Jawaban Post Test Modul 3 Refleksi Pembelajaran SMP-SMA/SMK

Kherysuryawan.idKunci Jawaban Latihan Pemahaman Modul 3 Refleksi Dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK, Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 3 Refleksi Dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK, dan Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Refleksi Dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK Pada Topik “Perencanaan Pembelajaran SMP / Paket B” di PMM.

 

Halo sahabat kherysuryawan, senang rasanya di kesempatan kali ini admin masih di beri kesempatan untuk bisa menulis dan berbagi informasi seputar dunia pendidikan. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang salah satu topik pelatihan mandiri di PMM yakni topik “Perencanaan Pembelajaran SMP / Paket B”.

 

Pada topik “Perencanaan Pembelajaran SMP / Paket B” ini nantinya guru yang mengikuti pelatihan akan di sajikan 3 jenis modul pembelajaran dan materi yang ada di modul terakhir ialah materi tentang Refleksi Dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK yang terdapat pada Modul 3.

 

Kegiatan refleksi merupakan bagian dari proses pembelajaran. Proses refleksi membantu murid mengenal dirinya, melihat hal yang baik dari dirinya, dan juga melihat hal yang bisa ditingkatkan dari proses belajarnya. Kemampuan ini menjadi modal bagi murid untuk menjadi pribadi mandiri.

 

Modul terakhir ini membahas 3 hal yang perlu diperhatikan saat memasukkan refleksi dalam kegiatan pembelajaran, yaitu:

1.    Bagaimana membuat pertanyaan refleksi yang sesuai untuk murid?

2.    Kapan refleksi dilakukan?

3.    Bagaimana guru memfasilitasi muridnya berefleksi?

Judul materi yang akan di pelajari di modul 3 ini ialah Materi Refleksi dalam Pembelajaran.

 

Adapun langkah penyelesaian modul yang akan di lakukan di Modul 3 “Refleksi Dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK” diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Belajar materi

2. Refleksi pembelajaran

3. Post Test

 

Nah, jika anda saat ini sedang mengikut pelatihan mandiri di PMM pada Topik Perencanaan Pembelajaran SMP / Paket B tepatnya pada Modul 3 “Refleksi Dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK” dan sedang membutuhkan jawaban pada latihan pemahaman, cerita reflektif dan juga Post Test yang ada di setiap materi pada Modul 3 tersebut, maka anda bisa mendapatkan kunci jawabannya pada postingan ini sebab disini admin kherysuryawan akan mencoba membagikannya secara mendetail.

 

Tujuan admin berbagi kunci jawaban latihan pemahaman, cerita reflektif dan juga Post Test Modul 3 “Refleksi Dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK” dengan harapan agar bisa menjadi bahan referensi dalam belajar sehingga guru dapat dengan mudah menjawab soal post test dengan baik dan bisa memperoleh nilai yang luar biasa.

 

Baiklah langsung saja bagi anda yang membutuhkan kunci jawaban Post test Modul 3 “Refleksi Dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK” pada topik Perencanaan Pembelajaran SMP / Paket B yang telah di lengkapi juga dengan kunci jawaban latihan pemahaman dan cerita reflektif di setiap materinya maka silahkan anda simak soal dan kunci jawabannya di bawah ini :

 

SOAL & JAWABAN LATIHAN PEMAHAMAN DAN CERITA REFLEKTIF MODUL 3 “REFLEKSI DALAM PEMBELAJARAN SMP–SMA/SMK

Latihan pemahaman

1. Berikut hal yang bisa dilakukan untuk memfasilitasi murid dalam berefleksi, kecuali...

A. Memberikan pertanyaan tambahan yang memandu.

B. Meminta semua murid menunjukkan hasil refleksinya.

C. Menyesuaikan pertanyaan sesuai fase kemampuan murid.

D. Menciptakan suasana yang nyaman.

JAWABAN : B. Meminta semua murid menunjukkan hasil refleksinya.

 

2. Murid di fase D diharapkan dapat melakukan refleksi untuk hal yang berkaitan dengan karir yang akan dipilihnya nanti.

A. Benar

B. Salah

JAWABAN : B. Salah

 

Cerita reflektif

Setelah mempelajari materi ini, saya menyadari beberapa tantangan yang akan dihadapi saat melakukan refleksi di SMP, SMA/K, yaitu....... Oleh karena itu, saya akan melakukan........

Jawaban: Yaitu Memfasilitasi murid dalam berefleksi, oleh karena itu saya akan melakukan aktivitas dengan memberikan pertanyaan tambahan yang memandu.

 

SOAL & JAWABAN POST TEST MODUL 3 “REFLEKSI DALAM PEMBELAJARAN SMP–SMA/SMK

 

1. Bu Susan seorang guru SMP. Pada setiap akhir pembelajaran, Bu Susan selalu menanyakan kepada peserta didik apakah mereka sudah paham dengan pembelajaran yang dilakukan. Namun para peserta didik lebih cenderung memilih diam. Bu Susan sebenarnya ingin mengajak peserta didik untuk berefleksi. Apa yang bisa dilakukan Bu Susan agar bisa berhasil mengajak peserta didik melakukan refleksi?

