terhadap soal yang ada pada latihan
pemahaman, cerita reflektif dan juga post test yang ada di topik semangat guru
3 : Merdeka Belajar.
Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan
Nonteknis ini dapat di ikuti oleh para guru yang ingin memiliki pengetahuan dan
pemahaman lebih mendalam tentang merdeka belajar dengan kemampuan nonteknis. Dalam
mengikuti kegiatan ini nantinya guru akan di suguhkan dengan 5 modul pelajaran
yang diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Modul
1 tentang “Pola Pikir Bertumbuh dan Ketangguhan”
2. Modul
2 tentang “ Kepemimpinan dalam Berinovasi dan transformasi”
3. Modul
3 tentang “ Self-Regulated Learning”
4. Modul
4 tentang “komunikasi Efektif dan Penuh Empati”
5. Modul
5 tentang “Literasi Digital”
Disetiap modul nantinya guru harus bisa melewati beberapa
tahap materi dan di akhir modul guru akan di suguhkan post test yang berisi
soal-soal guna mengetahui pemahaman guru selama mempelajari materi di setiap
modul. Bagi anda yang suka mengikuti pelatihan mandiri di PMM dan menemukan
topik ini maka kiranya bisa mendapatkan referensi yang bermanfaat di artikel
ini.
Pada postingan kali ini admin kherysuryawan hanya akan
membahas salah satu dari ke 5 modul yang telah di sebutkan diatas yaitu Modul 3
“Self-Regulated Learning”. Untuk memudahkan bapak/ibu guru dalam mengerjakan
post test yang ada di Modul 3 maka disini admin akan memberikan sajian soal
yang telah di lengkapi dengan kunci jawaban pada Modul 3 “Self-Regulated
Learning”.
Perlu dipahami bahwa Post test Modul 3 Self-Regulated
Learning merupakan bagian dari Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan
Kemampuan Nonteknis pada Platform Merdeka Mengajar yang merupakan
bagian dari pelatihan mandiri untuk Guru pada aplikasi PMM. Setelah berhasil
mengerjakan post test di Modul 3 ini maka nantinya bapak/ibu guru bisa
melanjutkannya ke modul-modul selanjutnya.
Salah satu langkah penting untuk bisa sukses mempelajari Topik
Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis maka kita harus
bisa lulus dalam mengerjakan post test di setiap modulnya. Olehnya itu melalui
kesempatan ini admin kherysuryawan akan membantu memberikan kunci jawaban post
test Modul 3 tentang “Self-Regulated Learning” agar bisa lulus dari Modul 3 dan
bisa memperoleh nilai terbaik.
Baiklah untuk anda yang membutuhkan kunci jawaban post
test Modul 3 “Self-Regulated Learning” pada topik Semangat Guru 3: Merdeka
Belajar dengan Kemampuan Nonteknis pada Platform Merdeka Mengajar, maka
silahkan simak soal dan jawabannya di bawah ini :
SOAL DAN JAWABAN POST TEST MODUL 3
1. Seorang murid Kelas 11 berkonsultasi dengan Guru BK.
Ia ingin meneruskan kuliah di jurusan Mikrobiologi. Bersama Gurunya ia membuat
rencana belajar, rencana kunjungan virtual ke kampus-kampus Mikrobiologi, dan
meminta kesediaan agar Guru BK-nya menyempatkan waktu untuk berbincang
dengannya jika motivasinya sedang turun.
Perencanaan murid ini paling mencerminkan keterampilan…
a. Refleksi
b. Manajemen diri
c. Adaptasi
d. Gairah
Jawaban: b.
Manajemen diri
2. Mana yang bukan manfaat soft skill Self-Regulated
Learning?
a. Self-Regulated Learning menumbuhkan motivasi belajar intrinsik
b. Seorang self-regulated learning lebih adaptif.
c. Seorang self-regulated learner mampu mengevaluasi sendiri aktivitas belajarnya
d. Self-Regulated Learning prosesnya lebih lambat
Jawaban: d.
