Rangkuman Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 4 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman materi Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 4 “Menggambar Pemandangan dan Potret” Semester 1 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, senan rasanya pada kesempatan
kali ini admin bisa kembali berbagi informasi pendidikan. Pada kesempatan kali
ini admin akan memberikan ringkasan materi khususnya materi seni rupa yang akan
di pelajari di kelas 2 SD kurikulum merdeka.
Mata pelajaran Seni Rupa merupakan cabang dari mata
pelajaran seni budaya. Mengapa pembelajaran seni rupa sangat penting bagi siswa
?
Pembelajaran seni rupa mengajak siswa Indonesia dapat
berpikir terbuka, apresiatif, empatik, serta menghargai perbedaan dan
keberagaman. Selain itu, siswa Indonesia juga memperoleh pengalaman estetik
sebagai hasil proses perenungan dari dalam maupun luar diri mereka yang
dituangkan dalam karya seni rupa. Karya yang mencerminkan emosi dan hasil
pemikiran mereka yang berdampak pada diri, lingkungan maupun masyarakat.
Pembelajaran seni rupa memperlihatkan seni rupa sebagai
kekuatan adidaya yang dapat membentuk sejarah, budaya dan peradaban sebuah
bangsa maupun seluruh dunia. Siswa Indonesia harus menghargai dan melestarikan
budaya, terutama budaya Indonesia. Karena melalui budaya siswa Indonesia akan
tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang dapat melihat, merasakan dan
mengalami sebuah keindahan sehingga dengan kesejahteraan jiwanya itu, siswa
dapat memberikan kemampuan terbaik yang dimiliki dirinya pada lingkungan dan masyarakat.
Nah, melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan
mencoba untuk berbagi informasi mengenai apa saja tahapan yang akan di lakukan
oleh guru dan siswa dalam mempelajari mata pelajaran seni rupa di kelas 2 SD
Kurikulum merdeka khususnya pada materi Bab 4 tentang Menggambar Pemandangan
dan Potret yang akan di pelajari di semester 1 kurikulum merdeka.
Bagi anda yang ingin mengetahui dan melihat ringkasan
materi seni rupa kelas 2 SD Bab 4 semester 1 kurikulum merdeka, dan ingin
melihat apa-apa saja tahapan yang akan di lakukan oleh guru dan siswa dalam
mempelajari materi seni rupa Bab 4 Menggambar Pemandangan dan Potret maka baiklah berikut ini sajian ringkasan
materinya :
Bab 4 Menggambar Pemandangan dan Potret
Siswa menggambarkan pemandangan di atas kertas lanskap
atau wajah dan ekspresi/ gestur orang di atas kertas potret.
Lembar Kerja Siswa
Buatlah sebuah bentuk wajah di kertas gambarmu. Gunakan
bentuk mata, hidung dan mulut yang tersedia pada lembaran ini. Lengkapi bentuk
wajah yang kamu buat. Gunakan gunting dengan berhati-hati. Gunakan lem
secukupnya pada garis terluar bentuk yang kamu gunting.
Berikut ini
kegiatan Eksplorasi oleh Guru :
■Ajak
siswa mengamati kertas atau buku gambar mereka. Ingatkan mereka pada pelajaran
sebelumnya mengenai garis vertikal (tegak lurus) dan horizontal (mendatar).
Tanyakan kepada siswa mengenai arah kertas/buku gambar mereka, apakah termasuk
ke dalam arah vertikal atau horizontal.
■Perkenalkan
siswa pada istilah lanskap (arah kertas horizontal) yang biasa digunakan untuk
menggambarkan pemandangan/suasana dan potret (arah kertas vertikal) yang biasa
digunakan untuk menggambar potret atau wajah manusia.
■Siswa
dibebaskan memilih untuk menggambar/melukis pemandangan di atas kertas lanskap
atau menggambar/ melukis wajah/gerak tubuh manusia di atas kertas potret atau
keduanya dapat dilakukan dalam waktu yang terpisah.
Berikut ini
Aktivitas yang akan di lakukan oleh Guru dan Siswa dipertemuan 1:
■Jika
hanya akan dilakukan satu kali pertemuan maka siswa memilih untuk
menggambar/melukis pemandangan di atas kertas lanskap atau menggambar/melukis
wajah/gerak tubuh manusia di atas kertas potret. Jika dilakukan dua kali
pertemuan, maka dapat dimulai dari salah satu gambar terlebih dahulu.