A. Menunjuk peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi berdasarkan pertanyaan panduan

B. Meminta semua peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi secara bergantian

C. Mengkondisikan peserta didik dalam posisi duduk yang rileks dan nyaman

D. Meminta semua peserta didik menempelkan hasil refleksi di kertas plano

JAWABAN : C. Mengkondisikan peserta didik dalam posisi duduk yang rileks dan nyaman

 

2. Bu Indah adalah seorang guru SMA. Beliau sudah menyusun dan menyiapkan beberapa pertanyaan untuk melakukan refleksi pembelajaran, tetapi salah satu muridnya bernama Rendra belum dapat melakukan refleksi dengan mendalam karena belum terbiasa melakukan refleksi. Salah satu cara yang bisa Bu Indah lakukan untuk memfasilitasi Rendra berefleksi adalah

A. Mengulang pertanyaan agar dapat dimengerti oleh Rendra

B. Membiarkan karena hanya satu orang yang tidak melakukan refleksi

C. Memberikan pertanyaan tambahan yang memandu

D. Memberikan kesempatan Rendra melakukan refleksi lain waktu

E. Memanggilnya ke depan kelas untuk melakukan refleksi sendiri

JAWABAN : C. Memberikan pertanyaan tambahan yang memandu

 

3. Dalam membuat pertanyaan refleksi yang dapat dijadikan sebagai acuan adalah …

A. Fase murid

B. Usia murid

C. Pemahaman murid

D. Pemahaman guru

JAWABAN : C. Pemahaman murid

 

4. Di bawah ini yang termasuk pertanyaan refleksi adalah . . . .

A. Setelah dari sini kamu akan melanjutkan perjalanan kemana?

B. Apa yang kamu rasakan setelah mengikuti pembelajaran ini?

C. Siapa saja teman yang terlibat dalam proyek ini?

D. Proyek apa yang sedang kamu kerjakan saat ini?

JAWABAN : B. Apa yang kamu rasakan setelah mengikuti pembelajaran ini?

 

5. Di bawah ini yang termasuk pertanyaan refleksi adalah . . . .

A. Kapan kamu akan pulang?

B. Bagian mana yang menyenangkan dari pembelajaran ini?

C. Apa saja hasil karyamu dalam pembelajaran ini?

D. Apa yang sedang kamu kerjakan saat ini?

JAWABAN : B. Bagian mana yang menyenangkan dari pembelajaran ini?

 

6. Berikut ini yang tidak dilakukan pendidik ketika meminta peserta didik untuk melakukan refleksi adalah . . . .

A. Merancang pertanyaan refleksi sesuai dengan fase pemahaman peserta didik

B. Menciptakan suasana yang nyaman bagi peserta didik untuk berefleksi

C. Meminta semua peserta didik untuk menyampaikan/menunjukkan hasil refleksinya

D. Menyiapkan beberapa pertanyaan pemandu refleksi bagi peserta didik

JAWABAN : C. Meminta semua peserta didik untuk menyampaikan/menunjukkan hasil refleksinya

 

7. Bu Maria adalah seorang guru bahasa SMP. Bu Maria ingin mengajak peserta didiknya untuk melakukan refleksi pembelajaran. Bu Maria telah menyiapkan beberapa pertanyaan untuk memandu proses refleksi pembelajaran tersebut. Bagi para peserta didik, refleksi pembelajaran yang dirancang oleh Bu Maria merupakan sebuah kegiatan baru, dan mereka tidak terbiasa untuk mengungkapkan apa yang dirasakan sehingga dalam proses refleksi yang berlangsung, peserta didik cenderung diam dan tidak berbagi secara lisan. Apa yang dapat dilakukan oleh Bu Maria sehingga proses refleksi pembelajaran ini tetap dapat berlangsung dengan baik?

A. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi secara tertulis bagi yang bersedia

B. Menunjukan beberapa peserta didik untuk menyampaikan secara lisan hasil refleksinya

C. Menutup sesi refleksi setelah memastikan tidak ada peserta didik yang mau menyampaikan secara lisan

D. Meminta semua peserta didik untuk mencatat pertanyaan panduan dan menjawabnya kemudian dikumpulkan besok paginya

JAWABAN: A. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi secara tertulis bagi yang bersedia

 

8. Perhatikan beberapa pertanyaan berikut:

1) Saya paling puas saat berhasil melakukan ….

2) Cara yang paling membantu saya dalam memahami topik ini adalah ….

3) Saya masih perlu belajar lagi saat melakukan ….

4) Target saya pada pembelajaran selanjutnya adalah ….

5) Saat belajar minggu ini, saya berhasil melakukan ….

Pertanyaan yang tidak tepat ditanyakan saat refleksi bersama murid fase A adalah

A. 1 dan 2

B. 3 dan 5

C. 2 dan 4

D. 2 dan 5

JAWABAN: C. 2 dan 4

 

Demikianlah informasi mengenai Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Modul 3 Refleksi Dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK, Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 3 Refleksi Dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK, dan Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Refleksi Dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK Pada Topik “Perencanaan Pembelajaran SMP / Paket B” di PMM. Semoga informasi yang telah admin sampaikan disini bisa menjadi bahan pembelajaran yang bermakna bagi para guru dalam mengikuti kegiatan pelatihan mandiri di Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel