Rangkuman Materi PJOK Kelas 1 SD Unit 1 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 1 SD Unit 1 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor” Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat
kherysuryawan, apakah disekolah anda telah menerapkan kurikulum merdeka ? Jika
sudah maka tepat sekali sebab disini admin akan berbagi informasi seputar
materi pelajaran kurikulum merdeka yaitu materi untuk mata pelajaran PJOK Kelas
1 SD Kurikulum Merdeka.
Guru dan
siswa dalam melakukan aktivitas pembelajaran pastinya akan lebih mudah jika
materi yang dipelajari telah di ringkas atau di rangkum, selain itu waktu yang
di gunakan untuk belajar akan lebih efisien dan tentunya lebih menghemat waktu
dalam belajar.
Merangkum berarti
membuat ringkasan dari materi yang ada pada buku teks pelajaran. Melalui postingan
ini admin kherysuryawan telah menyiapkan sebuah rangkuman untuk materi
pelajaran PJOK kelas 1 SD kurikulum merdeka. Rangkuman materi PJOK kelas 1 SD
kurikulum merdeka ini merupakan materi yang akan dipelajari pada Unit 1 yaitu
tentang Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor. Rangkuman materi yang telah disiapkan
ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran PJOK kelas 1 SD
kurikulum merdeka.
Perlu di ketahui bahwa jumlah unit/Bab yang akan
dipelajari nantinya pada mata pelajaran PJOK di Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka
yaitu berjumlah 8 Unit atau 8 Bab. Pada postingan ini admin hanya akan membahas
materi yang akan di pelajari pada Unit 1 yaitu tentang “Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor”.
Disini admin akan menyajikan ringkasan materi PJOK Kelas
1 SD Unit 1 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor”
kurikulum merdeka secara lengkap sehingga bisa menjadi bahan belajar baik untuk
guru maupun bagi siswa di sekolah.
Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui
rangkuman materi pelajaran pada mata pelajaran PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka Unit
1 dengan judul “Aktivitas Pola Gerak
Dasar Lokomotor” maka silahkan lihat sajiannya di bawah ini :
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menunjukkan
kemampuan dalam mencontohkan dan mampu mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor
seperti menirukan gerakan berjalan, berlari, dan melompat dengan benar sesuai
potensi dan kreativitas yang dimiliki serta mengembangkan nilai-nilai Profil
Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai sikap mandiri dan gotong
royong, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan
sehari-hari.
Unit 1 Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor
Pada unit pembelajaran 1 ini peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan pola gerak dasar
lokomotor. Gerak dasar lokomotor merupakan salah satu domain dari gerak dasar
fundamental (fundamental basic movement), di samping gerak dasar nonlokomotor
dan gerak dasar manipulatif.
Pola gerak dasar lokomotor diartikan
sebagai gerakan atau keterampilan yang menyebabkan tubuh berpindah tempat,
sehingga dibuktikan dengan adanya perpindahan tubuh (traveling) dari satu titik
ke titik lain. Gerakan-gerakan tersebut merentang dari gerak yang sifatnya
sangat alamiah mendasar seperti merangkak, berjalan, berlari, dan melompat,
hingga ke gerakan yang sudah berupa keterampilan khusus seperti meroda, guling
depan, hingga handspring dan backhandspring.
Proses pembelajaran gerak dasar
lokomotor di fase A SD kelas 1, yaitu tahap pra-pengendalian. Aktivitas dalam
tingkat pra-pengendalian sering disebut sebagai aktivitas untuk bereksplorasi.
Maksudnya adalah bahwa pada tahap ini, tugas gerak yang diberikan kepada anak
meliputi berbagai gerak yang sifatnya memperkenalkan gerak baru untuk dicoba,
tanpa harus dikuasai dengan tingkat kemahiran tertentu.
Aktivitas tahap pra-pengendalian
diantaranya: berpindah dalam ruang umum (general space), berpindah tempat
dengan imaginasi, berpindah tempat melalui jalur tali atau rintangan, dan
berpindah di antara rintangan teman.
MATERI 1
Aktivitas
pembelajaran 1 dan 2: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan
menirukan gerakan binatang berjalan
Kegiatan yang akan di lakukan diantaranya
:
1. Gerakan menirukan binatang
berjalan, diantaranya: menirukan gerakan gajah berjalan, menirukan gerakan
beruang berjalan, menirukan gerakan kera berjalan, menirukan gerakan kepiting
berjalan, dan menirukan gerakan kambing berjalan.
2. Gerakan menirukan binatang
berlari, diantaranya: menirukan gerakan kuda berlari, menirukan gerakan itik
berlari, menirukan gerakan harimau berlari, menirukan kelinci gerakan berlari,
dan berlari menirukan gerakan burung terbang.
3. Gerakan menirukan binatang
melompat, diantaranya: menirukan gerakan katak melompat, dan menirukan gerakan
kanguru melompat.
Berjalan adalah suatu proses
menghilangkan keseimbangan dan mengembalikannya secara bergantian ketika
bergerak ke depan dalam posisi tegak. Pada pelaksanaannya, gerak berjalan hanya
menunjukkan sedikit sekali gerakan ke atas dan ke bawah serta gerakan ke
samping. Lengan dan kaki bergerak secara berlawanan.
Tujuan dari gerakan berjalan adalah
untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar fundamental yang paling banyak digunakan
dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun sifatnya sangat alamiah, dan semua anak
normal biasanya sudah menguasai gerakan dasar ini pada usia-usia awal mereka,
bukan berarti bahwa gerakan dasar tersebut tidak perlu dilatih.
Aktivitas yang akan dilakukan yaitu :
(1) Aktivitas
pembelajaran menirukan gerakan gajah berjalan
(2) Aktivitas
pembelajaran menirukan gerakan beruang berjalan
(3) Aktivitas
pembelajaran menirukan gerakan kera berjalan
(4) Aktivitas
pembelajaran menirukan gerakan kepiting berjalan
(5) Menirukan
gerakan kambing berjalan
MATERI 2
Aktivitas
pembelajaran 3 - 4: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan
menirukan gerakan binatang berlari
Berlari adalah pergerakan kaki yang
cepat secara bergantian, pada saat yang sekejap, kedua kaki meninggalkan tanah
sebelum salah satu kaki segera bertumpu kembali.
Berlari dibedakan dari yang cepat
(sprint) hingga yang pelan. Sikap tubuh, walaupun berbeda tingkatnya sesuai
kecepatan, harus sedikit condong ke depan. Lutut dibengkokkan dan diangkat,
kedua lengan berayun depan dan belakang dari bahu, dan siku bengkok.
Tujuan dari gerakan berlari adalah untuk
meningkatkan kemampuan gerak dasar fundamental yang paling banyak digunakan
dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun sifatnya sangat alamiah, dan semua anak
normal biasanya sudah menguasai gerakan dasar ini pada usia-usia awal mereka,
bukan berarti bahwa gerakan dasar tersebut tidak perlu dilatih.
Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran
menirukan gerakan binatang berlari antara lain sebagai berikut:
(1) Menirukan
gerakan kuda berlari
(2) Menirukan
gerakan itik berlari
(3) Menirukan
gerakan harimau berlari
(4) Menirukan
kelinci gerakan berlari
(5) Menirukan
gerakan burung terbang
MATERI 3
Aktivitas
pembelajaran 5 - 6: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan
menirukan gerakan binatang melompat
Melompat adalah gerakan memindahkan
badan dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kedua kaki untuk
menolak dan dua kaki untuk mendarat. Untuk melakukannya dengan baik, kedua
lengan harus membantu dengan berayun ke atas, dan gerakan tubuh dikombinasikan
dengan dorongan dari kaki untuk mengangkat berat tubuh.
Lompatan biasanya dilakukan dengan dua
arah; pertama, menaikkan tubuh secara vertikal (lurus ke atas) untuk mencapai
ketinggian, atau kedua, menaikkan tubuh dengan momentum horizontal untuk
memperoleh jangkauan jarak yang jauh.
Tujuan dari gerakan melompat dan
mendarat adalah untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar fundamental yang
paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran
menirukan gerakan binatang melompat antara lain sebagai berikut:
(1) Aktivitas
pembelajaran menirukan gerakan katak melompat
(2) Aktivitas
pembelajaran menirukan gerakan kanguru melompat
(3) Aktivitas
pembelajaran menirukan gerakan harimau melompat
MATERI 4
Aktivitas
pembelajaran 7 - 8: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan
pola gerak dasar lokomotor gerakan berjalan dengan berbagai arah
Gerak mengubah arah adalah mengubah arah
gerak tubuh dari keadaan diam menjadi bergerak ke susatu tempat. Peserta didik
diminta untuk mengamati dan kemudian mempraktikkan aktivitas pembelajaran
berbagai gerakan pola gerak dasar lokomotor seperti: gerakan berjalan dengan berbagai
arah.
Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran
pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berjalan dengan berbagai arah antara
lain sebagai berikut:
(1) Aktivitas
pembelajaran berjalan dengan langkah pendek ke arah depan
(2) Aktivitas
pembelajaran berjalan dengan langkah pendek serong depan
(3) Aktivitas
pembelajaran berjalan dengan langkah pendek ke samping kiri dan kanan
(4) Aktivitas
pembelajaran berjalan ke belakang dengan langkah pendek
(5) Aktivitas
pembelajaran berjalan dengan langkah panjang ke depan lurus
(6) Aktivitas
pembelajaran berjalan dengan langkah panjang serong ke depan
(7) Aktivitas
pembelajaran berjalan ke samping dengan langkah panjang
(8) Aktivitas
pembelajaran berjalan ke belakang dengan langkah panjang
MATERI 5
Aktivitas
pembelajaran 9 - 10: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan
berbagai gerakan pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berlari dengan
berbagai arah
Aktivitas pembelajaran 9 - 10: Memahami
fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan berbagai gerakan pola gerak
dasar lokomotor seperti gerakan berlari dengan berbagai arah
Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran
pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berlari dengan berbagai arah antara
lain sebagai berikut:
(1) Aktivitas
pembelajaran berlari ke depan dengan langkah santai
(2) Aktivitas
pembelajaran berlari ke depan dengan kecepatan biasa
(3) Aktivitas
pembelajaran berlari ke depan dengan langkah cepat
(4) Aktivitas
pembelajaran berlari ke belakang dengan langkah biasa
(5) Aktivitas
pembelajaran berlari ke belakang dengan langkah setengah kecepatan
(6) Aktivitas
pembelajaran berlari ke belakang dengan langkah cepat
(7) Aktivitas
pembelajaran berlari ke samping
MATERI 6
Aktivitas
pembelajaran 11 - 12: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan
berbagai gerakan pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan melompat dengan
berbagai arah
Aktivitas pembelajaran 11 - 12: Memahami
fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan berbagai gerakan pola gerak
dasar lokomotor seperti gerakan melompat dengan berbagai arah
Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran
pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan melompat dengan berbagai arah antara
lain sebagai berikut:
(1) Aktivitas
pembelajaran melompat dengan tolakan dua kaki
(2) Aktivitas
pembelajaran melompat dengan tolakan satu kaki
(3) Aktivitas
pembelajaran melompat dengan tolakan satu kaki dan mendarat dengan satu kaki
(4) Aktivitas
pembelajaran melompat dengan awalan berjalan
(5) Aktivitas
pembelajaran melompat dengan awalan berlari
(6) Aktivitas
pembelajaran meloncat dua kaki di tempat
(7) Aktivitas
pembelajaran meloncat satu kaki di tempat
(8) Aktivitas
pembelajaran meloncat dengan berpindah tempat ke kiri dan ke kanan
(9) Aktivitas
pembelajaran meloncat dengan dua kaki membentuk segitiga
(10) Aktivitas pembelajaran meloncat dengan berputar
Sekian sajian ringkasan materi PJOK Kelas
1 SD Unit 1 Kurikulum Merdeka yang bisa admin kherysuryawan paparkan pada
kesempatan ini.
Bagi anda yang membutuhkan file buku
teks pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan (PJOK) Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan dapatkan
filenya di bawah ini :
- Buku Guru & Siswa PJOK Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai
Rangkuman/Ringkasan materi pelajaran PJOK Kelas 1 SD Unit 1 dengan judul “Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor” yang
dapat admin sajikan pada kesempatan kali ini, kiranya rangkuman tersebut dapat
membantu siswa dan guru yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran di
kurikulum merdeka.