Soal Sumatif Tengah Semester B. Indonesia Kelas 4 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Kumpulan Soal Sumatif Tengah Semester (STS) Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka lengkap dengan kunci jawaban, Soal Ulangan Tengah Semester (UTS) Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka lengkap dengan jawaban.
Halo sahabat kherysuryawan, bagaimana
kabar anda hari ini, semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat.
Oh ya, pada kesempatan kali ini admin
kherysuryawan ingin berbagi info pendidikan khususnya mengenai soal-soal yang akan
di gunakan sebagai bahan belajar dan latihan dalam menghadapi ulangan tengah
semester atau sumatif tengah semester pada pembelajaran di kurikulum merdeka
khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 4 SD kurikulum merdeka.
Apabila disekolah anda sudah menerapkan
pembelajaran kurikulum merdeka maka di pertengahan semester tentunya akan
dilakukan ulangan tengah semester atau dalam Bahasa lainnya di kurikulum
merdeka yakni sumatif tengah semester. Pelaksanaan sumatif tengah semester akan
menjadi penilaian yang sangat penting bagi siswa dengan tujuan untuk mengetahui
tingkat pemahaman siswa dalam mempelajari materi selama setengah semester.
Melalui postingan ini admin
kherysuryawan akan membantu para guru dan siswa yang ingin mendapatkan contoh
soal-soal yang bisa digunakan sebagai referensi dalam melakukan penilaian
tengah semester. Disini admin kherysuryawan telah menyiapkan beberapa soal yang
juga telah dilengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya.
Soal sumatif tengah semester atau soal
ulangan telah semester untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD
kurikulum merdeka ini sengaja admin bagikan dengan tujuan dapat menjadi bahan
belajar bagi siswa dalam menghadapi pelaksanaan sumatif tengah semester. Agar
siswa dapat menjawab pertanyaan dengan baik maka disetiap soal telah di
lengkapi dengan kunci jawabannya.
Sebagai informasi bahwa jenis soal yang
disajikan disini yaitu soal dalam 2 bentuk yaitu soal pilihan ganda dan soal
essay atau uraian. Semua soal sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya sehingga
dapat memudahkan bagi siapapun yang akan menggunakannya sebagai bahan latihan
dan belajar. Namun demikian sebagai manusia tentunya tidaklah luput dari
kesalahan sehingga apabil ada kunci jawaban yang dianggap tidak sesuai maka
hendaknya bisa dilakukan perbaikan sesuai kebutuhan masing-masing. Khusus untuk
soal pilihan ganda maka kunci jawabannya telah di beri tanda dengan option
jawaban yang di garis bawahi.
Perlu diketahui juga bahwa selain admin
akan memberikan uraian soal dan jawaban ulangan tengah semester untuk mata
pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Semester 1 kurikulum merdeka maka disini
admin juga telah menyiapkan filenya secara gratis dan file soal tersebut
disimpan dalam format word sehingga akan sangat mudah untuk di gunakan oleh
siapapun yang membutuhkannya.
Baiklah untuk lebih jelasnya maka
berikut ini kumpulan soal sumatif tengah semester yang telah dilengkapi dengan
kunci jawaban untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Semester 1 Kurikulum
Merdeka :
Soal & Jawaban STS/PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Semester Ganjil Kurikulum Merdeka
Bacalah teks
berikut dengan cermat untuk menjawab soal no. 1 — 5!
Pentingnya Menjaga Imun Saat Pandemi
Dalam situasi pandemi
Covid-19, menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kekebalan tubuh atau
imunitas menjadi hal wajib untuk dilakukan. Selama pandemi Covid-19 banyak orang
yang mengalami stres, panik, dan cemas berlebihan akan tertular virus Corona.
Hal tersebut sebenarnya justru bisa menurunkan kekebalan tubuh. Padahal, untuk
mencegah infeksi virus Corona dibutuhkan daya tahan tubuh yang baik.
Banyak cara yang dapat
dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Mengonsumsi makanan yang bergizi,
berjemur di pagi hari, rutin berolahraga dan beristirahat dengan cukup harus
dilakukan. Menerapkan pola hidup sehat tersebut merupakan langkah terbaik dalam
menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.
Sistem imun yang baik
dapat melindungi kita sejak pertama kali kuman penyebab penyakit masuk ke dalam
tubuh. Sistem imun bekerja mengenali berbagai faktor pemicu seperti bakteri,
virus, hingga jamur yang bisa menyebabkan penyakit. Oleh karena itu, memiliki
daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk mencegah kita jatuh sakit,
terutama di masa mewabahnya virus Corona seperti sekarang.
1. Gagasan pokok
paragraf 1 pada bacaan di atas terletak di ... paragraf.
a. awal
b. tengah
c. akhir
d. awal dan akhir
2. Berdasarkan ide
pokok paragraf 1, bahwa hal yang wajib dilakukan selama masa pandemi adalah
....
a. Memakai masker,
mencuci tangan, dan menjaga jarak.
b. Menerapkan
protokol kesehatan dan menjaga kekebalan tubuh.
c. Mengalami stres,
panik, dan cemas yang berlebihan.
d. Menurunkan imunitas
agar tidak tertular virus Corona.
3. Gagasan pokok pada
paragraf 2 bacaan di atas yaitu ....
a. Mengonsumsi
makanan bergizi, berjemur, berolahraga, dan beristirahat dengan cukup.
b. Asupan gizi yang
cukup diperlukan untuk mendukung kerja sistem kekebalan tubuh.
c. Sistem kekebalan
tubuh yang baik mampu melawan kuman penyakit.
d. Banyak cara yang dapat
dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh.
4. Berdasarkan letak
kalimat utamanya, paragraf 3 bacaan di atas termasuk jenis paragraf ....
a. deduktif
b. ineratif
c. induktif
d. campuran
5. Yang termasuk
gagasan pendukung pada paragraf 1 bacaan di atas adalah ....
a. Kekebalan tubuh
seseorang akan meningkat bila terinfeksi virus Corona.
b. Banyak orang
mengalami stres, panik, dan cemas berlebihan akan tertular virus Corona.
c. Orang yang
terinfeksi virus Corona menjadi stres, panik, dan cemas berlebihan.
d. Banyak cara yang
dapat dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh.
6. Cermatilah paragraf
berikut!
Indonesia merupakan
negara yang kaya akan budaya. Dengan jumlah pulau yang begitu banyak
memunculkan sebuah keberagaman dalam beberapa aspek misalnya, keagamaan,
budaya, suku, dan ras. Meskipun demikian, bangsa Indonesia tetap bersatu sesuai
dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
Gagasan pokok paragraf
tersebut adalah ....
a. Bangsa Indonesia
tetap bersatu
b. Indonesia memiliki
banyak pulau
c. Indonesia kaya akan
budaya
d. Bhinneka
Tunggal Ika semboyan kita
7. Ide utama yang
dibahas dalam sebuah bacaan dinamakan ....
a. gagasan pokok
b. gagasan pendukung
c. judul
d. tema
8. Ayah Intan
mengajarkan tentang gotong royong sejak Intan masih kecil. Beliau mengajarkan
sikap tolong menolong pada sesama. Pelajaran tersebut diterapkan Intan di
rumah, di sekolah, dan di lingkungan sekitarnya.
Paragraf tersebut
bercerita tentang ....
a. Ayah Intan seorang
guru
b. Intan menjadi murid
ayahnya
c. Intan sudah
bersekolah sejak kecil
d. Intan
mengamalkan ajaran ayahnya
9. Cermatilah paragraf
berikut!
Selain pakaian adat,
setiap daerah di Indonesia juga memiliki tarian khas. Tarian Saman dari Aceh,
Tari Gambyong dari Jawa Tengah, Tari Kecak dari Bali, dan masih banyak yang
lainnya. Masing-masing daerah memiliki ciri khas tariannya. Tarian daerah
adalah warisan berharga yang dimiliki bangsa Indonesia yang harus kita
lestarikan.
Gagasan pokok pada
paragraf di atas adalah ....
a. Tarian daerah di
Indonesia memiliki ciri khas yang sama.
b. Tarian daerah
satu-satunya warisan yang dimiliki bangsa Indonesia.
c. Melestarikan
tarian daerah sebagai warisan berharga bangsa Indonesia.
d. Masih banyak tarian
daerah di Indonesia yang belum dilestarikan.
10. Untuk soal nomor
10 dan 11, perhatikan teks berikut ini!
(1) Rumah Ahmad berada
di depan rumahku. (2) Halaman rumahnya dipenuhi beraneka macam bunga yang
indah. (3) Di sudut halaman tumbuh pohon rambutan yang sangat rindang. (4)
Suasana terasa sejuk dan asri.
Gagasan pokok pada
teks paragraf di atas adalah ....
a. Keadaan
halaman rumah Ahmad
b. Keadaan rumah Ahmad
dan rumahku
c. Ahmad gemar menanam
bunga
d. Pohon rambutan
Ahmad sedang berbuah
11. Gagasan pendukung
paragraf pada bacaan di atas yang menjadikan suasana halaman terasa sejuk dan
asri ditunjukkan nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4)
12. Bahasa yang
digunakan dalam teks petunjuk adalah ....
a. singkat dan
terpercaya
b. singkat,
jelas, dan rinci
c. jelas, rinci, dan
padat
d. rumpang dan efektif
13. Perhatikan gambar!
Pemajangan poster
seperti pada gambar di atas bertujuan memberikan petunjuk tentang ....
a. cara cuci tangan
khusus bagi anak laki-laki
b. cara cuci
tangan pakai sabun dengan air mengalir
c. cara cuci tangan
sambil menggunakan masker
d. cara cuci tangan
setelah menggunakan masker
14. Perhatikan tabel!
(1) Buat garis
diagonal dari setiap sudut kertas menuju bagian tengah kincir angin.
(2) Lipat kertas pada
sisi yang telah ditandai ke tengah.
(3) Buatlah pola
persegi dan gunting kertas sesuai ukuran.
(4) Basahi tiang kayu
yang telah disiapkan dengan air. Lalu, tekan jarum pada kayu sampai menancap.
Urutan petunjuk
pembuatan kincir angin yang tepat adalah ....
a. (1)-(2)-(3)-(4)
b. (1)-(3)-(2)-(4)
c. (3)-(2)-(1)-(4)
d.
(3)-(1)-(2)-(4)
15. Alenia atau
paragraf terdiri dari dua unsur, yaitu ....
a. gagasan pokok dan
gagasan inti
b. gagasan pokok
dan gagasan pendukung
c. gagasan pendukung
dan penjelasan
d. gagasan pendukung
dan ide tambahan
16. Setiap paragraf
pada bacaan terdapat ... gagasan utama.
Jawab : Satu
17. Gagasan pokok
suatu paragraf dapat ditemukan di bagian ... atau ... paragraf.
Jawab : Awal
atau akhir
18. Kalimat yang
berfungsi sebagai pendukung atau penguat gagasan pokok yang ada pada kalimat
utama adalah ....
Jawab : Gagasan
pendukung
19. Untuk menemukan
pokok pikiran suatu paragraf perlu dilakukan dengan membaca secara …
Jawab : Teliti
20. Teks yang di
dalamnya terdapat arahan, bimbingan, pedoman, atau panduan untuk melakukan,
menggunakan, atau membuat sesuatu disebut ....
Jawab : Teks
prosedur
21. Perhatikan gambar!
Poster pada gambar di
atas bertujuan mengajak kita untuk ....
Jawab : Hemat
listrik
22. Bagian paling atas
dari laporan pengamatan adalah ....
Jawab : Judul
laporan
23. Pemasangan poster
bertujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai. Biasanya dipasang
di tempat umum yang strategis, seperti ....
Jawab : Sekolah,
kantor, pasar dan lain sebagainya
24. Sebelum membuat
ringkasan teks bacaan, langkah pertama yang dilakukan adalah ....
Jawab : Membaca
teks tersebut
25. Cermatilah
paragraf berikut!
Permainan kasti
merupakan salah satu permainan bola kecil. Permainan ini dimainkan oleh dua
regu, yakni regu pemukul dan regu penjaga. Regu pemukul berusaha mendapat nilai
dengan memukul bola, kemudian berlari mengelilingi lapangan. Sebaliknya regu
penjaga berusaha menangkap bola serta mengalahkan regu pemukul. Regu yang
terbanyak mengumpulkan nilai menjadi pemenang.
Berdasarkan gagasan
pendukung paragraf di atas, bahwa regu yang berhasil menjadi pemenang dalam
permainan bola kasti adalah ....
Jawab : Regu yang
memiliki nilai terbanyak
26. Bagaimana cara
agar mudah menemukan gagasan pokok dalam suatu paragraf?
Jawab : Membaca
dan mencermati seluruh kalimat.
27. Buatlah sebuah
kalimat ajakan untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19!
Jawab : Ayo kita
patuhi protokol kesehatan dan jangan lupa pakai maskernya.
28. Sebutkan 3 (tiga)
contoh jenis teks petunjuk!
Jawab : Petunjuk
arah, petunjuk obat, petunjuk melakukan sesuatu.
29. Jelaskan apa
tujuan meringkas sebuah buku atau karangan!
Jawab :
Untuk membantu seseorang memahami dan menguasai isi sebuah buku atau
karangan.
30. Perhatikan kalimat
berikut!
(1) Cuci tangan
setelah membuang masker yang telah digunakan ke dalam tempat sampah.
(2) Tutup mulut,
hidung, dan dagu. Pastikan bagian masker yang berwarna berada di bagian depan.
(3) Lepas masker yang
telah digunakan dengan hanya memegang tali dan langsung buang ke tempat sampah.
(4) Tekan bagian atas
masker agar mengikuti bentuk hidung, dan tarik ke belakang di bagian bawah
dagu.
a. Susunlah kalimat
pada di atas agar menjadi sebuah paragraf yang padu dengan cara menuliskan
nomor urut yang ada di depan teks kalimat!
b. Jelaskan tujuan
teks petunjuk pada kalimat tersebut!
Jawab :
a. (3), (1), (2), (4)
b. Untuk memberi informasi cara melepas dan menggunakan masker yang benar.
Bagi anda yang ingin mendapatkan file soal dan jawaban seperti yang telah di tampilkan diatas maka silahkan dapatkan filenya dalam format word di bawah ini :
- Soal & Jawaban UTS/STS Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Semester 1 (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai soal dan
kunci jawaban sumatif tengah semester atau ulangan tengah semester untuk mata
pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Semester 1 kurikulum merdeka yang bisa
admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan ini, semoga bisa menjadi bahan
referensi dalam belajar untuk menghadapi pelaksanaan ulangan tengah semester di
kurikulum merdeka.