Jawaban Post Test Modul 3 Self-Regulated Learning

Kherysuryawan.id – Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Self-Regulated Learning pada Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis (Kemitraan dengan HP Indonesia).

Halo sahabat pendidikan pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan kembali membahas tentang topik baru yang ada di platform PMM yakni topik tentang Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis. Disini admin akan memberikan jawaban terhadap soal yang ada pada latihan pemahaman, cerita reflektif dan juga post test yang ada di topik semangat guru 3 : Merdeka Belajar.

 


Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis ini dapat di ikuti oleh para guru yang ingin memiliki pengetahuan dan pemahaman lebih mendalam tentang merdeka belajar dengan kemampuan nonteknis. Dalam mengikuti kegiatan ini nantinya guru akan di suguhkan dengan 5 modul pelajaran yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1.    Modul 1 tentang “Pola Pikir Bertumbuh dan Ketangguhan”

2.    Modul 2 tentang “ Kepemimpinan dalam Berinovasi dan transformasi”

3.    Modul 3 tentang “ Self-Regulated Learning”

4.    Modul 4 tentang “komunikasi Efektif dan Penuh Empati”

5.    Modul 5 tentang “Literasi Digital”

 

Disetiap modul nantinya guru harus bisa melewati beberapa tahap materi dan di akhir modul guru akan di suguhkan post test yang berisi soal-soal guna mengetahui pemahaman guru selama mempelajari materi di setiap modul. Bagi anda yang suka mengikuti pelatihan mandiri di PMM dan menemukan topik ini maka kiranya bisa mendapatkan referensi yang bermanfaat di artikel ini.

 

Pada postingan kali ini admin kherysuryawan hanya akan membahas salah satu dari ke 5 modul yang telah di sebutkan diatas yaitu Modul 3 “Self-Regulated Learning”. Untuk memudahkan bapak/ibu guru dalam mengerjakan post test yang ada di Modul 3 maka disini admin akan memberikan sajian soal yang telah di lengkapi dengan kunci jawaban pada Modul 3 “Self-Regulated Learning”.

 

Perlu dipahami bahwa Post test Modul 3 Self-Regulated Learning merupakan bagian dari Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis pada Platform Merdeka Mengajar yang merupakan bagian dari pelatihan mandiri untuk Guru pada aplikasi PMM. Setelah berhasil mengerjakan post test di Modul 3 ini maka nantinya bapak/ibu guru bisa melanjutkannya ke modul-modul selanjutnya.

 

Salah satu langkah penting untuk bisa sukses mempelajari Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis maka kita harus bisa lulus dalam mengerjakan post test di setiap modulnya. Olehnya itu melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan membantu memberikan kunci jawaban post test Modul 3 tentang “Self-Regulated Learning” agar bisa lulus dari Modul 3 dan bisa memperoleh nilai terbaik.

 

Baiklah untuk anda yang membutuhkan kunci jawaban post test Modul 3 “Self-Regulated Learning” pada topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis pada Platform Merdeka Mengajar, maka silahkan simak soal dan jawabannya di bawah ini :

 

SOAL DAN JAWABAN POST TEST MODUL 3

1. Seorang murid Kelas 11 berkonsultasi dengan Guru BK. Ia ingin meneruskan kuliah di jurusan Mikrobiologi. Bersama Gurunya ia membuat rencana belajar, rencana kunjungan virtual ke kampus-kampus Mikrobiologi, dan meminta kesediaan agar Guru BK-nya menyempatkan waktu untuk berbincang dengannya jika motivasinya sedang turun.
Perencanaan murid ini paling mencerminkan keterampilan…

a. Refleksi
b. Manajemen diri
c. Adaptasi
d. Gairah

Jawaban: b. Manajemen diri

 

2. Mana yang bukan manfaat soft skill Self-Regulated Learning?
a. Self-Regulated Learning menumbuhkan motivasi belajar intrinsik
b. Seorang self-regulated learning lebih adaptif.
c. Seorang self-regulated learner mampu mengevaluasi sendiri aktivitas belajarnya
d. Self-Regulated Learning prosesnya lebih lambat