■Bagi
siswa yang memilih menggambar pemandangan/ suasana, ajak mereka untuk mulai
dengan mengamati suasana di sekeliling. Pemandangan tidak selalu berarti
menggambarkan gunung dengan sawah dan matahari. Guru dapat memantik dengan
pertanyaan, “Apa waktu yang paling menyenangkan bagimu? Ingat kembali
suasananya. Di mana itu? Ada siapa saja di sana? Apa yang terjadi? Bagaimana
perasaanmu? Apa warna yang terdapat di sana? Dapatkah kamu menggambarkan
kembali hal yang paling menyenangkan bagimu tersebut?”
■Ajak
siswa untuk memberikan garis pijak pada gambar mereka agar gambar tidak
terlihat mengambang.
■Siswa
menuliskan namanya pada pekerjaan mereka dan membersihkan ruang kerja mereka.
Berikut ini
Aktivitas yang akan di lakukan oleh Guru dan Siswa dipertemuan 2:
■Jika
kegiatan dibagi dalam dua kali pertemuan, salah satunya adalah menggambar
wajah. Ajak siswa untuk bekerja berpasangan dengan teman yang mereka pilih.
■Siswa
akan saling menggambarkan wajah rekan kerja mereka masing-masing. Ajak siswa
untuk mengamati lebih dalam wajah rekan kerja mereka masing-masing. Guru dapat
memantik mereka dengan nilai-nilai kemanusiaan, “Coba amati wajah temanmu.
Bagaimana bentuknya? Apa persamaan wajah kalian? Apa perbedaannya? Lihat
bagaimana Tuhan menciptakan kalian sama baiknya dan sempurnanya meskipun
mungkin kalian berbeda penampilan dan warna kulit. Ayo kita saling
menggambarkan diri masing-masing. Tidak harus sempurna mirip sungguhan, tapi
mari kita usahakan yang terbaik.”
■Ajak
siswa untuk memberikan garis pijak di latar belakang gambar. Mereka boleh
menambahkan detail lain seperti pohon, bangunan, kendaraan atau pemandangan di
sana.
■Siswa
menuliskan namanya pada pekerjaan mereka dan membersihkan ruang kerja mereka.
Alternatif
kegiatan dan pengayaan
■Siswa
dapat menggambar selain di kertas seperti pada kardus/kotak kemasan bekas atau
bahkan di atas tanah/pasir. Tetap kenalkan mereka pada konsep arah kertas
lanskap dan potret.
■Siswa
yang bekerja cepat atau memiliki akses pada kanvas dan cat, dapat melakukan
kegiatan ini dalam bentuk lukisan cat akrilik di atas kanvas. Pemilihan media
cat akrilik berdasarkan pertimbangan warna yang cukup solid dan mudah kering
serta tidak berbau menyengat.
Bacaan Siswa:
Indonesia memiliki seorang pelukis yang mendunia. Namanya
Raden Saleh Sjarief Bustaman atau dikenal dengan nama Raden Saleh. Beliau lahir
di Semarang, Jawa Tengah, tahun 1811. Lukisan Raden Saleh bersifat realis. Artinya
lukisan itu menyerupai aslinya.
Berikut ini gambar Potret Raden Saleh
Karya Raden Saleh umumnya mengenai pemandangan alam dan
potret wajah. Lukisannya yang paling terkenal adalah Penahanan Pangeran
Diponegoro. Karya lainnya yang terkenal adalah “Kantor Pos Jawa”, “Pemandangan
Hindia Belanda” dan “Berburu Rusa”
Berikut ini gambar “Penahanan Diponegoro”
- Buku Guru & Siswa Seni Rupa Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)
Demikianlah ringkasan/rangkuman materi Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 4 tentang “Menggambar Pemandangan dan Potret” yang akan dipelajari pada pembelajaran kurikulum merdeka. Semoga ringkasan serta tahapan pembelajaran seni rupa kelas 2 SD Bab 4 atau Unit 1 ini dapat menjadi bahan belajar yang bermanfaat untuk guru maupun untuk siswa dalam pembelajaran kurikulum merdeka.