Jawaban Post Test Modul 3 Refleksi Pembelajaran SMP-SMA/SMK
Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Modul 3 Refleksi Dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK, Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 3 Refleksi Dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK, dan Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Refleksi Dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK Pada Topik “Perencanaan Pembelajaran SMP / Paket B” di PMM.
Halo sahabat kherysuryawan, senang rasanya di kesempatan
kali ini admin masih di beri kesempatan untuk bisa menulis dan berbagi
informasi seputar dunia pendidikan. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas
tentang salah satu topik pelatihan mandiri di PMM yakni topik “Perencanaan
Pembelajaran SMP / Paket B”.
Pada topik “Perencanaan Pembelajaran SMP / Paket B” ini
nantinya guru yang mengikuti pelatihan akan di sajikan 3 jenis modul
pembelajaran dan materi yang ada di modul terakhir ialah materi tentang Refleksi
Dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK yang terdapat pada Modul 3.
Kegiatan refleksi merupakan bagian dari proses
pembelajaran. Proses refleksi membantu murid mengenal dirinya, melihat hal yang
baik dari dirinya, dan juga melihat hal yang bisa ditingkatkan dari proses
belajarnya. Kemampuan ini menjadi modal bagi murid untuk menjadi pribadi
mandiri.
Modul terakhir ini membahas 3 hal yang perlu diperhatikan
saat memasukkan refleksi dalam kegiatan pembelajaran, yaitu:
1. Bagaimana
membuat pertanyaan refleksi yang sesuai untuk murid?
2. Kapan
refleksi dilakukan?
3. Bagaimana
guru memfasilitasi muridnya berefleksi?
Judul materi yang akan di pelajari di modul 3 ini ialah Materi
Refleksi dalam Pembelajaran.
Adapun langkah penyelesaian modul yang akan di lakukan di
Modul 3 “Refleksi Dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK” diantaranya yaitu sebagai
berikut :
1. Belajar materi
2. Refleksi pembelajaran
3. Post Test
Nah, jika anda saat ini sedang mengikut pelatihan mandiri
di PMM pada Topik Perencanaan Pembelajaran SMP / Paket B tepatnya pada Modul 3
“Refleksi Dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK” dan sedang membutuhkan jawaban pada
latihan pemahaman, cerita reflektif dan juga Post Test yang ada di setiap
materi pada Modul 3 tersebut, maka anda bisa mendapatkan kunci jawabannya pada
postingan ini sebab disini admin kherysuryawan akan mencoba membagikannya
secara mendetail.
Tujuan admin berbagi kunci jawaban latihan pemahaman,
cerita reflektif dan juga Post Test Modul 3 “Refleksi Dalam Pembelajaran
SMP-SMA/SMK” dengan harapan agar bisa menjadi bahan referensi dalam belajar sehingga
guru dapat dengan mudah menjawab soal post test dengan baik dan bisa memperoleh
nilai yang luar biasa.
Baiklah langsung saja bagi anda yang membutuhkan kunci
jawaban Post test Modul 3 “Refleksi Dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK” pada topik Perencanaan
Pembelajaran SMP / Paket B yang telah di lengkapi juga dengan kunci jawaban
latihan pemahaman dan cerita reflektif di setiap materinya maka silahkan anda
simak soal dan kunci jawabannya di bawah ini :
SOAL & JAWABAN LATIHAN PEMAHAMAN DAN CERITA REFLEKTIF MODUL 3 “REFLEKSI DALAM PEMBELAJARAN SMP–SMA/SMK
Latihan pemahaman
1. Berikut hal yang bisa dilakukan untuk memfasilitasi
murid dalam berefleksi, kecuali...
A. Memberikan pertanyaan tambahan yang memandu.
B. Meminta semua murid menunjukkan hasil refleksinya.
C. Menyesuaikan pertanyaan sesuai fase kemampuan murid.
D. Menciptakan suasana yang nyaman.
JAWABAN : B. Meminta semua murid menunjukkan
hasil refleksinya.
2. Murid di fase D diharapkan dapat melakukan refleksi
untuk hal yang berkaitan dengan karir yang akan dipilihnya nanti.
A. Benar
B. Salah
JAWABAN : B. Salah
Cerita reflektif
Setelah mempelajari materi ini, saya menyadari beberapa
tantangan yang akan dihadapi saat melakukan refleksi di SMP, SMA/K,
yaitu....... Oleh karena itu, saya akan melakukan........
Jawaban: Yaitu Memfasilitasi murid dalam berefleksi, oleh karena itu saya akan melakukan aktivitas dengan memberikan pertanyaan tambahan yang memandu.
SOAL & JAWABAN POST TEST MODUL 3 “REFLEKSI DALAM PEMBELAJARAN SMP–SMA/SMK
1. Bu Susan seorang guru SMP. Pada setiap akhir
pembelajaran, Bu Susan selalu menanyakan kepada peserta didik apakah mereka
sudah paham dengan pembelajaran yang dilakukan. Namun para peserta didik lebih
cenderung memilih diam. Bu Susan sebenarnya ingin mengajak peserta didik untuk
berefleksi. Apa yang bisa dilakukan Bu Susan agar bisa berhasil mengajak
peserta didik melakukan refleksi?