Jawaban: d. Self-Regulated Learning prosesnya lebih lambat

 

3. Seorang self-regulated learning mampu fokus dalam kegiatan pembelajaran jangka panjang. Ia bisa mengembalikan motivasinya ketika sedang kehilangan semangat atau menghadapi distraksi. Deskripsi ini paling mencerminkan salah satu dari 3 komponen Self-Regulated Learning, yaitu:

a. Cakap mengatur hidupnya dengan tertib
b. Mandiri pada cara
c. Komitmen pada tujuan
d. Belajar dari orang lain

Jawaban: c. Komitmen pada tujuan

 

4. Ada tiga keterampilan utama yang menjadi prasyarat praktik Self-Regulated Learning. Seorang self-regulated learner terampil mengenali perubahan situasi. Ia cekatan mengubah strategi belajar ketika dirasa tidak efektif atau karena ada perubahan kondisi di lapangan. Deskripsi ini mencerminkan keterampilan:

a. Refleksi
b. Manajemen diri
c. Adaptasi
d. Optimis

Jawaban: c. Adaptasi

 

5. Mengapa Ibu Amelia tidak melanjutkan mengumukan nilai perolehan ujian?

a. Ia sadar bahwa mempermalukan malah menghambat motivasi belajar murid
b. Ia sadar bahwa mempermalukan tidak membuat murid tertarik pada topik yang diajarkan
c. Ia sadar bahwa mempermalukan murid tidak
berpengaruh apa-apa terhadap murid
d. Ia sadar bahwa murid yang nilainya bagus malah merosot selanjutnya.

Jawaban: a. Ia sadar bahwa mempermalukan malah menghambat motivasi belajar murid

 

6. Seorang Guru SMA setiap hari mencatat bagaimana proses kelasnya berjalan. Ia mencatat praktik apa yang sudah baik, praktik apa yang masih kurang, dan bagaimana selanjutnya. Rutinitas guru ini mencatat proses pengajarannya paling mencerminkan keterampilan:

a. Refleksi
b. Manajemen diri
c. Adaptasi
d. Optimis

Jawaban: a. Refleksi

 

7. Seorang self-regulated learner terampil dalam merencanakan kegiatan baik yang rutin maupun tidak rutin. Ketika sudah menyusun rencana, ia mampu melaksanakannya sesuai rencana (sebisa mungkin). Deskripsi ini paling mencerminkan salah satu dari 3 komponen Self-Regulated Learning, yaitu:

a. Cakap mengatur hidupnya dengan tertib
b. Mandiri pada cara
c. Komitmen pada tujuan
d. Belajar dari orang lain
Jawaban: a. Cakap mengatur hidupnya dengan tertib

 

8. Ada tiga keterampilan utama yang menjadi prasyarat praktik Self-Regulated Learning. Seorang self-regulated learner terampil membuat jadwal, membuat prioritas, mengatasi distraksi. Deskripsi ini mencerminkan keterampilan:

a. Refleksi
b. Manajemen diri
c. Adaptasi
d. Optimis

Jawaban: b. Manajemen diri

 

9. Seorang Guru sedang membimbing murid meriset tentang lingkungan hidup. Karena semangat, beberapa murid sampai berhasil berkomunikasi lewat chat dengan tokoh publik di media sosial. Tokoh tersebut menawarkan sesi online lewat video meeting dengan murid sekelas. Melihat antusias murid-muridnya, Ia sepakat untuk menyiapkan sesi video meeting tersebut. Kesedian Guru ini untuk menerima tawaran sesi video meeting ini mencerminkan keterampilan:

a. Refleksi
b. Manajemen diri
c. Adaptasi
d. Optimis
Jawaban: c. Adaptasi

 

10. Seorang self-regulated learner mengenali kebutuhan sendiri, mencari materi belajar sendiri, merencanakan sendiri strategi belajar. Deskripsi ini paling mencerminkan salah satu dari 3 komponen Self-Regulated Learning, yaitu:

a. Cakap mengatur hidupnya dengan tertib
b. Mandiri pada cara
c. Komitmen pada tujuan
d. Belajar dari orang lain