Self-Regulated Learning prosesnya lebih lambat
3. Seorang self-regulated learning mampu fokus dalam
kegiatan pembelajaran jangka panjang. Ia bisa mengembalikan motivasinya ketika
sedang kehilangan semangat atau menghadapi distraksi. Deskripsi ini paling
mencerminkan salah satu dari 3 komponen Self-Regulated Learning, yaitu:
a. Cakap mengatur hidupnya dengan tertib
b. Mandiri pada cara
c. Komitmen pada tujuan
d. Belajar dari orang lain
Jawaban: c.
Komitmen pada tujuan
4. Ada tiga keterampilan utama yang menjadi prasyarat
praktik Self-Regulated Learning. Seorang self-regulated learner terampil
mengenali perubahan situasi. Ia cekatan mengubah strategi belajar ketika dirasa
tidak efektif atau karena ada perubahan kondisi di lapangan. Deskripsi ini
mencerminkan keterampilan:
a. Refleksi
b. Manajemen diri
c. Adaptasi
d. Optimis
Jawaban: c.
Adaptasi
5. Mengapa Ibu Amelia tidak melanjutkan mengumukan nilai
perolehan ujian?
a. Ia sadar bahwa mempermalukan malah menghambat motivasi
belajar murid
b. Ia sadar bahwa mempermalukan tidak membuat murid tertarik pada topik yang
diajarkan
c. Ia sadar bahwa mempermalukan murid tidak
berpengaruh apa-apa terhadap murid
d. Ia sadar bahwa murid yang nilainya bagus malah merosot selanjutnya.
Jawaban: a. Ia
sadar bahwa mempermalukan malah menghambat motivasi belajar murid
6. Seorang Guru SMA setiap hari mencatat bagaimana proses
kelasnya berjalan. Ia mencatat praktik apa yang sudah baik, praktik apa yang
masih kurang, dan bagaimana selanjutnya. Rutinitas guru ini mencatat proses
pengajarannya paling mencerminkan keterampilan:
a. Refleksi
b. Manajemen diri
c. Adaptasi
d. Optimis
Jawaban: a.
Refleksi
7. Seorang self-regulated learner terampil dalam merencanakan
kegiatan baik yang rutin maupun tidak rutin. Ketika sudah menyusun rencana, ia
mampu melaksanakannya sesuai rencana (sebisa mungkin). Deskripsi ini paling
mencerminkan salah satu dari 3 komponen Self-Regulated Learning, yaitu:
a. Cakap mengatur hidupnya dengan tertib
b. Mandiri pada cara
c. Komitmen pada tujuan
d. Belajar dari orang lain
Jawaban: a. Cakap mengatur hidupnya
dengan tertib
8. Ada tiga keterampilan utama yang menjadi prasyarat
praktik Self-Regulated Learning. Seorang self-regulated learner terampil
membuat jadwal, membuat prioritas, mengatasi distraksi. Deskripsi ini
mencerminkan keterampilan:
a. Refleksi
b. Manajemen diri
c. Adaptasi
d. Optimis
Jawaban: b.
Manajemen diri
9. Seorang Guru sedang membimbing murid meriset tentang
lingkungan hidup. Karena semangat, beberapa murid sampai berhasil berkomunikasi
lewat chat dengan tokoh publik di media sosial. Tokoh tersebut menawarkan sesi
online lewat video meeting dengan murid sekelas. Melihat antusias
murid-muridnya, Ia sepakat untuk menyiapkan sesi video meeting tersebut.
Kesedian Guru ini untuk menerima tawaran sesi video meeting ini mencerminkan
keterampilan:
a. Refleksi
b. Manajemen diri
c. Adaptasi
d. Optimis
Jawaban: c. Adaptasi
10. Seorang self-regulated learner mengenali kebutuhan sendiri,
mencari materi belajar sendiri, merencanakan sendiri strategi belajar.
Deskripsi ini paling mencerminkan salah satu dari 3 komponen Self-Regulated
Learning, yaitu:
a. Cakap mengatur hidupnya dengan tertib
b. Mandiri pada cara
c. Komitmen pada tujuan
d. Belajar dari orang lain
Jawaban: b.