A. Menunjuk peserta didik untuk menyampaikan hasil
refleksi berdasarkan pertanyaan panduan
B. Meminta semua peserta didik untuk menyampaikan hasil
refleksi secara bergantian
C. Mengkondisikan peserta didik dalam posisi duduk yang
rileks dan nyaman
D. Meminta semua peserta didik menempelkan hasil refleksi
di kertas plano
JAWABAN : C. Mengkondisikan peserta didik
dalam posisi duduk yang rileks dan nyaman
2. Bu Indah adalah seorang guru SMA. Beliau sudah
menyusun dan menyiapkan beberapa pertanyaan untuk melakukan refleksi
pembelajaran, tetapi salah satu muridnya bernama Rendra belum dapat melakukan
refleksi dengan mendalam karena belum terbiasa melakukan refleksi. Salah satu
cara yang bisa Bu Indah lakukan untuk memfasilitasi Rendra berefleksi adalah
A. Mengulang pertanyaan agar dapat dimengerti oleh Rendra
B. Membiarkan karena hanya satu orang yang tidak
melakukan refleksi
C. Memberikan pertanyaan tambahan yang memandu
D. Memberikan kesempatan Rendra melakukan refleksi lain
waktu
E. Memanggilnya ke depan kelas untuk melakukan refleksi
sendiri
JAWABAN : C. Memberikan pertanyaan tambahan
yang memandu
3. Dalam membuat pertanyaan refleksi yang dapat dijadikan
sebagai acuan adalah …
A. Fase murid
B. Usia murid
C. Pemahaman murid
D. Pemahaman guru
JAWABAN : C. Pemahaman murid
4. Di bawah ini yang termasuk pertanyaan refleksi adalah
. . . .
A. Setelah dari sini kamu akan melanjutkan perjalanan
kemana?
B. Apa yang kamu rasakan setelah mengikuti pembelajaran
ini?
C. Siapa saja teman yang terlibat dalam proyek ini?
D. Proyek apa yang sedang kamu kerjakan saat ini?
JAWABAN : B. Apa yang kamu rasakan setelah
mengikuti pembelajaran ini?
5. Di bawah ini yang termasuk pertanyaan refleksi adalah
. . . .
A. Kapan kamu akan pulang?
B. Bagian mana yang menyenangkan dari pembelajaran ini?
C. Apa saja hasil karyamu dalam pembelajaran ini?
D. Apa yang sedang kamu kerjakan saat ini?
JAWABAN : B. Bagian mana yang menyenangkan
dari pembelajaran ini?
6. Berikut ini yang tidak dilakukan pendidik ketika
meminta peserta didik untuk melakukan refleksi adalah . . . .
A. Merancang pertanyaan refleksi sesuai dengan fase
pemahaman peserta didik
B. Menciptakan suasana yang nyaman bagi peserta didik
untuk berefleksi
C. Meminta semua peserta didik untuk
menyampaikan/menunjukkan hasil refleksinya
D. Menyiapkan beberapa pertanyaan pemandu refleksi bagi
peserta didik
JAWABAN : C. Meminta semua peserta didik
untuk menyampaikan/menunjukkan hasil refleksinya
7. Bu Maria adalah seorang guru bahasa SMP. Bu Maria
ingin mengajak peserta didiknya untuk melakukan refleksi pembelajaran. Bu Maria
telah menyiapkan beberapa pertanyaan untuk memandu proses refleksi pembelajaran
tersebut. Bagi para peserta didik, refleksi pembelajaran yang dirancang oleh Bu
Maria merupakan sebuah kegiatan baru, dan mereka tidak terbiasa untuk
mengungkapkan apa yang dirasakan sehingga dalam proses refleksi yang
berlangsung, peserta didik cenderung diam dan tidak berbagi secara lisan. Apa
yang dapat dilakukan oleh Bu Maria sehingga proses refleksi pembelajaran ini
tetap dapat berlangsung dengan baik?
A. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
menyampaikan hasil refleksi secara tertulis bagi yang bersedia
B. Menunjukan beberapa peserta didik untuk menyampaikan
secara lisan hasil refleksinya
C. Menutup sesi refleksi setelah memastikan tidak ada
peserta didik yang mau menyampaikan secara lisan
D. Meminta semua peserta didik untuk mencatat pertanyaan
panduan dan menjawabnya kemudian dikumpulkan besok paginya
JAWABAN: A. Memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi secara tertulis bagi yang
bersedia
8. Perhatikan beberapa pertanyaan berikut:
1) Saya paling puas saat berhasil melakukan ….
2) Cara yang paling membantu saya dalam memahami topik
ini adalah ….
3) Saya masih perlu belajar lagi saat melakukan ….
4) Target saya pada pembelajaran selanjutnya adalah ….
5) Saat belajar minggu ini, saya berhasil melakukan ….
Pertanyaan yang tidak tepat ditanyakan saat refleksi
bersama murid fase A adalah
A. 1 dan 2
B. 3 dan 5
C. 2 dan 4
D. 2 dan 5
JAWABAN: C. 2 dan 4
Demikianlah informasi mengenai Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Modul 3 Refleksi Dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK, Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 3 Refleksi Dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK, dan Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Refleksi Dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK Pada Topik “Perencanaan Pembelajaran SMP / Paket B” di PMM. Semoga informasi yang telah admin sampaikan disini bisa menjadi bahan pembelajaran yang bermakna bagi para guru dalam mengikuti kegiatan pelatihan mandiri di Platform Merdeka Mengajar (PMM).