Jawaban Post Test Modul 2 Merancang Pembelajaran SMP/Paket B
Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Modul 2 Merancang Pembelajaran SMP/Paket B, Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 Merancang Pembelajaran SMP/Paket B, dan Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Merancang Pembelajaran SMP/Paket B Pada Topik “Perencanaan Pembelajaran SMP / Paket B” di PMM.
Halo sahabat kherysuryawan, senang rasanya di kesempatan
kali ini admin masih di beri kesempatan untuk bisa menulis dan berbagi
informasi seputar dunia pendidikan. Pada kesempatan kali ini admin akan
membahas tentang salah satu topik pelatihan mandiri di PMM yakni topik “Perencanaan
Pembelajaran SMP / Paket B”.
Pada topik “Perencanaan Pembelajaran SMP / Paket B” ini
nantinya guru yang mengikuti pelatihan akan di sajikan 3 jenis modul
pembelajaran dan salah satunya ialah materi tentang Merancang Pembelajaran
SMP/Paket B yang terdapat pada modul 2.
Pada Modul 2 “Merancang Pembelajaran SMP/Paket B” ini
menjadi pelengkap dan menambah variasi contoh dalam Panduan Pembelajaran dan
Asesmen. Anda tetap dianjurkan untuk membaca panduan tersebut agar memahami
modul lebih menyeluruh.
Adapun Daftar Materi yang akan di pelajari oleh para guru
yang akan mengikuti pelatihan ini diantaranya yaitu sebagai berikut:
- Pemahaman Bermakna dan Pertanyaan Pemantik
- Merancang Asesmen Pembelajaran
- Merumuskan Modul Ajar
Di setiap materi yang telah di sebutkan diatas, nantinya
para guru akan disuguhkan pertanyaan-pertanyaan berupa latihan pemahaman,
cerita reflektif dan juga post test.
Berikut ini tahapan pembelajaran yang akan di lakukan di
modul 2 “Merancang Pembelajaran SMP/Paket B”.
1. Belajar materi
2. Refleksi pembelajaran
3. Post Test
Nah, jika anda saat ini sedang mengikut pelatihan mandiri
di PMM pada Topik Perencanaan Pembelajaran SMP / Paket B tepatnya pada Modul 2
“Merancang Pembelajaran SMP/Paket B” dan sedang membutuhkan jawaban pada
latihan pemahaman, cerita reflektif dan juga Post Test yang ada di setiap
materi pada modul 2 tersebut, maka anda bisa mendapatkan kunci jawabannya pada
postingan ini sebab disini admin kherysuryawan akan mencoba membagikannya
secara mendetail.
Tujuan admin berbagi kunci jawaban latihan pemahaman,
cerita reflektif dan juga Post Test Modul 2 “Merancang Pembelajaran SMP/Paket B”
dengan harapan agar bisa menjadi bahan referensi dalam belajar sehingga guru
dapat dengan mudah menjawab soal post test dengan baik dan bisa memperoleh
nilai yang luar biasa.
Baiklah langsung saja bagi anda yang membutuhkan kunci
jawaban Post test Modul 2 “Merancang Pembelajaran SMP/Paket B” pada topik Perencanaan
Pembelajaran SMP / Paket B yang telah di lengkapi juga dengan kunci jawaban
latihan pemahaman dan cerita reflektif di setiap materinya maka silahkan anda
simak soal dan kunci jawabannya di bawah ini :
Soal & Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Modul 2 Merancang Pembelajaran SMP / Paket B
Materi Pemahaman
Bermakna dan Pertanyaan Pemantik
Soal & Jawaban Latihan Pemahaman
Berikut yang bukan kriteria pertanyaan pemantik adalah
A. Inti dari topik pembelajaran
B. Berupa pertanyaan terbuka
C. Memikat ketertarikan murid pada topik yang akan
dipelajari
D. Dapat dijawab tanpa perlu penyelidikan oleh murid
Jawaban: D. Dapat dijawab tanpa perlu penyelidikan oleh
murid
Soal & Jawaban Cerita Reflektif
Ketika sekolah dahulu, adakah pelajaran yang mau tidak
mau diikuti, padahal tidak paham hingga saat ini, mengapa kita belajar hal
tersebut? Ceritakan yuk!
Jawaban: Mata pelajaran Matematika, meskipun sulit dan malas
diikuti, namun mata pelajaran ini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan
sehari-hari
Materi Merancang
Asesmen Pembelajaran
Soal & Jawaban Latihan Pemahaman
1. Saat merancang asesmen kita menentukan hal-hal
berikut, kecuali
A. Indikator pencapaian kompetensi
B. Pertanyaan pemantik
C. Alat ukur yang akan dipakai
D. Panduan asesmen untuk murid
Jawaban: B. Pertanyaan pemantik
2. Indikator pencapaian kompetensi dibuat untuk
A. Memastikan tujuan pembelajaran sudah tercapai
B. Membuat pengukuran yang terarah
C. Memudahkan dalam merancang asesmen
D. Semua benar
Jawaban: D. Semua benar
Soal & Jawaban Cerita Reflektif
Saat menjadi murid dahulu, bagaimana perasaan Ibu dan
Bapak Guru saat mengerjakan ujian/ulangan?
Jawaban: Deg degan dan tegang
Materi Merumuskan
Modul Ajar
Soal & Jawaban Latihan Pemahaman
1. Apakah manfaat utama modul ajar bagi pendidik?
A. Memberikan variasi materi, media dan metode
pembelajaran
B. Menambah jam mengajar agar capaian pembelajaran
maksimal
C. Menjadi dokumen pelengkap pada proses akreditasi
sekolah
D. Mengoreksi kekurangan pada kurikulum sebelumnya
Jawaban: A. Memberikan variasi materi, media dan metode
pembelajaran
2. Berikut kondisi-kondisi yang membuat kita perlu
memodifikasi modul ajar, kecuali
A. Sarana dan prasarana yang disarankan tidak tersedia
B. Kemampuan dan karakteristik murid yang berbeda
C. Capaian pembelajaran yang berbeda
D. Kondisi lingkungan sekolah yang berbeda
Jawaban: C. Capaian pembelajaran yang berbeda
Soal & Jawaban Cerita Reflektif
Menurut Ibu dan Bapak guru, pembelajaran yang membosankan
itu yang seperti apa?
Jawaban: Pembelajaran yang hanya menyuruh siswanya
membaca dan mendengar.
Soal & Jawaban Post Test Modul 2 Merancang Pembelajaran SMP / Paket B
1. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
1. Membuktikan pemahaman yang
dicapai setelah mempelajari topik tertentu
2. Meningkatkan motivasi
intrinsik peserta didik
3. Menjadi umpan balik proses
pembelajaran
4. Membantu dalam menjelaskan
manfaat pembelajaran dan tujuan pembelajaran
Pernyataan di atas yang terkait manfaat dari pertanyaan
pemantik ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 1 dan 2
D. 3 dan 4
JAWABAN : A. 1 dan 3
2. Tidak semua pertanyaan yang diajukan Guru kepada siswa
adalah pertanyaan pemantik.
Wiggins dan McTighe dalam bukunya The Understanding by
Design menyatakan bahwa ada beberapa pertanyaan yang hanya mencari jawaban
"resmi" dan benar (sesuai dengan buku teks) alih-alih membutuhkan
jawaban dan penyelidikan yang mendalam. Jenis pertanyaan seperti ini akan mempersingkat
proses penyelidikan yang sebetulnya diperlukan sebagai jantung pemahaman
mendalam.
Berdasarkan hal tersebut, manakah yang merupakan
pertanyaan pemantik dibawah ini?
A. Seorang Guru PAUD membawa sebuah buku kemudian
bertanya “Kira-kira siapa yang ada pada gambar ini?”
B. Seorang Guru Ekonomi bertanya “Apa pentingnya bagi
kita mengetahui fakta angka inflasi naik setiap tahun?”
C. Seorang Guru Bahasa Indonesia bertanya “Apa saja
cerita fiksi yang pernah kalian baca?”
D. Seorang Guru Geografi bertanya “Apakah bumi memiliki
banyak lapisan tanah?”
JAWABAN : C. Seorang Guru Bahasa Indonesia
bertanya “Apa saja cerita fiksi yang pernah kalian baca?”
3. Produk akhir merupakan salah satu asesmen sumatif,
yaitu asesmen untuk evaluasi pada akhir proses pembelajaran. Salah satu tujuan
dari adanya asesmen ini adalah ...
A. Agar murid mendapatkan nilai
B. Untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
C. Agar guru bisa memberikan umpan balik seperti bagus,
keren, pintar, pandai, cerdas, dan sebagainya
D. Untuk menjadi data tambahan
JAWABAN : B. Untuk mengukur ketercapaian
tujuan pembelajaran
4. Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam menyusun
asesmen adalah . . . .
A. Menentukan apa bukti-bukti yang dapat menunjukkan
pemahaman peserta didik
B. Menentukan indikator pencapaian kompetensi
C. Menentukan alat ukur yang tepat
D. Menentukan lembar asesmen yang akan digunakan
JAWABAN : B. Menentukan indikator pencapaian
kompetensi
5. Apa komponen minimal modul ajar?
A. Tujuan pembelajaran, profil peserta didik, dan
asesmen.
B. Tujuan pembelajaran, asesmen. langkah pembelajaran,
dan media pembelajaran.
C. Dimensi profil pelajar Pancasila, profil peserta
pidik, dan asesmen.
D. Tujuan pembelajaran, profil peserta didik, dan langkah
pembelajaran.
JAWABAN : B. Tujuan pembelajaran, asesmen.
langkah pembelajaran, dan media pembelajaran.
6. Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran
Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah
pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para
peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan.
Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan
menggunakan rubrik. Pak Markus akan menggunakan rubrik yang menilai 3 aspek
yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. Untuk
menilai ketercapaian tujuan pembelajaran, maka yang perlu dilakukan Pak Markus
adalah . . . .
A. Menentukan tujuan pembelajaran
B. Menentukan jenis asesmen
C. Menentukan capaian pembelajaran
D. Menentukan kriteria ketercapaian
JAWABAN : D. Menentukan kriteria
ketercapaian
7. Pak Rudy adalah seorang guru Fisika. Pada modul ajar
yang didapatkannya dari Platform Merdeka Mengajar, Pak Rudy tertarik dengan
aktivitas peserta didik dalam mempraktikkan pembuktian nilai gaya gravitasi. Di
sekolah, alat dan bahan yang dibutuhkan sebagian sudah tersedia, namun
jumlahnya belum memadai dan belum lengkap. Upaya modifikasi yang dapat
dilakukan oleh Pak Rudy agar peserta didik tetap dapat mempraktikkan pembuktian
tersebut adalah . . . .
A. Mengajak peserta didik untuk praktik dengan
memanfaatkan benda di sekitar mereka.
B. Melakukan praktik dengan menggunakan alat dan bahan
yang tersedia.
C. Mengajukan pengadaan alat dan bahan praktik ke pihak
sekolah.
D. Meminta peserta didik untuk menonton video terkait
praktik tersebut.
JAWABAN : A. Mengajak peserta didik untuk
praktik dengan memanfaatkan benda di sekitar mereka
8. Berikut merupakan peran media ajar dalam proses
pembelajaran yang berpusat pada murid, kecuali…
A. Meningkatkan pemahaman murid.
B. Membuat pelajaran menjadi lebih menarik dan efektif.
C. Jika sesuai minat murid, akan meningkatkan motivasi
murid dalam belajar
D. Untuk menggantikan guru mengajar siswa tanpa perlu
berinteraksi lagi
JAWABAN : D. Untuk menggantikan guru
mengajar siswa tanpa perlu berinteraksi lagi
Demikianlah informasi mengenai Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Modul 2 Merancang Pembelajaran SMP/Paket B, Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 Merancang Pembelajaran SMP/Paket B, dan Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Merancang Pembelajaran SMP/Paket B Pada Topik “Perencanaan Pembelajaran SMP / Paket B” di PMM. Semoga informasi yang telah admin sampaikan disini bisa menjadi bahan pembelajaran yang bermakna bagi para guru dalam mengikuti kegiatan pelatihan mandiri di Platform Merdeka Mengajar (PMM).