Rangkuman Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 1 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman materi Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 1 “Melihat dan Menggunakan Warna” Semester 1 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, senan rasanya pada kesempatan
kali ini admin bisa kembali berbagi informasi pendidikan. Pada kesempatan kali
ini admin akan memberikan ringkasan materi khususnya materi seni rupa yang akan
di pelajari di kelas 2 SD kurikulum merdeka.
Mata pelajaran Seni Rupa merupakan cabang dari mata
pelajaran seni budaya. Mengapa pembelajaran seni rupa sangat penting bagi siswa
?
Pembelajaran seni rupa mengajak siswa Indonesia dapat
berpikir terbuka, apresiatif, empatik, serta menghargai perbedaan dan
keberagaman. Selain itu, siswa Indonesia juga memperoleh pengalaman estetik
sebagai hasil proses perenungan dari dalam maupun luar diri mereka yang
dituangkan dalam karya seni rupa. Karya yang mencerminkan emosi dan hasil
pemikiran mereka yang berdampak pada diri, lingkungan maupun masyarakat.
Pembelajaran seni rupa memperlihatkan seni rupa sebagai
kekuatan adidaya yang dapat membentuk sejarah, budaya dan peradaban sebuah
bangsa maupun seluruh dunia. Siswa Indonesia harus menghargai dan melestarikan
budaya, terutama budaya Indonesia. Karena melalui budaya siswa Indonesia akan
tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang dapat melihat, merasakan dan
mengalami sebuah keindahan sehingga dengan kesejahteraan jiwanya itu, siswa
dapat memberikan kemampuan terbaik yang dimiliki dirinya pada lingkungan dan masyarakat.
Nah, melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan
mencoba untuk berbagi informasi mengenai apa saja tahapan yang akan di lakukan
oleh guru dan siswa dalam mempelajari mata pelajaran seni rupa di kelas 2 SD
Kurikulum merdeka khususnya pada materi Bab 1 tentang Melihat dan Menggunakan
Warna yang akan di pelajari di semester 1 kurikulum merdeka.
Bagi anda yang ingin mengetahui dan melihat ringkasan
materi seni rupa kelas 2 SD bab 1 semester 1 kurikulum merdeka, dan ingin
melihat apa-apa saja tahapan yang akan di lakukan oleh guru dan siswa dalam
mempelajari materi seni rupa Bab 1 Melihat dan Menggunakan Warna maka baiklah berikut ini sajian ringkasan
materinya :
Bab 1 Melihat dan Menggunakan Warna
Siswa mengidentifikasi warna pada karya seni dan pada apa
yang ada di sekitarnya.
Siswa mendiskusikan apa yang sudah mereka ketahui tentang
warna untuk berkarya.
Mereka kemudian membuat karya uniknya menggunakan
berbagai warna yang ada.
Lembar Kerja Siswa
Warnailah kotak-kotak berikut ini dengan warna yang berbeda-beda.
Kamu dapat menggabungkan dua
atau tiga warna dalam sebuah kotak.
Warnai serapi mungkin tanpa keluar garis.
Berikut ini Persiapan
Pengajaran oleh guru:
■Ajak
siswa mengamati contoh gambar karya seni (dapat menggunakan gambar contoh pada
unit ini) atau ajak siswa untuk mengamati sekeliling sekolah dan memilih satu
sudut yang menurut mereka indah. Minta siswa untuk mengamati warna yang
terdapat pada karya seni atau pada pemandangan yang menurut mereka indah.
■Ajak
siswa untuk lebih dalam lagi mengamati warna-warna yang mereka lihat.
Contohnya, saat mengamati daun-daun di pepohonan dan rumput taman
sekolah.Apakah mereka hanya melihat warna hijau? Apakah ada perbedaan
warnawarna hijau yang mereka lihat? Apakah ada warna hijau muda atau warna
hijau tua di sana?
■Pilih
suatu warna; misalnya merah. Ajak siswa untuk mencari benda lain di sekitar
yang juga berwarna merah. Ulangi kegiatan ini untuk warna yang lain.
Aktivitas yang
akan dilakukan guru dan siswa :
■Jelaskan
kepada siswa bahwa kegiatan kali ini akan menggunakan pewarna kering berupa
pensil warna/ krayon/pastel atau kapur (sebutkan jenis alat yang digunakan).
■Siswa
akan membuat sebuah gambar di buku gambar/ kertas/kertas
karton/manila/kardus/piring kertas.
■Ajak
siswa untuk memejamkan mata selama semenit. Ajak mereka untuk membayangkan
sebuah tempat yang indah. Pantik siswa dengan pertanyaan bimbingan, “Dunia ini
begitu penuh dengan aneka warna. Semuanya memiliki warna. Sekarang mari kita
bayangkan suatu tempat yang indah. Apakah tempat itu sebuah taman? Atau suatu
kota? Atau sebuah ruangan? Apa yang kalian lihat di sana? Bayangkan tempat itu
penuh dengan warna-warna yang indah dan menarik. Warna apa saja yang ada di
sana?”
■Ajak
siswa untuk membuka mata perlahan-lahan, “Sekarang kalian sudah mendapatkan ide
masing-masing. Semuanya pasti memiliki ide yang berbeda. Yuk, kalian gambarkan
ide kalian, lalu warnai gambar kalian.”
■Siswa
akan membersihkan ruang kerjanya dan menuliskan nama dan kelas di bagian sudut
atas/bawah kertas.
Bacaan siswa:
Apakah kamu dapat melihat angka-angka pada bentuk di
bawah ini?
Bacaan Guru:
Para ilmuwan dari Australian National University
menemukan bahwa pigmen warna tertua di dunia adalah merah muda Cerah (bright
pink). Nur Gueneli, seorang doktor bidang kimia paleobiogeografi (persebaran
geografis flora dan fauna kuno) dari Australian National University, mendapati
molekul pigmen warna ini ketika tengah meneliti remahan batuan sedimen untuk
riset doktoralnya.
Molekul ini bervariasi antara warna merah gelap hingga
warna ungu gelap dalam bentuk konsentrat. Sementara diketahui warna dasarnya
adalah merah muda cerah ketika dicairkan. Temuan ini menjadikan Merah Muda
Cerah sebagai warna biologis tertua yang ditemukan.
Sebelum temuan Gueneli, merah dianggap sebagai warna
tertua di dunia. Pada lukisan gua tertua yang ditemukan di daerah Leang
Timpuseng, Sulawesi Selatan, ditemukan penggunaan warna merah oker (coklat
kekuningan). Warna merah kekuningan ini ditemukan pula pada lukisan-lukisan gua
tertua lainnya seperti di Maltravieso, Spanyol dan Lascaux, Perancis. Umumnya
warna merah tersebut berasal dari serangga sejenis kepik, Cochineal. Selain
dari kepik Cochineal, merah juga didapat dari pigmen tanah liat Oker yang menghasilkan
pigmen warna kuning kemerahan
- Buku Guru & Siswa Seni Rupa Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)
Demikianlah ringkasan/rangkuman materi Seni Rupa Kelas 2 SD Bab 1 tentang “Melihat dan Menggunakan Warna” yang akan dipelajari pada pembelajaran kurikulum merdeka. Semoga ringkasan serta tahapan pembelajaran seni rupa kelas 2 SD Bab 1 atau Unit 1 ini dapat menjadi bahan belajar yang beermanfaat untuk guru maupun untuk siswa dalam pembelajaran kurikulum merdeka.