Rangkuman Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 2 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman materi Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 2 “Eksplorasi Alat, Media dan Bahan” Semester 1 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, senan rasanya pada kesempatan
kali ini admin bisa kembali berbagi informasi pendidikan. Pada kesempatan kali
ini admin akan memberikan ringkasan materi khususnya materi seni rupa yang akan
di pelajari di kelas 2 SD kurikulum merdeka.
Mata pelajaran Seni Rupa merupakan cabang dari mata
pelajaran seni budaya. Mengapa pembelajaran seni rupa sangat penting bagi siswa
?
Pembelajaran seni rupa mengajak siswa Indonesia dapat
berpikir terbuka, apresiatif, empatik, serta menghargai perbedaan dan
keberagaman. Selain itu, siswa Indonesia juga memperoleh pengalaman estetik
sebagai hasil proses perenungan dari dalam maupun luar diri mereka yang
dituangkan dalam karya seni rupa. Karya yang mencerminkan emosi dan hasil
pemikiran mereka yang berdampak pada diri, lingkungan maupun masyarakat.
Pembelajaran seni rupa memperlihatkan seni rupa sebagai
kekuatan adidaya yang dapat membentuk sejarah, budaya dan peradaban sebuah
bangsa maupun seluruh dunia. Siswa Indonesia harus menghargai dan melestarikan
budaya, terutama budaya Indonesia. Karena melalui budaya siswa Indonesia akan
tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang dapat melihat, merasakan dan
mengalami sebuah keindahan sehingga dengan kesejahteraan jiwanya itu, siswa
dapat memberikan kemampuan terbaik yang dimiliki dirinya pada lingkungan dan masyarakat.
Nah, melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan
mencoba untuk berbagi informasi mengenai apa saja tahapan yang akan di lakukan
oleh guru dan siswa dalam mempelajari mata pelajaran seni rupa di kelas 2 SD
Kurikulum merdeka khususnya pada materi Bab 2 tentang Eksplorasi Alat, Media
dan Bahan yang akan di pelajari di semester 1 kurikulum merdeka.
Bagi anda yang ingin mengetahui dan melihat ringkasan
materi seni rupa kelas 2 SD Bab 2 semester 1 kurikulum merdeka, dan ingin
melihat apa-apa saja tahapan yang akan di lakukan oleh guru dan siswa dalam
mempelajari materi seni rupa Bab 2 Eksplorasi Alat, Media dan Bahan maka baiklah berikut ini sajian ringkasan
materinya :
Bab 2 Eksplorasi Alat, Media dan Bahan
Siswa mengeksplorasi penggunaan penggaris dan pewarna
kering atau basah yang dipilihnya untuk membuat komposisi garis vertikal dan
horizontal dengan warna primer.
Berikut ini
kegiatan Eksplorasi oleh Guru :
■Guru
akan menempelkan kertas di papan tulis atau di sebuah meja. Gambarkan beberapa
garis vertikal dan horizontal di kertas tersebut. Pertemuan garis-garis
vertikal dan horizontal tersebut akan membentuk kotak-kotak. Guru kemudian
secara acak mewarnai kotak-kotak yang ada dengan warna merah, kuning dan biru
(guru dapat menggunakan krayon atau pensil warna).
■Ingatkan
siswa mengenai kegiatan mengenali warna yang telah dilakukan pekan sebelumnya.
Guru akan menanyakan mengenai warna-warna yang diingat atau dikenali siswa.
■Guru
akan bercerita bahwa semua warna di dunia sebenarnya berasal hanya dari tiga
warna yaitu merah, kuning dan biru seperti yang terdapat di kertas milik guru.
Ketiga warna induk atau warna dasar tersebut memiliki nama yaitu warna Primer.
■Guru
dapat mengajukan pertanyaan pemantik, “Siapa yang tahu bagaimana cara membuat
warna oranye/ hijau/ ungu?” atau “Apa yang terjadi jika kamu mencampur warna
kuning dengan merah atau biru?”, kemudian menanyakan, “Bagaimana cara membuat
warna merah, kuning dan biru?”. Setelah itu guru dapat menjelaskan bahwa kita
tidak dapat mencampur warna untuk mendapatkan warna primer. Sebab itu mereka
disebut warna dasar.
Berikut ini Aktivitas
yang akan di lakukan oleh Guru dan Siswa :
■Setelah
mendengarkan cerita mengenai Warna Primer, siswa akan mulai membuat garis-garis
vertikal dan horizontal di buku gambar atau kertas mereka. Guru dapat sekaligus
mengenalkan siswa pada garis vertikal (tegak lurus) dan garis horizontal
(mendatar).
■Siswa
dapat menggunakan penggaris atau ketersediaan benda yang memiliki garis lurus
di sekitar mereka. Siswa bebas mengatur letak dan jarak antar garis yang mereka
inginkan.
■Siswa
akan mewarnai kotak-kotak yang mereka gambar hanya dengan warna merah, kuning
dan biru. Siswa dapat membiarkan beberapa kotak tetap putih/ tidak diwarnai
■Ajak
siswa untuk berlatih mewarnai dengan rapi mengikuti bentuk (tidak keluar dari
garis yang sudah dibuat)
■Siswa
memberi nama pada pekerjaannya dan membersihkan ruang kerjanya setelah selesai.
Berikut ini Kegiatan
alternatif dan pengayaan:
■Selain
menggunakan pewarna, siswa juga dapat memotong kertas origami, kardus/plastik
bekas kemasan yang memiliki warna dominan merah, kuning dan biru. Siswa dapat
melipat kertas terlebih dahulu dan memotongnya mengikuti garis lipatan. Siswa
dapat menyusun potonganpotongan tersebut dan menempelkannya pada kertas/
kardus/papan yang tersedia.
■Siswa
yang memiliki cat dapat menggunakan cat dan kuas flat untuk mewarnai tiap
kotak. Sangat disarankan untuk mewarnai kotak-kotak dengan warna yang sama
terlebih dahulu agar efisien dalam pergantian warna. Pastikan siswa untuk
mencuci bersih kuas setiap mereka akan mengganti warna.
Bacaan Siswa:
Piet Mondrian merupakan pelukis dunia yang terkenal dari
Belanda. Ia membuat karya yang sangat unik atau berbeda dari yang lainnya.
Lukisannya hanya terdiri dari garis lurus vertikal dan horizontal.
Piet Mondrian hanya menggunakan warna merah, kuning,
biru, dan hitam. Mudah sekali bukan? Kamu juga pasti bisa membuat lukisan
seperti Piet Mondrian
Bacaan Guru:
Piet Mondrian merupakan pelukis dunia yang terkenal dari
Belanda. Karyanya yang terkenal kebanyakan bergaya abstrak yang memiliki ciri
bentuk-bentuknya tidak langsung dapat dikenali (tidak berbentuk makhluk, benda
atau pemandangan) dengan jelas. Karya abstrak menekankan pada permainan elemen
rupa seperti garis, warna, dan tekstur.
Karya-karya Piet Mondrian yang terkenal didominasi oleh
penggunaan garis vertikal dan horizontal yang diatur sedemikian rupa sehingga
pertemuan keduanya membentuk kotak bujur sangkar atau persegi panjang. Garis
vertikal menggambarkan hubungan manusia dengan Tuhan, sementara garis
horizontal menggambarkan hubungan antar manusia. Piet Mondrian hanya
menggunakan warna merah, kuning, biru, dan hitam untuk mewarnai kotak-kotak
yang ada. Beberapa kotak dibiarkan berwarna putih.
Meskipun komposisi atau susunan elemen rupa dalam lukisannya
hanya menggunakan garis lurus vertikal dan horizontal, Piet Mondrian tidak
pernah menggunakan penggaris sama sekali. Ia juga selalu meletakkan warna di
sebelah bagian kotak yang putih. Karya-karya Mondrian yang tampak sederhana
namun memiliki makna mendalam ini kemudian mendunia dan memengaruhi banyak
karya lainnya, mulai dari mode busana, mebel, perabot elektronik hingga
otomotif.
- Buku Guru & Siswa Seni Rupa Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)
Demikianlah ringkasan/rangkuman materi Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 2 tentang “Eksplorasi Alat, Media dan Bahan” yang akan dipelajari pada pembelajaran kurikulum merdeka. Semoga ringkasan serta tahapan pembelajaran seni rupa kelas 2 SD Bab 2 atau Unit 1 ini dapat menjadi bahan belajar yang bermanfaat untuk guru maupun untuk siswa dalam pembelajaran kurikulum merdeka.