Rangkuman Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 3 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman materi Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 3 “Menggambar/Membuat Karya Cetak dari Bentuk Sekitar” Semester 1 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, senan rasanya pada kesempatan
kali ini admin bisa kembali berbagi informasi pendidikan. Pada kesempatan kali
ini admin akan memberikan ringkasan materi khususnya materi seni rupa yang akan
di pelajari di kelas 2 SD kurikulum merdeka.
Mata pelajaran Seni Rupa merupakan cabang dari mata
pelajaran seni budaya. Mengapa pembelajaran seni rupa sangat penting bagi siswa
?
Pembelajaran seni rupa mengajak siswa Indonesia dapat
berpikir terbuka, apresiatif, empatik, serta menghargai perbedaan dan
keberagaman. Selain itu, siswa Indonesia juga memperoleh pengalaman estetik
sebagai hasil proses perenungan dari dalam maupun luar diri mereka yang
dituangkan dalam karya seni rupa. Karya yang mencerminkan emosi dan hasil
pemikiran mereka yang berdampak pada diri, lingkungan maupun masyarakat.
Pembelajaran seni rupa memperlihatkan seni rupa sebagai
kekuatan adidaya yang dapat membentuk sejarah, budaya dan peradaban sebuah
bangsa maupun seluruh dunia. Siswa Indonesia harus menghargai dan melestarikan
budaya, terutama budaya Indonesia. Karena melalui budaya siswa Indonesia akan
tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang dapat melihat, merasakan dan
mengalami sebuah keindahan sehingga dengan kesejahteraan jiwanya itu, siswa
dapat memberikan kemampuan terbaik yang dimiliki dirinya pada lingkungan dan masyarakat.
Nah, melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan
mencoba untuk berbagi informasi mengenai apa saja tahapan yang akan di lakukan
oleh guru dan siswa dalam mempelajari mata pelajaran seni rupa di kelas 2 SD
Kurikulum merdeka khususnya pada materi Bab 3 tentang Menggambar/Membuat Karya
Cetak dari Bentuk Sekitar yang akan di pelajari di semester 1 kurikulum
merdeka.
Bagi anda yang ingin mengetahui dan melihat ringkasan
materi seni rupa kelas 2 SD Bab 3 semester 1 kurikulum merdeka, dan ingin
melihat apa-apa saja tahapan yang akan di lakukan oleh guru dan siswa dalam
mempelajari materi seni rupa Bab 3 Menggambar/Membuat Karya Cetak dari Bentuk
Sekitar, maka baiklah berikut ini sajian
ringkasan materinya :
Bab 3 Menggambar/Membuat Karya Cetak dari Bentuk Sekitar
Siswa membuat karya dengan menggunakan teknik cetak
stensil dengan menggunakan cetakan yang digambar sendiri atau dari benda-benda
yang terdapat di sekitarnya.
Berikut ini kegiatan
Eksplorasi oleh Guru:
■Ajak
siswa untuk mengamati bentuk-bentuk yang ada di sekitar mereka. Ada bentuk yang
geometris seperti segitiga, segi empat atau lingkaran, ada bentuk organik yaitu
bentukbentuk yang ada di alam seperti awan, pohon dan bentuk manusia atau aneka
hewan. Guru dapat mengajak siswa untuk menyebutkan benda di sekitar yang
memiliki bentuk geometris atau bentuk organik.
Berikut ini
Aktivitas yang akan di lakukan Guru dan Siswa:
■Siswa
akan membuat bentuk-bentuk yang mereka inginkan dengan menggunakan oil pastel
berwarna primer. Mereka tidak perlu membuat detail bentuk karena kita akan
menggunakan outline atau garis kerangka gambarnya saja.
■Siswa
akan menggunting mengikuti outline atau garis terluar bentuk yang mereka buat.
Ini berarti bentuk tersebut masih menampakkan warna oil pastel yang digunakan.
■Siswa
meletakkan potongan bentuk tersebut di atas kertas pada posisi yang diinginkan.
■Satu
tangan mereka akan menahan potongan kertas agar tetap pada tempatnya, sementara
mereka menggunakan ibu jari atau telunjuk tangan yang lain untuk mengusap
lembut oil pastel ke arah luar bentuk untuk mendorong minyak dari oil pastel
pindah ke kertas lain mengikuti bentuk potongan.
■Sepotong
bentuk dapat digunakan lebih dari sekali, namun harus ditebalkan kembali dengan
oil pastel terlebih dahulu. Tidak disarankan untuk membuat bentuk yang sangat
tipis.
■Siswa
memberi nama pada pekerjaannya dan membersihkan ruang kerjanya setelah selesai.
Kegiatan
alternatif dan pengayaan
■Siswa
dapat menggunakan air kopi/teh/kunyit/daun pandan/kesumba untuk membuat karya
cetak stensil. Siswa dapat membuat bentuk dari potongan kertas maupun
menggunakan daun/biji/ranting kering di sekitar mereka. Setelah siswa mengatur
letak potongan bentuk/ benda, mereka akan memerciki kertas dengan air kopi/teh/
kunyit/daun pandan atau kesumba. Setelah kering, mereka akan mengangkat
potongan bentuk/benda tersebut.
■Siswa
yang memiliki akses pada cat dapat menggunakan cat dan spons atau kuas flat
untuk mewarnai area di sekitar bentuk.
Bacaan Siswa:
Berikut ini gambar
Lukisan gua di daerah Leang Timpuseng, Sulawesi Selatan
Di dalam sebuah gua di daerah Leang Timpuseng, Sulawesi
Selatan, terdapat lukisan tertua di
dunia.
Lukisan itu menunjukkan jejak telapak tangan manusia.
Latar belakangnya berwarna merah oker atau coklat
kekuningan dan hitam.
Ini mirip dengan teknik cetak stensil yang kalian
pelajari.
Seolah seseorang menaruh telapak tangannya pada permukaan
batu.
Setelah itu ia mewarnai bagian di sekitar bentuk tangan.
Tentu saja bagian yang tertutup tangan tidak akan terkena
warna dan menunjukkan jejak bentuk.
Dapatkah kamu membuat jejak telapak tanganmu sendiri?
- Buku Guru & Siswa Seni Rupa Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)
Demikianlah ringkasan/rangkuman materi Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 3 tentang “Menggambar/Membuat Karya Cetak dari Bentuk Sekitar” yang akan dipelajari pada pembelajaran kurikulum merdeka. Semoga ringkasan serta tahapan pembelajaran seni rupa kelas 2 SD Bab 3 atau Unit 1 ini dapat menjadi bahan belajar yang bermanfaat untuk guru maupun untuk siswa dalam pembelajaran kurikulum merdeka.