Soal & Jawaban Asesmen Sejarah Kelas 11 Bab 2 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Soal dan kunci Jawaban Asesmen Sejarah Kelas 11 SMA/SMK Bab 2 Kurikulum Merdeka halaman 84 dan 85 di buku siswa sejarah kelas 11 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan yang
berbahagia, pada postingan kali ini admin akan memberikan informasi seputar
soal-soal asesmen yang ada pada pembelajaran sejarah kelas 11 kurikulum merdeka
khususnya pada pembelajaran di semester 1 Bab 2 yang berjudul “Pergerakan
Kebangsaan Indonesia”
Seperti kita ketahui bahwa materi yang
akan di pelajari pada mata pelajaran sejarah kelas 11 Bab 2 “Pergerakan
Kebangsaan Indonesia” terdiri atas 3 materi pokok yang diantaranya adalah
sebagai berikut :
A. Kebangkitan
Bangsa Timur (Nasionalisme Asia)
B. Munculnya
Embrio Kebangsaan dan Nasionalisme
C. Akhir Masa
Negara Kolonial Belanda
Diakhir pembelajaran Bab 2 maka nantinya
peserta didik harus melakukan asesmen dengan menjawab beberapa pertanyaan
seputar materi yang telah di pelajari pada Bab 2 tentang “Pergerakan Kebangsaan
Indonesia”. Untuk memudahkan siswa dalam menjawab soal-soal yang akan disajikan
pada materi di Bab 2, maka disini admin akan membantu dengan menyiapkan kunci
jawabannya sebagai referensi bagi siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan
latihan dan belajar.
Perlu di ketahui bahwa disini admin
kherysuryawan akan memberikan soal ulangan akhir pada mata pelajaran sejarah Bab
2 “Pergerakan Kebangsaan Indonesia” kelas 11 SMA/SMK Kurikulum Merdeka. Soal yang
disajikan terdiri atas 2 jenis yaitu soal pilihan ganda dan soal essay. Seluruh
soal juga disini telah admin siapkan dan lengkapi dengan unci jawabannya.
Baiklah berikut ini soal dan jawaban
asesmen di akhir pelajaran sejarah kelas 11 Bab 2 “Pergerakan Kebangsaan
Indonesia” yang ada pada buku siswa sejarah kelas 11 halaman 84 dan halaman 85 pada
pembelajaran kurikulum merdeka.
Soal Pilihan Ganda
1. Mahatma Gandi merupakan tokoh
nasionalis India yang pemikirannya banyak memengaruhi tokoh nasionalis
Indonesia. Salah satu bentuk perjuangannya adalah mengajak rakyat India untuk
memakai produk asli dalam negeri. Gerakan ini disebut sebagai ....
a. Satyagraha
b. Swadaya
c. Swadeshi
d. Ahimsa
e. Hartal
2. Indische Partij merupakan organisasi
pergerakan nasional yang bersifat inklusif yang berarti ....
a.
Keanggotaannya terbuka untuk penduduk pribumi saja
b.
Keanggotannya terbuka untuk semua kelompok di Hindia Belanda
c.
Keanggotannya terbuka untuk penduduk di Jawa dan Madura
d.
Keanggotannya terdiri dari kalangan menengah ke atas
e.
Keanggotannya terdiri dari kalangan yang terdidik saja
3. Rohana Kudus merupakan salah satu
tokoh pers perempuan yang memprakarsai penerbitan surat kabar ....
a. Soenting
Melayoe
b. Soeara
Perempuan
c. Poetri
Hindia
d. Warta
Hindia
e. Soeloeh
Indonesia
4. Salah satu latar belakang terjadinya
Perang Dunia II di wilayah Asia adalah ....
a. Kegagalan
LBB dalam menciptakan perdamaian dunia
b. Perlombaan
senjata antar negara-negara besar
c. Perbedaan
ideologi antara negara-negara Asia
d. Serangan
Jepang ke Indo-Cina
e. Serangan
Jepang terhadap Pearl Harbour
5. Salah satu alasan pihak Belanda pada
awalnya menolak untuk menyerah kepada Jepang karena ....
a. Belanda
merasa memiliki kekuatan militer yang lebih besar
b. Pihak
Belanda merasa Jepang pasti akan kalah
c. Pihak
Sekutu akan datang membantu Belanda
d. Wewenang
penyerahan ada di tangan Ratu Belanda
e. Jepang
tidak memiliki persenjataan yang baik
Soal Esai
1. Bagaimanakah pengaruh nasionalisme di
Asia terhadap pergerakan nasional Indonesia?
2. Bagaimanakah keterkaitan antara
Kongres Perempuan Pertama dengan Kongres Sumpah Pemuda?
3. Bagaimanakah dampak the great
depression terhadap Hindia Belanda?
4. Bagaimanakah dampak Perang Dunia II
terhadap Indonesia?
5. Mengapa bangsa Indonesia tidak
membantu Belanda saat Jepang menyerang?
KUNCI JAWABAN
Pilihan Ganda
1. C
2. B
3. A
4. D
5. D
Esai
1. Peserta didik dapat mengembangkan
jawaban sendiri terkait pengaruh nasionalisme Asia terhadap pergerakan nasional
di Indonesia, misalnya bahwa kebangkitan nasionalisme Asia ikut membangkitkan
semangat kebangsaan di Indonesia dan memberikan kepercayaan diri bahwa bangsa
Asia seharusnya memiliki hak untuk menentukan nasibnya sendiri.
2. Kongres Perempuan Pertama terjadi
sekitar dua bulan setelah Kongres Pemuda II atau dikenal juga dengan Kongres
Sumpah Pemuda. Beberapa penggagas Kongres Perempuan Pertama juga hadir dalam
Kongres Sumpah Pemuda. Mereka terinspirasi dari kongres tersebut dan merasa
bahwa para perempuan juga perlu melakukan kongres serupa untuk membahas
berbagai permasalahan perempuan di masa itu dan mempersatukan
organisasi-organisasi perempuan di masanya.
3. Dampak the great depression bagi
Hindia Belanada antara lain menurunnya harga pasar karena menurunnya permintaan
komoditas internasional, terdapat permasalahan dalam usaha tanaman perdagangan
khususnya gula dan karet, dan krisis keuangan yang terjadi di hampir seluruh
pelosok negeri karena berkurangnya penerimaan dan belanja negara.
4. Perang Dunia II yang berlangsung di
Asia membuat Jepang meningincar Indonesia. Jepang kemudian berhasil mengalahkan
Belanda dan memaksa mereka untuk menyerah di Kalijati. Peristiwa ini menandai
berakhirnya kekuasaan negara kolonial Hindia Belanda.
5. Peserta didik dapat mengembangkan
jawaban sendiri terkait dengan hal ini, misalnya bahwa sebelumnya Jepang sudah
mendekati mempelajari tentang kondisi bangsa Indonesia dan mendekati para
pemimpin pergerakan, adanya kepercayaan terhadap ramalan Jayabaya di Jawa, dan
sebagainya.
Demikianlah informasi mengenai soal dan
jawaban asesmen pada mata pelajaran sejarah kelas 11 SMA/SMK Kelas 11 Bab 2
kurikulum merdeka. Semoga postingan ini bisa membantu siswa dalam mengerjakan
soal-soal yang ada pada Bab 2 serta bisa menjadi referensi belajar yang
bermanfaat.