Mandiri pada cara
SOAL DAN JAWABAN LATIHAN PEMAHAMAN DAN CERITA REFLEKTIF MODUL 3
A. Materi Self-Regulated Learning dan Implementasi
Merdeka Belajar
Soal &
Jawaban Latihan Pemahaman :
1. Mana yang bukan manfaat soft skill Self-Regulated
Learning?
A. Self-Regulated Learning menumbuhkan motivasi belajar
intrinsik
B. Seorang self-regulated learning lebih adaptif.
C. Seorang self-regulated learner mampu mengevaluasi
sendiri aktivitas belajarnya
D. Self-Regulated Learning prosesnya lebih lambat
Soal & Jawaban
Cerita Reflektif :
Adakah pemahaman baru yang Anda dapat dari paparan video
tadi tentang peran soft skills SElf-Regulated Learning dalam implementasi
Merdeka Belajar?
Jawab : Guru menjadi seorang model yang dapat
menumbuhkan motivasi belajar siswa yang memiliki latar belakang berbeda.
Sehingga, kreatifitas dan inovasi sangat dibutuhkan.
B. Materi Komponen dan Keterampilan Utama dalam Praktik
Self-Regulated Learning
Soal &
Jawaban Latihan Pemahaman :
1. Seorang self-regulated learner mengenali kebutuhan
sendiri, dan merencanakan sendiri strategi belajar . Ciri ini mencerminkan
salah satu dari 3 komponen Self-Regulated Learning, yaitu:
A. Cakap mengatur hidupnya dengan tertib
B. Mandiri pada Cara
C. Komitmen pada Tujuan
D. Belajar dari orang lain
Soal & Jawaban
Cerita Reflektif :
Adakah pemahaman baru yang Anda dapat dari paparan video
tadi tentang peran soft skills SElf-Regulated Learning dalam implementasi
Merdeka Belajar?
Jawab : Proses mengenali kebutuhan sendiri serta
merencanakan sendiri strategi belajar adalah salah satu metode menjadi
pembelajar mandiri.
C. Materi Contoh Praktik Self-Regulated Learning di Kelas
Soal &
Jawaban Latihan Pemahaman :
1. Mengapa Ibu Anik mengajak muridnya bersama-sama
menyusun tujuan belajar? Pilih yang tidak tepat)
A. Agar murid sadar dan paham tujuan belajar.
B. Agar murid bisa menentukan strategi belajar yang
tepat.
C. Agar murid bisa mengatur jadwal belajar yang tepat.
D. Agar mudah belajar berkelompok
Soal & Jawaban
Cerita Reflektif :
Setelah menyimak video tadi, bagaimana Anda akan mencoba
mempraktikkan soft skills Self-Regulated Learning selama sebulan ke depan?
Jawab : Saya akan mencoba mempraktikan
untuk mendiskusikan tujuan pembelajaran bersama siswa. Sehingga siswa akan sadar
dan paham tujuan suatu kegiatan belajar. Dimana selama proses semua tingkah
laku siswa konsisten dengan rubrik penilaian yang mereka susun sendiri.
👉 Jawaban Post Test Modul 2 tentang “ Kepemimpinan dalam Berinovasi dan transformasi” (DISINI)
👉 Jawaban Post Test Modul 4 tentang “Komunikasi Efektif dan Penuh Empati” (DISINI)
👉 Jawaban Post Test Modul 5 tentang “Literasi Digital” (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai soal dan kunci jawaban latihan
pemahaman, cerita reflektif dan post test Modul 3 “Self-Regulated Learning”
pada topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis yang ada
di PMM, semoga anda yang ingin mengikuti pelatihan mandiri di PMM dengan
memilih topik ini bisa menyelesaikan pembelajaran dengan baik dan bisa
melakukan aksi nyata hingga berhasil memperoleh sertifikat.
Sekian dan Semoga Bermanfaat.