Rangkuman Materi PJOK Kelas 1 SD Unit 3 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 1 SD Unit 3 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif” Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat
kherysuryawan, Apakah disekolah anda telah menerapkan kurikulum merdeka ? Jika
sudah maka tepat sekali sebab disini admin akan berbagi informasi seputar
materi pelajaran kurikulum merdeka yaitu materi untuk mata pelajaran PJOK Kelas
1 SD Kurikulum Merdeka.
Guru dan
siswa dalam melakukan aktivitas pembelajaran pastinya akan lebih mudah jika
materi yang dipelajari telah di ringkas atau di rangkum, selain itu waktu yang
di gunakan untuk belajar akan lebih efisien dan tentunya lebih menghemat waktu
dalam belajar.
Merangkum berarti
membuat ringkasan dari materi yang ada pada buku teks pelajaran. Melalui postingan
ini admin kherysuryawan telah menyiapkan sebuah rangkuman untuk materi
pelajaran PJOK kelas 1 SD kurikulum merdeka. Rangkuman materi PJOK kelas 1 SD
kurikulum merdeka ini merupakan materi yang akan dipelajari pada Unit 3 yaitu
tentang Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif. Rangkuman materi yang telah
disiapkan ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran PJOK
kelas 1 SD kurikulum merdeka.
Perlu di ketahui bahwa jumlah unit/Bab
yang akan dipelajari nantinya pada mata pelajaran PJOK di Kelas 1 SD Kurikulum
Merdeka yaitu berjumlah 8 Unit atau 8 Bab. Pada postingan ini admin hanya akan
membahas materi yang akan di pelajari pada Unit 3 yaitu tentang “Aktivitas Pola
Gerak Dasar Manipulatif”.
Disini admin akan menyajikan ringkasan materi PJOK Kelas
1 SD Unit 3 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif”
kurikulum merdeka secara lengkap sehingga bisa menjadi bahan belajar baik untuk
guru maupun bagi siswa di sekolah.
Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui
rangkuman materi pelajaran pada mata pelajaran PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka Unit
3 dengan judul “Aktivitas Pola Gerak
Dasar Manipulatif” maka silahkan lihat sajiannya di bawah ini :
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menunjukkan
kemampuan dalam mencontohkan dan mampu mempraktikkan pola gerak dasar
manipulatif seperti gerakan melempar dan menangkap bola dengan benar sesuai
potensi dan kreativitas yang dimiliki serta mengembangkan nilai-nilai Profil
Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai sikap mandiri dan gotong
royong, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan
sehari-hari
Unit 3 Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif
Pada unit pembelajaran 3 ini peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan pola gerak dasar
manipulatif. Pola gerak manipulatif adalah bagian dari keterampilan dasar yang
harus dipelajari anak bersama-sama dengan keterampilan lokomotor dan
nonlokomotor.
Disebut manipulatif, karena pada
keterampilan ini, anak-anak harus berhubungan dengan benda di luar dirinya yang
harus dimanipulasi sedemikian rupa sehingga terbentuk satu keterampilan.
Keterampilan-keterampilan tersebut bisa melempar, menendang, menangkap, menyetop
bola, memukul dengan raket, memukul dengan pemukul kasti, dan sebagainya.
Sedangkan benda-benda yang dilibatkan adalah berupa bola, pemukul, raket,
balon, simpai, gada, pedang, dan sebagainya.
Keterampilan-keterampilan manipulatif
dasar dapat dikelompokkan ke dalam melempar, menangkap, menendang, menggiring,
dan memukul. Keterampilanketerampilan manipulatif ini benar-benar menjadi dasar
pengembangan keterampilan gerak anak, yang harus ditanamkan sejak masa dini,
bersama-sama dengan keterampilan lokomotor dan nonlokomotor.
MATERI 1
Aktivitas pembelajaran 1: Memahami
fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif
seperti gerakan melempar bola
Melempar adalah suatu keterampilan
manipulatif yang kompleks di mana satu atau dua tangan digunakan untuk
melontarkan suatu objek menjauhi tubuh ke ruang tertentu. Bergantung pada
banyak faktor (misalnya ukuran objeknya, ukuran pelempar, dan lain-lain).
Lemparan itu bisa dilakukan dengan cara
lemparan bawah, lemparan atas kepala, lemparan atas lengan, atau lemparan
samping lengan. Ada juga lemparan dua tangan atas kepala yang digunakan untuk
melontarkan benda-benda yang besar. Lemparan ini dikatakan gerakan yang
kompleks karena melibatkan koordinasi dari banyak bagian/anggota tubuh.
Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran
pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan melempar bola antara lain sebagai
berikut:
(1) Aktivitas
pembelajaran gerakan melempar bola lurus
(2) Aktivitas
pembelajaran gerakan melempar bola ke arah bawah
(3) Aktivitas
pembelajaran gerakan melempar bola melambung
(4) Aktivitas
pembelajaran gerakan melempar bola menggelinding
MATERI 2
Aktivitas pembelajaran 2: Memahami
fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif
seperti gerakan menangkap bola
Menangkap adalah gerakan yang melibatkan
penghentian momentum suatu objek dan menambahkan kontrol terhadap objek
tersebut dengan menggunakan satu tangan atau dua tangan. Tergantung kepada
kecepatan, arah, dan jenis serta besarnya benda yang bergerak, dalam gerakan
menangkap ini diperlukan koordinasi untuk membuat posisi tubuh yang tepat dalam
menyerap dan menyalurkan energi yang dibawa benda/objek bersangkutan.
Dengan demikian dikenal beberapa macam
tangkapan, diantaranya: tangkapan dengan satu tangan, dengan dua tangan,
tangkapan atas, tangkapan bawah, dan tangkapan samping.
Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran
pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan menangkap bola antara lain sebagai
berikut:
(1) Aktivitas
pembelajaran gerakan menangkap bola lurus dari depan
(2) Aktivitas
pembelajaran gerakan menangkap bola melambung
(3) Aktivitas
pembelajaran gerakan menangkap bola rendah
(4) Aktivitas
pembelajaran gerakan menangkap bola menggelinding
MATERI 3
Aktivitas pembelajaran 3 dan 4:
Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan variasi dan kombinasi
seperti gerakan melempar dan menangkap bola
Variasi dan kombinasi merupakan gabungan
dari beberapa gerakan menjadi satu rangkaian gerak seperti melempar dan
menangkap bola. Gerak melempar dan menangkap bola adalah gerakan mengoperkan
bola dan menangkapnya kembali secara berpasangan atau berkelompok.
Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran
variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan melempar dan
menangkap bola antara lain sebagai berikut:
(1) Aktivitas
pembelajaran gerakan melempar dan menangkap bola di tempat secara individu
(2) Aktivitas
pembelajaran gerakan melempar dan menangkap bola di tempat secara berpasangan
(3) Aktivitas
pembelajaran gerakan melempar dan menangkap bola di tempat secara berpasangan
dengan berbagai lemparan
(4) Aktivitas
pembelajaran gerakan melempar dan menangkap bola berkelompok dengan berbagai
lemparan
Sekian sajian ringkasan materi PJOK Kelas
1 SD Unit 3 Kurikulum Merdeka yang bisa admin kherysuryawan paparkan pada
kesempatan ini.
Bagi anda yang membutuhkan file buku
teks pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan (PJOK) Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan dapatkan
filenya di bawah ini :
- Buku Guru & Siswa PJOK Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai
Rangkuman/Ringkasan materi pelajaran PJOK Kelas 1 SD Unit 3 dengan judul “Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif” yang
dapat admin sajikan pada kesempatan kali ini, kiranya rangkuman tersebut dapat
membantu siswa dan guru yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran di
kurikulum merdeka.