Jawaban: b. Mandiri pada cara

 

SOAL DAN JAWABAN LATIHAN PEMAHAMAN DAN CERITA REFLEKTIF MODUL 3

A. Materi Self-Regulated Learning dan Implementasi Merdeka Belajar

Soal & Jawaban Latihan Pemahaman :

1. Mana yang bukan manfaat soft skill Self-Regulated Learning?

A. Self-Regulated Learning menumbuhkan motivasi belajar intrinsik

B. Seorang self-regulated learning lebih adaptif.

C. Seorang self-regulated learner mampu mengevaluasi sendiri aktivitas belajarnya

D. Self-Regulated Learning prosesnya lebih lambat

 

Soal & Jawaban Cerita Reflektif :

Adakah pemahaman baru yang Anda dapat dari paparan video tadi tentang peran soft skills SElf-Regulated Learning dalam implementasi Merdeka Belajar?

Jawab : Guru menjadi seorang model yang dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa yang memiliki latar belakang berbeda. Sehingga, kreatifitas dan inovasi sangat dibutuhkan.

 

B. Materi Komponen dan Keterampilan Utama dalam Praktik Self-Regulated Learning

Soal & Jawaban Latihan Pemahaman :

1. Seorang self-regulated learner mengenali kebutuhan sendiri, dan merencanakan sendiri strategi belajar . Ciri ini mencerminkan salah satu dari 3 komponen Self-Regulated Learning, yaitu:

A. Cakap mengatur hidupnya dengan tertib

B. Mandiri pada Cara

C. Komitmen pada Tujuan

D. Belajar dari orang lain

 

Soal & Jawaban Cerita Reflektif :

Adakah pemahaman baru yang Anda dapat dari paparan video tadi tentang peran soft skills SElf-Regulated Learning dalam implementasi Merdeka Belajar?

Jawab : Proses mengenali kebutuhan sendiri serta merencanakan sendiri strategi belajar adalah salah satu metode menjadi pembelajar mandiri.

 

C. Materi Contoh Praktik Self-Regulated Learning di Kelas

Soal & Jawaban Latihan Pemahaman :

1. Mengapa Ibu Anik mengajak muridnya bersama-sama menyusun tujuan belajar? Pilih yang tidak tepat)

A. Agar murid sadar dan paham tujuan belajar.

B. Agar murid bisa menentukan strategi belajar yang tepat.

C. Agar murid bisa mengatur jadwal belajar yang tepat.

D. Agar mudah belajar berkelompok

 

Soal & Jawaban Cerita Reflektif :

Setelah menyimak video tadi, bagaimana Anda akan mencoba mempraktikkan soft skills Self-Regulated Learning selama sebulan ke depan?

Jawab : Saya akan mencoba mempraktikan untuk mendiskusikan tujuan pembelajaran bersama siswa. Sehingga siswa akan sadar dan paham tujuan suatu kegiatan belajar. Dimana selama proses semua tingkah laku siswa konsisten dengan rubrik penilaian yang mereka susun sendiri.

 

LIHAT JAWABAN POST TEST LAINNYA DI TOPIK SEMANGAT GURU 3:

👉 Jawaban Post Test  Modul 1 tentang “Pola Pikir Bertumbuh dan Ketangguhan” (DISINI)

👉 Jawaban Post Test  Modul 2 tentang “ Kepemimpinan dalam Berinovasi dan transformasi” (DISINI)

👉 Jawaban Post Test  Modul 4 tentang “Komunikasi Efektif dan Penuh Empati” (DISINI)

👉 Jawaban Post Test  Modul 5 tentang “Literasi Digital” (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai soal dan kunci jawaban latihan pemahaman, cerita reflektif dan post test Modul 3 “Self-Regulated Learning” pada topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis yang ada di PMM, semoga anda yang ingin mengikuti pelatihan mandiri di PMM dengan memilih topik ini bisa menyelesaikan pembelajaran dengan baik dan bisa melakukan aksi nyata hingga berhasil memperoleh sertifikat.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel