Soal & Jawaban Uji Kompetensi Pengawas Sekolah
Kherysuryawan.id – Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban Uji Kompetensi (UKOM) Pengawas Sekolah untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK.
Halo sahabat pendidikan, senang rasanya pada kesempatan
kali ini admin bisa kembali menulis di website pendidikan ini. Adapun pembahasan
yang akan admin sajikan pada postingan ini yaitu mengenai soal uji kompetensi
untuk pengawas sekolah. Seperti kita ketahui saat ini bahwa seorang guru yang
ingin menjadi pengawas sekolah maka salah satu syaratnya yaitu mengikuti uji
kompetensi atau yang biasa di singkat dengan UKOM.
Perlu untuk di ketahui bahwa tidak semua guru dapat
menjadi pengawas sekolah, melainkan hanya guru yang memiliki kriteria atau
persyaratan yang telah di tetapkan untuk menjadi pengawas sekolah. Salah satu
tahapan seorang guru dapat diangkat menjadi pengawas sekolah yaitu harus
melalui uji kompetensi dan bisa lulus dalam uji kompetensi tersebut sehingga
bisa memperoleh sertifikat sebagai pengawas sekolah.
Bagi anda yang saat ini terpanggil untuk mengikuti uji
kompetensi pengawas sekolah maka anda harus dapat mempersiapkan diri dengan
baik khususnya dengan banyak belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal yang
berkaitan dengan tugas, peran, fungsi dan tanggung jawab sebagai seorang kepala
sekolah.
Dengan banyak membaca dan berliterasi maka akan dapat
meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang materi yang berhubungan dengan
tugas dan peran sebagai pengawas sekolah.
Melalui postingan ini admin kherysuryawan akan memberikan
kumpulan Soal Uji Kompetensi (UKOM) untuk guru yang akan menjadi pengawas
sekolah. Kumpulan soal UKOM pengawas sekolah ini bisa menjadi referensi bagi
anda untuk meningkatkan pengetahuan anda saat akan mengikuti ujian Uji Kompetensi
(UKOM) sebagai pengawas sekolah.
Selain Soal Uji Kompetensi (UKOM) pengawas sekolah, disini
admin kherysuryawan juga akan memberikan kunci jawaban dari masing-masing soal
dengan harapan bisa menjadi bahan pembelajaran yang bermanfaat serta dapat
membantu para guru yang kesulitan dalam memahami dan mencari jawaban yang tepat
dari setiap soal yang disajikan.
Sebagai infromasi juga bahwa jumlah Soal Uji Kompetensi
(UKOM) pengawas sekolah yang akan admin kherysuryawan sajikan pada postingan
ini yaitu berjumlah 36 soal. Seluruh soal disajikan dalam bentuk soal pilihan
ganda sehingga untuk menjawabnya maka anda bisa memilih salah satu jawaban yang
paling dianggap benar.
Setiap pilihan jawaban memiliki point atau nilai namun
jawaban yang paling benar maka akan memiliki point nilai yang paling tinggi. Jadi
untuk anda yang ingin mendapatkan nilai maksimal maka anda harus bisa memilih
salah satu jawaban yang paling dianggap benar.
Baiklah berikut ini admin kherysuryawan sajikan kumpulan Soal Uji Kompetensi (UKOM) pengawas sekolah, bagi anda yang ingin melihatnya maka silahkan lihat sajian kumpulan soal UKOM untuk pengawas sekolah di bawah ini :
1. Sebagai pengawas sekolah, Anda mengetahui bahwa salah
satu guru di sekolah binaan Anda telah memalsukan laporan penilaian peserta
didik agar lebih tinggi. Dalam situasi ini tindakan yang seharusnya Anda
lakukan sebagai pengawas sekolah ialah ....
A.
menegur kepala sekolah, karena membiarkan
praktik tersebut terjadi serta memberikan sesi mentoring agar kepala sekolah
bisa lebih baik lagi pada masa yang akan datang.
B.
menegur guru tersebut secara pribadi, memberikan
coaching dan mentoring mengenai pentingnya integritas dalam pekerjaan dan
meminta guru tersebut untuk memperbaiki laporan penilaian peserta didik yang
telah dipalsukan.
C.
memberitahu kepala sekolah mengenai hal tersebut
dan melakukan refleksi bersama agar tidak terjadi lagi pemalsuan laporan penilaian
peserta didik pada masa yang akan datang.
D.
memberitahu kepala sekolah, agar kepala sekolah
bertindak sesuai integritas dan kejadian tersebut tidak terulang di sekolah
binaannya.
2. Anda sebagai pengawas sekolah mengetahui bahwa salah satu
guru di sekolah binaan Anda melakukan pelanggaran etika dengan meminta uang
kepada orang tua peserta didik untuk memperbaiki nilai anak mereka. Dalam
situasi ini tindakan yang seharusnya Anda lakukan sebagai pengawas sekolah
ialah ....
A.
berbicara dengan kepala sekolah untuk
memberitahukan pelanggaran yang dilakukan oleh guru tersebut dan bersama-sama
merumuskan tindakan yang akan diambil oleh kepala sekolah.
B.
melakukan investigasi terlebih dahulu untuk
memastikan kebenaran informasi sebelum melaporkan kepada kepala sekolah dan
mengambil tindakan yang tepat.
C.
mengajak kepala sekolah untuk mengadakan rapat
dengan guru bersangkutan untuk memberikan teguran secara tegas dan memberikan
peringatan agar tidak mengulangi lagi tindakan yang tidak etis tersebut.
D.
mendiskusikan masalah tersebut dengan kepala
sekolah dan guru yang bersangkutan secara terpisah, mencari pemahaman yang
lebih mendalam mengenai situasi tersebut, dan mencari solusi bersama untuk
menghindari terulangnya pelanggaran etika di masa depan.
3. Anda merupakan seorang pengawas sekolah yang memiliki
beberapa sekolah binaan. Salah satu sekolah binaan Anda berhasil memperoleh
penghargaan dari pemerintah daerah karena berhasil mengembangkan suatu program
pembelajaran baru yang inovatif dan efektif. Namun, beberapa waktu kemudian,
Anda mengetahui bahwa sekolah binaan Anda menggunakan cara yang kurang etis dan
melanggar nilai, norma, dan etika organisasi dalam program tersebut. Dalam
situasi ini tindakan yang seharusnya Anda lakukan sebagai pengawas sekolah
ialah ....
A.
menyampaikan apa yang ditemui kepada pemberi
apresiasi, agar menarik apresiasi yang diberikan karena tidak sesuai dengan
norma-norma yang berlaku.
B.
memberikan teguran secara langsung kepada kepala
sekolah dan anggota sekolah binaan untuk segera memperbaiki dan menghentikan
cara yang melanggar etika organisasi dalam program pembelajaran tersebut, serta
melakukan investigasi dan pengawasan secara ketat agar tidak terjadi lagi di
masa mendatang.
C.
mengajak sekolah melakukan refleksi dari program
pembelajaran yang dilakukan, dan mendiskusikan hal yang etis dan tidak etis
dalam menjalankan program tersebut, agar pada masa yang akan datang bisa
direfleksikan dan diperbaiki.
D.
memberikan teguran secara tidak langsung kepada
kepala sekolah dan anggota sekolah binaan melalui pernyataan umum dalam rapat
koordinasi atau pertemuan lainnya, serta menginstruksikan untuk segera
memperbaiki dan menghentikan cara yang melanggar etika organisasi dalam program
pembelajaran tersebut.
4. Saat menganalisis rapor pendidikan bersama kepala sekolah
dan guru di sekolah binaan Anda, terdapat beberapa usulan program dari peserta
diskusi. Beberapa usulan cukup baik untuk mengatasi masalah yang dipotret dalam
rapor pendidikan. Beberapa usulan lain perlu dipertimbangkan kembali. Melihat
hal tersebut, sebagai pengawas sekolah, tindakan yang akan dilakukan ialah....
A.
mempertimbangkan usulan yang baik dan
mengevaluasi kembali usulan yang memerlukan penyesuaian, kemudian mengambil
keputusan yang tepat berdasarkan hasil evaluasi tersebut.
B.
memberikan arahan bahwa tidak semua usulan dapat
diterima karena faktor-faktor seperti biaya dan dampak program pada masa yang
akan datang. Sehingga peserta bisa lebih menerimanya.
C.
membuat tabel pro dan kontra terhadap usulan
yang disampaikan peserta diskusi sehingga pendapat yang ada bisa didiskusikan
dan terkait dampaknya terhadap peserta didik.
D.
mempertimbangkan usulan yang kurang sesuai untuk
didiskusikan kembali sehingga menjadi usulan yang bisa diterima oleh semua.
5. Sekolah binaan Anda sedang menyusun rencana program
sekolah. Kepala sekolah menyampaikan bahwa program sekolah yang sedang disusun,
tidak mendapat dukungan dari guru-guru. Melihat hal tersebut, sebagai pengawas
sekolah, tindakan yang akan dilakukan ialah....
A.
memfasilitasi ruang bagi guru untuk menyampaikan
pendapatnya sehingga program sekolah yang sudah dirancang bisa disetujui.
B.
mengajak para guru untuk memberikan masukan dan
ide-ide konstruktif dalam perumusan program sekolah sehingga tercipta rasa memiliki
terhadap program yang disusun.
C.
meyakinkan guru bahwa usulan dari kepala sekolah
akan berdampak baik untuk sekolah pada masa yang akan datang.
D.
mengadakan pertemuan kepala sekolah dengan para
guru dan membuka ruang dialog untuk memahami perbedaan pandangan dan mencari
solusi bersama guna mendukung program sekolah yang lebih baik.
6. Saat menjalankan program "Implementasi Kurikulum
Merdeka" di sekolah binaan Anda, ada sebagian guru yang tidak melakukan
perannya sesuai yang telah disepakati sehingga membuat implementasi kurikulum
merdeka menjadi terhambat. Melihat hal tersebut, sebagai pengawas sekolah,
upaya apa yang Anda akan lakukan....
A.
melakukan observasi terhadap kinerja guru-guru
dan memberikan umpan balik yang konstruktif kepada mereka.
B.
mengajak kepala sekolah melakukan rapat khusus
dengan para guru yang belum melakukan peran mereka, membuka ruang dialog untuk
memahami alasan di balik perilaku mereka, dan mencari solusi bersama untuk
memperbaiki implementasi kurikulum merdeka di sekolah.
C.
meminta kepala sekolah memberi teguran kepada
guru-guru yang tidak bisa mengikuti kesepakatan dalam melakukan implementasi
Kurikulum Merdeka.
D.
membentuk kelompok kerja khusus untuk membahas
masalah yang muncul dalam implementasi kurikulum merdeka, memperkuat komunikasi
antara guru-guru, dan memberikan dukungan untuk mengatasi hambatan yang muncul
selama proses implementasi.
7. Anda sebagai seorang pengawas sekolah menerima laporan
dari beberapa peserta didik bahwa salah satu guru di sekolah binaan Anda
melakukan tindakan diskriminatif terhadap mereka. Informasi ini sangat sensitif
dan rumit sehingga memerlukan cara penyampaian dan kondisi yang tepat, agar
informasi dapat dipahami dan diterima oleh kepala sekolah. Dalam situasi ini,
tindakan yang seharusnya Anda lakukan sebagai pengawas sekolah agar informasi
informasi tersebut dapat dipahami dan diterima oleh pihak lain dengan baik
ialah ....
A.
menyampaikan apa yang dilihat kepada kepala
sekolah agar kepala sekolah mengetahui situasi yang terjadi dan dapat mengambil
tindakan yang tepat terkait masalah tersebut.
B.
melakukan sesi coaching dengan kepala sekolah
tentang dampak ekosistem yang diskriminatif bagi sekolah dan tumbuh kembang
peserta didik pada masa yang akan datang, sehingga kepala sekolah bisa
melakukan refleksi dan evaluasi.
C.
Mendorong kepala sekolah untuk mempertimbangkan
tindakan-tindakan yang dapat diambil untuk menyelesaikan situasi ini, seperti
melakukan investigasi, meminta maaf kepada peserta didik, atau melakukan
perubahan dalam pendekatan pembelajaran.
D.
Mengajak kepala sekolah untuk merenungkan
kembali nilai-nilai yang dianut oleh sekolah dan berdiskusi bersama tentang
bagaimana sekolah dapat mencapai tujuan tersebut dengan menghindari tindakan
yang diskriminatif.
8. Pemerintah daerah Anda meminta pengawas-pengawas sekolah
membuat laporan implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah binaan sebagai bahan
refleksi dan evaluasi program pada masa yang akan datang. Upaya Anda sebagai
pengawas sekolah agar laporan tahunan Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah
Anda bisa digunakan sebagai bahan refleksi dan evaluasi ialah....
A.
membuat laporan disertai dengan infografis dan
visual yang mendukung, sehingga mudah dibaca oleh pengawas lainnya.
B.
membuat laporan yang lengkap disertai
dokumentasi di setiap kegiatan, sebagai bukti bahwa laporan yang dibuat
benar-benar dilakukan oleh sekolah binaan.
C.
menyusun laporan yang sistematis dan menyertakan
data-data yang relevan dengan implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah Anda,
serta memastikan laporan tersebut dapat membantu pihak terkait dalam melakukan
refleksi dan evaluasi program pada masa yang akan datang.
D.
menyusun laporan dengan dilampirkan praktik baik
Implementasi Kurikulum Merdeka, agar jika dibaca oleh pengawas lain bisa
menjadi sumber inspirasi dan bisa diduplikasi oleh sekolah lainnya.
9. Anda sebagai seorang pengawas sekolah sedang mengadakan
pertemuan dengan para guru untuk membahas salah satu strategi implementasi
Kurikulum Merdeka, yaitu penggunaan platform Merdeka Mengajar. Beberapa guru
terlihat kurang menguasai teknologi dan bertanya dengan detail mengenai
platform tersebut. Upaya Anda sebagai pengawas sekolah melihat hal tersebut
ialah....
A.
membuat panduan sederhana dan jelas tentang
penggunaan Platform Merdeka Mengajar serta mengadakan sesi tanya jawab khusus
untuk menjawab pertanyaan guru yang kurang menguasai teknologi.
B.
memberikan informasi tentang esensi dan manfaat
dari Platform Merdeka Mengajar dan secara bertahap mulai menggunakan platform
tersebut sebagai sarana belajar Kurikulum Merdeka.
C.
Menyarankan guru yang kurang menguasai teknologi
untuk mencari tutorial atau panduan di internet sendiri tanpa memberikan
bantuan lebih lanjut.
D.
memberikan waktu tambahan bagi guru-guru yang
masih kurang menguasai teknologi untuk bisa menyelesaikan Platform Merdeka
Mengajar.
10. Anda mendapat kabar dari kepala sekolah, bahwa sebagian
besar guru di sekolahnya menolak untuk menggunakan Platform Merdeka Mengajar
karena kendala memahami teknologi. Upaya Anda sebagai pengawas sekolah agar
penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Implementasi Kurikulum Merdeka
mencapai target ialah...
A.
mendiskusikan dengan kepala sekolah dan guru
tentang esensi dari Platform Merdeka Mengajar, dan menetapkan target yang perlu
dicapai dalam kurun waktu tertentu, sambil memberikan pelatihan kepada
guru-guru yang kesulitan pada waktu tertentu.
B.
memberikan pelatihan kepada guru-guru mengenai
cara menggunakan Platform Merdeka Mengajar dan mengatur waktu pelatihan di luar
jam kerja sehingga guru-guru dapat lebih memahami teknologi yang digunakan dan
merasa lebih nyaman dalam menggunakannya.
C.
memberikan sesi sosialisasi Platform Merdeka
Mengajar, dan dampaknya jika menggunakan platform tersebut pada Implementasi
Kurikulum Merdeka.
D.
meminta kepala sekolah untuk memotivasi guru
yang enggan memakai Platform Merdeka Mengajar, baik dengan apresiasi dan
hukuman agar bisa lebih semangat dalam belajar.
11. Sebagai pengawas sekolah, Anda melihat di salah satu
sekolah binaan Anda sering sekali mengadakan rapat. Rapat-rapat yang dilakukan
tidak efektif dan efisien. Sering mengganggu waktu guru dalam merancang
pembelajaran, dan setiap rapat tidak ada rencana tindak lanjut yang jelas.
Sebagai pengawas sekolah, tindakan yang akan dilakukan melihat hal ini
ialah....
A.
Membuat kelompok kerja yang terdiri dari kepala
sekolah, guru, dan pengawas sekolah untuk membahas perbaikan proses rapat yang
ada dan mengevaluasi alternatif metode kerja yang lebih efektif dan efisien.
B.
Meminta sekolah menunda rapat terlebih dahulu,
sampai sekolah memiliki panduan rapat yang jelas untuk bisa membuat rapat pada
masa yang akan datang lebih efektif dan efisien.
C.
Memberikan pelatihan kepada kepala sekolah dan
guru tentang bagaimana merencanakan dan mengelola rapat yang efektif dan
efisien.
D.
Mengajak kepala sekolah untuk meninjau kembali
proses rapat dan membuat panduan rapat yang jelas dan efektif. Memastikan
setiap rapat memiliki agenda dan tindak lanjut yang jelas untuk memaksimalkan
waktu dan usaha yang dikeluarkan.
12. Salah satu sekolah binaan Anda masih belum menggunakan
asesmen awal dalam merancang pembelajaran, dampaknya adalah pembelajaran yang
seragam dan hanya fokus pada konten. Hal ini berdampak kurang baik untuk
peserta didik. Melihat hal ini, sebagai pengawas sekolah upaya yang akan
dilakukan ialah....
A.
Mengadakan monitoring dan evaluasi berkala
terhadap penggunaan asesmen awal oleh guru-guru, serta memberikan umpan balik
yang konstruktif untuk membantu mereka dalam memperbaiki praktik pembelajaran
mereka.
B.
Mengadakan rapat dengan kepala sekolah dan
guru-guru untuk membicarakan pentingnya penggunaan asesmen awal dalam merancang
pembelajaran yang efektif dan efisien, serta memberikan solusi alternatif dan
saran yang konstruktif.
C.
Memberikan contoh dan sharing best practice dari
sekolah-sekolah lain yang telah berhasil mengimplementasikan asesmen awal dalam
merancang pembelajaran yang bervariasi dan efektif.
D.
Memberikan teguran kepada guru-guru yang belum
memanfaatkan asesmen awal dalam merancang pembelajaran yang beragam dan sesuai
dengan kebutuhan peserta didik
13. Seorang peserta didik di sekolah binaan ialah anak dari
pimpinan daerah setempat. Peserta didik ini tergolong anak yang nakal dan
sering membuat ulah saat kelas berlangsung. Tetapi, para guru memberikan nilai
perilaku baik kepada peserta didik tersebut. Dari hasil penelusuran anda
mendapati para guru berbuat demikian karena mereka sungkan dan takut kepada
orangtua peserta didik tersebut. Untuk mengatasi hal ini, yang Anda lakukan
ialah ....
A.
mendiskusikan masalah tersebut dengan kepala
sekolah sebelum disampaikan kepada para guru.
B.
menjelaskan kepada para guru mengenai hubungan
organisasi antara guru dan pemerintahan setempat sehingga tidak perlu khawatir
menjalankan tugas sebagaimana mestinya.
C.
membina guru agar guru bekerja sesuai tugasnya
dengan jujur amanah dan berlandaskan pada tata aturan yang berlaku, sejalan
dengan sumpah jabatan yang telah diucapkan.
D.
mengingatkan pentingnya berlaku adil dan memberikan
penilaian yang objektif tanpa secara langsung menyebutkan peserta didik yang
dimaksud.
14. Banyak berita mengenai pernikahan anak usia dini dan
keluarga dengan jumlah anak yang cukup besar yang terjadi di wilayah pedesaan.
Untuk menanggulangi hal ini, pemerintah melalui BKKBN mengeluarkan peraturan
usia ideal untuk menikah dan menyosialisasikan program KB. Beberapa sekolah
binaan Anda terletak di wilayah perdesaan dan tampaknya memiliki potensi untuk
tidak mengikuti anjuran dari BKKBN. Untuk mencegah hal ini, sebagai pengawas
sekolah yang Anda lakukan ialah ....
A.
menggunakan sekolah sebaik mungkin dalam
mempromosikan kebijakan pemerintah, baik dalam kelas, maupun luar kelas
(masyarakat sekitar).
B.
menekankan pentingnya pendidikan kepada para
peserta didik sebelum mereka mengambil keputusan besar seperti, menikah.
C.
membagikan selebaran mengenai program BKKBN
kepada orang tua peserta didik setiap kali ada kegiatan yang menghadirkan para
orang tua tersebut di sekolah.
D.
melaksanakan program penyuluhan mengenai program
BKKBN yang secara berkala terhadap masyarakat sekitar.
15. Kelurahan setempat melalui kepala sekolah mengajak kerja
sama dengan pihak sekolah untuk mengadakan penyuluhan terhadap masyarakat
sekitar mengenai isu-isu pendidikan dan kesehatan dasar. Hal ini tidak hanya
berdampak positif terhadap masyarakat sekitar tetapi juga terhadap warga
sekolah dan peserta didik. Sebagai pengawas sekolah, yang Anda lakukan ialah
....
A.
menerima ajakan kerjasama tersebut dan
menyerahkan pelaksanaan dan perencanaan kepada kepala sekolah.
B.
mendiskusikan kembali dengan kepala sekolah
sembari menyesuaikan dengan program-program yang sudah direncanakan oleh pihak
sekolah.
C.
tidak menolak ajakan kerja sama tersebut dan
membuat rencana pelaksanaan yang terstruktur dengan melibatkan kelurahan
setempat.
D.
mengusulkan kepada kepala sekolah untuk menolak
ajakan tersebut karena program yang diadakan sekolah sudah cukup padat di tahun
ajaran tersebut.
16. Seorang kepala sekolah sudah bekerja dalam waktu yang
cukup lama dan selalu dapat menyelesaikan masalah bawahannya dan menjalankan
tugas sebagai kepala sekolah dengan kinerja yang memuaskan. Sebagai pengawas
sekolah yang sudah mengenal lama kepala sekolah tersebut, untuk memantau
kinerja kepala sekolah, yang Anda lakukan ialah ....
A.
hanya meminta laporan kinerja jika dibutuhkan
karena Anda sudah sangat memercayai kepala sekolah tersebut.
B.
mengamati kepala sekolah hanya pada waktu
tertentu tanpa jadwal yang pasti karena kinerjanya sudah tidak diragukan lagi.
C.
tetap melakukan pengawasan secara berkala dan
memberikan umpan balik mengenai kinerjanya dengan melibatkan guru-guru di bawah
pimpinan kepala sekolah tersebut.
D.
memberikan umpan balik terhadap kepala sekolah
setiap 1 tahun sekali.
17. Kepala sekolah Anda memiliki potensi dan kemampuan yang
memadai untuk memimpin sekolahnya, namun di beberapa kesempatan, kepala sekolah
tersebut ragu dalam mengambil keputusan dan selalu membutuhkan persetujuan dari
Anda sebagai pengawas sekolah. Untuk mendorong kepala sekolah agar lebih yakin
dengan setiap keputusan yang diambil, yang Anda lakukan ialah ....
A.
mengimbau kepala sekolah untuk mengikuti
pelatihan berkaitan dengan keyakinan diri.
B.
memberikan masukan yang membangun saat melakukan
evaluasi rutin.
C.
memantau kepala sekolah dengan memberikan tugas
tanpa Anda melibatkan diri dalam menyelesaikan tugas tersebut
D.
selalu memberikan masukan kepada kepala sekolah
jika dibutuhkan.
18. Beberapa sekolah binaan baru saja mengalami perubahan
organisasi dan beberapa kepala sekolah baru belum memiliki pengalaman
sebelumnya menjadi kepala sekolah. Untuk membantu para kepala sekolah
menjalankan tugas di posisi barunya, sebagai pengawas sekolah yang akan Anda
lakukan ialah ....
A.
memberikan tugas-tugas yang relevan dengan
posisi kepala sekolah dan harus diselesaikan dalam tenggat waktu tertentu.
B.
senantiasa memberikan arahan dan masukan selama
masa-masa awal menjadi kepala sekolah.
C.
mengawasi ketat selama 6 bulan pertama masa
tugas sebagai kepala sekolah dan secara berkala memberikan evaluasi.
D.
mengimbau kepala sekolah untuk mempelajari tugas
dan tanggung jawab kepala sekolah.
19. Beberapa guru baru bergabung dan telah bekerja sebagai
tenaga pengajar untuk beberapa waktu. Pada masa awal mereka bergabung, Anda
melihat ada kompetensi yang harus ditingkatkan sehingga Anda memberikan tugas
yang harus dikerjakan dalam tenggat waktu tertentu. Sebagian guru baru sudah
menyelesaikan tugas sebelum tenggat waktu yang ditentukan berakhir. Terdapat
beberapa tugas lagi yang harus diselesaikan selain mengajar. Yang Anda lakukan
ialah ....
A.
memberikan tugas yang baru kepada guru yang
sudah menyelesaikan tugas sebelumnya tanpa harus menunggu guru baru yang lain
sehingga penyesuaian dilakukan secara fleksibel kapan pun setiap guru baru itu
menyelesaikan tugas yang diberikan.
B.
memberikan tugas secara sekaligus karena
berdasarkan pengamatan Anda, terdapat perbedaan kecepatan kerja yang signifikan
antara guru baru yang satu dan yang lainnya sehingga beberapa guru baru akan
kesulitan jika tenggat waktu disamakan.
C.
memberikan tugas berikutnya sesegera mungkin
tetapi Anda tidak lagi memantau perkembangan penyelesaian tugas oleh para guru
baru, seperti tugas yang pertama.
D.
menunggu hingga tenggat waktu yang ditentukan
untuk memberikan tugas yang baru kepada semua guru baru secara bersamaan.
20. Setelah pandemi, sistem pembelajaran perlahan lahan
mulai pulih namun Anda melihat ada kecenderungan untuk tetap meneruskan kelas
dalam bentuk daring. Beberapa guru Anda masih kesulitan dalam menjalankan kelas
daring meskipun sudah melaksanakannya selama masa pandemi. Untuk menyiapkan
mereka akan kemungkinan diteruskannya kelas secara daring, yang Anda lakukan
ialah ....
A.
tetap menjalankan tugas seperti biasanya, kelas
daring diteruskan masih berupa kemungkinan sehingga belum merupakan prioritas
kerja.
B.
melakukan simulasi kelas daring bersama dengan
guru lain untuk perlahan-lahan membiasakan para guru.
C.
melakukan program pelatihan yang diikuti para
guru untuk menyiapkan mereka jika kelas daring akan tetap dilanjutkan.
D.
memberikan guru tugas-tugas sederhana yang
berkaitan dengan metode pembelajaran daring.
21. Kepala sekolah Anda berencana melakukan perubahan di
sekolah yang melibatkan seluruh warga sekolah untuk kelancaran proses belajar
mengajar. Sebagai pengawas sekolah, yang Anda lakukan ialah ….
A.
tidak memberikan komentar dan masukan apa pun.
B.
menawarkan bantuan dan bersedia membantu kepala
sekolah jika dibutuhkan.
C.
mendukung rencana kepala sekolah dan memberikan
masukan yang Anda rasa perlu.
D.
mendukung rencana kepala sekolah dan memintanya
untuk melaporkan perkembangan yang terjadi.
22. Seorang kepala sekolah mendatangi Anda dan meminta
pendapat Anda mengenai masalah yang dihadapi berkaitan dengan sekolahnya.
Sebagai pengawas sekolah, yang Anda lakukan ialah ….
A.
mendukung kepala sekolah melakukan tindakan yang
sudah dipikirkan .
B.
langsung memberikan saran yang pertama kali
muncul di kepala Anda.
C.
menyarankan solusi setelah Anda membandingkan
berbagai macam alternatif jalan keluar yang bisa Anda pikirkan.
D.
mendiskusikan bersama kemungkinan-kemungkinan
tindakan yang sudah dipikirkan oleh kepala sekolah.
23. Tenaga guru di salah satu sekolah binaan Anda bertengkar
dan berdampak pada suasana di lingkungan sekolah. Kepala sekolah berusaha
menyelesaikan masalah ini tetapi meminta pendapat Anda sebagai pengawas sekolah
karena kepala sekolah sendiri masih memiliki pertimbangan-pertimbangan. Yang
Anda lakukan ialah ....
A.
mengimbau kepala sekolah untuk memberikan
teguran kepada guru yang terlibat selain dari melakukan jalan keluar yang sudah
didiskusikan bersama.
B.
mendiskusikan permasalahannya bersama dengan
kepala sekolah dan memikirkan setiap kemungkinan solusi dengan hati-hati.
C.
menanyakan alternatif solusi yang sudah
dipikirkan oleh kepala sekolah dan menyarankan alternatif yang paling baik
menurut Anda.
D.
mendukung apa pun keputusan yang dipikirkan oleh
kepala sekolah.
24. Setelah masa pandemi berakhir, pembelajaran daring mulai
dilirik sebagai salah satu alternatif media pembelajaran sehingga tidak setiap
hari peserta didik diharuskan datang mengikuti pelajaran secara tatap muka di
sekolah. Beberapa sekolah memertimbangkan untuk memasukkan sistem pembelajaran
daring ke dalam proses belajar mengajar secara resmi, salah satunya sekolah
binaan Anda. Tetapi, sekolah binaan Anda masih memiliki kekurangan terkait
sarana dan prasarana untuk melakukan kelas daring yang belum dimiliki oleh
semua guru. Demikian pula dengan akses internet. Sebagai jalan keluar terhadap
hal ini, yang Anda lakukan sebagai pengawas sekolah ialah ....
A.
tidak memaksakan semua kelas harus ada kelas
daring, hanya kelas dengan guru yang memiliki sumber daya memadai yang
melakukan kelas daring.
B.
menolak ide ini karena berbagai keterbatasan
sumber daya yang dimiliki oleh sekolah binaan Anda.
C.
menyetujui diadakannya kelas daring dan menugasi
kepala sekolah untuk melengkapi sarana prasarana yang dibutuhkan.
D.
berdiskusi dengan kepala sekolah mengenai
keterbatasan dan kemungkinan gagalnya penyelenggaraan kelas daring, sehingga
sebaiknya disarankan untuk melengkapi sarana dan prasarana terlebih dahulu.
25. Kepala sekolah berprestasi di sekolah negeri binaan Anda
sedang viral di media sosial karena pidatonya pada upacara bendera. Dalam
pidatonya dia menceritakan kisah orang yang berpindah kepercayaan, menurutnya
hal tersebut adalah keteladanan yang baik, namun masyarakat menganggapnya
sebagai keberpihakan pada kepercayaan tertentu dan menyudutkan yang lain. Untuk
mengatasi ini tindakan Anda sebagai pengawas sekolah ialah ...
A.
menyampaikan kepada kepala sekolah bahwa pidato
tersebut bisa dipandang sensitif dan menyarankan agar memperhatikan kata-kata
yang digunakan pada acara-acara selanjutnya.
B.
mengatur pertemuan kepala sekolah tersebut
dengan para tokoh masyarakat setempat untuk meminta maaf dan memberi umpan
balik agar ada tindakan yang sesuai terhadap situasi ini.
C.
melakukan klarifikasi secara personal kepada
kepala sekolah tersebut, lalu menyampaikannya kepada dinas pendidikan setempat
untuk meminta saran cara mengatasi masalah ini.
D.
mengambil tindakan tegas terhadap kepala sekolah
dengan memberikan peringatan tertulis agar tidak membuat pidato yang
menyinggung sensitivitas agama.
26. Anda sebagai pengawas sekolah mengunjungi salah satu
sekolah yang terkenal dengan keberagaman peserta didiknya. Di tengah-tengah
kunjungan, Anda melihat ada beberapa peserta didik yang berseragam sekolah
dipadukan dengan hiasan kepala, tangan, kaki dari pakaian adat yang
berbeda-beda. Bagi sekolah tersebut hal ini membanggakan karena mengakomodasi
berbagai ekspresi peserta didik, tetapi sebagian rekan pengawas sekolah
menganggap hal ini perlu ditertibkan. Tindakan Anda ialah ...
A.
membuat survei kepada peserta didik, orangtua,
guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah tentang pendapat mereka terhadap
kebebasan berpakaian tersebut.
B.
mendukung kebijakan sekolah yang mengizinkan
peserta didik mengekspresikan diri melalui penampilan, karena keberagaman
merupakan aset yang perlu diapresiasi.
C.
mengingatkan kepala sekolah, guru dan tenaga
kependidikan sekolah bahwa kebijakan pakaian dan aksesoris harus sama persis
dengan aturan berseragam yang ada.
D.
membawa cerita dampaknya ke peserta didik pada
forum-forum dinas pendidikan daerah maupun saat berkunjung ke sekolah lain. Hal
ini agar semakin banyak yang terinspirasi
27. Ada guru baru yang bergabung dengan sekolah binaan Anda
mengenakan pakaian khas agama setiap hari di sekolah. Namun, beberapa guru
merasa tidak nyaman dengan pakaian tersebut. Hal ini menjadi obrolan besar di
sekolah-sekolah binaan Anda, sebagai pengawas sekolah cara anda menanggapinya
ialah ...
A.
mengembangkan program pelatihan dan pembinaan
tentang keberagaman budaya dan etika di sekolah, untuk meningkatkan pemahaman
dan toleransi antar individu dan kelompok, sebagai upaya agar tidak terulang.
B.
membuat tabel identifikasi terkait nilai-nilai
yang dianut oleh masyarakat setempat, tabel tersebut sebagai pedoman berdiskusi
dengan guru terkait, sehingga tindakan berikutnya dapat sesuai dengan budaya
yang berlaku.
C.
meminta guru baru untuk berkonsultasi dengan
Kepala Sekolah dan staf lainnya agar mengetahui aturan dan norma berpakaian di
sekolah barunya. Termasuk meminta maaf pada pihak yang dibuat tidak nyaman.
D.
membuat peraturan yang jelas mengenai cara
berpakaian dilengkapi dengan batasan-batasannya untuk semua guru dan karyawan
sekolah yang harus mempertimbangkan sensitivitas agama, budaya dan etika yang
berlaku.
28. Guru-guru di beberapa sekolah binaan Anda masih kebingungan
menerapkan pembelajaran terdiferensiasi. Padahal Anda sudah menitipkan kepada
kepala sekolah untuk mengawal ini dengan baik. Anda pun sudah pernah menjadi
narasumber terkait diferensiasi di sekolah tersebut. Maka upaya awal yang Anda
lakukan bersama kepala sekolah ialah ....
A.
melakukan identifikasi terkait kendala yang
dialami sekolah binaan, menyelenggarakan pelatihan & mentoring untuk
menjawab kendala tersebut serta menemukan dan membahas bersama praktik-praktik
baik diferensiasi yang sudah dilakukan di sekolah meskipun berskala kecil.
B.
melakukan coaching kepada kepala sekolah, hasil
coaching dimanfaatkan untuk mencarikan narasumber pelatihan yang lebih
menguasai topik diferensiasi, pelatihan kemudian dilengkapi dengan ajakan melakukan
aksi nyata yang menerapkan pembelajaran terdiferensiasi di kelas.
C.
memberikan mentoring kepada guru yang mengalami
kebingungan, menyertakan mereka pada pelatihan-pelatihan serta menyelenggarakan
lomba pembelajaran terdiferensiasi, agar semakin banyak guru yang termotivasi
untuk belajar dan segera menerapkannya di kelas masing-masing.
D.
menyediakan berbagai literatur terkait
pembelajaran terdiferensiasi agar para guru dapat memahami secara mandiri
sesuai waktu dan kecepatan belajarnya. Setelah itu, menyelenggarakan pekan
pembelajaran terdiferensiasi untuk penerapan serentak.
29. Sekolah-sekolah binaan Anda baru kali ini akan
menyelenggarakan Pameran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pada saat
pendampingan Anda sudah menyampaikan harapan agar pada persiapan, proses hingga
pameran nanti mampu menampilkan karya dan aksi anak sebaik mungkin. Sekolah
juga sudah Anda dorong belajar melalui pelatihan-pelatihan. Seiring perjalanan
Anda mendapati kepala sekolah, guru dan fasilitator projek menjadikan pameran
sebagai sarana lomba, sejak awal sekolah menjanjikan hadiah untuk kriteria
tertentu. Menanggapi situasi ini, yang Anda lakukan ialah ....
A.
melakukan perbaikan secara bertahap untuk
mengatasi miskonsepsi dalam penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila
serta penguatan terhadap praktik yang mendorong motivasi intrinsik peserta
didik.
B.
membuat panduan yang jelas dan terstruktur
tentang konsep dan penyelenggaraan pameran projek penguatan profil pelajar
pancasila, untuk diberikan kepada guru dan fasilitator projek.
C.
mendorong kepala sekolah, guru dan fasilitator
projek untuk menghapus lomba dalam pameran karya projek serta membuat ajakan
untuk merefleksikan tujuan dan manfaatnya
D.
memberikan apresiasi terhadap sekolah-sekolah
binaan yang telah membuat perkembangan dalam penerapan program tersebut,
terutama yang telah berhasil membuat keputusan cepat.
30. Salah satu sekolah favorit binaan Anda sering menjuarai
lomba, di sana banyak aktivitas drilling soal baik untuk mata pelajaran
sehari-hari maupun untuk persiapan lomba maupun olimpiade. Ketika Anda
mendorong untuk meningkatkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik
Kepala Sekolah dan Guru khawatir akan mengubah budaya dan prestasi sekolah
selama ini. Maka sebagai pengawas sekola hal yang selanjutnya Anda lakukan
ialah ....
A.
mengatur sesi mentoring dan berbagi antar guru
yang sudah berhasil menerapkan strategi pembelajaran berpusat pada peserta
didik dengan guru yang masih kesulitan, lalu menyelenggarakan lomba terkait
inovasi pembelajaran
B.
membuat lomba praktik pembelajaran yang berpusat
pada peserta didik, sehingga sekolah-sekolah favorit tetap dapat tampil sebagai
pemenang dan bangga terhadap prestasinya serta memberi pendampingan persiapan
kepada sekolah sebelum lomba tersebut
C.
mendiskusikan bersama sekolah terkait tujuan dan
dampak pembelajaran berpusat pada peserta didik serta menyelenggarakan
pelatihan terkait yang dilengkapi dengan pameran karya lintas sekolah sebagai
ruang menunjukkan keunggulan masing-masing sekolah
D.
menyelenggarakan sesi diskusi dengan sekolah
bahwa perubahan budaya adalah hal yang hakiki, tak dapat dihindari, sehingga
sekolah perlu siap berubah dari budaya lama ke baru, lalu sekolah yang favorit
dijamin akan tetap jadi favorit.
31. Sebagai pengawas sekolah, Anda ingin sekolah-sekolah
binaan Anda makin dikenal, salah satunya dengan mengajak para kepala sekolah
untuk lebih sering tampil di publik sebagai narasumber. Selain berdampak ke
sekolah, harapannya dapat memberi kesempatan kepala sekolah untuk mengembangkan
karier. Kepala sekolah setuju dengan upaya agar sekolah semakin dikenal, namun
ada yang menolak jika tampil di forum yang lebih luas. Maka hal yang Anda
lakukan ialah ....
A.
mengidentifikasi praktik-praktik baik para
kepala sekolah dan mengategorikan topiknya untuk meyakinkan mereka menjadi
narasumber sesuai dengan kapasitasnya
B.
membiarkan para kepala sekolah/madrasah yang
menolak tawaran Anda kemudian mencari alternatif orang lain untuk diajak
sebagai narasumber seminar/webinar.
C.
mempengaruhi para kepala sekolah/madrasah dengan
memberikan insentif atau hadiah bagi mereka yang mau bergerak menjadi
narasumber seminar/webinar.
D.
memberi motivasi kepada kepala sekolah/madrasah
untuk tidak takut mengambil kesempatan dan menyampaikan pengalaman bahwa zaman
dulu pun saya berani.
32. Kepala dinas memberi arahan agar pameran karya peserta
didik antar sekolah se-kabupaten dapat dilaksanakan segera. Namun rekan kerja
Anda tidak merespon komunikasi Anda dan cenderung mengabaikan ide-ide Anda.
Menurut mereka tinggal laksanakan program expo pendidikan seperti tahun lalu
dan diubah namanya menjadi pameran karya, terlebih waktu deadline pelaksanaan
tinggal sebentar lagi. Pada situasi ini yang Anda lakukan ialah ....
A.
meminta bantuan kepada kepala dinas dengan
menjelaskan kondisi di lapangan dan hal-hal yang sudah terjadi, lalu memintanya
untuk membantu mengatasi masalah ini
B.
meminta umpan balik dari kepala dinas terkait
kondisi dan cara yang sudah Anda lakukan, tetapi mengalami kegagalan sehingga
dapat menemukan cara baru
C.
menegur rekan kerja tersebut secara langsung dan
meminta mereka untuk lebih menghargai ide-ide dan kontribusi Anda, lalu
mengajak menerapkan salah satu ide
D.
mencari cara-cara baru untuk membangun
komunikasi dengan rekan kerja, termasuk meminta saran tindakan yang langsung
diterapkan dari kepala dinas
33. Sebagai pengawas sekolah Anda mendapati ada satu kepala
sekolah binaan sudah mampu menerapkan coaching kepada guru di sekolah. Di lain
sisi, Anda melihat banyak pengawas sekolah lain yang belum mampu menerapkan
coaching. Namun di daerah Anda pengawas sekolah belajar dari kepala sekolah
belum menjadi budaya, sehingga khawatir ditolak. Upaya yang Anda lakukan ialah
....
A.
menyelenggarakan pendidikan & pelatihan
untuk para pengawas sekolah terkait coaching serta menjadikan kepala sekolah
tersebut sebagai narasumbernya.
B.
membujuk para pengawas sekolah agar memahami
pentingnya coaching, sehingga mau belajar coaching dari kepala sekolah yang
sudah menerapkannya.
C.
menjelaskan kepada para pengawas sekolah bahwa
ada kepala sekolah binaan Anda yang menerapkan coaching, sehingga jangan sampai
pengawas sekolah kalah.
D.
mengidentifikasi program di organisasi profesi
pengawas sekolah yang tepat digunakan sebagai sesi berbagi dari kepala sekolah
tersebut ke rekan pengawas.
34. Sebentar lagi diselenggarakan acara besar pendidikan di daerah
Anda. Hal ini muncul dari inisiasi Anda menyelenggarakan program untuk
meningkatkan kolaborasi antara kepala sekolah/madrasah dan guru-guru di satuan
pendidikan. Namun di media sosial timbul protes dari pihak yang merasa tidak
dilibatkan di acara tersebut. Maka sikap Anda ialah ...
A.
mendengarkan dengan seksama keluhan pihak-pihak
tersebut dan mengakui kesalahan.
B.
membuka kembali komunikasi dengan para pihak
terkait alasan mereka tidak diikutsertakan.
C.
meminta mereka mendaftar alasan-alasan melakukan
protes di media sosial.
D.
menjelaskan kembali tujuan dari program tersebut
serta prosedur keikutsertaan.
35. Menghadapi kondisi sekolah binaan yang berbeda satu sama
lain, sebagai pengawas sekolah Anda menerapkan pendampingan gradual maupun
penguatan perubahan sesuai kondisi sekolah. Namun secara kasat mata rekan
pengawas sekolah belum melihat dampak pendampingan tersebut, maka yang Anda
lakukan ialah ...
A.
meminta waktu kepada rekan pengawas sekolah
lain, karena strategi pendampingan sekolah yang Anda lakukan baru akan
menunjukkan dampak pada jangka waktu tertentu.
B.
memaparkan bukti-bukti dampak ragam strategi
pendampingan sekolah yang sudah Anda lakukan dari waktu ke waktu, lalu meminta
masukan dari pengawas sekolah lainnya.
C.
meminta umpan balik dari para rekan pengawas
sekolah, dilengkapi daftar aktivitas yang Anda lakukan saat pendampingan. Hasil
umpan balik dianalisis dan disampaikan kepada pengawas sekolah lainnya.
D.
mengadakan sesi diskusi bersama rekan pengawas
lainnya untuk mengetahui perkembangan yang Anda hasilkan selama melakukan
berbagai upaya pendampingan kepada para kepala sekolah.
36. Anda sudah berhasil mendorong sekolah-sekolah binaan
untuk memiliki pojok baca di tiap kelas serta menyelenggarakan pelatihan
menulis untuk para guru, hingga menghasilkan karya berupa buku antologi guru.
Namun rapor pendidikan sekolah binaan menunjukkan literasi yang masih rendah.
Menghadapi ini yang Anda lakukan sebagai pengawas sekolah ialah ...
A.
merefleksikan hasil rapor pendidikan bersama
serta meminta kepala sekolah untuk memastikan pojok baca membuat peserta didik
mau membaca buku-buku yang ada. Karena keberadaan pojok baca tanpa aktifitas
tidak akan berdampak.
B.
mendiskusikan fenomena ini dengan kepala
sekolah, untuk merefleksikan penerapan program tersebut di sekolah, lalu
meminta masukan terkait kesesuaian pendampingan yang selama ini dilakukan
dengan kondisi sekolah.
C.
meminta maaf kepada kepala sekolah terkait
saran-saran dan upaya yang selama ini Anda berikan tidak memberikan dampak baik
pada rapor pendidikan. Lalu mendiskusikan upaya lain yang bisa segera
diterapkan.
D.
mendiskusikan dengan kepala sekolah terkait
pengaruh program pada proses pembelajaran di kelas serta meminta umpan balik
terkait kelebihan maupun kekurangan diri dalam mendampingi program tersebut
selama ini.
Jawaban : D. mendiskusikan dengan kepala sekolah terkait pengaruh program pada proses pembelajaran di kelas serta meminta umpan balik terkait kelebihan maupun kekurangan diri dalam mendampingi program tersebut selama ini.
Meskipun di setiap option yang akan dipilih memiliki nilai, namun pilihan jawaban diatas merupakan pilihan jawaban terbaik yang memiliki point nilai tertinggi. Jadi kunci jawaban diatas dapat membantu para calon pengawas dalam mengetahui jawaban pada soal yang disajikan sehingga bisa menjadi referensi pembelajaran yang bermanfaat.
Demikianlah informasi mengenai kumpulan Soal Uji Kompetensi (UKOM) untuk pengawas sekolah yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini, semoga sajian soal UKOM ini dapat menjadi bahan pembelajaran dan referensi bagi para guru yang ingin menjadi pengawas sekolah dan bisa lulus dalam mengikuti UKOM pengawas sekolah.