Rangkuman PJOK Kelas 2 SD Unit 3 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pelajaran PJOK Kelas 2 SD Unit 3 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif” Semester 1 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada
kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi seputar materi pelajaran yang
akan dipelajari pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan
(PJOK) di kelas 2 SD Kurikulum Merdeka.
Seperti kita ketahui bahwa pada pembelajaran di kurikulum
merdeka, mata pelajaran PJOK merupakan mata pelajaran wajib yang akan di
pelajari oleh seluruh peserta didik. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan. PJOK
bertujuan untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan
dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Jika disekolah anda sudah menerapkan pembelajaran
kurikulum merdeka, maka anda pastinya akan sangat membutuhkan informasi
mengenai apa saja materi pelajaran PJOK yang nanti akan di pelajari di kelas 2
SD kurikulum merdeka. Apalagi jika disekolah anda ternyata belum menyiapkan
buku teks pelajaran PJOK Kelas 2 SD kurikulum merdeka maka hal itu tentunya
akan menghambat kelancaran proses pembelajaran.
Tapi tenang saja sebab meskipun misalnya disekolah anda
belum memiliki buku teks PJOK kurikulum merdeka kelas 2 SD maka anda masih
tetap bisa mengetahui jenis materi yang nantinya akan dipelajari sebab disini
admin akan menyiapkan rangkuman materi PJOK kelas 2 SD kurikulum merdeka secara
lengkap dan juga sekaligus admin akan memberikan file buku teks pelajaran PJOK
kelas 2 kurikulum merdeka agar guru dan siswa bisa terbantu dalam proses
pembelajaran khususnya pada mapel PJOK di kelas 2 kurikulum merdeka.
Dikesempatan kali ini admin kherysuryawan akan menjabarkan
materi pelajaran PJOK kelas 2 SD kurikulum merdeka khususnya materi yang ada
pada Unit 3 tentang “Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif” yang akan
dipelajari disemester 1 kuriikulum merdeka.
Baiklah berikut ini rangkuman materi PJOK kelas 2 SD Unit
3 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif” yang akan di pelajari di semester 1
kurikulum merdeka.
Tujuan Pembelajaran Unit 3: Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam
mengategorikan dan mampu mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif seperti
gerakan melempar, menangkap, menendang, menahan, dan menggiring bola dengan
benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki serta mengembangkan
nilai-nilai Proil Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai sikap,
seperti mandiri dan gotong royong, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup
sehat dalam kehidupan sehari-hari.
Unit 3: Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif
Pola gerak manipulatif adalah bagian dari keterampilan
dasar yang harus dipelajari anak bersama-sama dengan keterampilan lokomotor dan
nonlokomotor.
Disebut manipulatif, karena pada keterampilan ini,
anak-anak harus berhubungan dengan benda di luar dirinya yang harus
dimanipulasi sedemikian rupa sehingga terbentuk satu keterampilan.
Keterampilan-keterampilan tersebut, seperti melempar, menendang, menangkap,
menghentikan/menahan bola, memukul dengan raket, memukul dengan pemukul kasti,
dan sebagainya. Sedangkan benda[1]benda yang dilibatkan
adalah berupa bola, pemukul, raket, balon, simpai, gada, pedang, dan
sebagainya.
Keterampilan-keterampilan manipulatif dasar dapat
dikelompokkan ke dalam melempar, menangkap, menendang, menggiring, dan memukul.
Keterampilan-keterampilan manipulatif ini benar-benar menjadi dasar
pengembangan keterampilan gerak anak yang harus ditanamkan sejak masa dini,
beriringan dengan keterampilan lokomotor dan nonlokomotor.
Seperti juga pembelajaran keterampilan dasar lain,
pembelajaran lempar tangkap perlu dilakukan dengan memanfaatkan perbedaan dalam
tingkat penguasaan keterampilan. Sebagaimana diketahui, tingkat penguasaan anak
terhadap keterampilan selalu dibedakan ke dalam empat tingkat penguasaan, yaitu
tingkat pra[1]pengendalian, tingkat
pengendalian, tingkat pemanfaatan, dan tingkat mahir.
Proses pembelajaran gerak dasar manipulatif di fase A SD
kelas II, yaitu pada tahap pra-pengendalian dan tahap pengendalian. Aktivitas
dalam tingkat pra-pengendalian sering disebut sebagai aktivitas untuk
bereksplorasi. Maksudnya adalah bahwa pada tahap ini, tugas gerak yang
diberikan kepada anak meliputi berbagai gerak yang sifatnya memperkenalkan
gerak baru untuk dicoba, tanpa harus dikuasai dengan tingkat kemahiran
tertentu.
Gerak dasar manipulatif adalah dasar dari terbentuknya
kemampuan peserta didik dalam menguasi suatu objek. Gerak ini biasanya
memerlukan tenaga yang lebih besar, karena pada pelaksanaanya lebih banyak
melibatkan anggota tubuh seperti tangan dan kaki serta bagian lain dari tubuh.
Gerak ini dapat dilakukan dengan cara melempar, menangkap, menendang, memukul,
menggiring bola, dan lain-lain.
Aktivitas
pembelajaran 1–3: mengategorikan fakta, konsep, dan prosedur, serta mampu
mempraktikkan pola gerak dasar melempar dan menangkap bola
Melempar adalah suatu keterampilan manipulatif yang
kompleks. Satu atau dua tangan digunakan untuk melontarkan suatu objek menjauhi
tubuh ke ruang tertentu. Bergantung pada banyak faktor, seperti ukuran
objeknya, ukuran pelempar, dan lain-lain.
Menangkap adalah gerakan yang melibatkan penghentian
momentum suatu objek dan menambahkan kontrol terhadap objek tersebut dengan
menggunakan satu tangan atau dua tangan. Tergantung kepada kecepatan, arah, dan
jenis serta besarnya benda yang bergerak, dalam gerakan menangkap ini
diperlukan koordinasi untuk membuat posisi tubuh yang tepat dalam menyerap dan
menyalurkan energi yang dibawa benda/objek bersangkutan.
Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran pola gerak dasar
melempar dan menangkap bola antara lain sebagai berikut.
(1) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar bola
melambung dalam permainan berekor melewati net/tali
(2) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar bola mendatar
dalam permainan melempar ke sasaran
(3) Aktivitas pembelajaran gerakan menggelindingkan bola
dalam permainan merobohkan menara
(4) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar bola
menggunakan satu tangan melewati tali
(5) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar bola dalam
permainan melempar botol
(6) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar dan menangkap
bola dalam permainan menara bom
Aktivitas
pembelajaran 4 s.d. 6: mengategorikan fakta, konsep, dan prosedur, serta mampu
mempraktikkan pola gerak dasar menendang dan menahan bola.
Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran pola gerak dasar
menendang dan menahan bola antara lain sebagai berikut.
(1) Aktivitas pembelajaran gerakan menendang bola
menggelinding
(2) Aktivitas pembelajaran gerakan menendang bola dengan
punggung kaki
(3) Aktivitas pembelajaran gerakan menendang bola dengan
kaki bagian dalam
(4) Aktivitas pembelajaran gerakan menahan bola dengan
kaki bagian dalam dan telapak kaki
(5) Aktivitas pembelajaran gerakan menahan bola dari atas
dengan punggung kaki
Aktivitas pembelajaran
7 dan 8: mengategorikan fakta, konsep, dan prosedur, serta mampu mempraktikkan
pola gerak dasar manipulatif seperti menggiring bola.
Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran pola gerak dasar
manipulatif menggiring bola adalah sebagai berikut.
(1) Aktivitas pembelajaran gerakan menggiring bola
(2) Aktivitas pembelajaran gerakan menggiring bola lurus
(3) Aktivitas pembelajaran gerakan menggiring bola
mengikuti gerakan teman yang ada di depan
(4) Aktivitas pembelajaran gerakan menggiring bola melewati bendera yang dipasang zig-zag
Bagi anda yang membutuhkan buku teks pelajaran PJOK kelas
2 SD Kurikulum merdeka dalam bentuk file, maka anda bisa mendapatkannya di
bawah ini :
- Buku Teks Pelajaran PJOK Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai materi pelajaran PJOK
kelas 2 SD Unit 3 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif” yang nantinya akan
di pelajari pada semester 1 kurikulum merdeka. Semoga apa yang telah di
jabarkan pada postingan ini dapat membantu rekan pendidikan yang
membutuhkannya.
Sekian dan Terimakasih, Semoga Bermanfaat !